11/03/2015

TENTANG JODOH

tentang jodoh

"Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyat: 49)"


*Ada tiga hal yang menjadi rahasia Allah SWT yang tidak akan pernah diketahui oleh manusia yaitu Rezeki, Jodoh dan Maut. Ketiga hal itu tidak akan pernah bisa dihitung dan diperkirakan bahkan oleh orang sepandai dan sejenius Albert Einstein sekalipun* 
------

Belum lama ini saat saya sedang asyik-asyiknya membaca status teman-teman yang muncul di timeline facebook saya, tiba-tiba mata saya terpaku pada salah satu status yang dibuat oleh teman yang sudah cukup lama tidak bertemu. Status yang ditulisnya dengan penuh perasaan itu membahas tentang kepasrahannya menantikan jodoh yang tak kunjung datang.

Membaca status teman tersebut sejenak membuatku berpikir dan menyadari bahwa jodoh memang hal yang unik dan misterius. Kita tidak dapat menebak kapan datangnya dan dengan siapa kelak kita akan berjodoh, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha, berdoa dan tetap menunggu sampai waktunya tiba. 


Pikiranku melayang dan kembali pada masa beberapa tahun silam. Saat dimana saya mengikuti tes CPNS yang mana hasilnya saya tidak lolos dan bertemu sepasang suami istri yang menurutku cukup romantis. Saat itu sang suami sedang mengantar istrinya yang tengah hamil tua untuk ikut test CPNS bersama-sama denganku. Melihat caranya berkomunikasi, sangat nampak kalau mereka adalah pasangan yang saling mencintai. Sembari menunggu waktu test, saya pun berbincang-bincang dengan sang istri. Kami bercerita tentang berbagai hal mulai dari hal-hal yang bersifat umum hingga merambat pada hal pribadi.

Wanita itu (sebut saja namanya Bunga) menceritakan awal mula perkenalannya dengan sang suami (sebut saja namanya Umane). Bunga bercerita bahwa pertama kali dia berkenalan dengan Umane lewat friendster. Selanjutnya mereka berkomunikasi lewat chatting dan telponan lewat telepon rumah (saat itu menelpon lewat hp masih mahal, lebih murah menelpon lewat wartel :D) tanpa pernah bertemu muka disebabkan oleh jarak yang sangat jauh, Bunga tinggal di Bau-Bau sedangkan Umane berada di Jakarta.

Hampir dua tahun mereka menjalani long distance relationship, hingga tibalah saatnya mereka memutuskan untuk bertemu. Ketika mereka memutuskan bertemu, Umane langsung membawa kedua orang tuanya untuk melamar Bunga dan satu minggu setelahnya mereka menikah. Mendengar kisah cinta mereka, rasanya saya juga ingin merasakan kisah cinta seperti itu. Saya merasa kisah cinta Bunga dan Umane so sweet banget ^__^


Satu tahun berlalu dan ternyata Allah SWT mengabulkan keinginanku. Satu tahun setelah pertemuanku dengan suami istri itu, Allah mempertemukanku dengan laki-laki yang kini menjadi suamiku dengan cara yang hampir sama. Di saat saya sedang merasa kecewa karena dikhianati tiba-tiba ada laki-laki yang juga sedang merasa kecewa mengajakku berkenalan di facebook.

Hampir lima bulan kami berkomunikasi hanya lewat telpon/sms dan chatting di facebook, berkirim foto lewat pesan facebook tanpa pernah bertemu secara langsung (saat itu suamiku tinggal di Kendari). Hingga akhirnya kami memutuskan untuk bertemu secara langsung. Suamiku (yang saat itu masih berstatus pacar) datang menghampiriku di Bau-Bau dan sejak pertemuan itu hubungan kami semakin serius hingga akhirnya kami memutuskan untuk menikah.

-----

Jodoh memang hal yang unik dan tidak dapat ditebak yah.. Ada berbagai cara Allah dalam mempertemukan jodoh hambaNya. Ada pasangan yang sudah bertahun-tahun pacaran tapi tidak berjodoh. Ada yang baru bertemu tapi bisa langsung menikah. Ada pasangan yang selalu bersama-sama, kemanapun berdua tapi akhirnya tidak berjodoh, namun ada juga pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh tapi tetap bisa melangkah ke pelaminan.

Cara Allah mempertemukan jodoh hambaNya-pun beragam. Ada yang bertemu lewat social media seperti saya dan teman yang saya ceritakan tadi. Ada juga teman yang mendapatkan jodoh lewat salah sambung telepon, hal ini terjadi pada sahabatku. Ada karena pertemuan tidak sengaja di suatu tempat dan kemudian bertemu kembali di tempat lain lalu muncul benih-benih cinta, ada karena dikenalkan oleh teman, ada yang dari sahabat terus jadi cinta, ada karena ikut ajang pencarian jodoh dan ada juga karena dijodohkan oleh orang tua/keluarga. Ada 1001 macam cara Allah SWT mempertemukan hambaNya.


foto: vemale.com

Bagaimanapun cara Tuhan mempertemukan kita dengan jodoh kita,  ada satu hal yang menurutku tetap dan harus selalu dilakukan yaitu selalu membuka pintu pertemanan seluas-luasnya dan mempererat tali silahturahmi dengan siapapun. Bukankah silaturahmi memiliki banyak manfaat? Salah satu manfaat silaturahmi adalah melancarkan pintu rezeki yang termasuk di dalamnya adalah jodoh. Dan yang terpenting adalah tidak berputus asa dan selalu semangat dalam mencari dan menunggu datangnya jodoh. Jika waktunya sudah tiba, pujaan hati pasti akan datang menghampiri.. 

Di akhir postingan ini saya berharap semoga teman-teman yang belum mendapatkan jodohnya agar dimudahkan oleh Allah untuk segera bertemu jodohnya. Pun demikian dengan teman-teman yang sudah merencanakan pernikahan, saya doakan semoga jalan menuju pernikahannya dilancarkan dan bagi teman-teman yang sedang merasa kecewa karena dikhianati oleh pasangannya agar segera move on dan cepat mendapatkan pasangan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Amin..

53 comments:

  1. aku juga awal mula ketemu suami di facebook hihiii....dan akhirnya nekad kopdar

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik, ada teman yang punya pengalaman yang sama, toss dulu mbak :)

      Delete
  2. Replies
    1. setuju mbak, cinta pasti akan menemukan jalannya :)

      Delete
  3. Amiiinn, setiap orang punya jalan jodohnya sendiri dan dipertemukan oleh Allah dengan caranya masing2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bahkan dengan cara yang kadang tidak disangka-sangka :)

      Delete
  4. Iya jodoh memang tak terduga Mak. Saya pun tak pernah menyangka kalau akan berjodoh dg suami :)

    ReplyDelete
  5. klau aq dr sahabat jd cinta *eyak :)

    ReplyDelete
  6. Wuih ceritanya...pacaran jarak jauh akhirnya berjodoh juga...tapi ada yang sebaliknya, pacaran lewat HP, SMS dan chatingan, (belum pernaj ketemuan) setelah ketemu, ternyata sama-sama merasa tak saling sreg...akhirnya mundur perlahan..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, beberapa teman saya pernah mengalami hal seperti itu, mereka bilang wajahnya tak seindah suaranya :(

      Delete
  7. betul memang, jodoh adalah misteri

    ReplyDelete
  8. Jodoh emang gitu ya....
    Carinya dimana2, ehhh.....ternyata jodohnya didepan hidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada teman yang seperti itu mbak, udah mencari sampai ke luar pulau tapi malah menikah sama tetangga sendiri :)

      Delete
  9. Semua ada jalannya dan akan berjalan sesuai yang sudah ditentukan oleh-Nya, yang kadang menurut kita itu misterius :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak irly, intinya tetap bersabar dan selalu berprasangka baik terhadapNya, jika sudah tiba saatnya pasti akan datang juga :)

      Delete
  10. aaamiiin. ada banyak rahasia Allah untuk mempertemukan dengan jodoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak cara bahkan yang kadang menurut kita tidak mungkin :)

      Delete
  11. Amiin tetep percaya aja Allah pati udah memberikan pasangan yang tepat pada umatNya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, setiap manusia sudah punya pasangan masing-masing :)

      Delete
  12. Aamiin.. semoga dipertemukan dg jodoh yg benar-benar baik :D

    ReplyDelete
  13. Semoga bahagia selalu ya mbak Ira serta menjadi jodoh dunia dan akhirat .. AMinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya Allah..
      terimakasih doanya mbak yasinta :)

      Delete
  14. Amiinn .. karena orang baik akan mendapatkan jodoh yang baik pula :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lelaki baik untuk wanita yang baik, begitupun sebaliknya :)

      Delete
  15. Jodoh saya ternyata tempat curhat saya..hi..hi..
    Dia curhat soal cewek yang ditaksir begitu pula saya, loh kok malah kita yang nyambung, sampai akhirnya nikah deh.. :)

    ReplyDelete
  16. Saya masih kagum lho dengan hubungan seperti itu, mbak. Tanpa pernah ketemu muka, tapi bisa berlanjut ke pelaminan. Semoga yang belum dapa jodoh segera didekatkan jodohnya, yaa..

    ReplyDelete
  17. jodoh memang tidak bisa lokasi tempat bertemu pertama kalinya ya

    ReplyDelete
  18. aku , aku masih jomlo sampai sekarang, gak tahu siapa jodohku, dimana jodohku T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar mas bro, suatu saat pasti akan bertemu jodohnya kok asal selalu berusaha dan tetap sabar tentunya :)

      Delete
  19. jodoh emang kadang tidak bisa di tebak ya mba, kadang orang yang sama sekali ga kita kenal, tiba2 bisa kenalan baik via medsos, telepon, bbm, atau yang lainnya bisa menjadi jodoh asalkan kita membuka pertemanan seluas-luasnya

    ReplyDelete
  20. Jodoh pasti bertemu jika sudah waktunya :)

    ReplyDelete
  21. yang penting selalu minta sama yg ngasih jodoh :D jodoh pasti bertemu hehe

    ReplyDelete
  22. perkenalan mbak Ira dengan suami juga so sweet...dan alhamdulillah happy ending... :)

    ReplyDelete
  23. Aku pny 2 teman di bau2 yg seorang skrg sdh tinggal di kendari jg bersama suami. Dan 1 lg masih di bau2.. kalo denger kota itu sy jd inget temen2 sy dsna.. mereka pd baik2 dan penyayang.. pasti mba jg begitu ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak kalo orang bau-bau dikenal sebagai orang yang baik dan penyayang, senang banget mendengarnya :)

      Delete
  24. Uhuk, aku juga ketemu suami di sosmed. Hahaha

    ReplyDelete
  25. wahhh berawal dari fesbuk ya ternyata mba hehe

    ReplyDelete
  26. Aamiin -mengamini doanya keceng banget aku Mbaak hihihi

    Sweeeeeet banget baca critanya. Semoga Mak Ira dan suami langgeng terus sampe akhir hayat, aamiin

    ReplyDelete
  27. Owh begitu ceritanya,,menarik,,menarik :D
    Semoga juga saya secepatnya dipertemukan jodohnya :)

    ReplyDelete
  28. Percayalah, jodoh pasti akan datang

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..