12/02/2015

TIPS MENCEGAH MABUK/MUNTAH SAAT NAIK KENDARAAN

tips mencegak mabuk/muntah saat naik kendaraan
picture by photoshine
edited by me

Hai..hai..hai 
Apa kabar gaes?? Semoga sehat selalu yah. Tidak terasa ternyata kita telah tiba di penghujung tahun dan sebentar lagi akan memasuki tahun yang baru.

Ini postingan pertama saya di bulan terakhir di tahun 2015 ini. Saat termenung memikirkan tema apa yang asyik untuk dibagi tiba-tiba saja saya terpikir untuk berbagi tips dengan teman-teman yang mungkin suka berpergian menggunakan angkutan umum seperti saya, yaitu tips mencegah mabuk/muntah saat naik kendaraan.

Ketika berpergian menggunakan kendaraan pernahkan teman-teman merasakan pusing, mual bahkan sampai muntah selama perjalanan? Kalau mual dan pusing sih saya pernah tapi kalau muntah Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah mengalaminya, dan mudah-mudahan jangan pernah mengalaminya deh karena rasanya pasti nyiksa banget.


Selama menggunakan angkutan umum baik angkutan darat, laut maupun udara (yang masih bisa dihitung jari), beberapa kali saya menemukan penumpang yang mengalami mabuk/muntah selama perjalanan. Saat melihat orang yang mengalami hal seperti itu, jujur saja rasanya sangat tidak nyaman karena mereka terlihat sangat pucat, lemas dan tak berdaya.

Berbekal pengalaman tersebut, di blog post kali ini saya mencoba untuk memberikan beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk menghindari mabuk/muntah selama berpergian menggunakan kendaraan umum.

Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk mencegah mabuk/muntah saat naik kendaraan selama menempuh perjalanan jauh:


Selalu siapkan minyak kayu putih di dalam tas
Minyak kayu putih adalah salah satu benda wajib yang selalu ada di dalam tas saya setiap kali akan berpergian menggunakan kendaraan untuk menempuh perjalanan jauh. Aroma minyak kayu putih mampu menenangkan dan meminimalisir rasa mual dan pusing yang saya rasakan selama perjalanan. Bahkan jika ada penumpang lain yang berada di sampingku yang muntah, saya bisa tetap bertahan hanya dengan menghirup aroma minyak kayu putih ini.

Makan sebelum berpergian
Setiap kali melakukan perjalanan jauh, ada baiknya untuk makan terlebih dahulu. Biasanya sebelum berangkat, saya akan makan terlebih dahulu baru kemudian mandi. Berpergian dengan perut kosong akan membuat produksi asam lambung meningkat yang memicu timbulnya rasa mual selama perjalanan.

Jangan duduk di dekat orang mabuk/muntah
Percaya atau tidak jika kita duduk berdekatan dengan orang yang mabuk/muntah di dalam satu kendaraan, perlahan-lahan  bisa membuat kita tersugesti dan ikutan mabuk juga, terlebih jika orang tersebut muntah maka secara tidak langsung bisa membuat kita ikut merasa mual.

Makan permen
Mengunyah permen selama perjalanan mampu menghindarkan kita dari rasa mual dan pusing. Kunyahlah permen sebelum merasa mual, karena jika sudah merasa mual maka akan sedikit berat untuk menghilangkannya. Permen mint biasanya lebih afdol.

Tidur
Tidur selama perjalanan membuat kita rileks sehingga menjauhkan kita dari rasa mabuk/muntah. Ketika rasa mual mulai menyerang, cara yang saya lakukan untuk meminimalisirnya adalah menghirup aroma minyak kayu putih dan kemudian mejamkan mata. Cara ini terbukti ampuh menghilangkan rasa pusing yang saya alami. Namun cara ini nampaknya kurang efektif jika diterapkan saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan angkutan umum seperti bus dan kereta karena kita akan rawan terkena copet.

Minum obat anti mabuk
Cara ini belum pernah saya lakukan, namun ada beberapa teman yang melakukannya. Yang terjadi setelah meminum obat ini adalah ngantuk. Hasil yang didapatkan tergantung dari dosis yang diminum. Semakin tinggi dosisnya, semakin mengantuk pula orang yang meminumnya.

Itulah beberapa cara yang saya tahu bisa menghindarkan kita dari mabuk/muntah selama melakukan perjalanan jauh baik menggunakan angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara. Semoga beberapa cara tersebut bisa membantu mengurangi mabuk dan muntah selama menempuh perjalanan yah..

Adakah tips lain yang teman-teman lakukan untuk menghindari mabuk/muntah selama perjalanan?? Share di kolom komentar yuk 

45 comments:

  1. Dulu aku nih tukang mabuk atau muntah di perjalanan.
    sembuhnya setelah beradaptasi di jakarta naik angkot, metromini dll
    sekarang udah gak mabukan lagi
    kecuali saat kurang fit dan naik kendaraan umum yang ugal2an.
    jadi sembuhnya karena dibiasakan aja sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mbak, adaj uga teman saya yang seperti itu, sebelumnya selalu mabuk setiap naik kendaraan umum, tapi karena dipaksa oleh keadaan untuk naik angkot ke kampus setiap hari jadinya "penyakit" mabuk itu hilang dengan sendirinya :)

      Delete
  2. Suamiku tuh mba.. Kalo disetirin dia pusing + mual, trus bawaannya pengin tidurr terus sepanjang perjalanan. Tapi kalo dia yg nyetir bebas pusing/mual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ada orang yang seperti itu mbak, salah satu contohnya teman saya di kantor, dia kalo jadi sopir jago banget tapi kalo dianya yang jadi penumpang bakalan muntah-muntah :D :D

      Delete
  3. Adekku tuh yang parah, perjalanan kurang 2 hari aja dah muel. hihi

    Kalo saya mah in sya Alloh dah mabuk lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. serba salah yah mbak kalo jadi orang mabukan saat naik kendaraan, rasanya jadi kurang menikmati saat-saat menyenangkan di perjalanan :)

      Delete
  4. Aku paling anti deh naik bus atau mobil karena mabukan. Udah praktik semuanya, tapi tetep aja mabuk. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu yah mbak, mungkin bisa di coba caranya mbak Ophi :) atau ada cara lainnya yaitu saat naik mobil/bus buka sedikit kaca mobilnya agar semilir angin segarnya bisa masuk kedalam mobil dan sekalian bisa melihat-lihat pemandangan selama perjalanan :)

      Delete
  5. sebenarnya sih cara yg menurutku paling ampuh ya itu minum obat anti mabuk, tapi ini juga akan jadi masalah bagi orang yg gampang mabukan dan anti sama minum obat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget, ada orang yang mabukan tapi tetap gak mau minum obat anti mabuk :)

      Delete
  6. jrg sih mba aku mabuk kndaraan.. tp pernh jg sesekali.. caraku, biasanya buka kaca mobil spy angin segar masuk.. ato aku ngebayangin semua yg bisa ngalihin rasa mual, cthnya rencan traveling dpn mata, yg asik2 lah ;)..mual pasti akhirnya ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka kaca mobil memang bisa membuat kita merasa segar dalam menempuh perjalanan yah mbak dan pastinya kita bisa melihat pemandangan indah yang terpampang nyata selama perjalanan :)

      Delete
  7. Makasih infonyaaaa. Patut dicoba nih. Soalnya waktu kecil sy suka mabok perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat yah mas dedi :)

      Delete
  8. Jarang mabuk kendaraan...kalau mabuk laut tipsnya cuma satu...jangan mendekam di geladak...selalu lihat garis horizon laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mbak,saat naik kapal laut baiknya memang tidak tinggal di dalam karena pasti pengap banget.. kalo naik kapal pelni biasanya saya dan teman-teman naik ke dek yang paling atas atau duduk-duduk di cafetarianya sambil menikmati lautan luas :)

      Delete
  9. Thanx gan infonya :D
    ane paling anti naik mobil, bus, dll kecuali sepeda motor dan sepeda biasa. Karena ya itu tadi sering mabuk..
    Bahkan pernah waktu rekreasi dulu ke Jogja. Dari Semarang perjalanan baru 5 menit udah mabuk sp pulang. Kebayangkan hampir 24 jam full mabuk, bahkan sp dilokasi wisata ane cuma bisa muntah muntah di pojokan dan tiduran, gak sempet masuk kedalam wisata.. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. derita orang mabukan memang seperti itu yah mas, kalo berekreasi menggunakan transportasi mobil/bus pasti langsung lemas duluan karena udah mual/muntah selama perjalanan, walhasil yang lain asyik menikmati piknik sementara orang mabukan terkulai lemas da tak berdaya di dalam mobil/bus :(

      Delete
  10. yang nomer 3, setuju pakai banget mbak...kalo liat atau bahkan mendengar orang huek2 saja, langsung ngerasa mual..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kita jadi tersugesti dan ikut merasa mual juga..

      Delete
  11. kalau saya tidur karena seringnya ngantuk kalau naik mikrolet mbak, dan menyediakan roll on aroma therapy kalau ada yang merokok... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya selalu bawa minyak kayu putih mbak Anjar :)

      Delete
  12. kalau aku sih tidur aja,, pernah mabuk rasanya gak enak banget kayak udah mau mati aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidur memang bisa jadi salah satu alternatif yah mas :)

      Delete
  13. jangan duduk dekat orang muntah...., nah..repot juga mak... apalagi jika di tengah perjalanan..dan kita udah terlanjur duduk dekat mereka...

    ada yang bilang..puser ditempel koyo mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih mak, tapi kalo udah terlanjur duduk dekat orang muntah biasanya yang saya lakukan adalah mengoleskan minyak kayu putih pada perut,leher dan bawah hidung saya dan kemudian sepanjang perjalanan menghirup aroma minyak kayu putih dan satu lagi berdoa agar secepatnya sampe di tempat tujuan, hehe :)

      owh ada juga yang ditempel koyo yah mbak?? wahh, cara baru lagi nih :)

      Delete
  14. Kalo saya mah malah mengusahakan agar tidak makan sebelum bepergian. Karena untuk menghindari muntah, Mabuk kendaraan sih gak masalah asalkan tidak muntah.
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  15. Aku banget ini.... ke mana-mana harus minum obat anti mabuk dulu -_- benar-benar menderita :D

    ReplyDelete
  16. Saya dulu sering mabuk mak. Pokoke kalau ada aba2 besok mau kluar kota mlmnya ga bs tdr. Br lihat busnya sdh muntah duluan. Skrg udah ga terlalu. Tips dr saya bepergian dg happy jgn tertekan biar ga mabok

    ReplyDelete
  17. Saya waktu kecil sering banget mabuk, naik mobil beberapa kilometer saja udah bingung minta mobilnya diberhentiin. heheh
    alhamdulillah gedhenya udah ndak mabukan :D

    ReplyDelete
  18. Adikku dulu kemana-mana mabuk perjalanan tapi karena terbiasa tinggal jauh akhirnya jadi nggak ngantuk lagi, mba :). Salam kenal mbaa :)

    ReplyDelete
  19. tips yang bagus. bagus buat saya. masih mabok kalau naik mobil perjalanan jauh

    ReplyDelete
  20. untungnya aku gak mabuk, tapi pengalaman banyak dari beberapa orang karena sejak kecil gak dibiasakan berpergian shg sekalinay dijaka tak terbiasa jadi mabuk

    ReplyDelete
  21. Yang paling ampuh kayanya tidur mba :) apalagi kalau naek kapal laut, duh pas ombak gede ga nahan goyangnya, perut serasa dikocok2

    ReplyDelete
  22. Saya juga nih Mbak yang akhir2 ini sering mabuk. Kayaknya krn terbiasa naik sepeda motor ke mana2 skrg. Padahal dulu sekolah juga naik bis terus dan enggak mabuk. Duhhh skrg liat body nya bus AC atau mobil udah mual duluan perut saya :D

    ReplyDelete
  23. Woooww, tararengkyuuu tipsnya maak

    --bukanbocahbiasa--

    ReplyDelete
  24. paling OK..minum obat anti mabuk. udah pasti tidur,,dan nggak lihat orang lain mabuk hahaha

    ReplyDelete
  25. Saya tidak gampang mabuk, tapi kalau lihat/dengar orang muntah, perut otomatis kontraksi, mau muntah juga.. Apalagi duduk dekat orang muntah.. Ndak bisa bayangkan..haha..

    ReplyDelete
  26. Saya mabuknya terbalik, diperjalanan biasa aja, sampe tujuan, pusing, masuk angin. Jadilah, setelah sampe saya malah minum anti mabuk.

    ReplyDelete
  27. Saya mabuknya terbalik, diperjalanan biasa aja, sampe tujuan, pusing, masuk angin. Jadilah, setelah sampe saya malah minum anti mabuk.

    ReplyDelete
  28. Suamiku dulu sering mabuk kalau perjalanan jauh. Pilihan yang paling nyaman biasanya tidur.... :D, tapi ndak pernah minum obat anti mabuk..

    ReplyDelete
  29. tipsnya aku coba mbak irawati soalnya saya suka mabuk kalo perjalanan jauh hehe

    ReplyDelete
  30. lebih milih pake obat antimabuk dibanding minyak kayu putih... karena lebih elegan dan gak bikin orang lain jadi ikutan pusing. :D

    ReplyDelete
  31. ada tips lain, yakni makan ubi merah dalam keadaan mentah.

    ReplyDelete
  32. Kalo aku tidur dan minum obat
    Tp kdg nggak bs milih eh nemu org mabuk deket kita

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..