CARA ALAMI MENDAPATKAN RAMBUT HITAM, LEBAT & BERKILAU BAGI ANAK BAYI/BATITA

Februari 01, 2016


Gaes, pernahkah kalian melihat anak bayi atau batita yang memiliki rambut yang hitam, lebat dan berkilau? Rasanya senang banget yah melihat anak-anak dengan rambut seperti itu. Bagi sang mama tentu ada kebanggaan tersendiri saat memiliki anak dengan rambut yang hitam berkilau.

Rambut bukan hanya menjadi mahkota bagi orang dewasa, anak kecilpun akan terlihat semakin menggemaskan bila memiliki rambut yang hitam, lebat dan berkilau. Iya kan??

Saat lahir anak saya memiliki rambut yang bisa dibilang tipis. Ketika usianya menginjak dua bulan, saya melihat rambut tipisnya itu perlahan-lahan rontok sehingga membuat rambutnya semakin tipis. Sebagai mahmud abas alias mama muda anak baru satu, tentunya saya bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi dong??

Saya pun bertanya pada mama dan mertua tentang hal ini namun mereka kompak menjawab bahwa memang begitulah adanya dan itu adalah hal yang normal yang terjadi pada rambut bayi sehingga saya tidak perlu cemas memikirkannya. Mendengar jawaban tersebut saya sedikit lega dan tidak mempertanyakan hal itu lagi.


Hingga usia wahyu menginjak tiga bulan dan rambutnya menjadi semakin tipis. Saya semakin resah, gelisah dan galau #halah lebay. Melihat kegelisahan saya, ada teman mertua yang kebetulan sedang berkunjung ke rumah menyarankan agar rambut Wahyu dibotakin saja supaya bisa tumbuh rambut baru yang lebih lebat. Menurut beliau rambut bawaan dari dalam kandungan itu sebaiknya segera dicukur sebelum bayi berusia empat bulan. *saat itu saya lupa menanyakan alasannya mengapa harus seperti itu*

rambut wahyu di usia 1 bulan & hampir 3 bulan

Mendengar saran tersebut, saya dan suami memutuskan untuk mengikutinya. Kami pun mencari tukang cukur yang bisa mencukur rambut bayi yang berusia tiga bulan dan rasanya senang banget karena ternyata ada teman suami yang sudah berpengalaman melakukan hal ini.

Setelah rambut Wahyu dicukur habis, ± satu minggu kemudian rambut Wahyu mulai tumbuh dan memang terlihat perbedaan volume rambut antara sebelum dan sesudah dicukur. Setelah dicukur, rambut yang tumbuh memang lebih banyak dari yang sebelumnya.

Ternyata untuk mendapatkan rambut tebal, hitam dan berkilau pada anak bayi itu tidaklah sulit, kita bisa mendapatkannya dengan cara yang sederhana dan cukup mudah.

Oh iya, ada beberapa cara alami yang saya ketahui bisa membuat rambut bayi/batita menjadi lebat, diantaranya:

-       Cukur habis rambut bayi (botakin)
Ketika bayi berusia tiga bulan atau ketika lehernya sudah mulai kuat dan tegak untuk menopang kepalanya, sebaiknya rambutnya segera di cukur habis/botak karena setelah dibotakin biasanya rambutnya akan tumbuh lebih lebat dari rambut bawaan saat dia lahir. Ini terbukti pada anak saya, setelah dicukur volume rambut baru yang tumbuh lebih banyak dibandingkan rambut bawaan saat dia lahir.

Jika setelah dicukur belum menunjukkan tanda-tanda akan lebat, sebaiknya ulangi lagi kegiatan cukur mencukur ini. Teman saya bahkan sampai tiga kali melakukannya baru kemudian mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang dia inginkan.


rambut wahyu diusia 4 bulan


-        Oles pakai minyak kemiri
Cara ini dilakukan oleh teman suami saya. Untuk mendapatkan rambut dan alis yang lebat, hitam dan berkilau ia memakaikan minyak kemiri pada anaknya. Caranya adalah setelah rambut anaknya dicukur, ia oleskan minyak kemiri. Sebaiknya gunakan minyak kemiri yang dibuat sendiri. Caranya bakar kemiri hingga menghitam dan mengeluarkan minyak. Oleskan minyaknya di tempat yang diinginkan. Jika menginginkan rambutnya menjadi lebat dan berkilau, maka oleskan pada kulit kepala tapi jika menginginkan alis yang tebal, maka oleskan minyak kemiri tersebut pada alis. Insyaallah rambut dan alisnya akan tumbuh dengan lebat dan hitam berkilau.

-        Pakai santan kelapa
Pakaikan santan kelapa pada rambut bayi saat sedang mandi. Cara pakainya sama seperti saat memakai shampoo. Santan kelapa ini selain dapat melebatkan rambut juga bisa digunakan untuk menghaluskan kembali kulit bayi yang bersisik karena gatal-gatal/biang keringat loh. Santan kelapa sangat ampuh meluruhkan sisik pada kulit bayi.

Caranya basuhkan santan kelapa pada rambut dan badan bayi yang kulitnya bersisik. Lakukan setiap hari, dengan pemakaian yang teratur insyaallah kulit bayi akan menjadi halus kembali dan rambutnya tumbuh dengan lebat. Karena santan kelapa ini bersifat licin, bagi para ibu yang menggunakan metode ini harus hati-hati yah, jangan sampe bayinya terlepas dan tergelincir.


Itulah beberapa cara alami yang kami (saya dan beberapa teman) pakai untuk mendapatkan rambut lebat, hitam dan berkilau bagi anak-anak kami. Cara yang cukup mudah dan sederhana kan..

rambut Wahyu sekarang

Mungkin teman-teman punya cara lain untuk membuat rambut anaknya menjadi lebat? Share di kolom postingan yuk J J

Disclaimer: Cara yang saya tuliskan ini belum teruji secara ilmiah yah gaes, jadi hanya berdasar pada pengalaman pribadi dan beberapa teman yang secara kebetulan berhasil menggunakan metode ini J J hasilnya juga bergantung pada gen orang tua, anak yang dihasilkan oleh orang tua berambut tipis kemungkinan besar hasilnya akan berbeda dengan anak yang memiliki orang tua yang berambut lebat.

You Might Also Like

27 Komentar

  1. Aku pake minyak kemiri :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. minyak kemiri yang dibuat sendiri atau beli yang sudah jadi Mbak??

      Hapus
  2. senyumnya Wahyu manis banget. Sekarang tambutnya hitam lebat ya. bagus

    BalasHapus
  3. anakku di botakin terus pas bayi, sekarang suburnya minta ampun, sebulan bisa 2 kali cukur karena cepat panjang heheh. bagus artikelnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak, semoga artikelnya bermanfaat :)

      Hapus
  4. Iya nih nyesel wkt anak ke2 ga dicukur abis soalnya pusing nyari tkg cukur bayi ga dapet2 karena sy stres ngerjain smua sndiri jadi raissa rambutnya tipis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan ada teman suami yang sudah berpengalaman mencukur rambut bayi, jadinya anak saya dicukur sama dia :)

      Hapus
  5. wah rambut anaknya bikin iri :( kata mamaku dulu sama nenek banyak dipakein minyak kemiri segala jenisnya, tapi tetep aja rambutku warnanya coklat gitu sampe pas SMP berkali-kali dicat item karena ditegor guru terus, padahal rambut asli :( pas udah gedean pake kerudung malah baru -kata temen-temenku- tebel dan much better :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh senangnya punya rambut cokelat, dari dulu saya pengen punya rambut berwarna cokelat tapi gak punya nyali mau warnain :)

      Hapus
    2. Rambut ku juga coklat agak pirang kulit ku kuning langsat dulu kecil sempat dikira bule.. tapi rambut coklat kelihatan tipis.

      Hapus
  6. minyak kemiri ya mak, mau coba juga ah buat bayiku :) makasih sharenya mak...

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, dulu sering dibotakin. Hasilnya, keriting tampan. Ahhay...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahay, jadi penasaran pengen lihat ketampanannya :D

      Hapus
  8. Kalau anak saya dua2nya memang dibotakin dr bayi Mba.. Setidaknya di umur selapan/35 hari. Ada sunnahnya juga kan, utk mencukur habis rambut bayi lalu menimbangnya, lalu berat rambutnya itu dikalikan senilai emas. Dan dari nilai itu kita sedekahkan utk orang yg kurang mampu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Mbak :) tapi saya baru berani mencukur rambut anak saya saat lehernya kuat untuk menopang kepalanya :)

      Hapus
  9. Sama ga ya caranya buat orang dewasa? :D

    BalasHapus
  10. Anakku yang cewek juga tipis mbak..yang udah aku coba pake lidah buaya ma diolesin pke daun pare yang pahit. Blm nyoba kemiri.. Dulu nyoba hair lotion, nggak ngefek

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh,daun pare yah Mbak?? gimana caranya?

      Hapus
    2. Daun muda..diremes2..trus dioles ke rambut anak mbak..

      Hapus
    3. bisa dipraktekin nih kalo punya baby nanti :)

      Hapus
  11. Dulu, 24 tahunyang lalu, gadis kecil saya lahir dengan rambut tipis, padahal saya berambut tebal. Cara sama dengan langka-langkah mbak, yang pasti minyak kemiri memang berkhasiat nyata, saya oles juga di alisnya, alhamdulillah, rambutnya tebal dan hitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      ternyata Mbak Een sudah duluan mempraktekkannya :)

      Hapus
  12. Caranya sama.. tapi kayaknya dikasih minyak kemiri yang sudah botolan warna hijau itu.. hasilnya?menurut sy rambut saya tipis, kalau kata orang salon rambut saya tebal.. hehe..

    Tapi kalau alis sih no doubt.. tipiiis.. hahah

    BalasHapus
  13. ka alinga dulu babynya jg botak undul rambut tipis...selain minyak kemiri, aku coba pake seledri juga.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`