6/26/2016

10 FILM INDIA PALING MENGHARUKAN VERSI www.irawatihamid.com [PART I]

film india jodha akbar

Selamat hari minggu gaes, gimana kabarmu di hari minggu ini? Semoga selalu sehat yah. Oh iya, tak terasa hari ini kita udah memasuki minggu ketiga bulan ramadhan. Gimana puasa dan ibadahnya? Tentu semakin khusuk dong yah, kan idul fitri sebentar lagi  ^_________^

Seperti minggu-minggu yang telah lalu, jika ada tulisan yang saya publish di hari minggu, itu pastilah tulisan yang berhubungan dengan hobby saya. Nah hari inipun sama. Di hari minggu yang cerah ceria ini saya akan ngomongin salah satu hobby saya lagi, tak lain dan tak bukan yaitu menonton film india.


Ngomongin hobby saya yang satu ini rasanya tak akan ada habisnya deh. Selalu ada banyak hal yang bisa saya ceritakan namun kadang saya bingung harus memulainya dari mana. Rasanya ada banyak ide yang meletup-letup di kepala saya yang minta untuk dituangkan dalam kata-kata tetapi ketika membuka laptop akhirnya saya malah bingung harus memulainya dari mana.

Setelah memilah mana yang harus saya tuliskan, akhirnya saya putuskan untuk menuliskan saja 10 film india mengharukan yang pernah saya tonton. *disclaimer: yang saya tuliskan ini tentu saja bersifat subjektif yah gaes, bisa jadi kamu tidak merasakan hal yang sama saat menonton film-film yang akan saya sebutkan nanti*. Film india yang akan saya tuliskan di bawah ini memiliki beberapa adegan yang berhasil membuat saya tak henti-hentinya mengeluarkan air mata.

Lalu manakah film-film india yang berhasil mencabik dan meluluhlantahkan hati serta menguras emosi dan air mata saya tersebut? Ini dia judul-judul filmnya:
*urutannya berdasarkan tahun filmnya yah, jadi tidak berdasar pada tingkat keharuannya*

Kali ini saya hanya akan menuliskan lima dulu. Sengaja saya bagi dua part karena khawatir kalo saya sebutkan kesepuluh filmnya di artikel ini jadinya akan panjang banget. 

     1. Kuch Kuch Hota Hai (1998)
 
Siapa yang tak tahu film india yang satu ini? Saya yakin hampir semua orang pasti pernah mendengar judul film ini. Yup, kisah cinta segitiga Rahul (Shahrukh Khan), Anjali (Kajol) dan Tina (Rani Mukherjee) ini sangat fenomenal.

Adegan mengharukan yang membuat air mata saya tak berhenti berderai adalah saat Anjali berlari dengan penuh semangat menghampiri Rahul untuk mengungkapkan rasa cintanya. Disaat yang sama dan dengan semangat yang sama Rahulpun berlari menghampiri Anjali. Setelah betemu dan saling berhadapan Rahul menyatakan cintanya, namun ternyata Anjali hanya dijadikan alat praktik. Pernyataan cinta Rahul bukanlah untuk Anjali tapi untuk Tina.


film india kuch kuch hota hai
ini nih adegannya

Adegan selanjutnya yang tak kalah mengharukan adalah saat Anjali pulang kampung dan memutuskan untuk berhenti kuliah. Saat kereta mulai berjalan, tanpa kata Anjali melemparkan sarinya pada Tina. Ia memutuskan untuk pergi dan tidak menganggu hubungan Rahul dan Tina. Adegan itu benar-benar membuat saya terharu.

Tapi keharuan itu tetap berbuah manis kok karena di akhir film Rahul dan Anjali akhirnya berhasil menyatukan cinta mereka yang diawali dengan persahabatan itu. 



2. Mann (1999)
 
Film ini diperankan secara apik oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala. Bercerita tentang seorang playboy bernama Dev (Aamir Khan) yang jatuh cinta pada seorang gadis sederhana bernama Priya (Manisha Koirala). Malang bagi mereka, saat Priya membalas cinta Dev dan memutuskan untuk bertemu di suatu tempat dan merencanakan pernikahan, Priya mengalami kecelakaan hingga kedua kakinya harus diamputasi.

Konflik yang terjadi setelahnya adalah Priya tak ingin lagi bertemu Dev. Ia memutuskan hubungan mereka secara sepihak. Ia malu dan merasa tak pantas mendampingi Dev. Sementara Dev yang merasa dibohongi juga salah sangka dan mengira Priya sengaja tak memenuhi janji.


film india mann
pict source: rediff.com

Adegan mengharukan di film ini adalah ketika Dev ingin bertemu pembeli lukisannya. Ia diberi tahu bahwa pembeli lukisannya adalah seorang wanita “cacat”. (sebelumnya Priya memaksa membeli lukisan Dev karena merasa memiliki ikatan yang kuat dengan lukisan tersebut). Dev kaget saat mengetahui pembelinya adalah Priya. Disitulah Dev tersadar mengapa selama ini Priya menghindarinya dan memutuskan hubungan mereka. Saat mereka bertemu, Priya berusaha menyembunyikan keadaannya tapi Dev sudah tahu. Adegan pertemuan Dev dan Priya itu sangat mengharukan dan berhasil membuat saya meneteskan air mata.

Namun walau dihiasi banyak adegan mengharukan, akhirnya film ini berakhir bahagia. Mereka tetap menikah walau kondisi Priya seperti itu. Hmmm ending yang so sweet banget ^________^


3. Kaho Naa Pyaar Hai (2000)
 
Selain Kuch Kuch Hota Hai, sepertinya film ini adalah film yang paling banyak ditonton pada masanya. Bercerita tentang Rohit (Hrithik Roshan) si pemuda miskin yang jatuh cinta pada Sonia (Ameesha Patel) si anak orang kaya.

Kisah cinta mereka tidak direstui oleh ayah Sonia. Secara kebetulan, Rohit juga mengetahui kejahatan yang dilakukan oleh ayah Sonia dan rekannya. Dapat ditebak, agar rahasianya tidak terbongkar, ayah Sonia dan rekannya segera menghabisi Rohit.

film india kaho naa pyar hai
pict source: filmkraftproductions.in

Sonia kehilangan Rohit saat cinta mereka belum lama bersemi. Siapa yang tidak sedih saat kehilangan kekasih hati? Akting sedih Ameesha Patel di film ini mampu membuat penonton *ehm maksudnya saya* ikut merasakan kesedihannya. Hayoo, siapa coba yang tidak bersedih saat kehilangan belahan jiwa? Pasti sedih kan?


Tanpa diduga, saat Sonia sedang menenangkan diri di rumah bibinya di New Zealand, ia bertemu dengan sesosok pria yang wajahnya mirip banget sama Rohit. Pemuda itu bernama Raj (juga diperankan oleh Hrithik Roshan). Yang semula udah mau move on, eh malah keinget lagi sama Rohit. Walhasil ia semakin sulit melupakan Rohit. Sonia kemudian memutuskan untuk kembali ke India.

Rupanya Raj tak ingin kehilangan Sonia. Iapun mengikuti Sonia ke India. Setibanya di India, tanpa alasan yang jelas Raj di tembak oleh seseorang. Singkat cerita, akhirnya ia mau membantu Sonia untuk mengungkap kematian Rohit dan Sonia tidak menyangka ternyata ayahnyalah yang menjadi dalang di balik kematian Rohit.

Selain kematian Rohit, adegan menyedihkan dari film ini adalah ketika Raj mulai pasrah pada rasa cintanya terhadap Sonia dan ingin kembali ke New Zealand. Namun ternyata kepasrahannya itu berbuah manis karena akhirnya Sonia mau membuka hati untuknya. 


     4. Chori Chori Chupke Chupke (2001)

Film ini diperankan oleh Salman Khan (Raj Malhotra), Rani Mukherjee (Priya Malhotra) dan Preity Zinta (Madhubala). Bercerita tentang sepasang suami istri yang sangat ingin memliki anak namun sang istri tidak bisa hamil dikarenakan pernah mengalami keguguran yang merusak rahimnya.


rani mukherjee salman khan preity zinta
Priya, Raj & Madhubala, pict source: amoviesonline.com

Dalam usahanya memiliki anak, mereka menemukan seorang kupu-kupu malam yang bernama Madhubala untuk disewa rahimnya. Priya harus merelakan Raj tidur dengan Madhubala hingga hamil. Namun seiring berjalannya waktu, Madhubala mulai jatuh cinta pada Raj. Dan semakin tua usia kehamilannya, ia semakin ingin memiliki Raj juga tidak ingin kehilangan bayinya. Hingga mendekati persalinan ia berusaha melarikan diri karena tidak ingin menyerahkan bayinya pada Priya.


Adegan mengharukan yang membuat saya meneteskan air mata adalah saat Madhubala akan melahirkan dan dokter memberi ultimatum bahwa mereka harus memilih salah satu dari ibu atau bayi untuk diselamatkan. Di tengah harapannya untuk memiliki anak, Priya akhirnya mengambil keputusan untuk menyelamatkan nyawa Madhubala dibanding menyelamatkan nyawa bayi yang sudah lama ia nantikan kehadirannya. Ugh, tidak kebayang deh, bila saya ada di posisi Priya. Kalo saya berada diposisinya mungkin saya tidak akan se”wise” dia.


5. Kabhi Kushi Kabhie Gham (2001)
 
Lagi-lagi ini film india yang diperankan oleh Shahrukh Khan dan Kajol. Selain mereka berdua juga ada Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Hrithik Roshan & Kareena Kapoor. Film ini menceritakan tentang kasih sayang orang tua, khususnya ibu kepada anaknya. Betapa besar kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya hingga mengalahkan rasa cintanya kepada suaminya. Film ini juga menegaskan bahwa seberapa bencipun orang tua terhadap anaknya, rasa cintanya akan tetap lebih besar.

film india shahrukh khan dan kajol
pict source: bollyspice.com

Rahul Raichand (Shahrukh Khan) adalah anak adopsi dari Yashvardhan Raichand (Amitabh Bachchan). Ia dibesarkan dengan penuh cinta dan perhatian oleh kedua orang tua angkatnya hingga ia dewasa dan jatuh cinta kepada seorang gadis lugu dan norak yang berasal dari keluarga miskin yang bernama Anjali Sharma (Kajol). Rupanya kisah cinta Rahul dan Anjali tidak disetujui oleh ayah Rahul. Rahul tetap bersikeras dan mempertahankan cintanya. Ayahnya murka dan membongkar rahasia hubungan mereka yang telah terpendam bertahun-tahun.

Mengetahui ia bukanlah anak kandung dari orang tuanya, Rahul shock dan akhirnya memilih keluar dari rumah untuk menikah dengan Anjali dan tinggal di London.

Bertahun-tahun berpisah, hubungan orang tua dan anak itu terputus namun mereka tetap saling merindukan. Puncaknya, anak kandung dari Yashvardhan yang bernama Rohan yang merasa kehilangan kebahagiaan kedua orang tuanya akhirnya pergi mencari kakaknya. Ia yakin, kakaknyalah sumber kebahagiaan kedua orang tuanya. Dan benar saja, kepulangan Rahul menghadirkan kembali kebahagiaan di rumah itu.

Adegan mengharukan adalah saat pertemuan ibu dan anak di sebuah pusat perbelanjaan di London. Ugh asli, saya tidak bisa menahan air mata saat menonton adegan itu. Saya membayangkan bagaimana bila saya ada di posisi itu. Empat jempol deh buat akting Shahrukh Khan, Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan pada adegan itu.


Nah, gimana gaes? Adakah di antara kamu yang sudah menonton semua film di atas? Filmnya dijamin bagus dan happy ending semua deh. Atau mungkin ada judul film lain yang menurut kamu lebih mengharu biru dari film di atas? Bagi judul filmnya di kolom komentar yah ^_______________^

Penasaran dengan 5 judul film lain yang tak kalah mengharukan? Nantikan lanjutan tulisan ini di hari minggu berikutnyaa yah.. J J

Untuk lanjutan 5 Film lainnya bisa dibaca di sini

21 comments:

  1. Aku setuju semuanya soalnya suka nonton film-film diatas. Bahkan kalo lagi kangen suka play playlistnya di Youtube buat nemenin kerja, yang ujungnya mewek sendiri. Film India yang jadul emang lebih mengena ya... Yang 5 apa nih? Penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 judul lainnya ditunggu yah, insyaallah secepatnya saya publish :)

      Delete
  2. Cuma nonton yang pertama dan terakhir.
    Sharukh Khan dan Kajol memang duo yang pas. Cocok bangettt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, tapi film mereka yang terakhir saya gak terlalu suka :(

      Delete
  3. saya dulu penggemar berat film india
    malah dari kecil
    tapi sekarang sdh jarang....lama banget sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayapun sejak kecil sudah menyukai film india Mba Avy :)

      Delete
  4. nonton 3 idiots aja saya ampe berkaca2 matanya. apalagi kayak ginian ya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 idiots top bgt Mas, sayapun sempat dibuat berkaca-kaca oleh film ini

      Delete
  5. Semua nya bagus, tapi paling menguras air mata yang nomor 1 & 2 hahahahaha masih aja mewek kalo nonton :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain cuman saya yang seperti itu, ternyata Mba Wuripun sama *toss dulu Mba*

      Delete
  6. wuaahhh, ini sih zaman2 kita. Kita?? hahaha
    Yang baru ada nggak mbak. Favorit saya tetep Kuch-kuch hota hai. Soalnya film India emang sering nguras airmata, jadi pilihan saya ya KKHH aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita seumuran kah Mba Lidha?
      yang lebih baru akan saya posting di tulisan selanjutnya :)

      Delete
  7. waduuh,postingannya mba iraaa, menggoda saya untuk membaca satu persatu euyyy, semua sudah saya tonton. emang bener tisu habiiis semua ngelap airmata.

    ReplyDelete
  8. Iya film India memang banyak dramanya tapi kebanyakan happy ending ya, mbak Ira. Durasinya juga panjang sehingga jalan ceritanya lengkap sampai detil. Saya paling suka Kuch Kuch Hota Hai dan Kabhi Kushi. Ada juga yang go internasional seperti slum dog millionaire, ini film India juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang slum dog itu saya belum nonton Mba Anjar :(

      Delete
  9. India ini banyak menginspirasi sinetron2 kita

    ReplyDelete
  10. aku pernah nontonnya point yg nomor 1 aja mbak

    ReplyDelete
  11. Aku sdh nntn semua dan nangis, wahahaa

    Cengeng

    ReplyDelete
  12. Chori chori chupke chupke sukses bikin aku nangis dulu pas pertama kali nonton apalagi pas adegan anaknya nggak boleh diambil pas baru lahir. Ada lagi yang bikin aku nangis tapi nggak masuk list yaitu Kal Ho Na Ho. Yang ini juga bikin aku nangis.

    ReplyDelete
  13. Sukaa...suka semua film India yang 5 pertama ini, teh...
    terutama Kubhi Kushi Kabhie Gham.

    Meweeek teruuss gak berenti-berenti sampe bengkak mata.

    Beneerr-beneerr meluluh lantakkan hati.
    Keereen aktornya.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..