6/29/2016

TIPS MEMBELI SEPATU DI ONLINE SHOP INDONESIA

sepatu berkualitas
pict source: bukalapak.com

Apa yang ada di pikiran kamu saat mendengar kata online shop? Setiap orang tentu memiliki pemikiran yang berbeda tentang dua kata ini. Ada yang suka banget berbelanja di sini tapi tidak sedikit juga yang lebih senang berbelanja secara langsung di toko atau supermarket.

Ada beberapa alasan yang mendasari orang suka berbelanja online, antara lain karena tidak ingin capek berkeliling toko, lebih praktis, tidak punya waktu, juga karena pilihan barang yang dijual secara online lebih beragam dibanding yang tersedia di toko ofline. Berbelanja secara online seolah menjadi pilihan yang paling praktis bagi mereka yang sibuk dan memiliki mobilitas tinggi.

Walau saya bukanlah orang yang termasuk dalam kategori memiliki mobilitas tinggi, tapi bisa dikatakan saya juga penyuka belanja online loh. Alasan saya suka belanja online di online shop Indonesia dikarenakan saya malas dan tidak mau capek keliling toko untuk mencari barang yang ingin saya beli. Keliling toko untuk mencari sesuatu itu capek banget jendral.

So, dari pada kaki dan pinggang pegal, online shoplah pilihan terbaik. Lalu barang-barang apa saja yang sering saya beli lewat online shop? Banyak banget. Mulai dari dvd drama korea, buku, pakaian, sepatu/sandal, tas, dompet hingga kosmetik.

Lalu apakah semua barang yang saya beli secara online selalu memuaskan ketika sampai di tangan saya? Sebagian besar iya. Tapi ada beberapa barang yang kurang sesuai dengan ekspektasi saya. Salah satu contohnya adalah sepatu.

Jujur saja, pertama kali membeli sepatu secara online saya merasa kecewa. Mengapa bisa seperti itu? Karena ukuran sepatu yang tiba di tangan saya kebesaran. Walhasil sepatu tersebut langsung berpindah tangan pada adik saya.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya akhirnya menaruh perhatian besar pada hal yang satu ini. Saat membeli sepatu untuk yang kedua kalinya di online shop Indonesia saya menjadi lebih selektif dan teliti memperhatikan ukurannya. Saya tidak mau kecewa untuk yang kedua kalinya. Dan Alhamdulillah setelah lebih teliti, saya tidak merasakan kekecewaan lagi.

Berikut ini adalah tips membeli sepatu secara online agar tidak merasa kecewa :

1.    Periksa ukuran sepatu

Ukuran saya tempatkan di urutan pertama karena hal inilah yang membuat saya kurang puas saat membeli sepatu secara online. Mungkin karena ukuran kaki saya yang mini, akhirnya saya kesulitan mendapatkan ukuran sepatu yang pas. Setelah mengalami kejadian kurang menyenangkan terkait ukuran sepatu, saat membeli sepatu atau sandal pada kesempatan berikutnya, saya akhirnya mencari tahu ukuran sepatu hingga sedetil-detilnya. Jika sebelumnya saya hanya berpatokan pada ukuran 36 - 40 , maka saat berbelanja di kesempatan berikutnya saya akan mencari tahu ukuran 36 itu berapa cm sih?

2.    Pilih model sepatu yang sesuai kepribadian.

Model menjadi pertimbangan kedua saya dalam membeli sepatu. Ketika memilih sepatu dan melihat modelnya yang menggemaskan, saya akan membayangkan kelak saya akan memakainya dengan busana apa dan pada saat melakukan kegiatan apa. Model sepatu yang akan dipakai ke kantor tentu akan berbeda dengan model sepatu yang akan dipakai untuk jalan-jalan. Intinya adalah pilihlah model sepatu yang sesuai dengan kebutuhan kita. Walau bentuknya sepatunya lucu dan menggemaskan, saya tidak akan tertarik membelinya jika tidak sesuai dengan gaya dan kepribadian saya. 

3.    Harga yang sesuai kantong

Hal terpenting berikutnya adalah harga. Pastikan untuk membeli sepatu sesuai dengan budget yang kita miliki. Memang sih, ada harga ada kualitas, tapi rasanya tidak bijak bila memaksakan diri untuk membeli yang lebih mahal padahal dana yang kita punya tidak mencukupi. Pilihlah sepatu yang pas di hati, pas di kaki juga pas di dompet.

4.    Kesesuaian sepatu dengan foto yang terpasang

Foto sepatu yang terpajang kadang berbeda dengan aslinya. Saran saya, tanyakan pada costumer service-nya apakah benar foto yang terpajang itu adalah foto asli? Jika bukan, pastikan berapa % tingkat kesamaannya dengan produk yang asli.

5.    Bahan sepatu yang nyaman

Bahan sepatu juga berpengaruh pada kenyamanan kita memakai sepatu. Pilihlah sepatu dengan bahan lembut agar tidak membuat kaki tersiksa. Bahan yang keras bisa melukai kaki kita.

Itulah lima tips agar tidak kecewa saat membeli sepatu di online shop Indonesia. Dengan menerapkan kelima hal di atas, Insyaallah kita akan terhindar dari kekecewaan saat membeli sepatu. Punya cara lain agar tidak kecewa saat membeli membeli sepatu di online shop? Share di kolom komentar yuk J J

*Note: sponsored post-baca disclosure

17 comments:

  1. Memang lebih enak online mbak kalau untuk membeli barang termasuk sepatu, tapi biasanya saya suka langsung ke toko saja karena bisa dicoba dulu dan kekurangan kalau beli sepatu secara online itu begitu tidak bisa dicoba, ahi hi hi tapi kalau online mah lebih simpel karena tidak perlu kesana kesini tinggal klik antar deh, tapi kalau saya mah langsung saja karena bisa ijab qobul juga.

    ReplyDelete
  2. Kebanyakan sekarang pada jual kw nya mbak. Di gambar mah emang kaki orang korea, cantik manis gitu. Eh pas dateng, brokatnya beda lah, finishingnya beda lah, kalo ditanya, ya kan kw nya.
    Plis deh kenapa ga tulis aja kalo jual kw nya yg hampir mirip.
    Kzl aku mbak

    ReplyDelete
  3. aku salah satu pecinta online shop, dari baju,jilbab, tas sampai kosmetik juga beli online tapi satu yang aku sampe sekarang belum berani beli online ya sepatu, karena kalo gak sreg kan susah :D

    ReplyDelete
  4. Iya mba periksa ukuran. Eh tapi sering worry juga kadang ukuran sepatu masing2 merek beda2... someday cocok pake 38 ee malah pake yg lain cocoknya 39.

    Tapi beruntung bgt deh sekarang era online shop belanja apa aja jadi mudah...

    ReplyDelete
  5. Tiap toko beda ukuran beda kaki ya mbak, saya sih belum pernah beli sepatu via OL. Takut kalau kurang pas, secara kaki saya ini ukurannya sedikit istimewa. Tapi makasih tipsnya mbak, kadang masih penasaran jua sama sepatu-sepatu yang dijual online

    ReplyDelete
  6. Aku pernah beli sepatu online malah kecewa karena nggak muat, padahal itu nomer aku yang biasanya. Ternyata memang ukuran cm nya yang beda. Huhu. Sekarang kapok kalo mau beli sepatu online, tapi mau coba tips-tipsnya aaah. Makasi sharingnya Maaaak

    ReplyDelete
  7. nomer 4 itu note bangettt...tapi Alhamdulillah beberapa kali beli flat shoes online,selalu memuaskan^^

    ReplyDelete
  8. Klo benda satu ini..memang riskan mbak.. Soalnya klo nggak pas/terutama nggak muat ukurannya mmng jadinya mubazir. Hi..hi, aku blm berani klo beli sepatu via ol..

    Makasih tips nya mbak..

    ReplyDelete
  9. Periksa ukuran sepatu emang yang paling penting, secara kalau online kan ga bisa di coba, ga bisa ditukar dan ukurannya beda-beda. TIps nya layak di coba mak, walau katanya sih kalau beli sepatu enaknya langsung... Aku pernah beli online dan cocok jadi kepikiran lagi beli online aja biar praktis :D

    ReplyDelete
  10. aku yang jarang beli sepatu, males untuk perginya ke toko yang rame orang. Hahaha mungkin solusinya ini ya beli secara online.Makasi y

    ReplyDelete
  11. Point keempat itu yang pernah aku ketipu. Lupa nanya. Di photonya sangat bagus sekali, giliran dikirim. Kecewa.

    ReplyDelete
  12. Iya mbak saya juga suka beli sepatu di OL Shop, salah satu kendala adalah ukuran yg kadang tidak pas...skrg kalo beli di toko ukuran 38 maka ketika beli secara online saya tambahi ukurannya jadi 39, biar nyaman dipakai...Terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
  13. Saya jarang beli sepatu secara online, soalnya ukuran kaki saya jarang ada. Sekalinya ada kesempitan. Jd gagal terus.

    ReplyDelete
  14. Saya jarang beli sepatu secara online, soalnya ukuran kaki saya jarang ada. Sekalinya ada kesempitan. Jd gagal terus.

    ReplyDelete
  15. Yg bikin kecewa biasanya ukuran sepatu sm modelnya yg gak sesuai foto kalo beli online ya

    ReplyDelete
  16. No 1. Yg susah mba ukuran sepatu suka beda2

    ReplyDelete
  17. Ini tips penting buatku. Sering salah beli sepatu via online. Terutama sering salah kira bahan sepatu dan ukurannya sering beda-beda dikit tergantung modelnya longgar atau ramping. Thankyou for sharing

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..