8/31/2016

SMSBUNDA; SALAH SATU CARA UNTUK MENCEGAH KEMATIAN IBU PASCA MELAHIRKAN

pic source: Fanpage SMSbunda

Masih jelas di ingatan, pagi itu di hari minggu beberapa tahun silam saya dikagetkan oleh deringan telepon dari salah seorang sahabat. Dengan terbata-bata ia menyampaikan sebuah kabar duka. Salah satu sahabat kami berbagi suka dan duka semasa ngekost yang baru dua minggu melahirkan bayinya, meninggal dunia.
 
Sungguh saya tidak ingin percaya saat mendengar kabar duka itu tapi rasa tidak percaya yang saya rasakan tidak dapat mengubah keadaan. Diiringi tangis dan rasa menyesal karena belum sempat menjenguk dan memberi selamat atas kelahiran bayinya, saya harus datang untuk mengantarnya ke peristirahatan terakhir. Sampai saat ini kesedihan masih selalu merayapi hati bila saya mengingat kejadian itu. Hiks *________*
 
Saya tidak tahu pasti apa penyebab sahabat saya itu meninggal dunia pasca melahirkan bayinya, saya hanya mendengar selentingan kabar bahwa almarhumah sempat mengalami panas tinggi, kejang dan kemudian tidak sadarkan diri sebelum akhirnya dipanggil olehNya. Belakangan saya baru tahu, bahwa almarhumah mengalami infeksi nifas.

  ***


Hal yang terjadi pada almarhumah mengajarkan banyak hal kepada kami (sahabat-sahabatnya), terutama saya, bahwa ternyata resiko yang harus dilalui oleh seorang ibu tidak hanya terjadi ketika hamil dan melahirkan saja, tetapi juga pasca melahirkan.


Sukses melahirkan bayi bukanlah akhir perjuangan dari seorang ibu. Masih ada hal lain yang harus diperhatikan oleh seorang ibu setelah melahirkan. Tidak hanya menyusui bayinya namun ia tetap harus memperhatikan kesehatannya sebab lengah sedikit saja bisa berakibat fatal pada diri sendiri ataupun bayinya.

Setelah melahirkan seorang ibu akan mengalami nifas. Dan beberapa hal buruk (contohnya infeksi nifas) kadang bisa terjadi pada masa ini yang dapat mengakibatkan kematian ibu (salah satu contoh yang mengalami hal ini adalah sahabat yang saya sebutkan di awal paragraf *_______*).

Pada masa nifas, para ibu sebaiknya waspada terhadap beberapa hal di bawah ini: 

  • Pendarahan lewat jalan lahir

  • Keluar cairan berbau dari jalan lahir
  • Demam (suhu badan >38ยบ Celcius) lebih dari dua hari
  • Bengkak di wajah, tangan/kaki atau sakit kepala dan kejang
  • Payudara bengkak kemerahan disertai rasa sakit
  • Sulit bernafas
  • Rasa sakit di bagian bawah abdomen atau punggung

Bila sang ibu mengalami hal-hal di atas, diharapkan kepada keluarga untuk melakukan hal-hal di bawah ini:
  • Segera bawa ibu ke bidan atau dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Beri makanan yang sehat dan bergizi lengkap untuk ibu. Jangan lupa untuk terus memberikan air minum agar tidak kekurangan cairan.
  • Beri dukungan moral dan perhatian pada ibu dan bayinya serta jangan membebani pikiran ibu dengan masalah yang tidak penting.


Namun sebenarnya hal menakutkan yang terjadi pasca melahirkan tersebut bisa dicegah. Berikut beberapa cara mencegahnya:
  • Ibu harus memperhatikan kondisi kesehatan selama kehamilan dengan cara rajin melakukan pemeriksaan rutin pada bidan atau dokter.
  • Ibu wajib mengkonsumsi makanan sehat, bersih, bergizi dan berserat (sayur dan buah) selama masa kehamilan. Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia.
  • Ibu hamil harus minum air dalam jumlah yang cukup
  • Pilih tenaga penolong persalinan yang terlatih agar proses persalinan terjamin kebersihannya
  • Selama masa nifas, kebersihan jalan lahir harus dijaga apalagi jika ada luka yang memerlukan perawatan khusus.
  • Daftar SMSbunda.

Apa itu SMSbunda?

Menyadari masih tingginya resiko kematian pada bayi dan ibu melahirkan yang ada di Indonesia, Jhpiego, dengan dukungan dari GE Foundation mengembangkan pelayanan berbasis SMS, yaitu SMSbunda.

Layanan SMSbunda adalah layanan yang didesain sedemikian rupa untuk mengirimkan informasi kepada ibu langsung ke telepon genggamnya baik ibu yang tengah hamil, baru saja melahirkan maupun para ibu yang jarang bersentuhan dengan sistim kesehatan.

SMSbunda akan memberikan informasi terpercaya seputar kehamilan, masa nifas juga mendorong para ibu untuk terhubung dengan sistim kesehatan. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran para ibu untuk mengurangi kematian pada bayi dan diri sendiri pasca melahirkan.

Melalui layanan SMSbunda, para ibu akan diberikan informasi berupa penanganan yang cepat dan tepat selama kehamilan dan sesudah kelahiran sehingga mampu mengurangi resiko kematian pada ibu dan bayinya. Ibu yang telah menerima SMSbunda ini diharapkan mampu merawat dirinya dan juga bayinya serta paham cara mencari penanganan yang tepat di saat komplikasi terjadi.

Jangan khawatir dengan keabsahan informasi yang diberikan oleh layanan ini sebab layanan ini didukung oleh departemen kesehatan jadi informasi yang diberikan dipastikan terpercaya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan SMSbunda?

Setelah mengetahui manfaat yang diperoleh dari layanan ini, tentu para ibu akan bertanya-tanya, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan layanan sms ini? Jangan khawatir karena cara untuk mendapatkan layanan ini sangatlah mudah. Berikut tata cara pendaftarannya: 

1. Pada kehamilan trimester pertama ibu atau bidan melakukan registrasi. Caranya ketik SMSbunda kirim ke 08118469468 

pic source: Fanpage SMSbunda

2. Setelah melakukan registrasi ibu akan menerima pesan perawatan kehamilan (pesan ini dikirimkan mulai dari melakukan registrasi di trimester awal hingga trimester akhir).
3. Setelah melahirkan, ibu mengirim tanggal bersalin. 

4. Selanjutnya ibu akan menerima pesan pasca kelahiran.

Untuk lebih jelasnya, ada pada gambar di bawah ini:
 
pic source: http://smsbunda.or.id/

Gimana? Gampang banget yah cara daftarnya? Sssst, layanan ini juga gratis loh. Semua ibu hamil dimanapun berada bisa mendaftar dan mendapatkan informasi seputar kehamilan, nifas dan bayi. So, buat kamu yang sedang hamil, yuk daftar SMSbunda sekarang juga J J



sumber tulisan:
http://smsbunda.or.id/
http://bidanku.com/tanda-tanda-bahaya-infeksi-nifas
http://www.hamilbayi.com/2015/11/waspadailah-tanda-bahaya-pasca-melahirkan.html

41 comments:

  1. jaman sudah semakin berkembang, kalau dipergunakan dengan baik. Manfaatnya emang terasa.

    ReplyDelete
  2. Wah anakku wis gede, telat daftarnya. nanti daftar lagi kalau punya anak yang ke 2 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hanya ingin tahu seputar layanannya, tetap bisa daftar kok Mba Amanda, tapi memang lebih bagus kalo daftarnya saat sedang hamil sih :)

      Delete
  3. wah bermanfaat dan informatif banget ya mbak ira smsbunda ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Ninda, informasi yang diberikan sangat membantu terutama untuk ibu-ibu yang sedang hamil, nifas maupun menyusui :)

      Delete
  4. Program yang bagus ini Mba, di kampungku sana masih banyak kasus kematian pada ibu. Salah satu sebabnya kurangnya pengetahuan. Dan lagi kampungku juga jauh dari RS. Bentuknya yang sms juga memudahkan siapa saja mengaksesnya ya. Nggak perlu sambungan internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Rotun, bentuknya yang sms memudahkan para ibu di manapun berada dapat mengakses informasi tanpa perlu sambungan internet :)

      Delete
  5. Wah bermanfaat sekali ya SMS bunda ini utk para ibu hamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Leyla, sangat bermanfaat buat para ibu yang sedang hamil, pasca melahirkan dan juga ibu menyusui :)

      Delete
  6. sekarang teknologi sebisanya dimanfaatkan ke hal-hal yang positif..., untuk hal-hal yang biasanya mesti tanya ini itu ke bidan..atau harus ke dokter..kini pasti informasi bisa langsung diterima via sms.... bunda2 pasti menyambut gembira hal ini.. ntar kalo hamil aku daftar juga ah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, itulah salah satu keunggulan teknologi :)

      Delete
  7. rugiiii...karena saya baru tahu sms bunda nih mbak. Senangnya punya teman blogger ya, saya banyak belajar, banyak informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayapun tahunya belum lama ini Mba Lidha :)

      Delete
  8. SMSBunda ini memang bener2 membantu, aku punya anak di bawah 2 tahun, masih bisa bergabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh asyik, Mba Witri bisa langsung mempraktekan semua informasi yang diberikan :)

      Delete
  9. Semoga SMS Bunda bisa menjangkau seluruh penduduk Indonesia terutama yang di pelosok ya mbak, supaya seluruh ibu-ibu akan sehat selama hamil dan pasca melahirkan :)

    ReplyDelete
  10. Kemarin baru saja mbak saudara saya ada yang melahirkan kondisinya itu lemah sekali pada awalnya sih dibawa ke bidan tapi karena kondisinya lemas jadi dibawa ke rumah sakit saja dan ternyata trombositnya lemah jadi perlu ditangani di rumah sakit, kalau saja waktu itu saudara saya sudah kenal sama sms bunda jadi aman kan tidak perlu kesana kesini.

    ReplyDelete
  11. Mbakkk, infeksi nifas aku baru denger. Serem juga ya.
    Aku kira ya nifas biasa2 aja kaya mens biasa, ternyata ada juga toh kasus infeksinya. Berarti infeksinya dari faktor internal ya?

    Btw, masa komenmu masuk spam. Aku liat di imel ada, tapi kok di dashboard ga ada. Ehhh ada di spam -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada Mba Ratu, dan salah satu sahabat saya meninggal karena hal itu :(

      kok bisa masuk spam Mba?

      Delete
  12. Infonya penting banget nih buat para ibu hamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ajakin bumil di sekitar kita untuk daftar layanan ini :)

      Delete
  13. Infonya penting banget nih buat para ibu hamil.

    ReplyDelete
  14. Wah baru tau ada yg beginian sms bunda bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga semakin banyak ibu yang mengetahui layanan ini yah Mba :)

      Delete
  15. Replies
    1. benar Mba Milda, program keren seperti ini memang sudah sepantasnya didukung :)

      Delete
  16. Saya baru tahu ada sms bunda ini. Aku dah nggak ada bayi lagi. Mungkin bisa sebarluaskan kepada teman dan tetanggaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk sebarkan layanan ini pada para tetangga dan orang-orang yang kita kenal :)

      Delete
  17. Senang ya mbak, sekarang ada aplikasi keren seperti SMSBunda ini. Semoga makin banyak yang terbantu dan nggak ada kejadian menyedihkan lagi seperti cerita sahabat mba Ira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga gak ada lagi kejadian menyedihkan yang diakibatkan oleh ketidaktahuan yah Mba Wati

      Delete
  18. Euh, ada lagi yak ancaman selanjutnya infeksi nifas. Banyak ternyata yang harus diketahui seputar ibu hamil dan melahirkan ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Levi, sebagai seorang wanita banyak banget yang harus kita ketahui

      Delete
  19. Alhamdulillah sekarang sudah ada sms bunda ya mba.
    Ya ampun agak ngeri pas baca infeksi nifas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ngeri Mba Wuri :(
      yuk sebarkan layanan ini pada orang-orang yang kita kenal

      Delete
  20. G wpikir kalo abis ngelahirin yaa audah tinggal ngerawat bayi nya aja tapi ternyata banyak yang mesti di jaga dan diwasapadai

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, tak hanya melahirkan dan menyusui saja mas Toro, tapi lebih dari semua itu sang ibu harus menjaga kondisi fisiknya

      Delete
  21. Waah sekarang sudah ada SMSBunda ya, info penting neh. Jadi ingat masa-massa melahirkan.

    ReplyDelete
  22. aku lagi hamil 7 bulan dan beberapa minggu yang lalu udah daftar SMSBunda mba, dan emang bermanfaat banget, banyak info penting untuk bumil yang saya dapatkan :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..