8/19/2016

LEGO BATMAN UNTUK ANAK-ANAK

pict source: bukalapak.com

Bulan November nanti anak saya berusia lima tahun. Waktu terasa cepat banget berlalunya, padahal rasanya baru kemarin bayi mungil nan menggemaskan itu saya timang-timang eh sekarang sudah main lari-larian ajah bahkan sudah masuk sekolah pula. Walau masih TK sih, hehehe J J

Seiring pertambahan usianya, ada satu hal yang juga ikut bertambah. Hal apakah gerangan? Adalah mainan yang dimilikinya. Hampir setiap bulan ia minta dibelikan mainan baru. Tak heran koleksi mainan miliknya sangat banyak. Tak dapat dipungkiri mainan anak-anak di zaman sekarang ini memang sudah sangat beragam. Jadi sudah menjadi hal biasa bila seorang anak memiliki banyak jenis mainan. 

Tantangan yang dihadapi oleh orang tua dalam memilihkan mainan untuk anaknya pun semakin berat. Sebagai orang tua kita dituntut untuk bisa memilih mana mainan yang sesuai untuk anak kita yang akan membuatnya jadi lebih berkembang dan mana yang tidak. Dan Sebagai ibu, kita tentu memilih mainan yang tidak hanya mengandung unsur hiburan semata dong yah tapi juga harus mengandung unsur pendidikan (mainan two in one).

Ngomong-ngomong tentang mainan two in one, ada salah satu merek mainan anak yang sejak dulu sudah dikenal khalayak. Hayoo tebak, apa merek mainan itu? Yup, mereknya adalah Lego. Saya yakin kita semua tentu sudah mengenal atau bahkan memiliki beberapa mainan dengan merek ini dong?

Lego sudah sangat dikenal sejak dulu karena permainan ini mengandung dua manfaat sekaligus. Manfaat pertama adalah hiburan dan yang kedua adalah pendidikan. Senangnya dapat, pintarnya dapat. Cocok banget nih dijadikan pilihan para orang tua untuk anak-anaknya.

Bagi orang tua yang memiliki anak lelaki seperti saya, ada satu jenis lego yang nampaknya cocok buat anak-anak lelaki kita nih, namanya Lego BatmanLego jenis ini merupakan salah satu lego seri superhero yang saat ini banyak dicari orang tua untuk anaknya. Pasalnya tak hanya untuk dimainkan tapi lego jenis ini bisa juga dijadikan bahan koleksi.

Ada beberapa model Lego Batman yang dapat dipilih oleh para orang tua untuk anak-anaknya, antara lain:

1. Lego minifigure
Lego model  ini merupakan jenis permainan Lego Batman yang ukurannya sangat kecil yang dikhususkan untuk anak-anak. Dan untuk merangkainya juga sangat mudah karena hanya perlu waktu beberapa menit saja. Anak-anak yang memainkannya tidak akan mengalami kesulitan saat memasangnya dan tidak butuh waktu lama untuk memahami bentuknya. Lego model ini sepertinya cocok untuk anak-anak yang baru memulai merangkai sebuah bentuk.

2. Lego 76605
Lego model ini merupakan salah satu tipe Lego yang banyak dicari orang. Dimana pada edisi ini sang Batman akan dirangkai bersama dengan beberapa mobil-mobilan.

3. Lego Jx60003ab
Nah lego model ini merupakan salah satu seri yang penting karena pada edisi ini akan ada batman yang melawan super hero lainnya juga. Wahh, lego model ini nampaknya cocok nih buat anak-anak yang menyukai pertandingan dan pertarungan.

Dari tiga model Lego Batman di atas, manakah yang cocok untuk anak kamu gaes? Kalo Wahyu sih sepertinya cocok dengan model lego yang nomor dua yaitu Lego 76605.

ragam lego batman yang dijual di bukalapak.com

Oh iya, ngomongin permainan rasanya kurang lengkap bila tidak menyebutkan manfaat dan kelebihannya. Setahu saya, lego adalah jenis permainan yang memiliki banyak manfaat terutama buat anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh anak yang memainkannya:
  • Melatih koordinasi. Permainan lego melatih koordinasi antara mata dan tangan. Keduanya akan dilatih untuk saling bekerja sama agar bisa menyusun lego guna membuat bentuk sesuai dengan yang diinginkan atau contoh yang sudah ada.
  • Melatih kerja otak. Menyusun lego akan melatih kerja otak anak. Anak dituntut untuk berpikir dan menyelesaikan permainan sesuai bentuk yang diinginkan. Anak dituntut untuk menggunakan akalnya untuk membuat bentuk yang diinginkan.
  • Melatih anak mengenal warna. Karena lego terdiri dari berbagai warna maka pada saat yang bersamaan anak juga akan belajar mengenali beberapa warna.
  • Melatih komunikasi & bersosialisasi. Jika permainan ini dilakukan anak bersama teman-temannya maka hal ini tentu akan melatih kemampuannya berkomunikasi sekaligus bersosialisasi dengan sesamanya.
  • Melatih motorik. Menyusun lego akan menstimulasi kemampuan motoriknya juga.
  • Melatih fokus, kerja keras, kesabaran dan ketelitian. Saat menyusun lego, ada saatnya anak akan mengalami kesulitan. Saat itulah ia belajar untuk memecahkan kesulitan yang ia dapatkan hal ini tentu mengajarkannya arti kesabaran dan kerja keras. Bahwa dalam mencapai sesuatu ia harus fokus pada tujuan, teliti dan sabar. Bahwa dalam mencapai sesuatu ia tidak boleh tergesa-gesa, ia dituntut berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik.

Tuh kan, banyak banget manfaat yang bisa didapatkan dari permainan keren ini. gimana gaes, tertarik untuk membelikan Lego Batman untuk buah hati tercinta? Yuk buruan dibelikan. Tapi ada satu hal yang harus diingat yah, yaitu jika membeli permainan ini untuk pertama kalinya maka pilihlah permainan yang tingkat kesulitannya berada di level rendah dulu. Bila sudah menyelesaikan permainan yang levelnya mudah barulah kemudian membeli permainan dengan level kesulitan yang tinggi. Bertahap gitu deh belinya J J

Selain itu saat membelinya juga jangan lupa untuk berhati-hati dan memilih Lego Batman yang asli. Karena saat ini sudah beredar juga beberapa lego batman palsu.

34 comments:

  1. Kalau adik saya main batman Lego seperti ini bukan dari toys atau mainan melainkan dari Playstation mba :)

    ReplyDelete
  2. Anakku punya semacam lego gitu, yang ada aku stress!!! Rumah berantakan!!! Langsung aku umpetin aja sampe sekarang. Hahahah

    ReplyDelete
  3. Baru tau lego harganya ternyata cukup mihil hahaha...

    ReplyDelete
  4. Naylah jg suka Lego, itu mainan paling awet dia suka. Kl mainan yg lain cpt bosan

    ReplyDelete
  5. Lego bagus mbak buat anak bisa melatih otak dan kalau kita yang lihat kadang juga keasyikan pas mainnya.hehe

    ReplyDelete
  6. Ini cocoknya buat dedrk cowok ya mb ira

    ReplyDelete
  7. Anakku suka bngt lego kayak gini mbak..cuma itu...sering males beres2nya dia...akhirnya sering pada bubar jalan krn part nya kecil2.

    ReplyDelete
  8. Wah anak2 saya sudah mulai gede2 sudah ga ada yg main lego lagi, tp wkt kecil sy kasih mainan lego jg karena memang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. Sepertinya boleh juga nih. Tapi bukan yan batman, anak saya cewek semua :D

    ReplyDelete
  10. wah keren, anakku juga suka batman, cocok nih buat hadiah kalo dia minta mainan lagi :)

    ReplyDelete
  11. Semasa saya kecil saya belum pernah mainin mainan seperti ini mbak, tapi jaman makin modern mainan juga makin modern sepertinya saya harus beli nih dan mencoba mainin lego ini, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  12. aku sih suka lego minifigure yang gantungan kunci gitu mbak
    lucuuu buat gantungan tas :)

    ReplyDelete
  13. eh ngomong2 punyaku juga batman lho mbak hahhaa
    bisa samaan yaa

    ReplyDelete
  14. lego emang favorit anak-anak ya mba, lucu ni lego Batman ada filmnya juga. Jadi inget waktu ke Legoland anak saya hampir tiga jam di tempat merakit lego, nggak mau pulang hadeh

    ReplyDelete
  15. Pengin suatu hari nanti belikan suami lego tapi harganya masih kemahalan buat saya saat ini. Hehehe...

    ReplyDelete
  16. Lego ini mahal yaaa kak, harga nya bikin deg2an hahaha

    ReplyDelete
  17. Anakku suka lego mba, apalagi kalau itu batman.

    ReplyDelete
  18. Anakku suka lego mba, apalagi kalau itu batman.

    ReplyDelete
  19. Iiioo belum suka lego nih. Padahal papi nya udah ngebet pengen beliin hihi
    Tapi mau coba ahh beliin siapa tau tiba2 suka

    ReplyDelete
  20. Anak cowo ya Mbak..pilihannya lego. Nah kalau saya anak cewe, koleksinya barbie ... xixi

    ReplyDelete
  21. Waduh, gawat inih jangan sampai Fathir baca postingan ini muahahahaha...*emak medit dan penuh perhitungan*

    Fathir sukaaaa banget main lego mixel tuh mbak, dan udah banyak banget koleksinya tuh. Bagus sih memang lego ini, Fathir jadi belajar lebih sabar buat ngerakit sendiri hehehe...

    Kalo lego batman ini kayaknya Fathir belum punya deh :)

    ReplyDelete
  22. Wahahaha.. lucu banget, Anakku pasti suka ini ^^ sayang masih balita, takut tertelan

    ReplyDelete
  23. Aku juga suka koleksi lego, tapi minifigure. Buat toy photography kan lucu... :D

    ReplyDelete
  24. kalau anak-anak saya termasuk yang jarang banget main lego. Tapi memang kalau udah jadi, seneng lihatnya :)

    ReplyDelete
  25. Anak-anak dulu suka main lego, sekarang udah nggak. Tapi kalo ada lego di rumah sepupunya dia ikut bantuin juga, hehehe

    ReplyDelete
  26. selalu suka liat lego, tp msh mikir buat belanjanya :)

    ReplyDelete
  27. Waktu si bungsu di play group ada pelatihan lego juga, masuk intrakurikuler. Bagus buat mengasah kreativitas anak

    ReplyDelete
  28. Sama kayak si bungsuku, seneng banget maen lego ^^

    ReplyDelete
  29. Bagi yang kreatif, lego bukan sekedar mainan, kadang jadi sumber penghasilan..

    Ayo wahyu.. ditekuni!
    *baru mau masuk 5 tahun Irrr.. wkwk..

    ReplyDelete
  30. Ponkananku suka banget lego dan sering main. Asah kreativitas juga sih. Cuma yang batman blm punya

    ReplyDelete
  31. Gara-gara suka banget sama lego, anakku jualan sama teman-teman di sekolahnya. Lumayan juga hasilnya.
    Tapi jujur, saya pusing banget melihatnya. Rumah berantakan oleh barang2 seuprit itu. Ditambah berantem sama saudaranya, padahal sudah beli satu-satu, dua-dua, dsb.

    ReplyDelete
  32. Iya banyak manfaat permainan ini buat anak-anak ya mbak Ira, kadang orang tua bangga jika anaknya bisa membentuk macam-macam karakter meskipun harganya mahal :)

    ReplyDelete
  33. ini juga lego yang disukai anak-anakku di rumah nih mbak :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..