9/12/2016

TIPS AMAN BERBELANJA ONLINE



pict source: pixabay.com

Labbaikallahumma Labbaik Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik Innalhamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk Laa Syarikalak. Selamat hari raya idul adha untuk kita semua yah, dan buat saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji semoga menjadi haji yang mabrur, amin..

Oh iya, di hari yang istimewa ini ngomongin online shop lagi yuk J J. Entah mengapa, ngomongin hal yang satu ini rasanya tak bakalan ada habisnya deh. Adaaa ajah yang bisa dibahas dan dituliskan.

Sepertinya sudah sering yah saya katakan di blog ini bahwa saya suka banget berbelanja online. Sejak beberapa tahun yang lalu saya sudah suka berburu barang yang lucu-lucu di toko online favorit. Sudah banyak barang yang saya beli via online mulai dari pakaian, perlengkapan make up, sepatu, tas, buku hingga dvd drama korea favorit.

Selalu ada rasa berbeda setiap kali melakukan kegiatan menyenangkan ini. Berbelanja online itu rasanya gimana yah? Hmmm, menurut saya, berbelanja online itu memiliki seni tersendiri. Seninya adalah saat kita menunggu barang yang telah kita pesan dengan rasa penasaran dan deg-degan. Sembari menunggu barangnya datang kita akan bertanya-tanya apakah barang yang sudah kita pesan itu sesuai dengan yang kita harapkan? Ataukah mungkin lebih bagus dari yang kita harapkan? Atau bisa juga barang yang tiba malah jauh dari yang kita harapkan? Hmmm, percaya atau tidak, saya pernah merasakan semuanya.

Beberapa kali saya kecewa saat menerima barang yang telah saya pesan. Bentuk dan warnanya kadang sangat jauh berbeda dengan yang tertera di foto online shopnya namun tidak sedikit saya merasa sangat puas dengan kualitas beberapa barang yang saya beli karena ternyata barang yang datang lebih dari ekspektasi saya.

Nahhh, dengan beberapa pengalaman yang saya rasakan, kali ini saya ingin membagikan tips aman berbelanja online nih. Buat kamu-kamu yang hobby berbelanja online, harus membaca tulisan ini sampe habis. *maksa*

Berikut tips aman berbelanja online ala saya: 

1. Pilih toko online terpercaya 

Untuk saat ini sudah banyak banget toko-toko online yang terpercaya. Bila belum percaya untuk belanja di online shop yang dikelola orang pribadi, maka berbelanja di e-commerce akan menjadi pilihan yang paling bijak. Salah satu e-commerce yang terpercaya adalah www.blanja.com.

Berbelanja di www.blanja.com yang merupakan mitra dari ebay ini kita tidak perlu merasa ragu akan tertipu karena semua penjual yang ada di sana dipilih secara ketat sehingga handal dan terpercaya. Selain itu uang pelanggan juga akan dikembalikan jika ada kesalahan transaksi, barang yang dibeli dipastikan akan sampai di tangan pelanggan dan transaksi yang dilakukan selalu dilindungi dan terjamin keamanannya.

2. Berbelanja di toko online yang sudah punya nama

Ini juga menjadi salah satu cara aman berbelanja online. Melakukan transaksi dengan online shop ternama tentu akan lebih aman bila dibandingkan dengan online shop yang tidak dikenal. Online shop ternama tidak akan mengambil resiko menipu pelanggannya karena nama baiknya dipertaruhkan. Yakin dan percaya, ia tidak akan melakukan hal-hal yang akan membuat namanya tercoreng.

3. Bila berbelanja di online shop yang ada di facebook, instagram maupun bbm, pastikan bahwa kamu sudah mengenal penjualnya. Atau bila belum mengenal penjualnya, minimal sudah ada satu teman kamu yang pernah berbelanja di toko itu. Dan jangan lupa untuk membaca testimoni dari para pelanggannya.

4. Setelah berbelanja dan membayar total harga barang yang dipesan, jangan lupa untuk menanyakan resi kiriman barangnya. Online shop terpercaya biasanya akan memberikan nomor resi pelanggannya walau tak diminta sekalipun baik ditampilkan di websitenya maupun dikirim via email, sms ataupun BBM/Whatsapp.

So, itulah beberapa cara yang saya lakukan agar aman dan terbebas dari tipu-tipu saat berbelanja online. Kalo kamu juga mau aman berbelanja online, maka lakukanlah beberapa hal di atas yah agar kamu tidak mengalami hal-hal yang merugikan J J

Atau mungkin kamu punya cara berbeda agar tetap berbelanja aman di online shop? Yuk bagi tips aman berbelanja online ala kamu di kolom komentar ^_________^

28 comments:

  1. Aku lebih suka beli ke orang yang dikenal sih Mbak. :)

    ReplyDelete
  2. Mau coba ahh belanja online di blanja.com
    Makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  3. Pokoknya aku nggak mau belanja online baju atau sepatu, titik... takut nggak cocok. kalau selain itu sering sih, mainan, atau gadged

    ReplyDelete
  4. Kalo belanja online emang mesti cari trusted seller ya mak kaya blanja.com iniiihh :D Makasi tipsnya mak Iraaaa

    ReplyDelete
  5. nice infoh mba, aku jarang banget belanja online, jualan bae :)

    ReplyDelete
  6. thx infonya mba, saya termasuk yg suka belanja online nih

    ReplyDelete
  7. Ke kampung saya jasa pengiriman banyak tidak sampai, kecuali pos mgkn. Jadi belanja online jarang banget... Malah ribet pas udah beli, santai nunggu barang datang eh malah disuruh ngambil barang ke kota kabupaten dengan jarak dua jam kendaraan plus ongkos PP seratus ribu. Mau ngirit malah ngorot kan?

    Nasib warga pelosok...

    ReplyDelete
  8. Aku juga sukanya yang uda ada track record bagus mb klo toko online hihi
    Biar ga takut kecolongan gambar display ama aslinya beda

    ReplyDelete
  9. Saya jarang belanja online mbak Ira, pernah sih beberapa kali tapi yang nggak pakai ukuran karena takut kalau nggak cocok. Tapi belanja online banyak manfaatnya juga ya terutama bila kita nggak punya waktu ke toko :)

    ReplyDelete
  10. Saya sebnarnya jarang belanja online, kecuali ada voucher alias gratisan hehe

    ReplyDelete
  11. Sip, keren nih tipsnya.. bisa dicoba..
    sering juga kalau tidak hati2 bisa tertipu..

    Btw, salam kenal bu :)

    ReplyDelete
  12. Nah, poin nomor 3 tuh yang aku suka missed, keburu terlalu excited mau beli sampai-sampai seller manapun jadi, huhuhu. Thanks untuk tipsnya, ya :)

    ReplyDelete
  13. Kalau aku lebih memilih barang yang secara brand sudah dikenal. Sehingga tahu kualitas, harga dan tidak mudah tertipu oleh gambar.

    ReplyDelete
  14. Dan gw sekarang lagi gandrung belanja di IG
    Banyak nemu celana2 pendek lucu dan menggoda diIG
    alhamdulillah semua lancar pengiriman nya

    ReplyDelete
  15. beberapa kali belanaja OL aman aman aja, tapi baru kemarenan nih ketipu... kzl kzl kzl

    ReplyDelete
  16. makasih tipsnya mba Iraa.., emang harus hati2 sih kalo belanja online. aku selalu blanja di toko online yg udah terkenal, selain aman, pelayanannya juga bagus..

    ReplyDelete
  17. biasanya aku akan balik lagi kalo toko onlinenya sudah terpercaya, baru aja kemarin belanja di toko online

    ReplyDelete
  18. Saya kalo gak di toko online terpercaya atau orang yg sudah dikenal ya gak mau, Mbak. Takut ketipu :)

    ReplyDelete
  19. Mbaa, ini buat mamahku cocok. Uti cuma pingin COD :)) makasih tipsnya mbaa Ir

    ReplyDelete
  20. Kalo instagram, aku langsung cari di tag-tag.an foto onlineshopnya.. icon paling kanan itu.. kalo terpercaya, pasti ada aja pelanggannya yang ngasi testimoni n ngetag foto ke olshopnya..

    Baru tau lho kalo blanja.com mitranya ebay.. super sekali :D

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah saya belanja ol nya aman2 aja, beberapa malah belum kenal. Etapi, emang nggak langsung belanja lho kepo dulu sejenak

    ReplyDelete
  22. Idem sama Mbak Lidha..saya kepo maksimal dulu sebelum belanja ke toko yang gak saya kenal :D

    ReplyDelete
  23. Iya belanja sepatu dan baju agak riskan lantaran belum tentu pass

    ReplyDelete
  24. Beli di Olshop, apalagi udah kenal orangnya. Jauh lebih mudah dan aman. :) Tinggal klik barang, transfer, tunggu.

    ReplyDelete
  25. Kalau aku lebih cenderung beli barang yang gak dipakai buat tubuh. Pernah ada kasus. Terlanjur beli, ternyata kekecilan.

    ReplyDelete
  26. Aku mending yang udah dikenal. Biar gak ketipu. Blanja.com juga terpercaya. Bisa direkomendasikan. :)

    ReplyDelete
  27. Tips keren yang bsia dicoba. Gak takut lagi sama penipuan, asal pas milihnya.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..