11/05/2016

KELEBIHAN & KEKURANGAN MEMBELI MOBIL BARU

pic source: pixabay.com

Di zaman modern seperti sekarang ini, rasa—rasanya alat transportasi sudah menjadi suatu kebutuhan pokok yah gaes. Hampir setiap rumah minimal punya satu kendaraan yang terparkir di teras atau garasi rumahnya.

Banyaknya moda transportasi umum yang diadakan pemerintah demi memudahkan masyarakat mencapai tempat tujuan ternyata belum mampu menekan minat setiap orang untuk memiliki alat transportasi pribadi. Adalah mobil, salah satu alat transportasi yang saat ini menjadi andalan setiap orang.

Jika dulu kendaraan roda empat ini hanya dimiliki oleh kalangan atas saja, maka berbeda dengan saat ini. Golongan menengah ke bawah pun sudah banyak yang mampu beli mobil baru, tentu dengan berbagai macam jenis pembayaran yang saat ini telah tersedia. Terbukti, hampir setiap hari saya menginput aplikasi permohonan kredit mobil yang diajukan oleh konsumen kami. Ini menunjukkan bahwa setiap orang bisa memiliki mobil sendiri entah pembeliannya secara tunai maupun secara kredit.

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor

Melihat tingginya animo masyarakat terhadap kendaraan, tak heran bila banyak bermunculan dealer kendaraan di setiap kota. Di wilayah tempat tinggal saya saja, kurang lebih sudah ada empat dealer mobil dengan merek berbeda. Itu baru dealer yang menjual mobil baru, belum terhitung dealer yang menjual mobil bekas. Padahal saya tinggal di kota kecil loh. Di kota kecil saja sudah banyak dealer apalagi di kota-kota besar yah, pasti tak terhitung deh jumlahnya sebanyak apa.

Namun rupanya masyarakat yang ingin memiliki mobil juga terbagi dalam dua kategori loh yakni mereka yang lebih memilih membeli mobil baru dan mereka yang lebih suka membeli mobil bekas. Masing-masing dari mereka tentu memiliki pertimbangan sendiri terhadap pilihannya.

Baca Juga: Tips Membeli Kendaraan Bekas

Ada yang beranggapan bahwa jika membeli mobil yang baru akan memberi kebanggan tersendiri pada si empunya mobil terlebih jika dibelinya secara tunai pasti akan semakin bangga, hehehe. Si empunya akan lebih bangga saat mengendarainya, dibandingkan mobil bekas. Terlebih bila mobil tersebut merupakan model keluaran terbaru, pasti tingkat percaya diri juga semakin tinggi.


mengendarai mobil baru seperti ini tentu akam melambungkan rasa percaya diri si empunya, hehe
pic source: pixabay.com

Seiring semakin tingginya minat untuk membeli kendaraan roda empat ini, dealer pun semakin pandai dalam menyiasati sistem keuangan demi memunculkan bermacam sistem pembayaran yang diklaim bisa memudahkan konsumen mulai dari pembayaran secara tunai melalui kasir, pembayaran melalui pihak ketiga seperti kantor pos atau minimarket maupun pembayaran melalui pemotongan secara langsung dari rekening konsumen atau yang lebih dikenal dengan istilah autodebet.

Oh iya, jika kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang saat ini sedang bingung antara beli mobil baru atau bekas, berikut ini adalah beberapa kelebihan saat memilih untuk membeli mobil yang baru:

  1. Garansi
Yang pertama adalah garansi. Garansi merupakan jaminan yang diberikan dari produsen kepada pembelinya bahwa produk yang mereka beli adalah bebas cacat atau kesalahan pengerjaan. Garansi biasanya berbentuk surat yang diberikan kepada pembeli. Untuk garansi itu sendiri, beberapa produsen menerapkan peraturan yang wajib dipatuhi pembeli dalam jangka waktu tertentu selama masa garansi, salah satunya adalah tidak diperbolehkannya memodifikasi mobil baru. Hal tersebut bisa menggugurkan garansi dari produsen. Jadi bagi peminat mobil baru, disarankan agar mengerti ketentuan dan juga masa berlaku garansi agar terhindar dari hilangnya hak garansi kamu.

  1. Servis gratis
Manfaatkan fasilitas servis gratis dari dealer untuk mobil baru kamu secara maksimal. Biasanya mobil baru diberikan gratis biaya servis selama beberapa kali sampai jarak tempuh atau batas waktu tertentu. Servis yang dilakukan secara rutin, tentu membuat performa mobil stabil dan nyaman saat dipakai

  1. Premi asuransi rendah
Perlindungan terhadap mobil dengan asuransi juga jangan Anda lewatkan. Untuk mobil baru, asuransi akan menawarkan premi yang lebih kecil dibanding mobil bekas. Ini dikarenakan mobil bekas memiliki resiko yang lebih tinggi, apalagi untuk mobil dengan usia di atas 5 tahun.

Sejalan dengan kelebihan dan kemewahan yang ditawarkan mobil baru, di sisi lain tentu ada beberapa kekurangan yang juga perlu Anda pertimbangkan:

  1. Depresiasi tinggi
Penurunan nilai fisik barang atau properti seiring dengan jangka waktu dan penggunaan disebut sebagai depresiasi. Anda tentu sudah paham jika mobil bukan merupakan sebuah investasi, kecuali jika mobil tersebut digunakan untuk kepentingan usaha. Harga yang terus turun dari tahun ke tahun membuatnya menjadi salah satu kekurangan jika memilih untuk membeli mobil. Nilai penurunan harga pada mobil biasanya sekitar 10 hingga 15 persen per tahunnya.

  1. Harga yang mahal
Harga pasti menjadi poin penting dalam transaksi jual beli barang apapun, termasukmobil. Harga yang cenderung tinggi pada mobil baru tentunya didukung oleh banyaknya fitur yang bisa dinikmati pembeli. Dan jika Anda memilih membeli mobil dengan kredit, pertimbangkan pula besaran bunga, cicilan bulanan dan biaya administrasinya.

Itulah beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru atau mobil bekas. Oh iya, selain beberapa hal di atas tentu ada hal lain yang juga penting untuk dipikirkan yakni aksesoris mobil. Untuk hal yang satu ini kamu boleh membeli aksesoris ditoko mobil terdekat atau dealer tempat kamu membeli mobil.

Saat memutuskan untuk membeli mobil tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan pasangan atau keluarga demi mendapatkan keputusan yang tepat. So, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli mobil baru di atas, kamu memutuskan mau membeli mobil baru atau mobil bekas gaes?

12 comments:

  1. Infonya lengkap sekali Mbak Ira. Memang banyak sekali dealer dengan dp yang murah. Tapi kita tetap harus tahu ada garansi nggak ya. Soalnya itu penting untuk ke depannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, garansi memang penting banget Mba :)

      Delete
  2. Iyes garansi perlu bgt
    Kudu paham kalo mau beli sesuatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Jiah, garansi juga bisa hangus bila kita tidak tahu tatacara penggunaannya :)

      Delete
  3. Garansi semestinya hrs diperhatikan..bnyk sales2 nakal yg membohongi customer

    ReplyDelete
  4. Kalau bisa sih DP ringan, angsuran ringan dan dapat garansi ya mbak Ira :)

    Harus disesuaikan juga dengan budget pastinya ya mbak, hari gini banyak loh mobil baru dengan harga 'ringan' tapi harus benar-benar dipastikan kualitasnya.

    Terima kasih tipsnya mbak, saya simpan dulu deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tipsnya bermanfaat yaa Mba Anjar :)

      Delete
  5. Nah.. baru kejadian belum lama ini, harga mobil tertentu anjlok gegara tu merk dipakai jadi taxi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya saya tahu deh apa mereknya, hihihi :)

      Delete
  6. Aku pengeeennn punya mobil tapi ngeri ga bisa bayar cicilannya per bulan. *itumah derita lo. Huahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih harus perhatikan kemampuan Mbaa, kalo memang belum bisa yaa jangan dipaksakan :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.