1/16/2017

7 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT HENDAK MENJUAL RUMAH

pic source: urbanindo.com

Walau rumah adalah hal yang pokok banget bagi setiap orang, namun kegiatan menjual maupun membeli sebuah rumah bukanlah perkara mudah. Ia tidak semudah membeli atau menjual sembako, pakaian atau pun barang-barang pokok lainnya. Ada banyak hal yang harus dipikirkan sebelum membeli atau pun menjualnya.

Diperlukan pemikiran yang matang saat hendak membeli sebuah rumah. Bagi seorang pembeli, ia tidak boleh sembarangan memutuskan untuk memiliki sebuah rumah. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan, di antaranya seperti luas rumah, lokasi, akses menuju rumah yang hendak dibeli tersebut, lingkungan tempat rumah itu berdiri, dan masih banyak hal lain yang harus dipikirkan.

Sedangkan bagi penjual rumah, tentu ia juga akan memikirkan faktor-faktor apa saja yang membuat rumah yang dijualnya dilirik pembeli. Olehnya itu, tidak mengherankan bila para penjual akan berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas terbaik pada rumah yang hendak dijualnya.

Namun, dalam menjual rumah atau properti lain, entah mengapa kadang terasa gampang-gampang susah sehingga dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam melakukannya. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan saat hendak menjual rumah (khususnya rumah dijual di Bandung):

1. Lingkungan dan Lokasi
Saat hendak memasarkan rumah, sebaiknya penjual mengeksplorasi beberapa faktor yang ada di lingkungan rumah yang hendak dijualnya, seperti lokasi rumah dan juga fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di sekitarnya. Rumah atau bangunan yang berada lokasi yang strategis dan ditunjang dengan fasilitas mumpuni tentu akan memiliki harga yang tinggi saat dijual.

2. Penyegaran Bangunan/Renovasi
Jika diperlukan untuk merenovasi, maka lakukan seperlunya agar rumah tampak menjadi lebih indah untuk dilihat. Rumah yang terlihat lebih bagus tentu memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding rumah yang terlihat biasa-biasa saja. Dalam proses renovasi, perhatikan juga bahan-bahan yang digunakan, tentu disarankan untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas.

3. Memasang Harga Kompetitif
Harga yang komfetitif dalam penjualan rumah atau bangunan pasti akan sangat berpengaruh baik untuk penjual maupun pembelinya. Harga yang ditawarkan tak usahlah terlalu tinggi tapi jangan terlalu rendah juga karena harga di bawah pasaran akan mengakibatkan penjual rugi, sementara harga yang di atas pasaran akan membuat rumah sulit terjual.

Tapi ternyata dalam menentukan harga yang kompetitif bukanlah hal yang mudah. Penjual harus mencari info mengenai harga properti di wilayah sekitar, lalu menempatkan harga yang kompetitif berdasarkan rumah yang sudah atau sedang djual. Dalam hal ini, agen properti mungkin bisa dimanfaatkan untuk membantu penjual.


4. Legalitas Surat
Hal yang juga tak kalah penting saat hendak menjual rumah adalah kelengkapan serta keabsahan surat-suratnya, yang meliputi : Girik, Hak Pakai, Hak Guna Bangunan, dan lain-lain. Surat-surat penting tersebut harus diperiksa dengan teliti. Baik pembeli maupun penjual harus mengerti perbedaan fungsi surat tersebut.

5. Media Promosi
Selain memasang iklan di koran atau spanduk, penjual juga dapat memasarkannya secara online, terlebih zaman sekarang adalah zaman kemajuan IPTEK. Pastinya lebih banyak calon pembeli yang mencari rumah idaman melalui layanan situs jual beli rumah di internet.

6. Teknis Pembayaran
Untuk mencegah terjadinya masalah pembayaran, maka sebaiknya gunakan bantuan notaris untuk membuat perjanjian proses pembayaran.

7. Jasa Agen Properti
Bila tak ingin repot, penjual bisa menggunakan jasa agen properti untuk membantu memasarkan rumahnya. Tak hanya itu, agen properti juga bisa membantu menentukan harga yang kompetitif, menemukan cara pemasaran yang optimal, dan juga menjalin kerjasama dengan perbankan guna mendapat fasilitas KPR.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penjual rumah saat hendak menjual rumahnya. Semoga artikel ini bermanfaat ^______^

4 comments:

  1. Sepakat Mbak. Kayaknya milih pake agen properti ya. KArena jaringannya udah luas juga :)

    ReplyDelete
  2. Media promosi nya sekarang udah macem-macem ya mbak...selain yg udah disebutin, bisa juga post di sosmed trus ditambahi hastag #jualrumahmurah atau #jualrumahblablabla...langsung banyak responnya dah tu, laku-laris manis

    ReplyDelete
  3. Jaman sekarang bisnis properti memang lagi ngehits ya Mba. Banyak menjadi pilihan orang untuk berinvestasi. Makanya kalau jual rumah juga cenderung mudah, selain banyak agen propeti yang mencari, banyak juga yang meskipun udah punya rumah tapi masih nyari dan beli lagi untuk invest.

    ReplyDelete
  4. lewat agen lebih praktis ya mba kayaknya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.