1/05/2017

PENCAPAIAN BLOG WWW.IRAWATIHAMID.COM DI TAHUN 2016 & HARAPAN DI TAHUN 2017

Setelah membaca artikel yang ditulis oleh Mba Arinta yang berjudul "Tahun Baru, antara Evaluasi, Resolusi dan Prediksi" tiba-tiba saya jadi terinpirasi untuk menulis dengan tema yang serupa deh, hehehe ^______^

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita tentang hal-hal yang dicapai blog ini sepanjang tahun 2016 kemarin juga harapan-harapan yang ingin dicapai di tahun 2017 ini.

Alhamdulillah, setahun kemarin lumayan banyak pencapaian yang saya raih melalui blog ini. Walau masih banyak juga harapan yang belum berhasil diwujudkan sih, hehehehe *yang gagal tak usahlah dituliskan, biarlah ia menjadi bahan pembelajaran agar semakin baik di tahun berikutnya*

pic source: pixabay.com

Jujur saja, awalnya saya tidak pernah menyangka bahwa keputusan saya membuat blog ini pada bulan Oktober tahun 2015 yang lalu ternyata bisa mengantarkan saya pada banyak hal berharga dan tak terduga.

Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalau ngeblog bisa mengenalkan saya pada banyak teman hebat yang sebelumnya bahkan tidak pernah saya dengar namanya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menambah pengetahuan saya tentang dunia tulis menulis dan yang paling tak terduga sekaligus menyenangkan tentu saja adalah saya juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari kegiatan yang awalnya hanya bertujuan untuk happy-happy ini. WOW!

Sungguh saya merasa beruntung menjadi seorang blogger!

Lalu apa saja pencapaian yang telah diraih oleh blog ini selama setahun kemarin? Inilah beberapa pencapaian yang bernilai materi dan non materi yang didapat oleh blog ini dan si empunya sepanjang tahun 2016 kemarin:

1. Mendapatkan tawaran kerjasama
Januari tahun 2016 adalah pertama kalinya blog ini mendapatkan tawaran kerjasama, Yeay! Saat usianya menginjak tiga bulan, tak disangka dan tak diduga blog ini sudah mendapatkan penghasilan *walau tujuan awal saya membuat blog ini bukan untuk mendapat penghasilan sih*. Tawaran kerjasama itu datang beberapa saat setelah saya ganti domain.

Lalu bagaimana perasaan saya saat pertama kali mendapatkan email tawaran kerjasama? Tentunya senang dong, rasanya seperti mendapatkan durian runtuh, hihihi. Saya benar-benar tidak menyangka akan mendapatkan tawaran itu, terlebih blog ini masih seumur jagung *maklumin ajaa yaa kalo saya terlihat norak, kan baru pertama dapat tawaran kerjasama LOLOL*

Sebagai blog yang masih seumur jagung, mendapatkan tawaran kerjasama dari sebuah brand ternama tentu menjadi pencapaian yang membanggakan bagi si empunya blog. Rasa syukur selalu saya panjatkan karena setelah tawaran kerjasama pertama itu, setiap bulan selalu muncul tawaran lainnya. Alhamdulillah!

2. Menang lomba blog
Saya adalah orang yang senang berkompetisi. Sejak awal membuat blog ini saya memang sudah hobi mengikuti lomba-lomba baik lomba blog yang diadakan oleh brand yang menawarkan hadiah dengan nominal yang membelalakkan mata sampai lomba yang diadakan oleh teman blogger (giveaway). Pokoknya saya adalah blogger yang sangat suka ikut lomba, titik.

Tapi sayang, tingginya frekuensi saya mengikuti lomba tidak berbanding lurus dengan tingkat keberhasilan saya memenangkan lomba, hiks -_____-. Memang sih, beberapa kali nama saya pernah muncul sebagai pemenang lomba, tapi baru sebatas jadi pemenang pada lomba yang yang diadakan oleh teman blogger dan bukan juara 1 pula.

Maka ketika pada bulan April 2016 lalu, untuk pertama kalinya nama saya tercatat sebagai pemenang hiburan lomba blog ((LOMBA BLOG bukan GIVEAWAY)), hati saya sangat bahagia. Akhirnya blog ini "pecah telor" juga setelah sekian banyak mengikuti lomba blog.

inilah pengumuman lomba blog yang pertama kali saya menangkan

Yup, memenangkan beberapa lomba blog di tahun 2016 kemarin adalah pencapaian yang sangat saya syukuri. Semoga tahun ini semangat saya untuk mengikuti lomba masih tetap sama seperti tahun kemarin, begitu pun dengan pencapaiannya, amin..

3. Berhasil menggelar Giveaway untuk pertama kalinya
Pada bulan oktober tahun lalu, saya menggelar sebuah syukuran atas pertambahan usia blog ini sekaligus pertambahan usia saya dengan mengadakan giveaway pertama di blog ini. Tujuannya hanya satu yakni berbagi kebahagiaan atas berkah yang saya dapatkan sepanjang terciptanya blog ini.

Mengapa giveaway ini saya masukkan sebagai salah satu pencapaian blog? Karena giveaway ini berjalan jauh melampaui harapan saya. Jujur saja, awalnya saya berpikir tak akan ada yang mengikuti GA saya, kalau pun ada mungkin tidak akan sampai 30 orang. Namun ternyata saya salah, jumlah peserta giveaway ini jauh di atas ekspektasi saya. Pesertanya mencapai 45 orang. Sungguh jumlah yang sangat banyak  bagi saya yang masih terhitung anak baru dalam gemerlapnya dunia blogging ini.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada teman-teman yang sudah berpartsisipasi dan memeriahkan syukuran yang saya adakan. 

4. Blog ini mengantarkan saya bertemu banyak teman baru
Yang tidak kalah saya syukuri pada tahun 2016 kemarin adalah blog ini berhasil mengantarkan saya pada perkenalan dan pertemanan dengan banyak blogger hebat. Sungguh tak henti-hentinya saya mengucap syukur karena bisa berkenalan dan belajar banyak dari mereka.

Yup, tahun lalu saya tergabung dalam proyek arisan link bersama lebih dari 20 blogger hebat. Kami tergabung dalam kelompok 3 dan saling mereview satu sama lain. Bersama mereka saya juga tergabung dalam grup WhatssApp yang mana di dalamnya ada banyak informasi berharga yang tidak saya dapatkan dari tempat lain.

Di grup ini, beragam cerita dibagi dan hal itu mendekatkan kami seolah saudara. Padahal banyak dari kami yang belum pernah bertemu muka.

obrolan santai di grup arisan link. sangat akrab layaknya keluarga ^____^

Itulah 4 pencapaian blog ini selama tahun 2016 kemarin. Dan setelah menuliskan keempatnya, kini tibalah saatnya saya menuliskan harapan-harapan yang ingin saya wujudkan melalui blog ini pada tahun 2017 atau bahasa kerennya adalah resolusi tahun 2017.

Lalu apa sajakah resolusi 2017 untuk www.irawatihamid.com? Berikut ini adalah resolusi yang ingin saya wujudkan untuk blog ini:

1. Mempublish minimal 10 artikel setiap bulan
Selama tahun 2016 kemarin, jumlah artikel yang saya publish setiap bulannya tidak menentu. Jumlah artikelnya tergantung mood saya. Bila sedang rajin, maka saya akan rajin menulis dan mempublishnya, namun bila rasa malas melanda maka saya akan mogok nulis hingga berhari-hari lamanya *sungguh kebiasaan buruk yang tak pantas ditiru*.

Di tahun 2017 ini saya bertekad untuk lebih rajin menulis. Saya bertekad untuk mempublish artikel minimal setiap tiga hari sekali atau 10 artikel setiap bulan. Salah satu cara yang saya lakukan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan membuat jadwal di blog. Doakan semoga saya bisa mewujudkan impian ini yaa ^_______^

2. Meningkatkan kualitas tulisan
Harapan kedua yang ingin saya wujudkan adalah meningkatkan kualitas tulisan yang ada di blog ini. Bila di tahun 2016 kemarin tulisan yang terpublish kebanyakan berisi curhat tanpa manfaat, maka di tahun 2017 ini saya ingin menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Saya bertekad, walau tulisannya berisi curhat tapi tetap harus ada manfaat yang bisa dibagikan kepada pembaca. Salah satu hal yang saya lakukan untuk mewujudkan harapan ini adalah jangan lelah untuk belajar demi meningkatkan kemampuan diri. Saya tidak boleh merasa cepat puas dengan kemampuan yang saya miliki saat ini. Selain itu saya juga harus lebih rajin membaca agar pengetahuan bertambah karena saya percaya dengan bertambahnya pengetahuan akan membuat orang lebih bijak dalam menulis dan berkarya.

3. Lebih rajin melakukan blogwalking
Awal-awal membuat blog ini, saya rajin banget melakukan kunjungan ke blog lain atau bahasa kerennya disebut blogwalking. Setiap hari saya rutin mengunjungi 50 blog teman-teman. Tapi seiring berjalannya waktu, semangat saya untuk melakukan kegiatan itu perlahan-lahan memudar. Semakin hari jumlah blog yang saya kunjungi semakin sedikit, dan yang membuat saya sedih, beberapa bulan terakhir ini kegiatan itu seolah terhenti, hhiks -______-

Di tahun 2017 saya bertekad untuk kembali melakukan kegiatan yang dulu pernah menjadi kebiasaan saya itu. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan membuat daftar nama blog-blog mana saja yang akan saya kunjungi.

Pada kesempatan ini saya juga ingin meminta maaf kepada teman-teman yang sering mampir ke sini tapi belum sempat saya kunjungi balik, "maafkan saya yaa gaes, Insyaallah saya akan segera berkunjung ke blogmu".

4. Jangan lelah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog
Saya akui, sejak pertama membuat blog hingga saat ini, kemampuan ngeblog saya masih segini-gini saja dan belum mengalami peningkatan apapun. Maka di tahun 2017 ini saya bertekad untuk mulai belajar hal-hal yang berhubungan dengan blogging, salah satunya adalah seo.

Selain seo, saya juga ingin belajar memotret dengan baik. Saya sadar kualitas foto di blog ini masih ala kadarnya (itulah sebabnya kebanyakan gambar di blog ini saya ambil dari website penyedia gambar gratis), oleh karena itu saya ingin mempelajari teknik memotret yang baik agar menghasilkan foto yang enak dipandang.

Alhamdulillah, dua bulan yang lalu, demi mendukung kegiatan ngeblog saya, suami membelikan sebuah kamera, namun karena tangan saya masih kaku menggunakannya maka hingga saat ini saya belum belajar juga -______-. Saya bertekad, setelah mempublish artikel ini saya akan segera belajar. Doakan semoga saya segera bisa yaa :)

Kamera DSLR Canon EOS 1200D
kamera pemberian suami yang belum pernah saya "sentuh"

Itulah 4 hal yang menjadi resolusi yang paling ingin saya wujudkan untuk blog www.irawatihamid.com di tahun 2017 ini. Semoga tahun ini saya bisa mewujudkan keempat harapan itu, amiin.

Demikianlah tulisan saya tentang pencapaian blog ini selama tahun 2016 juga harapan yang ingin saya capai di tahun 2017.

Saya sudah tuliskan #Resolusiku2017, Lalu bagaimana denganmu gaes? Apa yang menjadi resolusi yang paling ingin kamu wujudkan di tahun 2017 ini? Yuk tuliskan resolusimu dalam bentuk blogpost dan kemudian daftarkan untuk menjadi salah satu peserta giveaway yang diadakan oleh Mba Hidayah Sulistyowati. Hadiahnya keren-keren loh ^_______^





20 comments:

  1. Yeay keren mb Ira 😘 semoga makin semangat ^^

    ReplyDelete
  2. Jadi iri sekaligus penambah semangat saya mbak. Blog nya masih baru tapi sdh berjubel pengalaman. Tampaknya sy hrs lebih serius ngeblog ni.

    ReplyDelete
  3. Selamat atas pencapaiannya mba... perlahan namun pasti mba Ira makin keren... sukses dengan resolusi 2017 nya...

    ReplyDelete
  4. Luar biasa pencapaian yg sudah di dapat Mba Ira Wati. Semoga makin cemerlang ke depannya ya Mba ^_^

    ReplyDelete
  5. Mba Ira blognya baru setahunan tapi udah keren banget tulisannya. Ya Allah.. Hebat Mbaaaa...

    Semoga aku bisa mengikuti jejakmu.

    :) :) :)

    ReplyDelete
  6. Ikut senang dengan pencapaiannya.. dan tentu saja ikut mendoakan resolusi tahun 2017 bisa terwujud bahwakn lebih dari yang diharapkan. ^^

    ReplyDelete
  7. Pingin juga ikutan arisan BP, cuma masih bingung dan belum aktif.
    Makin sukses ya Mbak Blognya. Sukses juga GAnya :)
    Semoga ke depan makin banyak inspirasinya untuk semua orang, amin :)

    ReplyDelete
  8. Barakallah. Semoga semua cita-cita dan impian tercapai ya Mbaak. 😀

    ReplyDelete
  9. Setiap orang punya resolusi masing-masing dan menjadi blogger resolusi yang paling sering aku temui adalah memperbaikai kualitas tulisan. Aku pun sdang berproses supaya tulisanku berbobot mbak, aamiin. :)

    ReplyDelete
  10. Keren mba ^^ serius 50 blog yaa itu :) aku mau tapi nggak berdaya mbaa, anak2 ikiii hihii
    Banyak ya menangnya mba, moga sukses terus ya ^^

    ReplyDelete
  11. Aku kagum e sama mbak Ira..Baru, tapi tlaten, jadi langsung melejit. Blog ku dibuat 2007 mbak..tapi sempat lumutan bertahun2 ☺☺
    Btw..kita sama..sering ngikut lomba.Tapi aku jarang menang..hi..hi, gpp sih..dibuat enjoy aja..

    ReplyDelete
  12. Wahhh semoga target 2017 nya tercapai yaaa

    ReplyDelete
  13. Mb ira mah jempol, hihi beberapa postingn kemaren yang tentang colab berbau curhat aku baca habis sampe bener2 membayangkan perjuangan mb ira menyeberang pulau untuk berkarya dan ldr, salut
    Btw terus menebar tulisan yang bermanfaat ya mb ir

    ReplyDelete
  14. Barokallah. Luar biasa pencapaian mba Ira. Semoga semakin banyak menebarkan manfaar dari ngeblog.


    ReplyDelete
  15. Ayooo Kak, manfaatkan doong si DSLR nya, biar makin kece. Foto2 yg dipake ndk dari pixabay lagi #eh :D

    ReplyDelete
  16. subhanallah, blogger baru dan langsuuungg melejit...

    ReplyDelete
  17. Mbak Ira ini emang keren banget, baru setahunan udah semakin melejittt...

    Sukses selalu ya Mbak.. itu kasian si Canon, ayo lekas dimanfaatkan.. hehe..

    ReplyDelete
  18. Mbak Ira emang ya keren abisss.. sampai ngga bisa komen tentang pencapaian blog saking cemburunya, tapi cemburu positif loh mbak yaa..

    Mau ngucapin terima kasih juga mumpung ingat : mbak Ira udah sering colek-colek saya mengenai job atau semacamnya. Mohon maaf kalau belum semua saya laksanakan karena belum punya nilai DA/PA dan masih malas mikir, hehe..

    Tapi jangan kapok colek-colek saya ya mbak

    Pokoknya sukses deh buat semua resolusi mbak Ira di tahun 2017 dan semoga GA kali ini juga menang, aamiin :)
    Waahhh kameranya bikin mupeng, sini sini biar saya aja yang sentuh, hihi..

    ReplyDelete
  19. Moga resolusinya terwujud ya mbak, makin sering menang pula, aamiin.
    Makasih juga udah ikutan GA ku, padahal sibuk banget ya. Moga sukses deh :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.