4/01/2017

TETAP PRODUKTIF MENULIS DI BLOG ALA WORKING MOM SEPERTI SAYA

pic source: pixabay.com

Tidak terasa yaa, sejak hari senin lalu saya dan teman-teman yang tergabung dalam program Blogger Muslimah Sisterhood sudah memasuki minggu ketiga pelaksanaan program ini. Tanpa saya sadari ternyata sudah hampir sebulan loh proyek menulis bareng anggota Blogger Muslimah ini berjalan. Waktu memang cepat banget berlalunya yaa, ckckck!

Lalu tema apakah yang kami usung di minggu ini? Tema yang kami usung kali ini adalah tips agar menjadi pribadi produktif. Gimana, keren yaa temanya?

Selain keren, menurut saya tema ini juga cukup menantang. Yup, bagaimana tidak, saya yang masih amatir ini dituntut untuk menuliskan sesuatu yang biasanya dilakukan oleh para pakar yakni membagikan tips kepada orang-orang yang mungkin membutuhkan informasi ini di luar sana.

Tapi biarlah, sebagai orang yang menyukai tantangan, dengan senang hati saya akan mencobanya. Pada artikel ini, insyaallah saya akan menuliskan sesuatu sesuai dengan apa yang saya lakukan selama ini. Jadi ini seperti menuliskan pengalaman yang saya rasakan.

Seperti judulnya, pada kesempatan ini saya akan menuliskan hal-hal apa saja yang saya lakukan agar tetap produktif menulis dan mengisi blog ini di sela-sela kesibukan saya sebagai ibu bekerja.

Fyi. Sebenarnya, saya adalah anak baru dalam dunia perbloggeran ini. Karir saya sebagai penulis blog baru dimulai pada bulan april tahun 2015 yang lalu. Bila dibandingkan teman-teman yang lain, saya hanyalah "anak bawang" yang masih perlu banyak belajar. Apalah saya bila dibandingkan dengan teman-teman semuanya.

Baca Juga: Cerita Dibalik Terbentuknya www.irawatihamid.blogspot.com

Penasaran dengan cara saya? Inilah dia beberapa hal yang saya lakukan agar tetap produktif menulis di blog ini di sela-sela kesibukan saya sebagai seorang working mom:

1. Buat jadwal publish artikel & patuhi jadwal tersebut!

Awal-awal membuat blog ini saya masih mengisinya dengan sesuka hati. Maksudnya adalah, saat ingin menulis yaa saya akan menulis, dan saat ingin santai maka saya akan santai sesantai-santainya. Suka-suka hatilah istilahnya :D

Hingga beberapa bulan kemudian yakni saat saya men-TLDkan blog ini. Sejak saat itu saya mulai berpikir untuk serius mengelolanya. Bagaimana cara menunjukkan keseriusan saya? Salah satunya adalah rajin publish artikel.

Baca Juga: 4 Alasan yang Mendasari Saya Menggunakan TLD

Agar rajin mempublish artikel, rasanya saya harus membuat jadwal deh. Selain agar lebih rajin mempublish artikel, jadwal juga membuat saya lebih disiplin menulis. Maka mulailah saya membuat jadwal. Jadwalnya sih masih gak teratur tapi setelah membuatnya saya merasakan banget perbedaannya dengan saat sebelum pakai jadwal.

Minimal ada tujuh artikel dalam sebulan yang saya hasilkan usai menerapkan sistim jadwal ini. Bagi orang lain, ini mungkin terbilang sedikit tapi bagi saya ini adalah hal yang alhamdulillah banget, hehehe :D

2. Rajin mengikuti proyek kolaborasi menulis bareng blogger lain

Ternyata rajin mengikuti proyek kolaborasi menulis sukses membuat saya produktif menulis loh. Pertama kali mengikuti program ini adalah bulan Agustus tahun 2015 yang lalu bersama teman-teman di KEB. Sayangnya program tersebut telah berakhir bulan Desember kemarin.

Tak hanya membuat saya produktif menulis, program tersebut juga sukses membuat saya ketagihan untuk mengikuti proyek kolaborasi lainnya. Saat ini, setidaknya ada tiga program serupa yang saya ikuti yakni 1M1C, Sultra Blogger Talk & Blogger Muslimah Sisterhood.

Menurut saya, dengan mengikuti program seperti ini, mau tak mau akan memaksa kita untuk rajin menulis. Sekali saja mangkir, maka kita akan merasa malu atau "tidak enak" sama teman yang lain. Klik di sini untuk membaca tulisan kolaborasi saya dengan teman-teman blogger lainnya

3. Bila idenya muncul, segera tuliskan!

Salah satu penyebab kita malas melakukan sesuatu adalah menunda. Seperti itu juga yang akan terjadi bila kita menunda-nunda kegiatan menulis kita. Maka agar blog tetap terisi, segeralah menulis bila idenya sudah muncul. Tak perlu langsung ditulis di blog, kita bisa menuliskan ide tersebut di note smartphone atau di kertas.

4. Ikut lomba menulis

Ikut lomba menulis juga merupakan salah satu cara yang saya lakukan agar produktif menulis loh. Saat mengikuti lomba, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Selain blog terisi dan melatih sportifitas, peserta juga bisa mendapatkan hadiah lombanya, tentu saja bila tulisannya dinilai bagus oleh juri, hehehe :D

Bila niat kita mengikuti sebuah lomba adalah untuk mengisi blog, yakin dan percaya deh kita tidak akan merasa kecewa saat tulisan kita kalah. Makanya saat ikut lomba saya selalu meniatkannya seperti itu, walau tetap berharap menang juga sih, hehehe.

5. Blogwalking
Kegiatan blogwalking ini lebih sering saya lakukan di kantor. Alasannya tentu saja untuk menghemat kuota internet saya, LOL.

Banyak banget manfaat kegiatan blogwalking ini. Selain mempererat silaturahmi dengan teman blogger lain, bisa meningkatkan DA/PA blog, merampingkan alexa rank, ternyata juga bisa membuat pelakunya lebih produktif menulis.

Saya akui, beberapa artikel di blog ini saya tulis setelah berkunjung dan membaca artikel di blog teman-teman. Membaca blog mereka membuat saya terinspirasi untuk menulis hal yang sama. Maka bila sedang kehabisan ide untuk menulis, yang mulai saya lakukan adalah bergerilya ke blog teman-teman untuk mencari ide  tulisan (tapi bukan copas tulisan teman loh yaa,  hanya sekedar terinspirasi).

6. Manfaatkan waktu luang untuk menulis

Bagi wanita kantoran seperti saya, waktu menulis itu kadang sulit ditemukan. Maka memanfaatkan waktu luang di sela-sela pekerjaan kantor adalah salah satu cara saya tetap produktif menulis untuk blog ini. Saat sedang istirahat misalnya, saya akan manfaatkan untuk menulis.

Begitu pun saat sudah tiba di rumah. Saat anak sudah tidur dan saya belum ngantuk, maka menulis adalah kegiatan yang biasanya saya lakukan. 

7. Konsisten

Yang terakhir dan yang paling penting adalah konsisten. Mau sekuat apapun tekad kita untuk rajin menulis, bila tidak disertai dengan konsistensi maka hasilnya akan sia-sia. Maka ketika kita sudah berniat untuk rajin menulis di blog, berusahalah untuk konsisten dengan niat tersebut.

**

Itulah tujuh hal yang saya lakukan untuk menjaga produktivitas menulis di blog ini. Kadang masih sering lalai sih, terutama bila rasa malas mulai menyerang dan mood sedang kurang bersahabat, tapi sejauh ini saya masih berusaha untuk memegang ketujuh hal tersebut.

Bagaimana denganmu gaes? Apa yang kamu lakukan agar tetap produktif menulis di blogmu? Apakah sama dengan yang saya lakukan? Ataukah ada cara lain yang kamu lakukan? Yuk bagi ceritamu di kolom komentar :)

9 comments:

  1. aku lagi menurun mood nulisnya mba hahaha mau BW aja males, apalgi mau ikutan lomba :D

    ReplyDelete
  2. Konsisteen yg paling susah mbaak 😢 meskipun sudah bikin jadwal dan pasang target buat ikut lomba biar lebih produktif nulisnya, tetep aja susah mengendalikan semangat nulis yg naik turun. Semogaa kedepannyaa makin produktif dan konsisten. Aamiin. .
    Thank you sharingnyaa mbak iraa 😊 bermanfaat bingitsss. .

    ReplyDelete
  3. Boleh neh tipsnya mba, kebetulan mood menulisku suka naik turun

    ReplyDelete
  4. Aduh, ketampar sm tips2nya huhuhu... uda bikin jadwal tp suka menunda2, akhirnya kehilangan momen :(

    ReplyDelete
  5. Nice post mbak Ira, bisa saya contoh nih buat diri pribadi yang masih angin-anginan gini :)

    Paling sulit tuh no.7 KONSISTEN! Duh, saya selalu nyerah kalau berhadapan dengan kata satu ini :(

    * Ayo semangat, semangat :)

    ReplyDelete
  6. Huuu saya malah klo BW sudah ndk sempat di kantor. Biasanya sdh buka bbrapa blog tp jadinya ndk dibaca, syukur klo bs satu atau dua tuntas dibaca. Konsisten jg msh susah,fufufuhh

    ReplyDelete
  7. Salah satu caraku buat bisa rajin ngisi blog adalah bw. Selain buat nambah teman, larak lirik tamplate cantik blogger, bw juga berguna tuk nyari ide, hehehe

    ReplyDelete
  8. aku aja yg di rumah kadang harus memaksa diri nulisnya. Hehehee... a.k.a males

    ReplyDelete
  9. Mood BW-ku lagi anjlok nih makanya DA menurun hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.