6/23/2017

TENTANG BUKA PUASA BERSAMA DI RAMADHAN TAHUN 2017

Tak terasa yaa sebentar lagi ramadhan akan benar-benar pergi meninggalkan kita. Entah mengapa, hati ini sedih banget setelah menyadari hal ini. Rasa-rasanya ibadah yang saya lakukan masih dikit banget tiba-tiba saya dipaksa ikhlas untuk melepas kepergiannya.

Analoginya seperti sepasang kekasih yang baru bertemu setelah sekian lama berpisah dan saat sedang asyik melepas rindu tiba-tiba dipaksa berpisah kembali. Hiks sedih dan sakit banget rasanya :( Harapan saya semoga kita semua masih diberi umur panjang untuk bisa bertemu lagi dengan bulan penuh ampunan ini di tahun depan, aamin yaa Allah.

Btw, ngomongin ramadhan rasanya kurang afdol deh bila tidak ngomongin buka bersama alias bukber. Sudah berapa kali kamu melakukan bukber di ramadhan kali ini  gaes? Dan dengan siapa saja kegiatan bukber itu kamu lakukan?


Kalo saya, di ramadhan kali ini hanya dua kali melakukan buka bersama. Yang pertama buka bersama teman-teman kantor saat closing akhir bulan Mei lalu dan yang kedua pada tanggal 6 Juni lalu saat arisan bersama teman-teman kuliah.

Tak ada yang spesial sih saat melakukan kedua bukber tersebut. Bersama teman kantor, kami memang wajib melakukannya karena kami memang harus berada di kantor saat itu. Jadi lebih tepat bila dikatakan closing sambil buka bersama, lagian acara bukbernya hanya makan takjil bersama saja.

Tak ada cerita-cerita seru seperti kebanyakan buka bersama yang dilakukan dengan teman-teman yang sudah lama tak bersua. Semuanya biasa saja. Setelah buka puasa, saya dan teman-teman melaksanakan shalat maghrib dan kemudian lanjut bekerja menyelesaikan tugas masing-masing. Udah, itu aja yang kami lakukan.

Baca Juga: Tentang THR Tahun 2017

Sedangkan saat buka bersama teman-teman arisan juga tidak terlalu terasa "aura bukbernya" karena hanya sebagian kecil anggota arisan yang menghadirinya. Dari tujuh belas orang peserta, hanya empat orang saja yang bisa hadir. Miris banget kan? Saya sebenarnya malu untuk menuliskan ini, huhuhu :(

Bukan salah teman-teman juga sih karena saat itu cuaca memang kurang bersahabat. Sejak pagi hingga pelaksanaan arisan di sore hari, hujan tak mereda juga. Belum lagi kebanyakan teman-teman berprofesi sebagai wiraswasta yang sedang sibuk melayani pelanggannya di bulan ramadhan ini.

Seperti kita tahu bersama kan, bagi para wiraswasta (utamanya pedagang), ramadhan adalah salah satu waktu teramai dan tersibuk jadi saya yang pekerja kantoran ini bisa memaklumi hal tersebut.

Namun selain tidak berkesannya dua acara bukber yang saya hadiri, ada satu hal yang saya sesali dari dua acara buka bersama yang saya lakukan tersebut. Kedua acara tersebut tak ada dokumentasi fotonya euy. Sudahlah tidak spesial, ditambah pula tak ada foto. Jadi semakin tak bisa dikenanglah dua acara itu :(

Semoga saya dan teman-teman masih diberi kesempatan untuk bertemu ramadhan tahun depan sehingga bisa melaksanakan buka bersama dengan lebih berkesan, aamin.

Namun terlepas dari buka bersama tak berkesan yang saya rasakan tahun ini, sebenarnya ada satu manfaat yang bisa dirasakan saat buka bersama loh. Apakah gerangan? Adalah mempererat tali silaturahmi antar peserta bukber.


Oh iya, saat menghadiri buka bersama, sebaiknya perhatikan  3 hal ini agar manfaat bukber lebih terasa. Apa saja? Ini nih:

  • Hindari ngobrol terlalu lama. Mengapa? Karena hal ini kadang menjadi alasan yang membuat kita lupa untuk beribadah khususnya shalat maghrib.
  • Buat para wanita, hindari bergosip ria yaa agar pahala ibadah puasanya tidak berkurang *pesan untuk diri sendiri*.
  • Usai melakukan buka bersama, segera pulang ke rumah untuk bertemu keluarga tercinta.

Itulah sekelumit cerita saya tentang buka bersama di ramadhan tahun 2017 ini. Walau tidak seru dan tak ada dokumentasi, tapi tetap harus disyukuri. Semoga tahun depan saya dan teman-teman masih diberi kesempatan untuk melakukan buka bersama yang lebih seru dan terdokumentasi, aamin.

Bagaimana cerita bukbermu tahun ini gaes? Seru kah? Atau mungkin sama seperti saya? Yuk bagi ceritamu di kolom komentar :)

5 comments:

  1. Yaah sekarang puasanya sudah selesai. Kita akan kangen lagi suasana kaya gini

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas tipsnya. Yang nomor 1 kayak mak jleb

    ReplyDelete
  3. Ramadhan tahun ini saya tidak berkesempatan buka puasa di luar mbak. Selain sibuk dengan pekerjaan juga lebih fokus ke keluarga dan kegiatan di masjid dekat rumah. Hanya buka puasa bersama di masjid sekaligus acara memperingati Nuzulul Qur'an :)

    ReplyDelete
  4. Kemarin saya malah cuma sekali bukbernya Kak, fufufuhh

    ReplyDelete
  5. Saya bukber berapa kali dii.. Kantor 1x trus 1x sama teman kuliah dulu.. Yg sama2 Wa Diah itu mi.. Haha..

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.