9/16/2017

CARA MENDAFTAR BPJS KESEHATAN SECARA ONLINE

Hai gaes, selamat berakhir pekan yaa :). Di akhir pekan ini ngomongin BPJS Kesehatan yuk :). Kali ini saya ingin menuliskan langkah-langkah dan cara yang harus dilakukan saat hendak mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan secara online.

Bayar BPJS Kesehatan di Sepulsa

BPJS Kesehatan adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam pasal 14 Undang-Undang BPJS berbunyi setiap warga Negara Indonesia dan warga asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota bpjs.

Untuk peserta BPJS mandiri mempunyai kewajiban untuk membayar iuran bulanan yang besar atau kecil disesuaikan dengan kelas BPJS yang di ambil. Pembayaran bulanan paling lambat adalah setiap tanggal 10 bulan yang bersangkutan.

Jika iurannya tidak dibayar minimal selama 1 bulan maka kartu BPJS akan langsung di nonaktifkan dan akan muncul tunggakan iuran yang harus di lunasi. Selama iuran tidak dibayar maka kartu akan dinonaktifkan oleh pihak BPJS sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan BPJS. Kartu baru bisa digunakan kembali ketika tunggakannya dilunasi seluruhnya.

Saat ini BPJS kesehatan bisa di daftarkan juga secara online. Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan oleh calon peserta untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online ini adalah:
- Kartu Keluarga
- KTP
- NPWP (opsional)
- Alamat email
- Nomor HP
- Softcopy foto close up (maksimal 50 kb) semua anggota keluarga
- Nomor rekening BRI, BNI, BTN atau Mandiri (pilih salah satu) milik penanggung atau salah satu anggota keluarga yang digunakan untuk pembayaran iuran.

Dan untuk melakukan pendaftan BPJS kesehatan online mandiri terbaru tahun 2017, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

* Kedua: pilih jenis kepesertaan dan masukkan nomor KK, di halaman berikutnya, muncul formulir pendaftaran bpjs kesehatan untuk peserta mandiri yaitu pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja. Pekerja bukan penerima upah adalah setiap orang yang bekerja atau berusaha sendiri atas risiko sendiri yang maksudnya adalah seperti wiraswasta atau wirausaha seperti tukang ojek dan pedagang.

BPJS Mandiri dikenal dengan peserta BPJS Individu atau keluarga. BPJS jenis ini diperuntukan khusus untuk masyarakat golongan bukan pekerja dan pekerja bukan penerima upah.

Setelah mengetahui jenis kepesertaan BPJS Kesehatan mandiri. Calon peserta mengisi formulir registrasi BPJS Kesehatan online dengan urutan:
  • Pilih drop down jenis kepesertaan
  • Ceklis “Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta anggota keluarga”
  • Isi kolom nomor kartu keluarga
  • Salin kode keamanan
  • Klik tombol “inquery kartu keluarga”.

Perlu diketahui bahwa sistim bpjs kesehatan online akan memverifikasi secara otomatis. Jika salah satu dari anggota keluarga kamu sudah terdaftar sebagai peserta bpjs kesehatan, maka proses pendaftaran bpjs kesehatan online tidak bisa dilanjutkan. Yang harus dilakukan adalah kamu harus mendaftarkannya ke kantor cabang bpjs kesehatan.

Kamu harus mendaftarkan semua anggota keluarga karena jika ceklist anggota keluarga dihilangkan, sistem akan menolaknya.

* Ketiga isi formulir identitas, alamat dan fakses. Setelah mengkilik proses selanjutnya akan muncul formulir dengan urutan kolom sebagai berikut.
  • Identitas peserta sudah otomatis terisi, kecuali kolom nomor handphone dan NPWP
  • Alamat lengkap sesuai KTP/KK. Kamu tinggal mengisi nomor telp rumah dan memilih namadesa/kelurahan.
  • Alamat surat menyurat/domisili. Ceklis “Alamat surat menyurat sama dengan alamat KTP” Jika domisili kamu sama dengan KTP dan tulis alamat domisili jika alamatnya beda dengan KTP
  • Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Jika FKTP yang kamu pilih sudah memiliki peserta lebih dari 5.000 jiwa, silahkan pilih FKTP terdekat lainnya.

* Keempat pilih kelas perawatan, isi nomor rekening dan email. Padahal aman ini berisi formulir kelas perawatan dan iuran yang dipilih, identitas bank dan alamat email yang bisa dihubungi. Cara pengisian formulir dengan cara pilih kelas perawatan, pilih nama bank, isi nomor rekening dan pemilik rekening sesuai yang tertara di buku rekening, lalu isi nomor handphone, email dan konfirmasi email klik tombol kirim email, muncul pop up proses penyimpanan, kilk OK.

* Langkah kelima cek email dan cetak virtual account. Setelah mengklik OK, cek email dan cetak Virtual Account dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Cek email dari BPJS Kesehatan di folder inbox atau folder SPAM. Jika belum ada, tunggu beberapa saat.
  • Lalu klik tombol hijau aktivasi pendaftaran atau link aktivasi yang backgroundnya yang berwarna pink lalu kamu akan dibawa ke halaman baru, aktivasi pendaftaran BPJS Kesehatan online. 
  • Masukkan kode keamanan di bawah nomor registrasi, klik aktivasi. Bila berhasil akan muncul peringatan “proses aktivasi selesai, silakan cetak lebar virtual account”. Geser layar keatas, klik gambar file pdf pada tab cetak VA untuk mengunduh Virtual Account. Lalu cek hasil unduhan VA kamu. Di situ akan muncul nama bank, nomor VA dan nominal iuran yang harus dibayarkan.

* Keenam bayar iuran bpjs Kesehatan dan cetak e-ID.
Setelah mendapatkan nomor Virtual Account, silahkan bayar iuran BPJS Kesehatan ke bank atau PPOB yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jika sudah bayar, cek kembali email kamu untuk melihat email dari BPJS kesehatan yang berisi e-ID Card BPJS.

Sekarang untuk mengecek tagihan tunggakan dan untuk mengetahui status pembayaran bpjs bisa diketahui dengan mudah, praktis dan cepat secara online. Cara untuk cek tagihan dan cek status pembayaran bpjs caranya sangat mudah dan cepat dengan langkah-langkah:
  1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs di situs resmi bpjs-kesehatan.go.id
  2. Masukkan data Nomor kartu bpjs anda, tanggal lahir, angka validasi yang Nampak pada gambar di atasnya, Jika data sudah diisi maka tekanlah tombol cek yang ada di bawah angka validasi.
  3. Kamu akan melihat informasi data peserta BPJS seperti nama peserta, nomor peserta, status kepesertaan, jenis peserta, jumlah anggota keluarga. Nanti terlihat informasi tagihan, denda, dan total tagihan dan informasi tanggal pembayaran tagihan terakhir.



Oh iya, ingin bayar iuran bpjs dengan aman, praktis, dan menyenangkan? Sekarang ada solusinya loh yaitu bayar di sepulsa aja! Sepulsa selalu sedia menemani kamu 24 jam, jadi gak perlu khawatir kalau mau bayar BPJS dengan waktu yang fleksibel. Caranya gampang banget ikuti tahap-tahap berikut :
  • Install aplikasi Sepulsa atau akses sepulsa.com
  • Ketik nomor kartu BPJS kamu di kolom BPJS
  • Ketik nomor handphone kamu
  • Lalu pilih metode pembayaran yang tersedia berupa transfer bank, kartukredit,kredivo, Mandiri Virtual Account, dan BCA Virtual Account.
  • Bayar BPJS kesehatan menggunakan Aplikasi Sepulsa telah sukses. Sepulsa juga punya produk lain yang bisa kamu beli di sini salah satunya adalah kartu perdana XL dengan nomor cantik hanya dengan harga 99K Rupiah saja kamu bisa mempunyai nomor cantik.

Bayar BPJS Kesehatan di Sepulsa
Bayar BPJS Kesehatan di Sepulsa

Selain bayar BPJS, kamu juga bisa isi ulang pulsa dan paket data segala operator di Sepulsa, dengan metode pembayaran yang beragam dan tidak perlu makan waktu lama. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan untuk isi pulsa dan paket data di Sepulsa:
  • Buka website/app Sepulsa
  • Isi nomor handphone kamu
  • Pilih nominal pulsa yang diinginkan
  • Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran
  • Pulsa akan masuk ke nomor kamu. Semua tahap selesai dalam waktu kurang dari 30 detik. 

Gimana? Gak terlalu sulit yaa untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online? Mendaftar secara online tentu lebih praktis dibanding melakukan pendaftaran di kantor BPJS Kesehatannya :)

2 comments:

  1. wah aku malah ga tau cara daftarnya mb selama ini yg daftarin rekan kerja yg mmg urusin kheseus bpjs hehehe dan iurannya dibayarin kantor alhamdulilah 😁

    ReplyDelete
  2. Info berguna buat yang mo ndaftr bpjs secara mandiri mb. Dulu aku masih namanya jamsostek, yang ngurusin sdmnya kantor...

    Sekarang, aku nebeng asuransi pak suami aja..

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.