10/19/2017

MENGENALKAN PERMAINAN OUTBOND PADA ANAK SEJAK DINI


Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika melihat foto anak-anak ini? Kotor? Iyaa sih tapi jangan salah, berani kotor itu baik #eh di balik kegiatan yang menurut kita kotor ini terpancar kegembiraan dari wajah mereka. Yup, anak-anak ini nampaknya sangat menikmati game yang mereka mainkan.

Tak sedikit anak-anak suka banget mencoba hal-hal yang terlihat menantang. Rasa penasaran yang tinggi membuat mereka ingin mencoba hal yang kadang di luar perkiraan kita, orang dewasa. Untuk menjawab rasa penasaran mereka akan hal-hal menantang ini, akan bagus banget bila kita mengajak mereka ke tempat outbond.

Bagi teman-teman yang tinggal di wilayah Bogor, tentu tidak asing lagi dengan tempat outing di puncak, yang menyediakan ragam permainan outbond yang disukai anak dong yaa.

Ngomong-ngomong tentang outbond, ternyata ragam permainan outbond itu dapat memberikan dampak postif kepada anak-anak kita loh, beberapa permainan outbond dapat melatih anak dalam hal kepimipinan, kedispilnan, sportivitas, ketangkasan dan juga dapat melatih motorik kasar sang anak. 

Ini nih beberapa jenis permainan outbond yang sesuai untuk anak-anak beserta manfaat yang bisa didapatkan: 

1. Berjalan di Tali 
Bila dilihat sekilas, permainan ini sepertinya berbahaya untuk anak, tapi ternyata cukup aman kok karena umumnya pengelola tempat outing menyediakan ragam permainan yang sudah terjamin keamanannya. Jadi para ibu tak perlu khawatir, permainan berjalan di atas tali ini mengajarkan anak dalam menjaga keseimbangan serta meningkatkan keberanian mereka.

2. Flying Fox 
Permainan outbond lain yang juga sesuai untuk anak khususnya remaja adalah flying fox. Anak usia 13 tahun ke atas tentu sudah cocok untuk merasakan permainan yang satu ini. Meluncur di seutas tali dengan ketinggian tertentu, membuat si anak dapat belajar mengurangi ketakutannya terhadap ketinggian.

3. Permainan Pesan Berantai 
Permainan menyampaikan pesan secara berantai ini sudah sangat melegenda dalam dunia outbond. Permainan ini mampu meningkatkan daya ingat sang anak, membuat anak berusaha mengingat keseluruhan pesan yang diterimanya untuk kemudian disampaikan kembali ke teman lainnya. 

4. Bercocok Tanam 
Beberapa tempat outing (khususnya di Puncak) menyediakan fasilitas permainan outbond yang mendekatkan si anak dengan lingkungan, seperti halnya bercocok tanam. Kegiatan bercocok tanam jelas memberikan manfaat yang besar kepada anak, selain mengajarkan mengenali jenis tanaman yang ditanamnya juga dapat membuat anak menghargai tanaman dan alam. 

5. Balap di Lumpur 
Seperti yang saya bilang di awal, berani kotor itu ternyata baik loh buat anak. Tak selalu kotor-kotoran di lumpur adalah hal yang buruk, justru balap di lumpur seperti ini mampu membuat anak bertahan dengan tantangan dan akan membuat mereka lebih disiplin dan semangat menyelesaikan balapan hingga garis finish.

Itulah 5 kegiatan outbond yang bisa dilakukan oleh anak-anak dan remaja juga manfaat yang akan didapatkan oleh anak ketika melakukannya.

Setelah tahu manfaat outbond, apakah kamu tertarik untuk mengajak putra-putri tercinta ke wahana outbond, gaes? Bagi kamu yang tinggal di sekitar wilayah Bogor bisa banget datang ke tempat outing di Puncak.

5 comments:

  1. Apakah tidak apa - apa main kotor - kotoran sepeti itu takutnya ada binatang yang membahayakan

    ReplyDelete
  2. Seru tuh. :D Tapi anakku belum berani main outbond.

    ReplyDelete
  3. Outbond emang seru sih. :D Hehehehe anak cowok jga kebanyakan suka

    ReplyDelete
  4. jadi pengen main outbound.. hehe

    ReplyDelete
  5. Asyiikk ya Kak, di Kendari outbond nya di NS Valley. Lumayan ada flying fox nya tawwa :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.