10/16/2017

TIPS MEMBELI & MENGGUNAKAN AC UNTUK KAMAR TIDUR

Akhir-akhir ini cuaca semakin panas yaa, jangankan berada di luar rumah, tinggal dan berdiam diri di dalam rumah aja rasanya gerah banget euy.  Sepertinya lapisan ozon yang melindungi bumi kita semakin menipis nih #abaikanpikiranemakemakbaper

Bila sudah kegerahan gini, rasa-rasanya pendingin atau penyejuk ruangan adalah benda yang paling dibutuhkan nih di rumah apalagi di ruangan yang menjadi tempat peristirahatan kita setelah seharian bekerja yang tak lain dan tak bukan adalah kamar tidur.


Setelah seharian capek bekerja, kita tentu ingin beristirahat dalam ruangan yang nyaman dan sejuk dong yaa. Ada beberapa alat yang bisa dipakai untuk menyejukkan ruangan, diantaranya perbanyak jendela kamar, kipas angin dan juga AC.

Namun dari ketiga benda di atas, sepertinya AC adalah benda yang paling banyak dipilih nih karena selain kesejukan yang dihasilkan pas, juga tak ada resiko masuk angin yang akan didapatkan penghuni kamar karena kebanyakan dikena angin seperti saat menggunakan kipas dan membuka jendela kamar terlalu lama. 

Tapi tahukah kamu? Memasang AC di kamar tidur tenyata tidak dapat sembarang dilakukan loh, ada beberapa langkah yang harus dperhatikan agar pemasangan AC tersebut tidak sia-sia. Setidaknya lakukan 5 hal ini ketika membeli dan menggunakan AC untuk kamar tidur, diantaranya:

1. Pilih Jenis AC split 
Jenis AC split menjadi pilihan yang cocok untuk digunakan di kamar tidur, pasalnya AC ini terdiri dari 2 pemasangan pada bagian indoor dan outdoor yang dimana AC ini menghasilkan suara lebih soft dikarenakan letaknya yang terpisah.


2. Tentukan Besar PK AC 
Menentukan besar PK AC sangat penting untuk dilakukan, karena semakin besar ruangan maka akan semakin besar pula PK AC yang dibutuhkan agar ruangan terasa sejuk. Perlu diingat, PK AC berbanding lurus dengan harga AC juga listrik yang akan digunakan. Semakin besar PK AC, listrik yang digunakan juga akan semakin banyak dan harga AC tentunya akan lebih mahal. 

3. Tentukan Merk AC 
Langkah selanjutnya yakni membeli AC yang sesuai dengan keinginan, namun untuk mendapatkan AC paling hemat listrik ini dibutuhkan budget yang lumayan besar. Semakin terkenal dan berkualitas merk AC, maka harganya pun akan semakin mahal.

Sebagai saran, AC Daikin dengan tipe split mungkin dapat dijadikan pilihan untuk AC di kamar tidur kita karena merk AC yang satu ini sudah terkenal akan kualitasnya dan juga hemat listrik meski harga yang ditawarkan cukup bersahabat. Cocoklah yaa buat para ibu-ibu yang pengen mendapatkan kualitas oke namun budget yang dikeluarkan seminim mungkin, hehehe :D

4. Letak Pemasangan AC 
Tempatkan AC di tempat yang tepat dan strategis di dalam kamar tidur. Hindari memasang AC di dekat pintu karena udara akan lebih mudah keluar masuk, jangan juga menempatkan AC terlalu rapat ke atas plafon karena akan menyebabkan sirkulasi udara kurang maksimal. 

5. Service AC Secara Teratur
Terkadang banyak orang yang menggunakan AC namun tidak memperhatikan perawatannya. Ada sebagian orang baru melakukan service ketika AC mengalami masalah padahal kondisi seperti ini dapat memperpendek penggunaan AC. Agar AC awet dan tahan lama, lakukanlah kegiatan service AC secara teratur minimal 3-4 bulan sekali.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan saat hendak membeli dan menggunakan AC di kamar tidur. Kelima cara tersebut cukup mudah yaa untuk dilakukan :)

4 comments:

  1. Ohh baru ngeh aku kalo peletakan AC dekat pintu kurang tepat ya, thanks infonya mbak, lagi pengen pasang AC buat kamar tapi masih galau

    ReplyDelete
  2. Saya pengen pasang ac. Tapi setengah pk cukup gak ya? Kamarnya kecil soh...3*4 meteran

    ReplyDelete
  3. AC Daikin tampaknya sekarang semakin banyak yang memakainya.

    ReplyDelete
  4. Iyaah Kak, ini lg berfikir utk punya AC juga, geraaahh, sumuukk. Apalagi punya baby dan batita, kasyan klo pake kipas terus, huhuhuh.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.