8/02/2016

AYO CIPTAKAN GENERASI PLATINUM DENGAN MENGIKUTI PROGRAM BEKAL MASA DEPAN (BMD) CHIL-GO!

bekal masa depan chil-go!


Hai Gaes, gimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yah. Oh iya, mau tanya dong, adakah di antara kamu yang mengenal Gisella Anastasia? Itu loh istrinya Gading Marten dan mommy-nya baby imut-imut nan menggemaskan "Gempita"? Pasti kenal dong J J

Tau tidak, beberapa waktu yang lalu, tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba saja mommy cantik itu mention saya dan beberapa teman lain di instagram buat ikutan Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! loh *sombong dikit, soalnya baru pertama kali dimention artis nih, hehe*


asyik, dimention Gisel untuk ikutan Program BMD Chil-Go! ^________^

Jadi, dalam video yang ia bagikan, mommy cantik itu mengajak kami untuk ikut berpartisipasi dalam program yang diadakan oleh Morinaga Chil-Go!. Kami ditantang untuk menceritakan ide kreatif dalam memberikan stimulasi kecerdasan majemuk pada anak-anak kami dengan nilai hadiah utama yang WOW B.G.T (hadiah utamanya berupa dana asuransi pendidikan senial Rp. 3 milyar). Melihat hadiah yang ditawarkan, tanpa berpikir panjang segera saja saya putuskan untuk menerima tantangan Mba Gisel itu J J

Saya pun mulai mencari tahu apa yang dimaksud dengan program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! melalui website www.BekalMasaDepan.com. Di website itu dijelaskan bahwa Morinaga Chil-Go! sebagai salah satu brand unggulan PT. Kalbe Nutritionals mengusung satu program yang bernama Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! untuk mendukung orang tua dalam mempersiapkan masa depan sang buah hati, terutama dalam mempersiapkan tabungan pendidikannya juga mendukung orang tua dalam membesarkan anak yang multitalenta lewat ragam aktivitas stimulasi. Jadi lewat program keren ini diharapkan mampu menciptakan generasi platinum yang multitalenta. Ihh, mulia banget yah tujuan program yang satu ini. Harus didukung atuh!

Dan setelah membaca tujuan mulia yang ingin dicapai oleh Morinaga melalui program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go!, tekad saya untuk mengikuti program ini semakin kuat. Tujuan saya bukan lagi hanya ingin mendapatkan hadiah yang ditawarkan tapi lebih dari itu saya ingin ikut berperan dalam mencetak generasi platinum yang multitalenta.

Ayo Kenali Kecerdasan Anak Kita! 
    
   Lewat website ini juga saya jadi tahu bahwa anak-anak memiliki 8 Kategori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Orang tua dituntut untuk mengenali kecerdasan anaknya agar dapat memberikan stimulasi yang sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki anaknya. Dan inilah delapan kategori kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) yang dimiliki oleh setiap anak:
  1. Kecerdasan Linguistik yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. 
  2. Kecerdasan Logika Matematika yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam menggunakan angka, logika dan sains. 
  3.  Kecerdasan Visual Spatial yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam menyukai gambar, bentuk dan pola pada suatu objek. 
  4.  Kecerdasan Kinestetik adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam penggunaan anggota tubuhnya atau kemampuan dalam mengekspresikan diri dalam bentuk gerakan tubuh. 
  5.  Kecerdasan Musikal adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam menyukai musik baik dalam hal mendengar ataupun memainkan alat musik. 
  6.  Kecerdasan Interpersonal adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam bergaul dengan orang lain termasuk memahami perasaan orang-orang di sekitarnya. 
  7.  Kecerdasan Intrapersonal adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengenal dan memahami dirinya sendiri. 
  8. Kecerdasan Naturalis adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kepedulian anak dengan lingkungan dan alam sekitarnya. 
8 kecerdasan majemuk anak
pict source: www.BekalMasaDepan.com



Ada hal yang harus dipahami oleh orang tua yaitu bahwa setiap anak memiliki keunggulan masing-masing jadi tidak boleh disamaratakan. Anak yang unggul dalam kecerdasan linguistik belum tentu unggul di kecerdasan musikal, anak yang unggul dalam kecerdasan naturalis belum tentu unggul di kecerdasan kinestetik, anak yang unggul dalam kecerdasan logika matematika belum tentu unggul di kecerdasan interpersonal, begitupun sebaliknya.

Olehnya itu, sebagai orang tua, kita tidak perlu membanding-bandingkan kecerdasan anak kita dengan kecerdasan anak orang lain *nasehat untuk diri sendiri karena masih suka membandingkan Wahyu dengan anak-anak lain*. Kita hanya perlu mengenali anak kita unggul dalam kecerdasan apa kemudian menemukan ide yang tepat untuk menstimulasi kecerdasannya agar kelak tumbuh menjadi generasi platinum.

Setelah mengamati dan mempelajari keseharian Wahyu, akhirnya saya simpulkan kalau anak saya lebih menonjol dalam kecerdasan visual spatial dibanding tujuh kecerdasan lainnya. Dan untuk mendukung kecerdasan ini, saya membuatkan permainan yang mendukung kecerdasannya tersebut.

Ada 2 permainan yang belum lama ini saya buat untuk menstimulasi kecerdasan anak saya yang terbuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah yang sangat mudah didapatkan.


1. Membuat Helm, Baju perang & Pedang

 Alat & bahan yang dibutuhkan:

  • Beberapa lembar daun nangka (boleh diganti daun lain)
  • Gunting
  • Lidi
  • 1buah kayu
  • Pisau
  • Perekat (Isolasi) warna hitam
  •  Botol bekas Morinaga Chil-Go!

permainan untuk menstimulasi kecerdasan anak usia 2 hingga 8 tahun
bahan yang dibutuhkan untuk membuat helm, baju perang dan pedang yang akan dipakai oleh Panglima perang (-isolasi)

Cara Membuat Helm & Baju perang. 
Gunting tangkai daun nangka. Sambungkan ujung daun yang satu dengan pangkal daun yang lainnya menggunakan lidi. Lakukan hal yang sama hingga daun yang telah tersambung bisa melingkari kepala dan berbentuk helm. Hal yang sama juga berlaku untuk baju perangnya. Cukup menyambungkan antara satu daun dengan daun yang lainnya menggunakan lidi dan buat menyerupai baju yang dipakai oleh panglima perang.


permainan untuk menstimulasi kecerdasan anak usia 2 hingga 8 tahun
langkah-langkah membuat helm ^________^

Cara Membuat Pedang

Cara buatnya sangat gampang. Ujung kayunya dimasukkan ke dalam botol bekas Morinaga Chil-Go! dan setelah itu di lekatkan menggunakan isolasi warna hitam. Jadi deh pedangnya.


permainan untuk menstimulasi kecerdasan anak usia 2 hingga 8 tahun
langkah-langkah membuat pedang ^_______^

Cara Bermain:

Saat membuat helm dan baju perang, saya mengajarkan Wahyu melekatkan setiap daun. Awalnya dia merasa kesulitan melekatkan daun-daun nangkanya namun beberapa waktu kemudian dia mulai bisa.

Dia sangat menikmati kegiatan ini sehingga sangat antusias mengikuti setiap langkah yang saya ajarkan. Sedangkan untuk pembuatan pedangnya Wahyu hanya menjadi penonton. Karena dalam proses pembuatannya menggunakan pisau, jadi saya tidak berani menyuruhnya untuk memegang.

Anak saya sangat menyukai permainan ini, dia juga menikmati perannya sebagai seorang panglima perang. Saat memakai helm dan baju perangnya, dia tidak mau dipanggil “Wahyu” dia maunya dipanggil panglima perang, hehehe

tadaaa, panglima perang siap beraksi melawan musuh  ^________^

Permainan ini bisa diterapkan pada anak usia 2-8 tahun. Menurut saya, permainan ini juga bisa menstimulasi kecerdasan lain. Selain menstimulasi kecerdasan Visual Spatial,  ada dua kecerdasan lain yang juga bisa terstimulasi oleh permainan ini yaitu kecerdasan Naturalis dan kecerdasan Logika Matematika.

Kecerdasan Visual Spatial yang didapatkan dalam membuat mainan ini adalah saat anak belajar berimajinasi bagaimana membuat helm, baju dan pedang yang dikenakan oleh seorang panglima perang.

Karena bahan utama pembuatan baju dan helmnya berasal dari daun nangka, maka di waktu yang sama Wahyu juga belajar satu hal yaitu mengenal salah satu bagian dari tumbuhan. Saya jelaskan padanya bahwa semua makhluk yang hidup di bumi ini harus menyayangi lingkungan dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat dan rajin menanam pohon, salah satunya adalah pohon nangka yang daunnya sedang kami gunakan sebagai bahan baku pembuatan helm dan baju perang. Rasanya hal ini bisa dikategorikan dalam stimulasi Kecerdasan Naturalis.

Sedangkan Kecerdasan Logika Matematika didapatkan pada saat Wahyu menghitung jumlah daun yang dipakai untuk membuat baju dan helmnya. Saat melekatkan daun-daun nangka itu menggunakan lidi, saya juga mengajaknya berhitung sudah berapa helai daun yang terpakai dalam pembuatan helm dan baju perangnya.

Dengan melakukan permainan ini, bukan hanya kecerdasan visual spatial Wahyu saja yang mendapatkan stimulasi, tapi ada dua kecerdasan lainnya yang juga mendapatkan stimulasi. Mungkin pepatah “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” cocok untuk permainan ini.  Permainan yang sangat mudah namun dapat melatih beberapa kecerdasan sekaligus JJ

2. Perahu Kertas

Sama seperti permainan pertama, permainan ini juga cocok dilakukan oleh anak usia 2 hingga 8 tahun. Diharapkan setelah melakukan permainan ini anak dapat mengembangkan imajinasinya dalam membuat perahu dan kapal.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:
- Kertas origami warna warni


stimulasi untuk mengembangkan kecerdasan anak usia 2 sampai 8 tahun
kertas origami warna-warni


Cara membuat:
Cukup dengan melipat kertas-kertas tersebut mengikuti pola pembuatan perahu, maka perahu warna warni akan segera tercipta.

permainan untuk menstimulasi kecerdasan anak usia 2 hingga 8 tahun
langkah-langkah membuat perahu kertas



Cara bermain:
Saya hanya mengarahkan Wahyu untuk mengikuti apa yang saya lakukan. Sesekali kami mengalami kesulitan dalam melipat kertasnya namun rintangan kecil itu langsung terselesaikan saat itu juga.

Permainan ini lagi-lagi melatih kecerdasan visual statis anak saya. Saat membuat permainan ini dia berimajinasi menjadi penumpang dalam sebuah speedboat yang sering kami tumpangi ketika hendak pulang kampung. Permainan ini juga dapat menstimulasi anak dalam mengenal warna.


Bagaimana cara mengikuti Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go!?
  
Rasanya seru dan bahagia banget deh bisa membuat permainan yang dapat menstimulasi kecerdasan anak saya. Bagaimana Gaes, sudahkah engkau tahu kecerdasan apa yang dimiliki anak kamu? Yuk ikuti Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! ini dan ciptakan generasi platinum yang multitalenta.

Cara ikutan programnya gampang kok. Kamu bisa memilih ikutan pake cara online atau cara offline. Ini nih langkah-langkah yang harus dilakukan bila memakai cara online:


pict source: www.bekalmasadepan.com


Kalau saya mengikuti program ini melalui mekanisme offline. Dan inilah langkah-langkah yang saya lakukan:
  • Beli minimal 6 botol susu Morinaga Chil-Go! di toko-toko terdekat dan kumpulkan struk pembeliannya.
  • Download formulir pendaftaran di www.BekalMasaDepan.com, isi formulirnya dan kirimkan beserta struk pembelian ke PT. Bounche Indonesia, Thamrin Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung, Jakarta 10240
  • Bila struk dan formulirnya sudah dinilai valid oleh tim juri, kamu akan diberi kode unik yang akan dikirimkan via email atau sms.
  • Daftarkan profil kamu di www.BekalMasaDepan.com dan masukkan kode unik yang telah dikirim via email/sms.
  • Pilih satu dari delapan kecerdasan Majemuk dan buat judul semenarik mungkin.
  • Ceritakan ide, masukkan data pendukung seperti foto dan video.
  •  Review dan submit ide.
  •  Bagikan ide tersebut


pict source: www.bekalmasadepan.com


formulir pendaftaran untuk mengikuti Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go!


stimulasi untuk mengembangkan kecerdasan anak usia 2 sampai 8 tahun
Ide saya dalam menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial Wahyu yang sudah diverifikasi dan tayang di website BMD Chil-Go!

Gimana-gimana, gampang banget kan cara ikutan program keren ini? Ayo atuh ikutan, biar semakin banyak ibu yang menciptakan generasi platinum. Agar lebih jelas, lengkap dan yakin, bolehlah nonton video di bawah ini ^__________^



Atau berkunjung ke alamat sosmed Morinaga Chil-Go! Berikut ini:

Website: www.BekalMasaDepan.com
Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Instagram: @MorinagaPlatinum

49 comments:

  1. ngincer pedang2annya tuh, bolehlah dicoba buat Junjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mba Witri, ayo dicoba buat adek Juna :)

      Delete
  2. Wahyu sang Ksatria Ganteng dari Bau-bau mau menyelamatkan kerajaan ya..hehe
    Kreatif banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Ika, mau menyelamatkan kerajaan dari serangan musuh :)

      Delete
  3. Keren mbak Ira dimention Gisel :)

    Memang penting ya mbak mensimulasi kecerdasan anak kita supaya membentuk kepribadian yang tangguh dimasa depan :)

    Goodluck mbak Ira semoga menang ya, hadiahnya sangat menggiurkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Allah..
      stimulasi memang penting untuk mengembangkan kecerdasan anak Mba Anjar :)

      Delete
  4. seneng bgd ya mbk iraa dimenstion artiis, dakupun begitu, hihihi...
    wahyuuu ayo kita selamatkan kerajaan dari para monster...ayoooo... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, bukan saya doang yang senang dimention artis, hehe :)

      Delete
  5. main pedang2an kayak gitu, pasti anak2 senang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Santi, anak saya senang banget main pedang-pedangan :)

      Delete
  6. bagusnya permainannya Wahyu, kreatif memang tawwa ini Mamanya.
    Sukses nah Kak, masuk 20 besar ini, sa yakin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin amin, tapi yang dapat hadiah itu yang masuk 10 besa saja, hehe :)
      ide ini muncul saat saya ingat permainan yang sering saya mainkan sejak kecil say, syukurlah kalo dinilai kreatif. Permainan in juga mengingatkan saya sama masa kecil yang bahagia :)

      permainannya Faraz juga keren say *jempol*

      Delete
  7. Whoa,
    Keren sekali sih Wahyu pake baju perang dan pegangan pedangnya pake susu chil-go hahaha...kreatif banget siiiih :)

    Ayooook, main perang-perangan sama Fathir sambil minum susu chi;-gp yuuuuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Teteh, saya gak nyangka permainan saya saat masih kecil ini ternyata bisa dimainkan kembali oleh anak saya dan dinilai kreatif, hihihi :)

      Ayo Fathir, main sama adek Wahyu sambil minum susu Chil-Go! :)

      Delete
  8. xixixixiseru banget asli, pakai baju perang ya kakak , nanti cobajuga ah buat duo jagoanku

    ReplyDelete
  9. Ow serdadunya keren! Kreatif dan menyenangkan pastinya buat si kecil ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Evy, anak saya senang banget memainkan permainan ini :)

      Delete
  10. lagi pada rame bahas bekal masa depan child go ya,
    jadi pengen nulis juga neh

    ReplyDelete
  11. Bentuk perahunya berbeda dengan yang saya tahu, Mbak. Hihi. Lucu, jadi keinget permainan perahu yang dijalankan dengan tenaga panas itu, lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. perahunya memang agak beda bentuknya Mba, mirip speedboat yang sering kami tumpangi bila ingin ke kota :)

      Delete
  12. Aku masih meraba2 anakku masuk kecerdasan apa ya. Musik iya, ngomong iya. Mungkin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak ada yang tak mungkin Mba Ratu,, asal rajin distimulasi kecerdasan anak akan semakin terlihat kok :)

      Delete
  13. Lucu banget baju dan pedangnya. Pengen nyoba ah, dulu masa kecil juga suka buat maenan dari daun. Thanks idenya, Mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mba Naqi, yuk dicoba permainannya :)

      Delete
  14. Baju perangnya kayak permainan saya waktu kecil juga, Mbak.. tapi tetep kreatif ini mamanya Wahyu, pedangnya juga bagus. Eh iya, perahunya beda sama yg biasa sy buat, hehe..
    Sukses ya, Mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perahunya memang sengaja saya buat yang mirip speedboat yang biasa kami tumpangi Mba Diah sekaligus biar beda dari bentuk perahu lainnya, hehe :)

      Delete
  15. Aaaaaaak helm sama baju perangnya lucu bangeeeettt. Mau ikutan bikin juga aaaahhhh. Makasi infonya ya Maaaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mba Dian, ayo dibikin baju perang dan pedangnya :)

      Delete
  16. haha kreatifnyaaa pake daun, bagus beginin nih asah kreatifitas daripada anak di ajak gadget mulu ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bila dinilai kreatif, yup permainan in ibisa jadi selingan di tengan maraknya game yang ada di gadget :)

      Delete
  17. Jadi keinget film Doraemon, kesatria Platinum
    NLP Surabaya

    ReplyDelete
  18. Wah kreatip banget ni mb ir
    Coba kalo di rumahku ad pohon nangka hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake daun lain juga bisa kok Mba Nita tapi daun nangka emang gak gampang layu sih jadi mudah dibuat apa ajah :)

      Delete
  19. topengnya keren, mau ah ikutan bikin. Good luck ya mbak Ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih Mba Lidya, yuk dibikin helm dan baju perangnya :)

      Delete
  20. aku belum punya anak bujang mba, jadi pengen juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya yah, baru sadar ternyata anak Mba Milda semuanya cewek :)

      Delete
  21. Jadi inget waktu kecil didepan rumah ada pohon nangka, aku suka bikin mahkota-mahkotaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena gak gampang layu daun nangka memang bagus dibuat apa ajah Mba Wuri :)

      Delete
  22. Wah keren mbak, kreatif dan inspiratif, dulu waktu kecil saya yang bikin mahkota dari daun nangka, eh sekarang nurun sendiri ke anak, diajarin bapaknya Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. permainan dari daun nangka ini adalah permainan masa kecil orang tua yang masih bisa diturunkan pada anak-anaknya yah :)

      Delete
  23. Wahhh keren kreatifitas yg dibuat. Itu jaman aku SD juga bikin tuh mahkota dari daun gitu..xixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pikir hanya saya saja yang memainkan permainan dari daun ini waktu masih kecil, ternyata Mba Ade pun sama saja :)

      Delete
  24. Wah setuju sekali sama artikel ini mba. Jadi anak sedari dini kita persiapkan. Setuju..setuju deh

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..