PENGALAMAN BELAJAR DESAIN GRAFIS UNTUK PEMULA DI UDEMY

by - September 25, 2019

pic source: pixabay.com

Kalo boleh jujur, saya tuh "buta" banget tentang desain grafis. Saat kuliah dulu, sempat pengen belajar desain sama teman yang lumayan paham tentang hal ini tapi kemudian batal karena ternyata rasa malas mengalahkan rasa ingin tahu saya, huhuhu 😪.

Waktu pun berganti, hingga sampailah pada tahun 2015, dimana saya mulai tertarik untuk membuat blog. Awalnya saya nyantai aja karena berpikir ngeblog hanyalah kegiatan tulis-menulis, jadi yang harus saya asah dan kembangkan adalah skill menulis. Tapi ternyata pikiran saya keliru. Menjadi seorang blogger, melatih kemampuan menulis adalah hal yang wajib dilakukan, namun masih ada kemampuan lain yang juga gak kalah penting untuk diketahui dan ditingkatkan, salah satunya adalah kemampuan membuat infografis dan mengedit gambar/video.

Semua itu bermula saat saya mulai rajin mengikuti lomba blog. Beberapa kali mengikuti lomba, pemenangnya adalah blogger-blogger yang lumayan jago desain gambar dan bikin infografis. Sejak saat itu saya pun berkeinginan untuk belajar desain, mungkin saja setelah belajar desain saya bisa menang lomba, hehehehe 🤭 *ngarep.

Namun sampai tahun 2019 ini, keinginan tersebut masih menjadi keinginan semata karena saya belum juga merealisasikannya. Selain malas (huhuhu, lagi-lagi alasan ini 😫), salah satu kendala yang saya alami adalah belum menemukan tempat belajar atau kursus yang pas di hati. Mau belajar sama teman semasa kuliah dulu juga rasanya gak mungkin karena saat ini kami udah tinggal di kota yang berbeda pun punya kesibukan masing-masing jadi agak susah menyamakan waktu.

Syukurlah, keinginan saya untuk belajar desain grafis itu akhirnya terealisasi juga. Satu minggu lalu saya berkesempatan ikut kelas online di Udemy Course untuk Belajar Desain Grafis Untuk Pemula.


Sebelum mulai kursus saya khawatir gak bisa ngikutin materinya, karena seperti yang saya bilang di awal, pengetahuan saya tentang desain grafis ini masih nol banget, tapi ternyata kekhawatiran itu gak terjadi karena pemateri sangat detail menjelaskannya. Suka deh dengan penyampaian materinya yang santai, hingga orang yang masih "buta" seperti saya tetap merasa nyaman belajar 👍.

Lalu materi apa saja yang saya pelajari selama ikut kelas online di Udemy? Untuk "Desain Grafis Untuk Pemula" ini, saya akan belajar desain menggunakan CorelDraw dan Photoshop. Materi yang diberikan terdiri dari  4 sesi yang dibagi lagi menjadi 12 ulasan, mulai dari yang cukup mudah seperti Dasar-Dasar Menggambar Menggunakan CorelDraw (materinya menggambar rusa dan mendesain menggunakan teks), Dasar-Dasar Desain dengan Photoshop sampai pada materi yang cukup sulit seperti desain kado, desain logo dan desain jago photoshop.

Karena masih pemula, materi yang saya suka banget adalah materi pertama yakni Menggambar Rusa Menggunakan Objek Dasar. Saat belajar, saya baru tahu ternyata menggambar rusa ini gak sesusah yang saya bayangkan. Ini nih gambar rusanya



Kalian yang masih awam seperti saya, pasti penasaran dong, gimana sih cara membuat rusa di atas? Ternyata cara membuatnya lumayan mudah gaes, itu dibuat dari lingkaran, segitiga, persegi panjang dan beberapa garis lengkung yang kemudian diubah menjadi kurva dan diedit menggunakan skip tool dan pic tool.

Berikut langkah-langkahnya:
- Buka Aplikasi CorelDraw
- Buka Kanvas baru, klik elips tools, kemudian buat lingkaran untuk kepala, badan, mata dan bola mata (untuk mata dan bola mata cukup buat masing-masing 1 lingkaran kemudian copy mirror horizontally agar mendapatkan duplikat yang simetris)


- Klik b spline untuk membuat hidung. Buat garis segitiga yang otomatis akan membentuk seperti hidung
- Berikutnya buat telinga dan tanduk



- Setelah semua bagian tubuh sudah di bentuk, selanjutnya diberi warna sesuai yang diinginkan
- Jadi deh 😁

Dalam menggambar rusa ini, kita membutuhkan waktu kurang lebih 16 menit.

Apa itu Udemy?


Dari tadi saya nulis tentang Udemy, adakah yang udah pernah dengar nama ini sebelumnya? Buat yang belum tahu, Udemy adalah platform pembelajaran yang menyediakan berbagai macam kursus online dan e-learning. Di Udemy, ada lebih dari 100.000 kursus video yang diajarkan oleh instruktur atau pengajar yang ahli di bidangnya. Peserta kursus bisa memilih untuk mengikuti kursus sesuai keinginannya.

Di Udemy, selain mendaftar sebagai peserta kursus, kita juga bisa mendaftar jadi pengajar yang mendapatkan penghasilan dari Udemy. So, buat kamu yang merasa punya ilmu bermanfaat yang bisa dibagikan pada banyak orang, boleh banget daftar sebagai tenaga instruktur di Udemy. Dengan hadirnya Udemy, ada lebih dari 30 juta peserta yang bisa menguasi keahlian baru, memajukan karier atau bahkan menjelajahi hobi baru di Udemy.
Berikut ini beberapa keunggulan belajar online di Udemy:
  1. Banyak pilihan topik dari guru-guru terbaik di seluruh dunia
  2. Banyak sudut pandang dan kurikulum yang beragam tentang topik yang sama dari instruktur yang berbeda
  3. Bisa melihat isi kurikulum
  4. Melihat ulasan dan nilai customer
  5. Belajar apapun dimanapun dan kapanpun
  6. Akses seumur hidup
  7. Bisa belajar offline lewat aplikasi Udemy

    Pengalaman Saya Belajar di Udemy

    Seru deh mengikuti Kelas Online Desain Grafis Untuk Pemula di Udemy ini. Saya yang masih awam banget dengan dunia desain grafis tetap bisa mengerti dengan penjelasan yang diberikan oleh pengajar. Total ada 12 materi (10 jam video) yang diberikan.

    Walau belum menyelesaikan semua materinya, sedikit-sedikit saya udah mulai mengerti cara mendesain gambar dan logo.  Saya masih akan terus melanjutkan materinya hingga selesai dan dapat sertifikat, hehehe. Doakan saya yaa, semoga secepatnya saya bisa menyelesaikan dan menguasai semua materi yang diberikan 😊

    Ada beberapa hal yang membuat saya merasa enjoy selama mengikuti proses belajar di Udemy, antara lain karena bisa langsung mempraktikkan materi yang didapat jadi saya merasa lebih ngerti. Saya juga bisa mendownload file tambahan yang disediakan seperti foto, pdf, link resourse yang harus diinstal hingga tanya jawab jika mengalami kesulitan saat mengikuti pelajaran, juga tersedia fitur Q&A dan fitur bookmark.

    Oh iya, ada beberapa instruktur yang menjelaskan materinya dalam bahasa inggris, tapi kita gak perlu khawatir karena ada subtitle bahasa indonesia-nya. Alhamdulillah materi saya dijelaskan dalam bahasa indonesia jadi gak perlu subtitle, hehehe 😁



    Selain untuk global, Udemy juga hadir dalam fitur lokal yaitu Udemy Indonesia (https://www.udemy.com/id/) dengan pembayaran mata uang rupiah. Dengan adanya fitur lokal ini, diharapkan akan semakin banyak kursus lokal dalam bahasa Indonesia kedepannya.

    Buat kamu yang tertarik untuk belajar di Udemy, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan:
    1. Buka www.udemy.com
    2. Pilih kursus yang dinginkan
    3. Klik checkout
    4. Isi boidata yang terdiri dari nama lengkap, email, dan password klik sign up (jika belum punya akun udemy)
    5. Isi data untuk pembayaran online (payment card). Fyi, selain pembayaran online, kita bisa memilih cara bayar lain misalnya transfer bank atau bayar di gerai alfamart atau indomaret.
    6. Klik Proceed dan Udemy akan memberikan nomor pembayaran
    7. Setelah melakukan pembayaran udemy akan memberikan konfirmasi jika kita sudah bisa memulai kursus

    Oh iya, selain dibuka di komputer dan laptop, Udemy ini juga bisa diinstal melalui aplikasi di smartphone (android atau ios). Jadi kita bisa belajar kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membuka komputer, walau saya nyamannya tetap belajar lewat komputer sih, soalnya layarnya lebih besar.

    Demikian pengalaman belajar desain grafis di Udemy yang bisa saya bagikan. Gimana gaes, apakah kamu tertarik ingin belajar di Udemy juga? Cuss langsung ke website-nya yaa 😉

    You May Also Like

    21 komentar

    1. Wuihhh.. Kak ira sudah ikut.. Pengeeennn.. Ya Allah. Waktukuuuu ��

      BalasHapus
    2. Asyik juga ya belajar di Udemy, kategorinya banyak, tinggal cari aja kita mau belajar apa. Buat ibu2 rumah tangga sepertiku sangat membantu sekali belajar online seperti ini, bisa belajar tanpa harus keluar rumah.

      BalasHapus
    3. Iya juga ya Mbak kalau dipelajari ternyata mudah. Saya ikuti stepnya, padahal gak pakai Corel draw karena di hp. Tapi terbayang. Lama lam akna semakin lancar dan bis design sendiri ya...
      Pengen belajar juga jadinya.

      BalasHapus
    4. Seruuu dan menyenangkan bgt ya Kak Ira.
      Ini puentinggg nih para content creator untuk mau belajar desain grafis
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      BalasHapus
    5. aku pas sma les potoshop, alhamdulillah bermanfaat bgt ampe skrg, nah yang corel draw aku dulu ga les, padahal penting juga nih bisa corel

      BalasHapus
    6. mantabs pisan..
      aku jadi tertarik nih buat ikutan daftar di UDEMY..
      cuss ahh... ngeklik udemy

      BalasHapus
    7. Keren mbk ira. Aku jd terinspirsi pgn ikutan jg utk kursus di udemy.

      BalasHapus
    8. banyak juga ya mba pilihan kursus yang tersedia. Yang penting memang kita harus komitmen yaa mba..semangat selalu menimba ilmu

      BalasHapus
    9. Saya pengen belajar photoshop lagi. Kangen juga otak-atik foto hehehe

      BalasHapus
    10. Belajar di Udemy asyik juga ya, bisa belajar banyak hal sesuai kebutuhan karena pilihannya lengkap, dan bisa belajar kapan pun dengan biaya terjangkau. Kebetulan aku udah coba juga ambil kursus online di Udemy dan ternyata oke juga.

      BalasHapus
    11. Oh ternyata pengantarnya pakai Bahasa Inggris tapi dilengkapi subtitle gtu ya mbak? Btw penasaran kursus apa aja nih yang ada di Udemy. Apa ada kursus bahasanya juga? Kepoin ah webnya :D

      BalasHapus
    12. Tertarik banget saya buat ikutan Mbak. Iya kemampuan coreldraw 0 persen gak tahu apa-apa. Jadi semangat belajar lagi nih.

      BalasHapus
    13. Wah asyik juga nih secara desain grafis itu penting nih buat para blogger dr dulu pengen belajar ga ada kesempatan aja nih .skrg ada ini bs jd solusi ya .

      BalasHapus
    14. Wah, belajar desain bagi saya juga hal yg perlu banget niatnya dipupuk mb, lbh suka nulis soalnya :) tapi penasaran jg sama udemy nih, TFS!

      BalasHapus
    15. DUh aku bisa nggak ya belajar desain grafis gini ya mba. Jujur pengen banget karena jadi materi belajar juga buat nambah ilmu tentang desain grafis :)

      BalasHapus
    16. Nah soal grafis ini aq jg belum lihai huhu, pdhl kan jd modal besar kalau misal ikut lomba blog, cek Udemy ah

      BalasHapus
    17. Wah seru ya bisa pilih jenis kursus apa saja yangvkita inginkan. Jadi kangen belajar photoshop��

      BalasHapus
    18. Termasuk yang terjangkau ya harganya untuk belajar design grafis gini , duh jadi penasaran deh gimana sih cara belajar di Udemy ini.

      BalasHapus
    19. Aku memang belum mengerti banget soal desain grafis mbak dan jadi pengen ngulik udemy, sepertinya mampu mendorong niatku pengen belajar desain lebih baik.

      BalasHapus
    20. UDah tiga blog yang nulis pengalaman belajar di Udemy, bikin aku jadi makin penasaran pengen ikutan juga. Terutama belajar grafis gini, yang susah juga kalo mau autodidak belajarnya

      BalasHapus
    21. Saya juga pengen belajar desain grafis, Mbak. Bikin rusa ternyata gampang. Saya yang aslinya gak bisa gambar sama sekali jadi pengen belajar. Agar blog bisa lebih cakep soalnya bosan juga ilmu minim banget, ha ha.
      Udemy keren, deh. Belajar gak sesulit yang saya kira. Mudah pula aplikasinya.

      BalasHapus

    Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

    Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉