BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENGAMBIL BPKB KENDARAAN DI LEASING SETELAH MASA KREDIT SELESAI

Februari 15, 2016


sumber foto: satlantaspolreskampar.com


Blogpost kali ini mau ngomongin sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan saya nih yaitu tentang berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan setelah masa kredit selesai.

Ide ini muncul karena akhir-akhir ini banyak konsumen kantor saya yang telah lunas masa kreditnya namun belum mengetahui hal ini (walaupun syarat-syaratnya sudah ditempel di papan pengumuman kantor), akibatnya mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk mengambil berkas yang menjadi syarat pengambilan BPKB ini. Bagi yang rumahnya dekat sih tidak masalah, tapi bagi yang rumahnya jauh, pasti merepotkan dong? Tidak jarang mereka baru bisa datang kembali pada keesokan harinya.

Jadi menurut saya mungkin bagus juga jika saya menulisnya di blog ini, sekalian nambah postingan blog yang baru beberapa biji padahal udah pertengahan februari ^________^


---

FYI, bahwa setiap konsumen yang melakukan pembelian kendaraan bermotor secara kredit melalui perusahaan pembiayaan (leasing) maka BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dari kendaraan yang dikredit itu akan ditahan oleh pihak leasing sebagai barang jaminan dan BPKB tersebut baru akan diberikan saat masa kreditnya selesai.
 
Pihak leasing juga memberikan kredit multiguna memberikan fasilitas pinjaman dimana debitur harus memberikan jaminan. Salah satu jaminan yang biasanya diberikan mereka yang mengajukan kredit adalah BPKB kendaraan. Syarat pengambilan jaminan BPKB untuk kredit multiguna ini juga sama seperti syarat pengambilan BPKB kendaraan baru/bekas yang telah lunas.
 
---

Gaes, adakah di antara kamu yang sedang melakukan kredit kendaraan bermotor? atau saat ini sedang "menyekolahkan" BPKB kendaraanmu di leasing sebagai jaminan dalam rangka melakukan kredit multiguna? Jika ada, apakah masa kreditnya masih lama? Kalo masa kreditnya tinggal beberapa bulan lagi ada baiknya kamu mulai menyiapkan beberapa berkas/dokumen yang dibutuhkan untuk mengambil BPKB kendaraan kamu nanti.

Pada saat mengambil BPKB yang berada di perusahaan pembiayaan, konsumen biasanya diminta untuk menyiapkan beberapa berkas atau dokumen yang menjadi syarat pengambilan BPKB, yang mana syarat tersebut hukumnya wajib untuk dipenuhi, jika tidak maka BPKBnya tidak akan diberikan walaupun seluruh kewajiban konsumen sudah dilunasi.

Jadi bukan hanya pada saat melakukan kredit saja kamu menyiapkan berkas-berkas pendukung yah gaes, saat lunas pun masih ada beberapa berkas yang harus disiapkan walaupun memang tidak sebanyak waktu pertama kali kredit sih..



Berikut ini beberapa berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan agar kamu tidak bolak-balik karena lupa membawa salah satunya:

  • Fotokopi tanda pengenal (KTP/SIM) yang masih berlaku
Ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Jika tidak, BPKB kamu tidak akan diberikan. Oleh karena itu jika masa kredit kamu sebentar lagi berakhir, sebaiknya segera urus KTP/SIM (jika KTP/SIM kamu hilang) atau segera perpanjang masa berlaku KTP/SIM kamu (jika tanda pengenal tersebut sudah kadaluarsa).

  • Siapkan kwitansi pembayaran terakhir
Walaupun tidak semua perusahaan pembiayaan memberlakukan syarat ini, tapi ada baiknya kamu membawa kwitansi pembayaran terakhirmu saat mengambil BPKB.

Kwitansi pembayaran terakhir akan memudahkan petugas leasing dalam mencari namamu di database mereka, karena bisa jadi nama yang kamu miliki sama dengan nama pemohon lain. Dengan membawa ini, waktu yang diperlukan untuk mencari namamu menjadi lebih cepat. Semakin cepat namamu ditemukan maka akan semakin cepat juga BPKB sampai di tangan kamu.

  • Siapkan fotokopi STNK/Pajak kendaraan
Ini juga penting untuk disiapkan dan menjadi syarat yang harus dipenuhi. Jika STNKnya hilang, maka kamu harus melampirkan surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian.

Mengapa fotokopi STNK penting untuk diberikan pada saat pengambilan BPKB? Karena nomor rangka, nomor mesin dan semua data dari kendaraan yang kamu kredit yang tertera di STNK akan dicocokkan dengan data yang ada di BPKB. Jika kamu tetap tidak mau memberikan fotokopi STNK, maka pihak leasing tidak akan bertanggung jawab jika terjadi perbedaan data antara STNK dan BPKB (karena yang mengetik semua data di STNK & BPKB adalah manusia yang tidak luput dari salah, tidak jarang terdapat perbedaan data antara STNK & BPKB).

Jika saat pengambilan BPKB itu diketahui terdapat perbedaan data, biasanya pihak leasing akan membantu proses koreksi BPKB kamu. Mereka akan mengembalikan BPKB kamu pada dealer untuk kemudian dilakukan perbaikan di kantor SAMSAT. Jangan khawatir prosesnya cepat kok, karena pihak leasing akan selalu memantau dan memfollow up perkembangan BPKB kamu. Dan dalam melakukan hal ini pihak leasing tidak akan meminta bayaran alias gratis.

Jadi itu alasannya mengapa fotokopi STNK/Pajaknya harus dilampirkan saat pengambilan BPKB. Semua itu untuk kebaikan konsumen kok.

  • Jika yang mau mengambil BPKB bukanlah pemohon (dalam hal ini dikuasakan pada orang lain), maka orang yang mengambil harus membawa surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,- yang di tandatangani oleh pemohon. Jangan lupa lampirkan fotokopi KTP/SIM pemberi dan penerima kuasa. Tanda pengenalnya harus yang masih berlaku yah.

  • Jika pemohonnya sudah meninggal dunia, maka siapapun yang akan mengambil BPKB kendaraan harus membawa kartu keluarga pemohon dan surat keterangan kematian pemohon dari kelurahan atau catatan sipil. Akan lebih baik jika yang mengambil itu masih memiliki hubungan keluarga dengan pemohon seperti pasangan atau anak-anaknya.

Itulah beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk mengambil BPKB di leasing setelah masa kredit selesai. Jika semua berkas itu dibawa pada saat pengambilan BPKB, tidak sampai 15 menit BPKB kendaraannya akan mendarat cantik di genggaman kamu.


Baca Juga: 10 Pertanyaan yang Sering Muncul Terkait Proses Pengambilan BPKB Kendaraan

Oh iya, pengambilan BPKB itu gratis yah gaes, jadi kamu tidak perlu membayar biaya apapun. BPKB sepenuhnya akan menjadi hak pemohon jika seluruh kewajibannya telah dilunasi. Pihak leasing tidak akan mempersulit pengambilan BPKB dengan catatan semua syarat yang saya sebutkan di atas dipenuhi oleh konsumen. Mudah kan?
 
Dan seperti yang saya bilang di atas, syarat ini tidak hanya berlaku untuk yang melakukan kredit kendaraan saja yaa, tapi juga berlaku untuk mereka yang melakukan kredit multiguna dengan jaminan BPKB kendaraannya.

Semoga informasi ini bermanfaat


You Might Also Like

127 Komentar

  1. Terakhir kmrn ambil bpkp mobil *asiiiik lunas*
    Yang lama antriannyaa.
    Alhamdulillah berkasnya lengkap jd gak bulak balik.
    TFS mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Mbak Ophi, akhirnya lunas :D
      kalo lagi banyak yang mengambil biasanya memang lama antrinya Mbak :)

      Hapus
    2. Mau tanya ding cicilan saya sudah lunas. Akan tetapi bpkb saya sudh 1 thn blum di ambil di bprks, karena faktor kerja jauh. Kira kira syarat nya apa ya untuk pengambilan bpkb yg sudh 1 thn gak di ambil..

      Hapus
    3. mau tanya.. saya sudah melunasi semua tanggungan saya di MCF tp untuk pengambilan BPKB kok di persulit.. setelah pembicaraan dng petugas MCF 7 hari setelah pelunasan BPKB bisa di ambil.. tp sampai 11 hari BPKB kok blm jg bisa di ambil.. katanya masih nunggu ttd dari si A lah si B lah.. yg saya mau tanyakan bagaimana cara kok sistem di MCF se ribet ini

      Hapus
  2. Wah besok saya akan mengikuti trik tips diatas jika mengurus BPKB ya mbak, supaya tidak kelupaan dan tertinggl kelengkapan berkasnya

    BalasHapus
  3. wah pas banget nih, 2 bulan lagi kreditan motor mau selesai. Makasih infonya mbak..salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, saya mau tanya, kalo saya mau lunasin 2 kali cicilan lagi BPKB bisa di ambil langsung ga yah? Atau harus konfirmasi dulu?

      Hapus
  4. Klo urusan birokrasi gini, agak malas hehe tapi belum punya kendaraan bermotor jadi baru tau ini mbaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nantinya Mbak Suci kredit kendaraan di leasing pasti akan bertemu dengan urusan ini Mbak :)

      Hapus
  5. Alhamdulillah sudah beres beberapa bulan yang lalu ni mbak Ira :)

    BalasHapus
  6. Bermanfaat pasti. Tapi alhamdulillah bpkb nggak pake ditangan leasing dulu...langsung dari dealer. Ngambil plat malah yang lama jadi...

    BalasHapus
  7. Kurang dua bulan lagi cicilannya, oke deh dicatat tipsnya, hehehe

    BalasHapus
  8. prosesnya cepat asal kita bisa memberikan surat-surat lengkap ya mbak

    BalasHapus
  9. Kalo yang punya diluar pulau apa harus tunggu sampai orangx pulang.mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pake surat kuasa Mas, tapi surat kuasanya harus ditandatangani oleh pemohon di atas materai rp. 6.000,-

      caranya: si pemohon membuat surat kuasa yang menyatakan bahwa ia memberi kuasa pada orang lain untuk mengambil bpkb kendaraannya, kemudian bertanda tangan dan mengirimkan surat kuasanya kepada penerima kuasa, selanjutnya penerima kuasa bertanda tangan dan membawa surat tersebut ke leasing. Bila sudah ada surat kuasa, pihak leasing akan memberikan BPKBnya (jangan lupa melampirkan fotokopi ktp pemohon & fotokopi stnk kendaraannya)

      Hapus
  10. Halo Mbak, terima kasih infonya. Oh iya, motor saya kredit waktu itu pemohonnya ibi saya tapi STNK atas nama saya. Kl kasusnya begitu gimana ya? Pake KTP ibu lalu bikin surat kuasa atau bisa saya ambil langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Utame :)
      kalo kasusnya seperti itu, yang mengambil BPKB-nya harus Ibu Mba Utame, tapi kalo Ibunya gak bisa dan Mba Utame yang mau ambil, maka harus pake surat kuasa yang ditandatangani Ibu Mba Utame dan dibubuhi materai Rp. 6.000,- (jangan lupa lampirin KTP ibu Mba Utame yah) :)

      Hapus
  11. Asslmuallkum. Mba irawati hamid
    Ini sy punya angsuran mtr di bank FIF di daerah cikrang
    Jd bln ini sudah mau lunas angsuran yg ke 29bln.
    Pertanyaan sy ini
    Klo mtr sudah lunas dan bpkb nya blm di ambil slma kurang lbh 2bln apakah bpkb trsbut aman aman saja apa gmn mba ya.. mslah ny KTP ku msa berlaku nya habis.. jdi nunggu KTP ku yg masi aktv..tolong di jelasin nya mba. Mksh bnyk wasallam wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Mas Rahmat Perdana :)
      Saya kurang tahu bagaimana peraturan di FIF karena setiap leasing memiliki kebijakan sendiri dalam menyimpan BPKB kendaraan konsumennya. Tapi setahu saya, insyaallah aman kok Mas karena BPKB tersebut disimpan di dalam brankas :)

      kalo bisa segera diurus KTPnya Mas, atau bolehlah pakai SIM :)

      Hapus
  12. Siang mbak ira,mau tnya nie,bulan ini kredit motor sya lunas sya mau proses pngmbilan BPKB,tapi wktu pmbelian pakai KTP paman,jdi apa yg perlu sya lengkapi prsyratannya y?? Thanks😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamar malam Mas :)
      kalo saat pengambilan motornya pake nama paman maka yang harus ngambil itu harus pamannya, tapi kalo Mas Freddy yang mau ambil BPKBnya boleh pake surat kuasa bermaterai 6rb yang ditandatangani oleh pamannya.

      jangan lupa bawa ktp asli pamannya yah :)

      Hapus
    2. mbak kalo pake fotocopy atau scan ktp aja bisa ga ya? soalnya yg tangan pertama dah jauh dan takut ilang kalo kirim pake pos, skrg kan susah urus ktp kalo ilang

      Hapus
  13. MBA, saya kehilangan surat pelunasan terakhir apa bisa saya mengabil bpkb?

    BalasHapus
  14. Aku ada denda sekitar sejuta Krn dl sering telat bayar, tp angsuran lunas udah 2 tahun,krn blm bisa bayar denda sampe sekarang blm bisa ambil BPKB.
    Rencana bulan besok mau bayar denda sekalian ambil BPKB,
    Apakah denda yg sejuta itu berbunga ya mbak,
    Apakah sulit nanti prosesnya,
    Mksh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk denda yang belum terbayarkan itu tidak akan berbunga Mba/Mas, jadi kalo misal dendanya sejuta yah tetap bakalan sejuta :)

      Kalo di kantor saya prosesnya mudah koq, asal saat pengambilan BPKBnya jangan lupa bawa ktp dan stnknya yah :)

      Hapus
    2. Assalamualaikum, permasalahan sy sm dg saudara cakrainti, gmn ia? Apa denda bs ada keringanan, soalnya kata pihak dealer bs ada keringanan, apa benar mbak???

      Hapus
  15. makasih infonya mba..ne bulan ini alhadulillah selesai kredit kendaraanya..

    BalasHapus
  16. Mat pagi mbak Ira,,kalo pajak motor blm bayar apakah bia ngambil BPKB nya mbak?? Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi :)
      BPKB bisa diambil walau belum bayar pajak kendaraan asalkan konsumen sudah melunasi seluruh utangnya (angsuran dan denda)

      Hapus
  17. saya baru teringat ni Mbak ... kalau BPKB saya blm diambil ditempat leasing.. sdh sktar 4 bulan. apakah masi amaan jika tdk diambil selama itu mbak ????

    BalasHapus
  18. Selamat pagi mbak, sy meneruskan cicilan mbl punya teman dan mau dilunasi,tapi teman sdh pindah kota dan ganti ktp gimana cara ambil bpkbnya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lampirin aja fotokopi ktp temannya, kan hanya alamatnya toh yg berubah, tempat tanggal lahirnya gak berubah kan? jangan lupa lampirin no. hp temannya agar pihak leasing bisa langsung berkomunikasi dengan teman mas Hery

      Hapus
    2. lampirin aja fotokopi ktp temannya, kan hanya alamatnya toh yg berubah, tempat tanggal lahirnya gak berubah kan? jangan lupa lampirin no. hp temannya agar pihak leasing bisa langsung berkomunikasi dengan teman mas Hery

      Hapus
  19. selamat sore mba.. mau tanya klw mau ambil bpkb tapi motor sya atas nama org lain dan org itu sudah tdk bisa dihubungi lagi pas kerumahnya ttggnya bilang dya sdh pindah rmah dan gak tau skrg tinggal dimna.. sdngkan dalm pngmbilan bpkp kan harus ada surat kuasa dan ktp aslinya... bagaimana solusinya yah apkah bpkb motor sya bisa diambil atw tdak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas. waah kalo seperti itu agak susah Mbaa, coba ke leasing-nya dulu tanyakan langkah apa yg harus diambil.. soalnya yg harus ambil Bpkb memang harus pemohon

      Hapus
  20. malam mba.. nanya dong.. angsuran motor saya kan sdh lunas.. mau ambil bpkb ga bisa alasan nya harus pakai surat kuasa si pnjamin sementara alamat dan nama stnk ats nma saya mba, memang dulu pas mau ambil motor di jamini oleh orang laen.. masalah nya saya tdk pernah bertemu/berkomunikasi dgan si penjamin motor tersbut.. mohon penjelasan nya biar bpkb bisa di ambil

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg boleh ambil Bpkb itu bukan penjamin, yg harus ambil Bpkb itu pemohon jadi gak ada hubungannya sama penjamin..

      Hapus
  21. Selamat siang mbaa
    aku mau lunasin sekarang motornyaa
    Kalo pake surat kuasa nya ngambilnya dimana yahh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibuat sendiri Mbaa, isinya adalah pemohon memberi kuasa kepada orang lain utk mengambil Bpkb di leasing. di dalam surat kuasa jg disebutkan no. rangka, no. mesin kendaraannya yaa :)

      Hapus
  22. Selamat Mba, motor Aku udah Lunar dari sekitar tahun 2014. Baru mau ambil Bpkbnya sekarang.. Apakah Bisa ?
    Terus surat kuasanya tulis tangan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asalkan sudah lunas, terserah kapan pun mau diambil Bpkb-nya :)
      Kalo Mba Jecklin adalah pemohon, gak perlu pake surat kuasa kok.

      surat kuasa itu boleh ditulis tangan boleh juga diketik

      Hapus
  23. Assalamualaikum bu ira, mau nanya kalo angsuran sudah selesai tapi belum bisa ambil bpkb, di kwitansi pembayaran terakhir ada stempel tulisannya "apabila bpkb belum diambil setelah lunas, dikenakan biaya administrasi" itu biayanya berapa ya? Saya googling di internet katanya cuma seribu, itu seribunya biaya penitipan dalam jangka waktu sebulan bpkb belum diambil atau seribu rupiah per hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam Mba, wahh saya baru tahu loh kalo ada biayanya soalnya di kantor saya gratis jadi saya gak tau berapa biayanya

      Hapus
  24. mbak saya mau tnya gimna pngambilan bpkb dgn pemohon atas nma saudara sya.. syangnya skrg dia udah pindah dan saya ga tau keberadaannya.. tpi saya punya ftocopy ktpny.. mohon pnjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, kalo seperti itu agak susah Mas, karena kalaupun Mas yang akan mengambil BPKBnya harus disertai dengan surat kuasa bermaterai yang ditandatangani oleh pemohon

      Hapus
  25. Ktp aslinya harus dibawa atau cuma fotocopynya saja mbak,??

    BalasHapus
  26. assalamualikum mau tanya mbak, klau mau ngambil bpkb itu biasanya nunggu brapa minggu setelah balik nama, dan jika kwitansinya pembayaran terakhir hilang bagaimana, tapi ktp dan stnk ada..
    ditunggu infonnya.

    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam. Maksudnya balik nama gimana yaa Mba? yang saya tuliskan ini syarat pengambilan bpkb di leasing (perusahaan pembiayaan) setelah masa kredit selesai sedangkan kalo balik nama itu dilakukan di samsat..

      jadi kalo mau ambil bpkb di leasing gak perlu menunggu, kalo berkasnya lengkap setengah jam kemudian bpkb sudah ada di tangan konsumen kok :)

      tapi kalo mau ambil bpkb di samsat setelah balik nama, saya kurang tahu berapa lama :)

      Hapus
  27. Mba saya mau tanya dulu saya mau kridit motor di sorum deket rmh saya(pamulang tangsel) karna motor yg saya ingin tidak ada di sorum itu akhirnya oleh pihak sorum di oper alih ke sorum daerah margonda dan saya tidak tau pasti letaknya dimana . Skrg kridit motor saya sudah lunas dan yg jadi pertanyaan saya di mana saya harus mengambil bpkb saya mba? Saya menggunakan lising baf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil Bpkb-nya di tempat biasa membayar angsuran. kalo di kantorku, walau ambil motornya di cabang lain ttp bisa ambil Bpkb di tempat biasa membayar :)

      Hapus
    2. ambil Bpkb-nya di tempat biasa membayar angsuran. kalo di kantorku, walau ambil motornya di cabang lain ttp bisa ambil Bpkb di tempat biasa membayar :)

      Hapus
  28. Assalamualaikum, mau tanya mbak, sy sdh lunas kredit motor, tp masih ada denda yg blm dibayar jd bpkbnya blm diambil, ini gmn prosedurnya ya mbak, apa bs ada keringanan untuk dendanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam. silakan ajukan permohonan diskon denda Mbaa :)

      btw dendanya jg bisa dicicil kok, gak mesti dibayar sekaligus :)

      Hapus
  29. assalamuallaikum mba, mau nanya.. angsuran motor saya di mtf bulan januari 2017 nanti lunas, bila bulan desember 2016 ini dirapel dua angsuran (lunas dipercepat) apa bisa bpkb langsung diambil dileasing atau harus nunggu 7 hari? mohon infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di kantorku, setelah lunas Bpkb kendaraannya bisa langsung diambil hari itu juga :)

      Hapus
  30. Selamat sore mba, aq mw tanya nih. 5 bulan lagi kan motorqu lunas tapi bingung mw ambil bkpb, karna alamat KTP qu yg sekarang beda sama alamat dulu ngajuin kredit. Apa bisa diambil bpkbnya, atau ada persyaratan tambahan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di kantorku, bila hanya alamatnya yg beda gak apa-apa Mba, asalkan data lain tdk berubah..

      Hapus
  31. Assalamualaikum wr wb
    Ka irawati mau bertanya...bulan ini saya terakhir setor motor.tapi dulu dompet saya hilang, dan buku stornya juga hilang..kalo KTP lagi buat sekarang...yang jadi pertanyaan apakah bisa diambil bpkb tersebut jiga buku stornya hilang..
    Wsslmualikum wr.wb

    BalasHapus
  32. Aslkm. Mau tanya nieh brp hari bpkb keluar dr hr pelunasan. Ap lgsg bs di ambil ap nunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam. kalo di kantorku, ketika lunas bpkbnya langsung dikasih ke konsumen, tidak ditunda-tunda,, hari itu lunas, hari itu juga bpkbnya dikasih

      Hapus
    2. Berarti pas setoran terakhir, bpkb sudah bs lgsg diambil ya mba?

      Hapus
    3. iyaa, pas setoran terakhir dan tidak ada lagi utang yang tertunggak (denda pun harus lunas) maka bpkb-nya bisa langsung diambil saat itu juga :)

      Hapus
  33. Mbak, saya dulu nerusin cicilan teman saya, lha teman saya itu sudah meninggal, seluruh keluarganya juga sudah pindah rumah dan tidak diketahui dimana, kira kira proses pengambilan bpkb nya gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu nerusin cicilan, apakah diketahui sama pihak leasingnya (menandatangani perjanjian over kredit)? kalo iya, silakan bawa perjanjiannya atau kwitansi pembayaran saat over kredit :)

      Hapus
  34. Assalamuallaikum mb.wktu itu kayaknya pihak leasing bilang,pembbayaran angsuran trakhir dikantor leasing,dan kt perlu nelp dahulu sblm mengurus bpkb yg akan diambil.bnar tdk ya,saya lupa2 ingat jg.sy di fif.thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. Bunda disuruh telpon mungkin untuk memastikan apakah staf admin yang menangani BPKB bunda ada di tempat atau tidak. Tapi di kantorku, bila semua kewajiban konsumen sudah ditunaikan bpkb-nya tidak akan ditahan-tahan :)

      Hapus
  35. Mbak, kalau KTP asli saya hilang karena kecopetan,sementara pengurusan KTP sekarang ternyata memakan waktu berbulan2,dokumen apa yang harus saya bawa saat mengambil BPKB setelah Luna's sebagai pengganti KTP asli? Saya juga tidak punya SIM

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang menyatakan bahwa ktp Mba Dini hilang. Setelah itu jangan lupa urus surat keterangan dari kelurahan (atau bisa juga RT/RW) yang menyatakan bahwa Mba Dini memang benar warga di sana.

      Untuk lebih jelasnya bisa ke kantor leasingnya dulu untuk menanyakan langkah terbaik apa yang harus dilakukan :)

      Hapus
  36. Makasih infonya ya..cicilan mobil saya tinggal 2x lg nih....

    BalasHapus
  37. Pas banget buat aku...
    ni dia info yg paling aku butuhkan saat ini..
    thank u so much mba :*

    BalasHapus
  38. Mbak ini sya mau tanya.knpa sya mau ngambil BPKB slalu ajz d persulit bnyak alasan dri kantor ini itu.padahal sya sudah lunasin semua y.termasuk dendaan nya udah beres udah ada sebulan bpkb blm nympe ke tangan saya.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di leasing mana Mba? trus pelunasannya normal atau pelunasan dipercepat (Mba melunasi semua angsuran yang blum jatuh tempo)? Kalau di kantor saya, yang penting konsumen sudah melunasi utangnya maka bpkb kendaraannya akan langsung diberikan saat itu juga (dengan syarat berkasnya lengkap), tidak ada ceritanya kami mempersulit konsumen :)

      Hapus
  39. Assalamualaikum....saya mau tanya..Bulan depan kredit motor saya lunas untuk pengambilan bpkb kl stnk blm diperpanjang..apa boleh bpkb diambil..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. stnk belum diperpanjang? Maksudnya pajak stnk-nya yang belum dibayar yaa Mba? kalau iya, bisa kok, pihak leasing tidak melihat apakah konsumen sdh bayar pajak kendaraannya atau belum jadi mau pajaknya udah dibayar atau belum yaa gak bakal ngaruh :)

      Hapus
  40. Stnk mati pajak apa boleh untuk pengambilan bpkb motor saya bulan depan lunas....baf

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu kalau leasing BAF Pak, tapi kalo di kantor kami, tetap boleh ambil bpkb walau stnk mati pajak :)

      Hapus
  41. Mba klo angsuran udah selesai trs bpkb blm di ambil kira" batas waktu nya brpa buln.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada batas waktunya Mas, tapi sebaiknya diambil secepatnya sih :)

      Hapus
  42. mbak mau tanya, ngambil bpkb di samsat? kalo daerah sby samsat dimana ya mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan ngambil BPKB di samsat Mba, yang saya tulis ini syarat buat ngambil BPKB di leasing bila kreditnya sudah lunas :)

      Hapus
  43. Ibu saya ambil kredit motor trus meninggal dunia sekarang mau lunas ambil bpkb syaratnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila Mas-nya yg ingin ngambil, jangan lupa lampirkan surat keterangan kematian dari kelurahan atau catatan sipil, fotokopi kartu keluarga dan fotokopi ktp Mas-nya juga (jangan lupa bawa ktp asli)

      Hapus
    2. Kak motorku kan 2bulan lgi lunas nah kalo aku bayar langsung 2bulan itu kira2 bpkb nya bisa langsung diambil gak ya kak?

      Hapus
    3. nama leasingnya apa Mba? Kalo di kantor kami, bisa langsung diambil bpkb-nya :)

      Hapus
  44. Iya surat kuasanya kayak gimana samplenya kang, bulan ini mau ngambil tapi stnk masih nama orang tua

    BalasHapus
  45. Mau nya mba 1 bulan lagi motor saya mau lunas terus kalo bayar angsuran terakhir ya pas di kantor leasing sekalian engambil bpkb boleh ? di kantor MCF

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tahu kalo di leasing MCF karena kantor saya bukan di situ, coba langsung tanya sama kasirnya ajaa saat mau lunasin :)

      Hapus
  46. Klo seandainya jangka kredit uda lunas tpi biaya tunggakan yg kemarin2 blum lunas n uda lebih dri 3 thun ngambilnya gimna itu ??? Mohon infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lunasin dulu tunggakannya. Bila sudah lunas, bpkb-nya bisa langsung diambil

      Hapus
  47. Kira kira klo mau ngambil bpkb hari sabtu buka gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba di daerah mana? Kalo di luar Jabodetabek kayaknya bisa deh 😊

      Hapus
    2. Assalamualaikum mbak irawati

      Saya mau tanya ni.
      Kalau ambil BPKB di leasingnya apa bisa lngsung balik nama ya mbak dsana ??? Atau hrus ke samsat?
      Trus tuh kalo mau balik nama berapa ya biayanya mbak kira2 ???

      Hapus
    3. Waalaikumsalam Mba Dian,

      Balik namanya bisa langsung ke samsat Mba. Untuk biaya saya kurang tahu berapa

      Hapus
  48. Mbk mau tanya.. Jika stnk atas nama saya... Teruss yg ngajuin atas nama org lain gmna cara ngambil bpkbnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ambil harus yang ajuin Mas, kalo Mas-nya yg mau ambil harus pakai surat kuasa yg ditandatangani yg ngajuin motor pertama kali

      Hapus
    2. Kalau kredit kurang 10 bulan trus saya lunasin bisa gakkk yah langsung ambil bpkb

      Hapus
  49. Kalo surat stnknya di luar kota gimna?

    BalasHapus
  50. Kalau motor sdh lunas tp mau ngambil bpkb di persulit gimana ya? setiap di minta pasti bnyak alasan

    BalasHapus
  51. Kalau motor sdh lunas tp mau ngambil bpkb di persulit gimana ya? setiap di minta pasti bnyak alasan
    Nah Ini Nih Mohon Di bantu Banyak Banget Padahal Tinggal Ambil Doang Tapi Ada alasan Ini itu Lah gimana Nih ?

    BalasHapus
  52. Kalau pajak motornya mati gimana apa bisa tetap diambil bpkb nya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh baca di artikel ini yaa Mba Tia :)
      http://www.irawatihamid.com/2017/08/pertanyaan-terkait-syarat-pengambilan-bpkb-kendaraan-di-leasing.html

      Hapus
  53. Mbk mau tanya dong, kalo misal di ktp ada perbedaan nama 1 huruf karna salah cetak wktu dlu pmbuatan ktp gimana mbk? Jd dlu ktpnya bpk nama depannya pake L wktu pndftrn lalu ktpnya hilang, trs saya urus lagi skrg pake R (yg pke R sama kyk nama yg di KK) itu bsa gak ya mbk? Sdngkan di surat kntrak atas namanya pake L

    BalasHapus
  54. mbak, mas.
    mau nanya, saya waktu itu kredit motor untuk bpkb/stnk atas nama istri saya. Tapi untuk nama pemohonnya tercantum atas nama saya (sebagai suami). nah...nanti apabila angsuran sudah lunas untuk cara ambil bpkb nya pake KTP saya(suami) atau cukup KTP istri saya.
    mohon info nya.
    terinakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh baca di artikel ini yaa Mas :)
      http://www.irawatihamid.com/2017/08/pertanyaan-terkait-syarat-pengambilan-bpkb-kendaraan-di-leasing.html

      Hapus
  55. Selamat siang...mau tanya apakah bpkp dan pajak bisa di cek secara online?
    Cara nya gimana ya?
    Udah cek melalui sms tapi tidak ada balasan
    Pengen tau jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor saya...karna sy belum ambil bpkb juga
    Terima kasih����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk BPKB, apabila Mba membeli secara kredit dan belum melunasi angsuran maka BPKB kendaraannya masih ada di pihak leasing. Namun apabila Mba membeli kendaraan secara cash, maka BPKBnya ada di dealer. Saya gak tahu apakah bisa dicek via online keberadaan BPKB tersebut :)

      Sedangkan untuk mengecek tunggakan pajak secara online, maaf saya kurang tahu tentang hal ini. Coba buka website samsat, apakah bisa mengecek tunggakan pajak kendaraannya atau tidak :)

      Hapus
  56. Selamat sore FIF tolong nanyak saya kredit motor di Jawa timur kota Gresik dan sekarang saya tinggal dan bekerja di Bandung apakah bisa BPKB saya ambil di cabang FIF Bandung. Terimakasih FIF

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon Maaf, saya bukan dari leasing FIF Mba/Mas :)

      tapi bila hal seperti itu terjadi di kantor kami, jawabannya adalah bisa :)

      Hapus
  57. Malam mbak..saya mau tanya donk..2 blan lg kn angsuran motor saya lunas..jd saya bingung untuk pngambilan bpkb nya karna kntor leasing saya terlalu jauh..saya jg tidak mngenal daerah situ....saya memakai baf mbak..kira2 bisa gak yah..untuk pengambilan bpkb nya melalui kantor cabang baf trdekat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di kantor kami bisa Mbaa. Coba tanyakan apakah boleh seperti itu pada pegawai leasingnya saat membayar angsuran bulan depan 😊

      Hapus
  58. Mba, mau tanya, ini persyaratan khusus leasing CSfinance atau apa ya? Dan didaerah saya ada 2 lokasi kantor cs finance, apakah bisa mengambil di kantor mana saja?

    BalasHapus
  59. Terimakasih infonya mba Ira.
    Minggu ini saya masuk cicilan terakhir dan mau ambil sekalian BPKB nya.

    *Klo pajak telat gk masalah kan soal STNK?

    BalasHapus
  60. mba mau tanya donk..jadi ceritanya saya ambil kredit motor suzuki sudah lunas dri tahun 2013.. dan sampai skrg thun 2017 blm saya ambil bpkb nya..saya hub cs finance daanmogot..ternyata sudah pindah..smua sc finance nmr tlp nya yg ada di google saya hub tidak ada yang nyambung..kira2 saya harus mengambilnya dimana ya? soalnya sudah 4 tahun yg lalu blm saya ambil jg..takut hilang..mohon bantuan nya ya

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum Mba, saya mau tanya saya ada menggunakan jasa pembiayaan untuk sepeda motor sudah lunas dari januari 2015. Baru desember 2017 sempat ambil bpkb karena bekerja di luar kota. Saat mau ambil info dari pihak pembiayaan BPKB sepeda motor saya sudah diambil oleh saya pada Januari 2015, sedang saya merasa belum pernah mengambil. Yang jadi masalah mereka minta bukti pembayaran terakhir, sedangkan saya selama ini bayar cicilan melalui transfer via atm, buktinya hanya struk atm yang lama kelamaan tulisannya hilang. yang jadi pertanyaan boleh tidak rekening koran dijadikan bukti. Mohon pencerahannya Mba, terima kasih

    BalasHapus
  62. Malam, jika bukti pembayaran terakhir telah hilang bagaimana? Apakah akan dipersulit pengambilan bpkb nya???

    BalasHapus
  63. Siang bu Ira, Mohon bantuan sarannya.
    Waktu pembelian mobil saya menggunakan ktp lama dengan nama yang tertera tanpa adanya nama belakang, pada saat perpanjangan ktp menjadi e-ktp nama yang tertera itu menjadi lengkap (nama depan + nama belakang). Permasalahnya pasa saat pembambilan BPKB ini menjadi masalah karena pihak leasing tidak bisa menggeluarkan BKPB tersebut padahal beberapa persyaratan yang disebutkan dari pihak leasing sudah dipenuhi seperti surat ket dari kejaksaan dan dari kelurahan yang menyatakan benar warga setempat. Saya mohon sarannya bu, apalagi yang harus saya lakukan? Apakah harus ke notaris lagi untuk membuat akta / srt keterangan yang menyatakan bahwa nama di ktp lama dan e-ktp adalah sama orangnya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Jane, harusnya sih udah bisa keluar BPKB-nya, Mba. Dengan catatan angsurannya udah lunas yaa. Surat keterangan dari kejaksaan dan dari kelurahan itu sudah lebih dari cukup.

      Memang kata leasingnya gimana, Mba? Apa alasan mereka gak mau kasih BPKBnya?

      Hapus
  64. Hallo mba ira, salam kenal, aku mau tanya nih... aku kan mau selesain denda bpkb ku, udh kontak jg sama orang yg ngurus dr adira nya, tp kog harus nunggu 14hari kerja ya mba? Apakah di adira2 yang lain memang ada yg punya aturan demikian? Mohon bantu jawab ya mba... tnx

    BalasHapus
  65. Siang mba ..info donk apakah bisa pengambilan bpkb di cabang yang sama tapi beda kota ?karena si pemohon adalah saudara saya bukan nama sya terus Syarat2 kelengkqpan dokumen apa aja yg hrs disiapkan tks.

    BalasHapus
  66. Sya ambil bpkb nunggu 14 hari kerja pdahal udah lunas

    BalasHapus
  67. Assalamu'alaikum bu... mau tanya, buln ini sya mau melunasi angsuran motor sya, tapi di stnk atas nama ibu saya dn ibu sya kerja jauh, trus kalo pengambilan bpkp sya sendiri gimana caranya....

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`