CARA PENGAJUAN PINJAMAN DANA PENDIDIKAN YANG MUDAH SECARA ONLINE

by - Oktober 03, 2019

Kebutuhan yang banyak mulai dari sandang, pangan dan papan harus kita cukupi setiap harinya. Dengan penghasilan yang harus diputar untuk mencukupinya, bisa saja ada beberapa kebutuhan yang tidak bisa diutamakan. Apalagi jika terdapat kebutuhan yang mendadak dan menanggung biaya pendidikan untuk anak. Ini lah yang terkadang memaksa kita untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan.

Alasan Dibutuhkannya Pinjaman Dana Pendidikan

Selain karena adanya berbagai kebutuhan lain, pinjaman dana pendidikan juga perlu diajukan karena beberapa hal lain. Pertama, biaya pendidikan terus naik setiap tahunnya. Kenaikan ini rata-rata berada di angka 10 persen dari biaya pendidikan di tahun sebelumnya. Belum lagi ada beberapa tagihan dana pendidikan yang cukup besar di awal masa tahun ajaran atau awal semester, seperti uang pangkal dan biaya daftar ulang yang tidak bisa dibayar secara mengangsur.

Kedua, ada faktor pertimbangan mengenai kualitas sekolah. Siapapun pasti mengharapkan kualitas pendidikan yang baik untuk anak. Apalagi kurikulum pendidikan yang kini makin menyulitkan siswa harus disampaikan dengan cara yang tepat pula. Namun, kini tak dapat dipungkiri juga bahwa kualitas sebuah institusi pendidikan bergantung pada harga biaya pendidikannya. Jika dengan mengajukan pinjaman dana pendidikan anak anda bisa bersekolah di institusi yang bagus dan anda mampu membayarnya dengan mengangsur, maka sah-sah saja mengajukan pinjaman dana pendidikan.

Ketiga, dengan pinjaman dana pendidikan, anda dapat dimudahkan dengan metode pembayaran mengangsur. Sehingga anda tak perlu dipusingkan dengan biaya berjumlah besar yang harus di bayar di muka.

Jenis Pinjaman Dana Pendidikan

Untuk jenis pinjaman dana bagi biaya pendidikan sendiri, ada dua produk pinjaman yang bisa anda pilih. Yakni pinjaman dana pendidikan atau kredit pendidikan, dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Penyedia produk pinjaman ini umumnya adalah bank atau lembaga keuangan lainnya.

Kredit pendidikan adalah produk pinjaman yang khusus diperuntukkan untuk membayar biaya pendidikan, namun hanya di tingkat S1 hingga S3 saja. Sedangkan KTA, adalah produk pinjaman yang bisa memberikan anda dana segar untuk berbagai kebutuhan tanpa perlu menjaminkan harta atau aset berharga lainnya. Sehingga juga bisa untuk keperluan biaya pendidikan di tingkat apapun, mulai dari SD hingga Kuliah.

Baca juga: Ini Dia Cara Meringankan Mahalnya Uang Pangkal Kuliah

Cara Pengajuan Pinjaman Dana Pendidikan

Pengajuan pinjaman dana pendidikan bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang bank terdekat sesuai domisili anda, kemudian akan dibantu oleh petugas bank tersebut. Atau bisa juga mengajukannya secara online. Pengajuan online sebenarnya lebih mudah dilakukan, karena anda tak perlu bolak-balik datang ke kantor bank yang biasanya memiliki jam operasional yang terbatas.

Pinjaman dana pendidikan maupun produk KTA dapat anda ajukan saja ke perusahaan financial technologi (fintech) yang sudah marak ada di Indonesia. Mereka akan membantu anda memilih produk pinjaman yang sesuai kebutuhan, dan mengajukannya secara mudah ke dalam sistem online. Ya, cukup dengan gadget dan koneksi internet saja lho!

Cara pengajuan pinjaman dana pendidikan umumnya adalah dengan mengisi formulir pengajuan, kemudian melampirkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Seperti identitas data diri, bukti penghasilan bulanan, riwayat pembayaran kredit dan bukti cah flow yang lancar.

Ajukan Pinjaman Dana Pendidikan di CekAja.com

Pinjaman dana pendidikan bisa anda dapatkan di perusahaan fintech seperti CekAja.com. CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas. Di sini, terdapat pinjaman dana khusus pendidikan dan KTA yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan fasilitas ini anda harus diharuskan memiliki bukti kewarganegaraan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun. Lalu memilki penghasilan tetap per bulan minimal Rp2,5 juta per bulan, namun jumlah penghasilan ini akan berbeda jika berdomisili di luar wilayah Jabodetabek.

Selain itu, ada beberapa produk KTA dari beberapa bank untuk berbagai kebutuhan, yang bisa anda cek terlebih dulu di link artikel ini: https://www.cekaja.com/info/pilihan-pinjaman-berbunga-rendah-untuk-keperluan-sekolah/


You May Also Like

2 komentar

  1. Ngomongin dana pendidikan emg ngeri2 sedap ya, Mbak.. Pdhl aku nikah aja belum tp macam udh ngrasain aja.. Boleh lh kepo2 cekaja.com

    BalasHapus
  2. Aduuuh, saya pribadi sebenernya takut sama yang namanya pinjem meminjem sih. takut nga bisa nggantinya ._.

    Bicara pendidikan, wah, kayaknya nanti dana pendidikan dipermudah dengan gopay nih sama Nadiem :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉