JENIS-JENIS BUNGA TABUNGAN BANK YANG HARUS DIPAHAMI

pic source: https://www.freepik.com/

Beberapa orang seringkali tidak memperhatikan bunga tabungan ketika melakukan pembukaan rekening. Padahal jika kita mengetahui tiap jenisnya, Kita dapat memilih tabungan dengan suku yang lebih tinggi. Dengan begitu pada jangka waktu tertentu, keuntungan bisa kita dapatkan lebih besar.

Pasalnya, bunga tabungan merupakan suatu balas jasa yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang telah melakukan penyimpanan uang di bank. Di mana nilai yang diberikan nantinya akan ditetapkan berdasarkan besaran total dana yang disimpan.

5 Jenis Bunga Bank yang Perlu Kita Tahu dan Bedakan

pic source: https://www.freepik.com/


Untuk mendapatkan keuntungan dari bunga tabungan, kita harus pandai memilih jenis yang sesuai. Hal ini tentunya tidak berpengaruh pada awal pembukaan rekening. Baik secara langsung maupun buka rekening bank online.

Nilai yang keuntungan yang diberikan tetap sama. Beberapa jenis bunga tabungan yang bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan untuk menabung, antara lain :

1. Bunga Tabungan Tetap (Fixed)

Jenis pertama dan lebih banyak diketahui beberapa pihak adalah suku bunga tetap atau fixed. Di mana, sifat yang dimiliki tetap dan tidak berubah dalam jangka waktu atau tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.

Nilai dari bunga tabungan ini dapat diketahui dengan detail pada contoh kasus kredit bermotor. Sebelum melakukan konfirmasi terhadap pembelian, tentunya kita sudah diberi gambaran berapa angsuran yang harus kita berikan.

Nilai tersebut tidak akan berubah. Harga yang harus dibayarkan setiap harinya memiliki total biaya sama. Hal ini dikarenakan proses pembelian termasuk dalam bunga tabungan fixed yaitu nilainya tetap sampai tanggal jatuh tempo.

2. Bunga Mengambang atau Floating

Suku bunga mengambang atau floating merupakan bunga yang memiliki nilai berubah-ubah. Tetapi besarnya tergantung pada suku bunga tabungan yang telah ditetapkan dalam kurun waktu tertentu. Hal inilah yang membuat nilainya membuat angsuran per bulan tidak sama.

Besaran yang diberikan kepada debitur juga akan mengalami kenaikan dan penurunan secara berkala. Salah satu bentuk dari jenis tabungan satu ini adalah cicilan pada KPR. Di mana biasanya nilainya akan terlihat dalam waktu jangka panjang.

3. Suku Bunga Flat

Berikutnya adalah bunga tabungan flat. Cara kerjanya yaitu perhitungan dilakukan dari besaran pinjaman pokok masa pencicilan yang telah disepakati pada awal penandatanganan.

Jika floating merupakan bunga tabungan dalam jangka panjang. Berbeda dengan suku bunga flat. Dalam kasus ini, pinjaman diberlakukan pada debitur yang mengambil pembayaran dalam jangka pendek. Suku bunga ini merupakan Kredit Tanpa Agunan yang ditujukan kepada beberapa orang yang hobi melakukan pembelanjaan secara konsumtif.

4. Bunga Tabungan Efektif

Jenis bunga tabungan lain adalah efektif. Suku bunga ini didapat dari hasil perhitungan sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulan. Di mana, nilainya akan menyusutkan utang yang telah berhasil dibayar oleh debitur.

Sehingga, nilai invest pada suku bunga ini tergantung pada peminjam. Apabila pokok pinjam semakin sedikit, maka suku bunga yang harus dibayar juga sedikit. Hal ini dapat dinilai lebih adil kepada nasabah dibandingkan suku bank flat. Sebab, flat hanya didasarkan pada jumlah awal peminjaman saja.

5. Bunga Tabungan Anuitas

Pada suku bunga jenis anuitas terhadap perhitungan berbeda. Metodenya menggunakan aturan jumlah angsuran pokok dan ditambah dengan angsuran bunga untuk mendapatkan total pembayaran sama setiap bulannya.

Jika menggunakan suku bunga ini, porsi angsuran lebih kecil dibandingkan dengan bunga pada awal pembayaran. Ketika sudah mendekati pembayaran kredit akhir, perhitungannya akan berbaik. Sehingga, perhitungan ini lebih banyak diberikan kepada peminjam jangka panjang seperti KPR.

Jenis-jenis bunga tabungan tersebut merupakan hasil perputaran uang yang dilakukan oleh pihak bank pada dana yang kita simpan. Sehingga, kita bisa memperoleh keuntungan dari tiap suku bunga pilihan.

Tidak perlu khawatir, meskipun kita akan memperoleh detail penjelasan ketika datang langsung ke bank. Namun, saat ini dengan melakukan buka rekening bank online. Fasilitas terhadap beragam akses bunga dapat kita pilih kapan saja,

Buka Rekening Bank Online Bersama digibank by DBS

Jika kita menginginkan mendapat bunga tabungan efektif dari dana yang kita miliki, maka yang harus pertama kita lakukan adalah melakukan pembukaan rekening. Baik datang langsung ke lokasi bank maupun buka rekening bank online.

Salah satu perbankan yang memberikan banyak fasilitas dan sangat direkomendasi adalah digibank by DBS. Pasalnya, kita akan memperoleh banyak keuntungan. Beberapa diantaranya sebagai berikut ini :

1. Dapat Melakukan Pembukaan Rekening Tanpa Harus ke Bank

Keuntungan pertama dari pemakaian digibank by DBS adalah kita dapat melakukan pembukaan rekening tanpa harus ke bank. Sebab, pembukaan rekening dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS.

2. Verifikasi Lebih Praktis dan Mudah

Kedua, digibank by DBS memberikan kemudahan dalam melakukan verifikasi. Kita cukup menyiapkan e-KTP. Nantinya, kita perlu melengkapi biodata dan dilanjut dengan verifikasi wajah melalui kamera depan. Jadi, seluruh proses pembuatan dilakukan secara online.

3. Memberikan Fitur Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Jika beberapa perbankan saat ini memberikan biaya admin. Melalui digibank by DBS, kita bisa melakukan transaksi transfer uang dan tarik tunai dengan mudah dan gratis. Syaratnya, kita harus memiliki saldo rata-rata minimal Rp1 juta perbulan.

Beberapa keuntungan yang diberikan oleh digibank by DBS sangat cocok bagi kita yang tidak memiliki banyak waktu luang. Pastikan untuk mengikuti setiap step yang diperintahkan. Agar nantinya bunga tabungan bisa kita dapatkan dalam jumlah besar.


0 Comentarios

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉