INGIN KEMBANGKAN BISNIS CATERING? PERHATIKAN TIPS INI!

November 25, 2022

 

pic source: freepik.com

Mengembangkan bisnis catering merupakan sebuah tantangan besar. Mengingat banyak sekali kompetitor yang bermain di bidang kuliner ini. Hampir tiap daerah bahkan banyak jasa catering yang bertebaran. Namun, tenang saja. Anda tetap bisa mengembangkan bisnis catering yang dimiliki dengan pinjaman tanpa agunan

Melalui pinjaman dengan limit hingga Rp300 juta yang bisa dipergunakan untuk memfasilitasi pengembangan bisnis catering. Dana bisa digunakan untuk mengembangkan produk baru, melakukan pembelian bahan, hingga ke pembiayaan pemasaran. 

Peluang untuk Mengembangkan Bisnis Catering

Namun, sebelum mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda perlu merancang dulu planning ke depan akan seperti apa. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat peluang dalam pengembangan bisnis ini. Seperti apakah peluangnya? 

Untuk saat ini, peluang mengembangkan bisnis catering begitu tinggi. Semenjak aturan diperbolehkan membuat acara, banyak sekali event yang diadakan tiap tahunnya. Mulai dari acara pernikahan, konser, perayaan ulang tahun, hingga acara syukuran lainnya. 

Setiap acara, pasti akan membutuhkan makanan yang akan disajikan kepada tamu. Ini bisa jadi peluang yang pas untuk para pengusaha catering dalam melebarkan sayap. 

Pengembangan tidak hanya dari sisi produk, tetapi bisa juga melakukan branding awareness agar orang-orang mulai mengenal bisnis Anda. Selain itu, dengan melakukan promosi atau membuka jasa layanan lain, pun bisa dimaksudkan dalam pengembangan yang berskala kecil. 

Ide Produk Dalam Bisnis Catering yang Banyak Diminati

pic source: freepik.com


Nah, dalam pengembangan bisnis catering terutama dari sisi produk, ada beberapa rekomendasi ide yang bisa Anda coba. Berikut idenya: 

1. Catering untuk Diet Sehat

Sekarang, banyak sekali orang-orang yang gencar mencari catering sehat untuk membantu proses diet mereka agar lancar. Nah, ini bisa jadi peluang bagus untuk Anda masuki. 

Anda bisa mengembangkan produk dengan olahan sehat yang cocok untuk diet. Menu bisa dibagi menjadi: diet carbo, diet mayo, serta menu sehat. 

Dalam pengembangan produk diet sehat, Anda tentu harus menggandeng ahli gizi agar bisa memberikan layanan konsultasi yang tepat untuk para konsumen. Dengan pinjaman tanpa agunan DBS KTA, Anda bisa mengajak kerjasama ahli gizi profesional sehingga makanan yang dibuat untuk setiap konsumen sesuai dengan kebutuhan kalorinya. 

2. Catering Makanan untuk Pasien Sakit

Beberapa orang yang menderita penyakit tertentu, tidak akan bisa mengkonsumsi sembarang makanan. Pasti ada banyak pantangannya. Contoh saja, untuk penderita diabetes. Makanan yang manis akan selalu dihindari. 

Ini juga bisa jadi peluang bagus untuk Anda yang tengah mengembangkan produk catering. Anda bisa membuat layanan penyedia makanan sehat untuk para pasien yang menderita penyakit tertentu. Jadi, setiap pasien akan mendapatkan jenis makanan yang berbeda-beda. 

Agar pengembangan produk ini sukses, Anda perlu mengajak kerjasama ahli gizi dan dokter untuk tempat berkonsultasi. Sehingga, makanan yang diolah bisa sesuai kebutuhan pasien. 

Langkah-Langkah Pengembangan Bisnis Catering

Dalam pengembangan bisnis catering, memiliki modal saja tidak cukup. Perlu langkah-langkah yang tepat agar pengembangannya berhasil. Di antaranya: 

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum mengembangkan bisnis catering, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu apa yang dibutuhkan target audiens, permasalahan apa yang dihadapi, dan solusi apa yang mereka butuhkan. Anda juga perlu mengidentifikasi calon konsumen yang akan jadi target pasar. 

2. Lakukan Tes Pasar

Untuk pengembangan yang berhubungan dengan produk baru, Anda bisa melakukan tes pasar terlebih dahulu. Misal, ketika ada orang yang memesan catering paket lama, beri bonus menu-menu yang akan dikembangkan. 

Anda bisa meminta konsumen untuk mencicipi menu tersebut dan memberikan feedback-nya. Masukan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi agar produk menjadi lebih baik lagi. 

Untuk produk yang dikhususkan pada konsumen tertentu, Anda bisa meminta calon konsumen langsung untuk mencicipi dan memberikan testimoni. 

Tips Sukses Dalam Bisnis Catering

Ketika langkah-langkah pengembangan sudah direncanakan, maka Anda juga perlu mempelajari tips dari para pengusaha yang bisa sukses di bisnis catering ini. Tips tersebut adalah: 

1. Ubah Strategi Pemasaran

Pertama, lakukan evaluasi dulu dari strategi pemasaran yang sudah dilakukan saat ini. Kemudian, mulai perbaiki bagian-bagian yang kurang. Misal, selama ini untuk digital marketing hanya menggunakan satu platform media sosial. 

Maka, di pengembangan ini, Anda bisa menggunakan semua media sosial yang bisa dijadikan tempat promosi. Gunakan juga jasa para influencer untuk mengenalkan produk bisnis catering yang Anda jalankan. Untuk biaya influencer, bisa diambil dari pinjaman modal usaha tanpa jaminan DBS KTA

2. Jadi Tuan Rumah untuk Acara Mencicipi

Untuk menaikkan reputasi bisnis catering, Anda bisa mengadakan acara mencicipi makanan yang jadi produk unggulan maupun produk baru. Acara ini bisa membantu membangun kedekatan dengan konsumen lama maupun calon konsumen baru. 

Di dalam acara tersebut, Anda bisa melakukan demo masak untuk salah satu resep yang jadi produk catering. Kemudian, minta semua konsumen yang diundang untuk bisa mencicipi hidangan yang disajikan dan menuliskan review atau feedback-nya. Sebelum konsumen pulang, berikan mereka bingkisan yang di dalamnya ada brosur dan kartu nama. 

Pinjaman Tanpa Agunan Untuk Pengembangan Bisnis Catering

DBS KTA menawarkan pinjaman tanpa harus menggunakan jaminan yang memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis catering. Limit plafon yang bisa diambil mencapai 300 juta dengan besaran bunga flat mulai dari 0,88% tiap bulan. Jadi, Anda akan bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembayaran cicilan nantinya. Masa cicilan hingga 36 bulan.

Syarat pengajuan pinjaman ini pun cukup mudah. Khusus Anda yang berdomisili di Jabodetabek, cukup memiliki e-KTP dan NPWP serta bukti adanya kepemilikan kartu kredit di bank lain dengan minimal limit 10 juta rupiah dan minimal pendapatan 5 juta rupiah. 

Setelah semua syarat terpenuhi, pinjaman tanpa agunan akan langsung diverifikasi dan disetujui dalam 3 - 5 hari kerja. Jadi, manfaatkan kesempatan ini dan kembangkan bisnis catering yang Anda miliki. Cek informasi lebih lanjut di sini


You Might Also Like

4 Komentar

  1. Bisnis katering peluangnya memang besar apalagi di tengah ramainya acara pernikahan seperti sekarang, hanya saja saingannya banyak di pasaran. Jadi, harus mampu bersaing dan memberikan yang terbaik dan unik. Katering memang yang paling bisa diandalkan buat acara apapun, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. saat ini bisnis catering lagi banyak diminati, apalagi yang catering sehat dan juga menu untuk pasien sakit bisa jadi laris manis ini.
    perlu inovasi ya Kak dalam berbisnis biar tidak membosankan dan juga ada sesuatu yang baru juga agar bisnis bisa lebih berkembang lagi.

    BalasHapus
  3. Cocok buat yang punya hobi masak ini. Kalo saya tergantung mood. Hehe.

    BalasHapus
  4. usaha catering belakangan ini menjadi salahs atu puncak bisnis karena berkembangnya teknologi, semua makanan yang ada di dunia hampir seluruhnya bisa kita pesan online. dan tips-tips ini pastinya bakal bermanfaat banget untuk orang yang sedang merintis bisnis

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`