5/25/2016

MENGENALI JENIS PERLENGKAPAN KANTOR & FUNGSINYA YANG MENUNJANG PEKERJAAN

pic source: pixabay

Selamat hari rabu gaes, jumpa kembali dengan saya. Gimana kabar kamu di hari rabu ini? Harapan saya selalu baik dan sehat dong. Oh iya, di hari rabu ini ngomongin apa yah? Hmm, gimana kalo ngomongin perlengkapan kantor ajah?

Sebagai seorang pekerja yang rutin bekerja selama enam hari dalam seminggu, dapat dipastikan hari-hari saya banyak dihabiskan di kantor. Bayangin ajah, dari jam setengah sembilan pagi hingga jam setengah lima sore (senin-jumat) dan dari jam setengah sembilan pagi hingga setengah dua siang (sabtu) saya berada di kantor. Banyak banget kan waktu yang saya habiskan di kantor.

Banyaknya waktu yang saya habiskan di kantor membuat saya merasa seolah kantor sudah seperti rumah kedua saya. Seperti halnya rumah, sudah sewajarnya bila saya menginginkan kenyamanan saat berada di kantor dong. Saya nggak ingin waktu delapan jam dalam sehari itu saya habiskan dengan rasa tersiksa. Alhamdulillah, kantor saya termasuk dalam kategori kantor yang nyaman bagi para pegawainya.

Ngomong-ngomong tentang kantor, apa sih yang terlintas di pikiranmu saat membayangkan kantor yang baik? Kalo pertanyaan itu diajukan pada saya, maka jawaban saya adalah kantor yang memiliki gedung yang mewah. Gimana? Setuju kan dengan jawaban saya?

Hehe, jawaban saya nggak salah kok. Tapi rupanya kriteria kantor yang baik itu bukan hanya sekedar gedung yang mewah saja, namun juga diperlukan sumber daya manusia yang kompeten serta alat pendukung lain seperti perlengkapan kantor yang lengkap dan bermutu tinggi untuk mendukung segala aktivitas yang dilakukan oleh pegawai yang bekerja di dalamnya. Oh, begitu rupanya *angguk-anggukin kepala* Lalu sudahkah kantor kamu memiliki perlengkapan yang lengkap?

Nah, ternyata perlengkapan kantor ini juga terbagi dalam beberapa jenis/kategori yang berbeda sesuai fungsinya. Pengen tahu apa saja jenis perlengkapan kantor yang biasa digunakan? Yuk kita lihat jenis perlengkapan kantornya di bawah ini:

Perbekalan kantor (office supplies)

Adalah benda-benda di kantor yang akan habis atau rusak jika digunakan terus menerus. Benda-benda ini harus selalu diperbaharui atau diisi ulang. Contohnya adalah ATK (alat tulis kantor) seperti pulpen, pensil, spidol, berbagai jenis kertas (HVS, kuarto, A3, dll) juga lem, staples, paper clip dan benda-benda lainnya yang sejenis.


Peralatan kantor (office appliances)

Yang termasuk dalam kategori ini adalah alat-alat yang digunakan di dalam kantor namun bukan termasuk jenis mesin. Contohnya adalah kalender, penggaris, amplop, bak surat, bantalan cap, gunting, dll.

Mesin-mesin kantor (office machines)

Yang termasuk dalam kategori ini adalah alat-alat yang digunakan oleh pegawai untuk mengumpulkan, mencatat dan mengolah data secara mekanis maupun elektronis. Contohnya: kalkulator, mesin ketik, mesin fotokopi, alat-alat komunikasi, tape recorder, proyektor dan juga komputer.

Perabotan kantor (office furnitures)

Perabotan ini pada umumnya adalah barang-barang yang terbuat dari kayu atau baja yang digunakan sebagai alat untuk melakukan kegiatan dalam suatu kantor juga untuk menyimpan arsip. Barang-barang ini penting dan wajib untuk dimiliki oleh setiap kantor. Contohnya: meja kantor yang kakinya terbuka dan jenisnya sesuai keperluan, meja rapat, kursi kantor yang nyaman dan bisa menyangga badan untuk duduk pada waktu lama, lemari rak, warkat, brankas dan kabinet arsip.

Hiasan kantor (office ornaments)

Ini adalah perlengkapan kantor yang terakhir yang berfungsi sebagai hiasan kantor. Meski fungsinya bukan membantu pekerjaan di kantor secara langsung, namun hiasan ini sangat berguna agar orang-orang di kantor nggak merasa jenuh juga stress ketika berada di kantor pada waktu lama. Ornamen-ornamen ini didesain agar para pegawai selalui bersemangat, merasa nyaman juga dapat menyegarkan mata mereka saat berada di kantor. Contoh barang-barang yang menjadi hiasan kantor diantaranya:
  • Bunga atau tanaman (plastik/sungguhan) beserta vas atau pot.
  • Berbagai macam lukisan dinding.
  • Lampu hias.
  • wallpaper di dinding juga bisa jadi ornamen.
  • Di beberapa gedung, ada yang sudah memiliki perlengkapan yang satu dengan gedungnya, seperti rak buku atau lemari di dinding.

Itulah beberapa jenis perlengkapan yang umumnya terdapat di setiap kantor. Saya merasa bersyukur karena kantor tempat saya bekerja saat ini suasananya menyenangkan dan perlengkapan kantornya pun lengkap. Gimana dengan kantor kalian gaes?


*Note: sponsored post-baca disclosure

32 comments:

  1. Kalau kantor saya hanya kantor cabang, mbak Ira. Jadi jenis perlengkapan kantor biasa aja. Tidak ada mesin fotocopy atau proyektor. Hiasan kantor juga ngga ada. Adanya hanya komputer, meja kursi, peralatan dan pebekalan kantor. Mesin ketikpun sudah dikotakkan krn sudah rusak :)

    BTW jam kerja dan hari kerja kita sama lho mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kantor sayapun masih kantor cabang Mba, tapi alhamdulillah suasananya menyenangkan :)
      iya kah Mba Anjar? padahal asyik banget yah kalo ngantornya hanya sampe jumat..

      Delete
  2. terus terang saja saya masih belum puas dengan fasilitas yang ada di kantor..karena masih belum lengkap dan belum menunjang kerja saya. curcol ni mba.. haha

    ReplyDelete
  3. perlengkapan kantor merupakan sarpra yg harus dipenuhi utk menunjang pekerjaan karyawan

    ReplyDelete
  4. Mantan kantorku selalu kekurangan meja deh. Soalnya gurunya banyak. Ada yg full time, ada yg part time. Nah yg dikasih meja tetap cuma full timer. Part timer nya harus berbagi meja ....

    ReplyDelete
  5. wah saya lagi mau bikin kantor di rumah, makasi mba ira,bookmark ah artikelnya bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kantornya segera jadi dan suasananya bikin betah yah Mba Erna :)

      Delete
  6. semoga suatu hari punya kantor sendiri, aamiin :-)

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu jaman masih ngantor, selain semua perlengkapan itu, di laciku selalu ada berbagai macam kopi & cemilan hehe...

    Gak lupa bawa sendal jepit juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Teh, sandal jepit dan camilan juga selalu menemaniku di kantor :D

      Delete
  8. Kantor saya tidak terlalu lengkap mbak soalnya tidak resmi resmi sekali sih sebarnya hanya biasa gituh gituh saja.

    ReplyDelete
  9. Kantorku di rumah skrng. Ihik.. Dulu semasa msh statusnya ngantor...jarang bisa menikmati fasilitas kntr. Pagi ma sore aja paling... Siangnya di lapangan..:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, Mba Sulis staf lapangan yah? kalo saya staf administrasi Mba jadi emang seharian di kantor :)

      Delete
  10. udah lama gak punya kantor mba, hehehe

    ReplyDelete
  11. jika kantor sudah terasa seperti di rumah .. nyamaaan.
    pekerjaan pun menjadi bersahabat dan bukan menjadi beban.

    mengoperasikan mesin fotocopy, mesin fax, mesin penghancur kertas, dll

    sesekali boleh cobain pakai alat2nya petugas cleaning service ... :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Lady, ketika kita enjoy dan merasa nyaman, maka seberat apapun pekerjaan akan terasa lebih ringan saat mengerjakannya :)

      Delete
  12. Waktu ngantor, aku syebel banget, minta kalender yg segede meja kok ga diapprove2, padahal itu penting buat nyatet due report2 penting. Sampe aku resign, ga diapprove juga. Kzll.
    Hahahaha kok jd tjurhat.

    Btw, ditampilan mobile ini, aku ga nemu kotak searchnya ? Dimanakah?

    ReplyDelete
  13. Inspiratif banget mbak tulisannya, meski saya sudah tidak punya rumah kedua alias di rumah saja, kayaknya perlu juga diterapkan bagi seorang blogger, biar ngeblognya nyaman dan dapat berpikir jernih hehehe....

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat dulu di ruangan belum ada foto copy, capeknya dobel karna harus ke ruangan lain yang belum tentu nganggur juga mesin foto copynya. :D

    ReplyDelete
  15. Sebisa mungkin jaga sarana dan prasarana kantor. Karena menunjang pekerjaan kita...

    ReplyDelete
  16. jadi pengin punya kantor di rumah @_@

    ReplyDelete
  17. Kalo kantornya lengkap dan tampilannya cantik, pasti bikin betah ngantor ya mbak.. Apalagi kalo suasana dan rekan-rekan kerjanya asik.. Bikin makin semangat ngantor itu siihh :D

    ReplyDelete
  18. Ternyata kategorinya beragam ya Mbak. Hehe. Saya mah tahunya semuanya itu kategorinya peralatan kantor ajah.

    ReplyDelete
  19. di kantor bisa foto kopi sendiri juga ya mbak

    ReplyDelete
  20. Kantor saya di rumah, Mbak :D alhamdulillah nyaman sekali :)
    Kalau kantor lama saya, masih kurang lengkap, sih. Tapi waktu itu ya dinyaman-nyamanin aja :)

    ReplyDelete
  21. Paling suka pas jamannya masi kerja nata2 meja pake pernik pernik mb hihi
    Ada yang naro boneka n foto keluarga di sisi meja kerjanya juga

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..