6/23/2016

INI YANG SAYA LAKUKAN AGAR TETAP KUAT BERPUASA WALAU TIDAK SAHUR

pict source: pixabay.com

Hai gaes, apa kabarmu hari ini? Harapan saya selalu sama, semoga sehat dan bahagia selalu. Tidak terasa yah, puasa kita udah masuk hari kedelapan belas? Masih semangat menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lainnya dong yah?

Di hari kedelapan belas ini sudah adakah yang puasanya bolong atau batal? Bagi kaum wanita mungkin sudah ada lah yah, hal ini bisa dimaklumi karena batalnya puasa itu disebabkan oleh tamu bulanan yang kedatangannya rutin setiap bulan.

Tapi maksud dari pertanyaan saya di atas bukanlah batal karena "tamu bulanan" tapi batal puasa karena hal lainnya. Contohnya adalah batal puasa karena bangun kesiangan dan tidak makan sahur. Adakah di sini yang pernah batal puasa karena tidak makan sahur? Harapan saya sih, semoga tidak ada lah yah.


Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa sahur adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Sebelum berpuasa kita dianjurkan untuk makan sahur agar stamina tetap terjaga dan kuat menahan haus dan lapar mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Sahur penting dilakukan guna memenuhi kebutuhan nutrisi orang yang berpuasa selama sehari penuh.

Namun bagaimana bila kita telat bangun sahur? Haruskah kita batal melaksanakan puasa “hanya” karena lupa atau kesiangan bangun sahur? Tentunya jangan dong ah. Sayang banget loh, puasanya batal hanya karena masalah ini.

Harus saya akui, selama tujuh belas hari puasa yang saya jalani (sengaja saya belum menghitung hari ini karena puasanya masih setengah jalan), tiga hari diantaranya saya jalani tanpa diawali dengan makan sahur. Alhamdulillah walau tanpa sahur, saya tetap kuat dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa. FYI, saya belum mendapatkan tamu bulanan, jadi Alhamdulillah sampe saat ini masih full puasanya.

Pengen tahu apa rahasia saya tetap kuat dan semangat menjalani puasa walau tanpa sahur? Inilah beberapa hal yang saya lakukan agar tetap kuat dan segar berpuasa walau tidak makan sahur:

  • Mantapkan niat
Rasanya niat adalah hal yang sangat penting untuk semua hal yah. Mau melakukan apapun, bila diawali dengan niat yang kuat, Insyaallah si pelaku pasti semangat. Begitu pula dengan berpuasa, bila sedari awal kita memang telah berniat untuk berpuasa, maka cobaan kecil berupa “tidak makan sahur” tidak akan menjadi penghalang untuk kita berpuasa. Menguatkan niat terbukti ampuh menghindarkan saya dari godaan untuk membatalkan puasa.

  • Cari kesibukan yang menyita waktu
Selama ramadhan ini, sudah tiga kali saya kesiangan bangun sahur. Dua hari di antaranya adalah pada hari kerja dan satu hari lainnya adalah pada hari libur.

Bila saya tidak makan sahur bertepatan dengan hari kerja, maka yang saya lakukan di kantor adalah menyelesaikan semua tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab saya. Walau mungkin belum deadline, saya berusaha untuk segera menyelesaikannya.

sibuk bekerja membuat kita fokus dan tidak memikirkan lapar dan haus
pict source: thehindu.com

Semangat mengerjakan tugas mampu mengalihkan perhatian saya hingga tidak merasakan lapar atau haus. Ketika sibuk menyelesaikan pekerjaan, waktu seolah cepat berlalu. Tanpa saya sadari waktu sudah menunjukkan lewat tengah hari dan sebentar lagi pulang kantor.

Bila saya tidak sahur pada hari libur, ini lebih asyik lagi. Yang saya lakukan adalah memperbanyak amalan dengan cara tadarus, lumayan kan bisa mengaji menyelesaikan beberapa juz. Hal lain yang saya lakukan adalah membaca novel atau menonton film india dan drama korea favorit. Dijamin deh, saat melakukan hal-hal itu waktu akan terasa cepat banget berlalunya. Tanpa saya sadari matahari semakin condong ke barat pertanda waktu berbuka semakin dekat.

  • Isi waktu istirahat/luang dengan beribadah dan perpanjang waktu ibadahnya
Cara ini juga bisa membuat saya lebih kuat menjalani ibadah puasa walau tanpa sahur. Bila selama ini sebagian besar waktu istirahat di kantor saya pakai untuk ngobrol-ngobrol bareng rekan kerja atau buka-buka sosmed, maka bila tidak makan sahur, yang saya lakukan adalah memperlama waktu shalat saya. Setelah shalat biasanya akan saya lanjutkan dengan tadarus alqur'an.

tadarus setelah shalat dapat memperbanyak pahala juga membuat waktu seolah cepat berlalu
pict source: merdeka.com

Melakukan shalat dan dilanjutkan dengan tadarus membuat waktu istirahat selama satu jam seolah berlalu dengan cepat dan mungkin karena sudah terkena air wudhu, setelah shalat biasanya saya lebih kuat dan siap beraktivitas kembali.

  • Bila tidak ada kegiatan, maka tidurlah
Tidur menjadi pilihan yang saya lakukan bila kebetulan saya tidak sahur pada hari libur. Bila rasa lemah, letih dan lunglai + ngantuk mulai menyerang, maka tidur adalah obat yang sangat mujarab. Tidur siang setelah shalat dzuhur dan bangun selepas shalat ashar membuat saya lebih bersemangat menanti datangnya waktu berbuka.

  • Tanamkan dalam hati bahwa mungkin ini adalah ramadhan terakhir yang kita lewati.
Jujur saja, saat memasukkan poin ini saya merasa sedih banget. Entah mengapa saya selalu berharap bisa menjalankan ibadah puasa di ramadhan-ramadhan berikutnya pada tahun-tahun mendatang. Namun yang menjadi harapan manusia terkadang tidaklah sesuai kehendak-Nya.

Dengan menanamkan hal ini di dalam hati dan pikiran, membuat saya lebih semangat menjalani ibadah di bulan ramadhan. Bangun kesiangan dan tidak makan sahur bukan menjadi alasan yang membunuh semangat saya dalam beribadah di bulan suci nan istimewa ini.

Itulah lima hal yang saya lakukan agar tetap semangat dan kuat berpuasa juga beribadah di bulan yang penuh berkah ini. So, bangun kesiangan dan tidak makan sahur? Bagi saya, itu bukanlah masalah berat yang mengganggu jalannya ibadah saya.

Kalo kamu gimana gaes? Pernahkah berpuasa tanpa didahului makan sahur karena bangunnya kesiangan? Kalo pernah, cara apa yang kamu lakukan agar tetap kuat dan semangat berpuasa? Bagi tipsnya di kolom komentar dong

21 comments:

  1. Kalo aku, supaya ga nyesel2 amat ga sahur, buka puasanya banyakan. Trus pas mau tidur makan lagi. Hahahahaha.
    Intinya makan mbak ir :D

    ReplyDelete
  2. Mbak, blogmu udah kumasukin bloglistku ya, supaya gampang bw nya kalo ada post baru daripada kudu klik g+ dulu. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog Mba Ratupun sudah saya masukin dalam daftar blog yang selalu saya kunjungi :)

      makasih Mba Ratu :)

      Delete
  3. Puasa kali ini ...
    Alhamdulillah Kami belum pernah kesiangan ...

    Namun kalaupun jika terjadi demikian (mudah-mudahan tidak)
    Maka tak ada resep lain ... selain ... "Niat"
    Niat untuk melakukan apa yang diperintahkan NYA
    Insya ALLAH ... kuat puasa sampai maghrib walaupun beraktifitas seperti biasa

    (disertai permohonan ampun pada NYA ... agar esok hari diberikan kekuatan dan kesadaran untuk bangun lebih awal saat sahur)

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget Om, niat yang kuat mampu mengalahkan semua rasa yang mengganggu :)

      Delete
  4. Replies
    1. iya Mba Milda, udah sekitar 3 mingguan :)

      Delete
  5. baca yg paling akhir, jd merinding disko aku mbk
    klok aku, gk sahur, pekerjaan rmh tangga ada yg aku kurangin satu, pengerjaannya dialihkan pas udah buka, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terakhir itu justru yang paling mujarab buat saya Mba Inda, hihihi :D

      Delete
  6. Idem dgn Mbak Inda, yg item terakhir itu bikin jleb deh. Tp emang iyah sih, poin itu harus jd penyemangat utama kita utk terus beribadah, puasa utamanya. Kita mana tahu kan waktu kita bakalan sampe kapan. Jd gak perlu batal hanya karena gak sahur :D

    Saya sdh bolong 1 hari ini #oups

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sudah "dapat" yah say? berarti kekhawatiran tidak terbukti dong? #ups

      Delete
  7. Kalo yg sahur kita sendiri ya aman. Kalau punya anak yg lg blajar sahur, ya ada was2 jg kalo bangun kesiangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar juga yah Jiah, kalo ada anak yang baru belajar jadinya dilema

      Delete
  8. Aku kalo nggak sahur, bisa modyar mba,, secara punya anak yang aktifnya bukan main. Lari sana lari sini nggak cukup cuma bilang "heeei diaaam!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo punya anak yang sedang aktif-aktifnya memang butuh tenaga dan asupan makanan yang lebih besar yah Mba Manda

      Delete
  9. saya malah memang jarang sahur x))
    biasanya cm minum air putih tok. soalnya kalo sahur bawaannya malah ngantuk seharian. kuat2 aja juga kok. yg penting menyibukkan diri memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, Nengbiker hebat, kalo saya hanya beberapa kali gak sahur :)

      Delete
  10. Sampai saat ini Alhamdulillah kami sekeluarga selalu bisa sahur, mbak Ira. Tapi kalaupun misalnya tidak bisa sahur sepertinya yang utama ya niat ya dan mengisi hari dengan kesibukan. Saya sendiri tidak ada masalah dengan kesibukan karena setiap hari sibuk bekerja, hehe. Kalau anak saya mungkin harus dimotivasi lebih kuat lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar Mba Anjar, kalo orang dewasa mungkin nggak masalah, tapi kalo anak-anak khususnya yang baru belajar puasa itu yang harus diperhatikan dan diberi semangat :)

      Delete
  11. walau gak sahur Insya Allah kuat ya kalau niat mbak

    ReplyDelete
  12. Mantab tips di atas bisa jadi rekomendasi untuk di coba . tapi kalau puasa lupa sahur keterusan malah bisa bahaya
    Hipnoterapi Semarang

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..