9/02/2016

SIAPKAN DANA PENDIDIKAN SEJAK DINI UNTUK MASA DEPAN GEMILANG SI BUAH HATI

pic source: pixabay.com

DANA PENDIDIKAN. Adalah kata yang membangkitkan kenangan pahit sekaligus tekad bulat pada diri saya. Dua kata itu mengingatkan saya pada kenyataan pahit yang terjadi di keluarga kami beberapa tahun silam. Saat itu Papa saya sedang sakit keras dan di waktu yang sama adik bungsu saya baru saja menamatkan pendidikannya di bangku SMA.

Setelah lulus SMA, adik saya pengen banget melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Ia ingin kuliah dan mengambil jurusan favoritnya yaitu fisioterapi. Sayangnya keinginan itu harus terkubur karena uang tabungan orang tua kami masih dipakai untuk biaya pengobatan Papa. Adik saya dipaksa untuk melupakan cita-citanya karena ketiadaan dua kata yang saya sebut di awal kalimat tadi; DANA PENDIDIKAN.

Lalu bagaimana perasaan adik saya? Tentu saja sedih. Saya sempat membaca curahan hati yang ia tuliskan di buku hariannya yang mengatakan bahwa ia iri pada kami kakak-kakaknya yang beruntung bisa menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Sebagai seorang kakak yang belum bisa melakukan apa-apa, saat itu saya merasa gagal :’(

Walau pada akhirnya setahun kemudian adik saya berhasil kuliah (di kampus dan jurusan yang berbeda dari yang dicita-citakannya) dengan beasiswa dari pemerintah yang berhasil ia dapatkan (semasa sekolah, adik saya adalah anak yang berprestasi, sehingga wali kelasnya tergerak hatinya mendaftarkan adik saya untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi), tapi kejadian itu masih terus mengganggu pikiran saya. Sejak saat itu saya bertekad untuk menyiapkan dana pendidikan anak saya sedari dini. Saya tidak mau anak saya mengalami hal yang sama dengan adik saya.

Maka setelah menikah dan memiliki anak saya mulai menabung untuk menyiapkan dana pendidikan anak saya. Setiap bulan saya sisihkan sedikit dari gaji saya dan suami untuk biaya pendidikannya kelak. Alhamdulillah, walau saat ini saldonya masih jauh dari nilai yang diharapkan tapi hati saya sudah sedikit tenang. Toh waktunya masih lama, jadi saya memiliki banyak kesempatan untuk menambah nominal saldonya.

Kondisi Perekonomian Saat Ini, Prediksi Perekonomian di Tahun-tahun Mendatang & Inflasi Dana Pendidikan

Seperti kita tahu bahwa kondisi perekonomian saat ini sedang lesu. Hal ini ditandai dengan rendahnya daya beli masyarakat. Beberapa teman arisan saya yang berprofesi sebagai wirausaha dan pedagang mengeluh, dua tahun terakhir penghasilan mereka menurun dan tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Pembeli yang biasanya ramai mengunjungi toko kini seolah malas untuk berkunjung kembali. Pun demikian dengan mereka yang berstatus pegawai (negeri maupun swasta), tidak sedikit mengeluhkan harga kebutuhan yang semakin meningkat.

Bukan hanya itu, uang pun seolah tak bernilai lagi. Bila beberapa tahun lalu saya dapat membeli banyak barang dengan uang Rp. 50.000,-  maka kini nilai tersebut hanya bisa membeli satu atau dua barang saja. Apakah harga barang sudah sedemikian melambungnya? Ataukah mata uang kita yang semakin turun nilainya? Entahlah, saya bukanlah pakar ekonomi yang dapat menjawab pertanyaan itu.

Sebagai orang awam yang tidak paham terhadap pergerakan ekonomi, saya tidak bisa menebak kelak akan seperti apa kondisi ekonomi negara kita. Saya tidak tahu bagaimana pergerakan ekonomi negara ini belasan tahun mendatang. Tapi ada satu hal yang saya yakini yaitu biaya pendidikan di masa itu pasti sudah berkali lipat jumlahnya dibanding saat ini.

Sebagai contoh, biaya kuliah anak tetangga yang baru masuk kampus beberapa bulan lalu nilainya sudah naik berkali lipat dibanding biaya kuliah saya pada tahun 2003 silam. Maka biaya kuliah anak saya di masa depan juga pasti akan berkali lipat dari biaya kuliah saat ini.

Kenaikan biaya pendidikan atau yang lebih dikenal dengan inflasi dana pendidikan adalah sesuatu yang nyata dan pasti terjadi. Hal ini sama persis dengan yang dikatakan oleh seorang pakar perencana keuangan yang bernama Ibu Pripta Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP, beliau menyatakan bahwa rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7-15% per tahun. Kesimpulan itu ia dapatkan setelah melakukan survei terhadap sejumlah sekolah di Jakarta. 


ilustrasi perhitungan dana pendidikan anak usia 3 tahun dengan tingkat inflasi 15% per tahun

Lalu, sebagai orang tua apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi hal itu? Sudah pasti kita harus mempersiapkan mental untuk menghadapi perubahan itu sekaligus mempersiapkan dana pendidikan anak-anak kita tentunya.

Untuk membantu para orang tua mewujudkan masa depan gemilang bagi buah hati tercinta, Ibu Pripta Hapsari Ghozie memberikan tips-tipsnya dalam mempersiapkan dana pendidikan. Menurut beliau, ada empat hal yang harus dilakukan orang tua dalam mempersiapkan dana pedidikan anak, diantaranya:

  • Orang tua sebaiknya sudah harus mendiskusikan pendidikan anak sejak anak masih dalam kandungan. Orang tua sebaiknya melakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau mendatangi pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.
  • Berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun berjalan. Pahami bahwa biaya pendidikan akan meningkat setiap tahun sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar.
  • Sesuai kebutuhan dana yang sudah dihitung, silahkan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah dananya sudah cukup? Bila angkanya masih lebih kecil, maka segera revisi rencana dana pendidikan.
  • Periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Tanamkan pemahaman dalam hati bahwa menabung dan berinvestasi di usia produktif akan lebih mudah dijalankan. Perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.
langkah orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan anak

Tentang Cita-Cita Anak & Kalkulasi Dana Pendidikan

Saat hamil, saya dan suami sudah sering menghayal, lebih tepatnya saya sih yang suka berandai-andai, hehe. Akan jadi apa anak kami saat dewasa nanti? Walau dalam hati kami ingin ia menjadi seperti yang kami mau, tapi saat itu pula kami sadar bahwa ia adalah makhluk merdeka yang bebas menentukan apa yang ia mau. Maka sejak saat itu kami sepakat untuk membebaskan anak kami menjadi apapun yang  ia mau asalkan tidak bertentangan dengan agama dan UUD 1945. Kami hanya perlu mendoakan, menyediakan fasilitas dan memberinya dukungan.

Saat anak kami "Wahyu" berusia tiga tahun saya sempat bertanya padanya, akan jadi apa ia di masa depan? Dengan lugunya ia menjawab bahwa ia akan menjadi pilot karena suka banget sama pesawat. Di waktu yang lain saat kami sedang duduk santai di sore hari, tiba-tiba Wahyu berkata ingin jadi polisi. Juga ada beberapa profesi lain yang ia sebutkan di kesempatan-kesempatan berikutnya. Ketahuilah Nak, mau jadi apapun kamu nantinya mama dan papa akan tetap mendukungmu.

Jadilah apapun yang kau mau Nak! Mama & Papa akan mendukungmu ^_____^

Mendengar deretan profesi (yang mana biaya pendidikannya sudah dipastikan sangat besar) yang disebutkan oleh Wahyu, saya dan suami kebingungan dan bertanya-tanya "gimana cara menghitung nilai dana yang dibutuhkan untuk mencapai cita-cita anak kami nanti yah?" Memang sih sebelumnya setiap bulan saya telah menyisihkan penghasilan kami untuk dana pendidikannya kelak, tapi apakah nominal yang disisihkan setiap bulan itu sudah benar? Kalo nilai yang disisihkan itu lebih besar tentu itu adalah hal yang bagus, tapi bagaimana bila nilai yang disisihkan ternyata kurang? Duh, keraguan yang sudah hilang itu tiba-tiba muncul lagi di benak saya, bayangan tentang adik saya beberapa tahun lalu kembali mengganggu pikiran saya.

Syukurlah Morinaga Chil-Go! sudah menyiapkan kalkulator financial untuk membantu para orang tua dalam melakukan perhitungan dana pendidikan sang buah hati. Tak perlu berlama-lama, segera saja saya download kalkulator tersebut dan menghitung dana pendidikan Wahyu saat kuliah nanti.

Sengaja saya pilih perhitungan dana pendidikan Wahyu saat kuliah karena semua sekolah di daerah kami (mulai SD sampai SMA) adalah sekolah negeri yang mana untuk sekolah negeri tidak dikenakan uang pangkal dan uang bulanan seperti pada sekolah swasta, jadi saya merasa hanya perlu menghitung biaya pendidikannya di universitas nanti. Dan inilah hasil perkiraan biaya kuliah Wahyu:

kalkulasi dana pendidikan Wahyu 13 tahun mendatang

Setelah melihat hasilnya saya baru sadar bahwa nominal yang kami sisihkan selama ini masih lebih kecil dari yang seharusnya. Duh, untungnya saya segera mengetahui adanya kalkulator ini jadi bisa lebih cepat mengetahui kekeliruan kami.

Program Bekal Masa Depan Chil-Go! & Alasan Mengikuti Program Ini

Wahai para orang tua dimanapun berada, apakah sekarang kalian sedang merasa resah dan gelisah memikirkan biaya pendidikan anak yang semakin mahal di setiap tahunnya? Saat ini saya membawa kabar gembira untuk kita semua. Mau tau apa kabar gembiranya? Adalah para orang tua bisa mendapatkan dana pendidikan yang sangat mahal itu secara gratis dari Morinaga Chil-Go!. ^__________^

Seperti halnya orang tua, Morinaga Chil-Go! yang merupakan salah satu brand unggulan PT. Kalbe Nutritionals juga menyadari bahwa biaya pendidikan tidaklah murah dan seiring berjalannya waktu biaya pendidikan akan terus naik. Oleh sebab itu, Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu para orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan sang buah hati sejak dini.

Dengan mengikuti program Bekal Masa Depan Chil-Go! orang tua berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk buah hati tercinta.


pic source: www.bekalmasadepan.com

Oh iya, sudah pada tahu belum apa itu program Bekal Masa Depan Chil-Go!? Hah belum? Baiklah akan saya jelaskan lagi. Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) si kecil sehingga menjadi generasi platinum yang multitalenta. 

Baca Juga:  Ayo Ciptakan Generasi Platinum Dengan Mengikuti Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-GO!

Dengan mengikuti program ini, ada dua manfaat dan keuntungan yang didapatkan oleh orang tua. Yang pertama adalah orang tua dapat mengembangkan kecerdasan majemuk sang anak dan yang kedua orang tua dapat memenangkan hadiah yang nilainya fantastis yang dapat menjamin keberlangsungan pendidikan buah hati tercinta di masa yang akan datang. Sesungguhnya tidak ada hal yang merugikan saat orang tua mengikuti program ini.

Morinaga Chil-Go! akan memilih sembilan orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan. Hadiah utama dari program Bekal masa Depan Chil-Go! ini adalah dana asuransi untuk pendidikan dengan total Rp. 3 Milyar yang dibagi menjadi tiga kategori di masing-masing periode. Berikut rincian hadiahnya:

1 Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- per periode (Platinum)
1 Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000,000,- per periode (Gold)
1 Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- per periode (Silver)
35 kardus susu Morinaga Chil-go! berisi 36 botol per kardus
1000 voucher Bilna senilai Rp 200.000,- (khusus kategori mainan anak)
1000 tempat bekal makan ekslusif dari Morinaga
1000 tiket Jungle Land

Hadiahnya sungguh sangat menggoda kan? Yuk kita sama-sama berpartisipasi dalam program ini. Buat orang tua yang baru mengetahui adanya program ini tak perlu merasa khawatir akan ketinggalan karena program ini dibagi dalam tiga periode, yaitu:
  • Periode I: Tanggal 1 Juli 2016 – 31 Agustus 2016, pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 14 September 2016.
  • Periode II: Tanggal 1 September 2016 – 31 Oktober 2016, pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 14 November 2016.
  • Periode III: Tanggal 1 November 2016 – 31 Desember 2016, pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2017.

So, Mau ikut di periode yang mana nih?
Hmm masih ragu mau ikutan program ini? Baiklah, akan saya tuliskan lagi beberapa alasan mengapa para orang tua disarankan untuk ikut program ini?  Ini nih beberapa alasannya:
  • Karena pendidikan adalah hak setiap anak, maka orang tua berkewajiban mempersiapkan dana pendidikan anak-anaknya. Mengikuti program ini adalah salah satu ikhtiar orang tua dalam memenuhi kewajibannya.
  • Karena setiap tahun biaya pendidikan akan semakin mahal maka orang tua dituntut untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak-anaknya sejak dini. Mengikuti program ini bisa membantu meringankan beban orang tua terhadap biaya pendidikan anaknya kelak.
  • Dengan mengikuti program ini orang tua akan semakin kreatif karena dituntut untuk selalu memberikan ide kreatif guna mendukung kecerdasan majemuk si kecil dan si kecil pun akan mendapatkan stimulasi yang pas sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya.
  • Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengikuti program ini sangat mudah
  • Program ini memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu menciptakan generasi platinum yang multitalenta 
  • Dengan mengikuti program ini berarti kita telah berpartisipasi dalam gerakan #SiapCerdaskanBangsa. Hayoo, siapa yang tidak bangga menjadi bagian dalam gerakan ini? Kalo saya sih, bangga dong!

Gimana? Masih tetap ragu untuk mengikuti program ini? Harusnya sih sudah tidak lah yah. Saya yakin, orang tua yang menyayangi anaknya pasti tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini.

Setelah mengetahui manfaat dan alasan mengapa harus mengikuti Program Bekal Masa Depan Chil-Go!, tentunya para orang tua penasaran dengan tata cara mengikuti program keren ini dong? Jangan khawatir, caranya gampang banget. Kita diberi dua cara untuk mengikutinya yakni melalui cara online dan cara offline. Tinggal pilih, mau pake cara yang mana?

- Cara Online:

pic source: www.bekalmasadepan.com


- Cara Offline:
  • Beli minimal 6 botol susu Morinaga Chil-Go! di toko-toko terdekat dan kumpulkan struk pembeliannya.
  • Download formulir pendaftaran di www.BekalMasaDepan.com, isi formulirnya dan kirimkan beserta struk pembelian ke PT. Bounche Indonesia, Thamrin Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung, Jakarta 10240
  • Bila struk dan formulirnya sudah dinilai valid oleh tim juri, kamu akan diberi kode unik yang akan dikirimkan via email atau sms.
  • Daftarkan profil kamu di www.BekalMasaDepan.com dan masukkan kode unik yang telah dikirim via email/sms.
  • Pilih satu dari delapan kecerdasan Majemuk dan buat judul semenarik mungkin.
  • Ceritakan ide, masukkan data pendukung seperti foto dan video.
  • Review dan submit ide.
  • Bagikan ide tersebut lewat media sosial yang dimiliki


pic source: www.bekalmasadepan.com

Masih kurang jelas? Bolehlah nonton video di bawah ini J J


Atau silahkan berkunjung langsung ke alamat sosmed Morinaga Chil-Go! di bawah ini untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.

Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Instagram: @MorinagaPlatinum

47 comments:

  1. Dana pendidikan tuh emang horor banget ya mbak kalo dipikirin. Jaman sekarang aja biaya kuliah mahal banget apalagi jaman anak-anak kita kuliah nanti yaaaa. Huhuhuu. Makasi sharingnya ya mak Iraaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Dian, karena itulah penting banget bagi kita untuk mempersiapkan dana pendidikan sejak dini

      Delete
  2. Ohh Kak, dana pendidikan hiikss, bikin lemas. Tp jadi salah satu doppingnya ortu buat semangat utk siapkan yg terbaik utk anaknya, ndk boleh malas2an yes. Klo moody datang, harus jadi ingat klo dana pendidikan itu mahal, Cyiiiin.. huhuhuh.

    Haiii Pilot kecilnya Mama Ira, sukaaaa deh lihat ekspresinya ituuu. Jadi apapun Wahyu nantinya, moga jadi orang berguna buat semua yah, Sayang :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skali say, mahalnya biaya pendidikan bisa jadi pelecut semangat orang tua dalam mencari nafkah untuk membiayai pendidikan anak-anaknya di masa yang akan datang :)

      Delete
  3. Pas habis lahiran anak pertama dulu langsung kepikiran dana pendidikannya terutama yang buat kuliah. Jadi sejak anak bayi sudah mulai invest buat dana pendidikannya biar ntr insyaa Allah nggak gelagapan cari dana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, kalo dana pendidikannya udah disiapin sejak dini Insyaallah orang tua gak bakalan gelagapan saat tiba masanya anak sekolah :)

      Delete
  4. Harus ikutan ini.. Siapa tahu kan rejeki anak soleh. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba harus ikut, kali ajah rejeki anak sholeh dan ibu sholehah :)

      Delete
  5. Wah pilot ya? Semoga tercapai cita2nya nak wahyu

    ReplyDelete
  6. Meski aku dah ikutin anak2 asuransi pendidikan, tapi masih ttp nombok sepertinya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya udah ada simpanan Mba Sulis, kalopun masih kurang pasti kekurangannya udah gak banyak lagi :)

      Delete
  7. aku kmren nyobak kalkulator financialnya mbk ira, begitu hasilnya keluar,jebret, aku langsung kaget, hahaha...
    jd makin semangat ikut bmd lg, kali aja rejeki,amin
    tengkiu sharenya ya mbk ira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah Mba Inda, hasil dari kalkulatornya memang bikin mata terbelalak, hehehe :D

      semoga kita menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan hadiahnya yah Mba, amin..

      Delete
  8. Sama nih mba, saya juga nabung buat dana pendidikan anak2 kelak T_T.. lebih horor dr dana naik haji ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyiapkan pendidikan anak sejak dini memang langkah terbaik untuk mewujudkan impian mereka Mba :)

      Delete
  9. Dana pendidikan memang harus di prepare sejak awal..utk persiapan masa depan sang anak meraih cita & impiannya

    ReplyDelete
  10. Asuransi pendidikan memang sangat penting ya mbak Ira. Pada saat anak kita kuliah nanti biaya pendidikan pasti akan sangat mahal berlipat-lipat dibanding saat ini. Agak mengerikan tapi tetap harus dihadapi demi cita-cita dan masa depan anak.

    Syukurlah Morinaga Chi-Go! memberikan solusi tentang dana pendidikan buat anak kita, semoga dengan program ini banyak masyarakat yang terbantu, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin..
      saya jadi ingat biaya kuliah saya lebih dari sepuluh tahun yang lalu Mba, jauh banget bedanya sama biaya kuliah di zaman sekarang. Hal yang sama pasti berlaku juga di zaman kuliah anak-anak kita di masa mendatang..

      Delete
  11. Wah,
    Wahyu pengen jadi pilot! Semoga tercapai citan-citanya yah nak :))
    Fathir juga dulu sempet pengen jadi pilot, tapi ganti-ganti terus dia mah cita2nya hahaha...

    Mudah2an kita sama2 beruntung ikutan program Bekal Masa Depan Chil-Go ini yah mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih tante Erry :)
      anak kecil memang masih suka berubah cita-citanya yah Teh, tapi apapun cita-cita mereka semoga kelak akan tercapai :)

      yuk berdoa bersama Teh, semoga kita adalah orang-orang beruntung yang bisa mendapatkan hadiah keren dari programm BMD ini :)

      Delete
  12. Wah lengkap kap kap banget mba penjabarannya :D

    ReplyDelete
  13. Hadiah nya manja banget sampai 3 milliar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas Toro, hadiahnya manjaaaa banget :)

      Delete
  14. kita memang tdk akan tau apa yg terjadi besok ya mba, utk itu kita sebagai org tua harus menyiapkan dana pendidikan utk anak2 kita, supaya cita2nya bisa terkabul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Santi, umur manusia gak ada yang tahu, jadi akan lebih baik bila kita menyiapkan tabungan pendidikan anak-anak kita sejak dini :)

      Delete
  15. saya jadi deg degan mb ira, ngitung biaya pendidikan beberapa belas tahun lagi, aw aw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pastinya berkali lipat lebih mahal yah Mba Nita :)

      Delete
  16. demi apa, butuh biaya stngh M , hah tarik nafas

    ReplyDelete
  17. Mudaha-mudahan bisa menang program BMD Chil-Go ya mba..pasti terbantu sekali

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. terimakasih Mba Ida, ucapan yang sama buat Mba Ida :)

      Delete
  19. Dana pendidikan makin mahal ya mbak, aku juga udah mulai sedikit demi sedikit menabung untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Ev, semakin mahal. PR banget nih buat kita untuk menabung biaya pendidikan anak-anak kita di masa depan :)

      Delete
  20. Saya nih yang belum siap soal dana pendidikan anak. Hiks!
    Sukses yaa Mbak Ira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih Mba :)

      yuk disiapkan mulai saat ini Mba Diah, tak ada kata terlambat untuk kebaikan anak-anak kita :)


      Delete
  21. rasanya ketar ketir kalau lihat biaya pendidikan zaman sekarang yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita bisa memberikan pendidikan terbaik buat anak-anak kita yah Mba, amin..

      Delete
  22. Okeh juga nih mbak boleh lah nanti saya coba juga buat tetangga saya untuk mencobanya.

    ReplyDelete
  23. Bener mba, pendidikan itu harus punya pos tabungan sendiri biar anak bisa mencapai cita2nya. Soalnya ga enak banget rasanya kalau sampai putus sekolah karena kekurangan biaya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabungan pendidikan harus dimasukkan dalam pos utama seperti halnya biaya listrik dan air yah Mba :)
      semoga anak-anak kita tidak mengalami putus sekolah karena kekurangan biaya, amin..

      Delete
  24. itu untuk tahun 2016 yaa? apalagi tahun 2025 ? ^o^

    ReplyDelete
  25. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..