HAMIL SETELAH 1 TAHUN MELEPAS KB IMPLAN 3 TAHUN

by - April 17, 2019

Sebenarnya, bila mengikuti kehendak hati, sejak melepas KB implan 3 tahun di pemakaian pertama (fyi, saya memakai KB implan 3 tahun sebanyak 2 kali), saya sudah pengen banget hamil, namun karena suami belum mau dengan alasan Wahyu masih kecil dan kelak si adik bayi gak ada yang jaga saat kami ke kantor, akhirnya kami putuskan untuk menundanya 3 tahun lagi alias saya harus memakai KB implan 3 tahun untuk kedua kalinya.


Waktu terus berlalu. Namun belum sampai 3 tahun pemakaian KB implan periode kedua, saya dan suami merasa sepertinya sudah saatnya kami punya anak lagi. Rasanya gak ada alasan lagi bagi kami untuk menundanya. Selain usia kami yang semakin tua dewasa, Wahyu juga sudah pengen banget punya adik. Setelah memikirkan baik buruknya, akhirnya kami sepakat untuk melepas KB implan yang saya pakai.

Bagaimana rasanya melepas KB yang sudah bertahun-tahun menemani? LEGA, kata itulah yang paling tepat mewakili perasaan saya. Dan perasaan kedua adalah gak sabar pengen secepatnya hamil lagi, hahaha. Dalam pikiran saya (sesuai info yang saya baca dari banyak situs di internet), gak lama setelah lepas KB saya bakalan langsung hamil. Tapi ternyata dugaan saya salah, Marimar. Hamil lagi setelah lepas KB itu gak secepat yang saya sangka, apalagi untuk orang seperti saya yang selama hampir 6 tahun memakai KB (2 kali KB implan 3 tahun & 2 kali pakai KB suntik 3 bulan).

Baca Juga: Pengalaman Memakai KB Implan 3 Tahun

Setelah lepas KB, hampir setiap bulan saya selalu melakukan tes bila telat haid, namun hasilnya selalu negatif. Saking gak pengen telat melakukan tes, saya sampe nyetok testpack di rumah. Jadi telat haid sehari saja langsung tes. Tapi lagi-lagi hasilnya mengecewakan 😪.

Bulan terus berganti dan saya belum hamil juga. Lalu salah satu teman arisan saya mengajukan sebuah pertanyaan yang membuat saya ragu. Pertanyaannya adalah "Ra, kamu pakai jenis KB implan yang 1 batang atau yang 2 batang?" Nah loh. Saya langsung bingung mendengar pertanyaannya. Memangnya KB implan itu ada juga yang 2 batang yaa? Setahu saya hanya ada yang 1 batang deh, namun ia menjelaskan bahwa KB impan itu ada yang 1 batang dan ada yang 2 batang. Ia tahu karena ia baru saja memakai KB implan yang 2 batang.

Mendengar penjelasannya membuat saya ragu dan bertanya-tanya. Jangan-jangan penyebab saya tak kunjung hamil karena masih ada 1 batang yang tertinggal di lengan saya? Karena jujur saja, saya juga gak tahu memakai jenis KB implan yang 1 batang atau yang 2 batang. Saat pemasangan KB dua tahun sebelumnya, semuanya saya pasrahkan pada ibu bidan. Saya hanya menadahkan lengan dan membiarkan ibu bidan "mengobok-oboknya" dan menyelesaikan semua urusan yang berhubungan dengan KB implan 3 tahun ini.

Pantas saja bidan yang melepas KB implan saya bertanya benarkah saat pemasangan dulu hanya 1 batang saja yang terpasang? Karena saat membedah lengan saya, bidan hanya mendapati 1 batang saja. Dengan bingung saya anggukkan kepala karena yang saya rasakan memang hanya 1 batang sih. Fyi, bidan yang melepas KB implan ini berbeda dengan bidan yang memasangnya. Sempat kepikiran juga, apakah yang 1 batangnya itu bergeser yaa? Seluruh lengan udah diperiksa oleh ibu bidan tapi yang 1 batang itu gak ditemukan. Lagipula gak ada alasan batang KBnya bergeser karena selama memakai KB, lengan saya gak pernah melakukan aktivitas ekstrim yang sekiranya bisa membuat batang KBnya bergeser.

Sebenarnya ada cara paling gampang untuk mengetahui apakah saya memakai KB implan yang satu batang atau dua batang yaitu bertanya pada ibu bidan yang memasang KBnya tapi saya malu untuk melakukannya, huhuhu. Akhirnya keraguan itu saya pendam sendiri. Demi mendapat jawaban memuaskan, mulailah saya mencari info di internet tentang jenis KB implan 3 tahun ini (sembari mengingat-ingat kemasan KB implan yang dulu saya pakai).

Ternyata benar kata teman saya, KB implan 3 tahun ini memang terdiri dari 2 macam, yakni yang 1 batang dan yang 2 batang. Setelah tahu, saya malah semakin bimbang (lebih tepatnya nyaris percaya) bahwa terlambatnya kehamilan kedua ini karena masih ada 1 batang KB implan yang tertinggal di tubuh saya (walau kenyataannya di lengan saya sudah gak ada lagi).

Walau begitu, saya dan suami tetap berusaha dan gak lelah berdoa meminta kepadaNya agar kami segera dipercaya memiliki anak kedua. Namun setelah beberapa bulan berlalu dan saya belum hamil juga, hati saya mulai pasrah, dalam artian kalo telat haid udah gak terlalu berharap hamil lagi. Saya mulai santai dan gak ngoyo lagi, dikasih alhamdulillah, gak dikasih berarti belum waktunya kami mendapatkan rezeki itu. Satu yang pasti kami tetap berusaha dan gak lelah berdoa.

Waktu terus berjalan. Dan bulan Agustus tahun lalu adalah akhir alias expired date dari KB implan yang saya pakai (saya pasang KB implan periode dua pada bulan Agustus 2015). Dan entah mengapa, sejak bulan itu saya mulai berharap kembali, usaha pun semakin digiatkan lagi, doa juga semakin dikencangkan. Hasilnya, pada bulan September saya telat haid lagi, namun saat melakukan tes, lagi-lagi hasilnya negatif. Kecewa? Jujur iya, tapi sedikit ☺️

Bulan Oktober tiba. Fyi, bulan Oktober adalah bulan kelahiran saya. Salah satu doa yang paling kencang saya langitkan di ulang tahun saya yang ke-33 kemarin adalah ingin hamil lagi. Dan mendekati akhir bulan, haid saya gak kunjung datang, padahal seharusnya pertengahan Oktober saya sudah haid. Lalu pada tanggal 22 Oktober saat jam istirahat tiba, saya putuskan pulang ke rumah dan iseng-iseng melakukan tes dengan sisa testpack yang ada. Dan betapa kagetnya saya saat melihat hasilnya. Ya, tanpa saya duga, muncul dua garis di testpack itu 🤩.



Tubuh saya gemetar saking gak percayanya. Saya pandangi testpack itu dengan penuh kekaguman 😍. Segera saya foto dan kirim ke suami. Suami gak kalah bahagianya. Sorenya ia segera datang ke Baubau menemui saya. Allah mengabulkan doa kami di waktu yang tepat. Alhamdulillah 😇.

Malam harinya, sebelum tidur tiba-tiba saya menyadari sesuatu kalau ternyata saya melepaskan KB implan pada bulan Oktober juga. Ya, saya ingat, pada tanggal 30 Oktober 2017, saya dan suami datang ke rumah ibu bidan untuk meminta dilepaskan KB implannya. Jadi bila dihitung-hitung, kehamilan ini terjadi hampir setahun setelah saya melepas KB implan yang saya pakai.

Sampai sekarang saya gak tahu apakah KB implan yang saya pakai itu yang satu batang atau yang dua batang. Saya belum sempat bertanya pada ibu bidan yang memasang KB itu, tapi saya sih yakin KB implan yang saya pakai itu yang 1 batang, perkara kehamilan saya terjadi setelah masa expired itu urusan lain karena saya percaya Allah maha tahu waktu yang tepat untuk hambaNya.

Doakan semoga kehamilan saya berjalan lancar yaa, saya dan bayi yang saya kandung sehat jasmani dan rohani. Dan semoga persalinan saya di bulan Juni nanti berjalan lancar, amiiin 😇

You May Also Like

32 komentar

  1. Wah Alhamdulillah ya Mbak. Doanya terkabulkan. Ikut senang deh hehe

    BalasHapus
  2. Wah akhirnya bisa hamil lagi ya Bun. Wah tepat sekali selepas ulang tahun ya

    BalasHapus
  3. Semoga calon dedek bayi dan Bundanya sehat terus ya aamiin

    BalasHapus
  4. Wah seneng banget tuh ya Bun. Setelah mengetahui hasilnya :)

    BalasHapus
  5. Semoga sehat selalu ya sampai melahirkan nanti aamiin :)

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ikut seneng mba bacanya, semoga hamilnya menyenangkan dan nyaman sampai lahiran nanti, aamiin 💕

    BalasHapus
  7. Selamat ya, Mbak. Semoga semuatnya berjalan lancar dan mbak serta Ananda selalu dikaruniai kesehatan.

    BalasHapus
  8. Adoohhh mama cantikk, ngiluuunyaaa bacanya hahahaha

    Saya belum pernah kenal dunia per KB an nih selain kondom hahaha

    Ogah banget rasanya memasukan benda asing ke dalam tubuh.
    Jadinya maksa pak suami yang KB, kecuali dia mau punya anak lagi sih, dan siapin nanny wakakakakak

    Betewe, meski gak KB, saya juga menunggu lama banget sampai dikasih anak kedua, apapun itu, takdir Allah memang the best buat kita, insha Allah :)

    BalasHapus
  9. Selamat mba.. setelah penantian 1 tahun ya baru dapat amanah lagi.. mengenakan KB dan lepas memang dilema hehe.. aku KB suntik yang 3 bulan, sudah ngga suntik lagi sejak tanggal seharusnya suntik.. hampir 3 bulan belum haid nih mba.. pernah test hasilnya masih negatif sih mba.. mungkin harus stock test pack lebih banyak nih dirumah

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah selamat ya Mbak, atas kehamilannya, sehat sehat selalu. Saya malah tidak begitu paham degnan KB.

    BalasHapus
  11. Daripada ragu ragu mendingan nanya aja Bunda sama bidannya yang dahulu menangani bunda.

    Jangan putus berdoa Bunda, Mpo doakan biar dapat momongan lagi

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya mba... Semoga Bunda & Baby sehat selalu hingga saatnya kelahiran lancar dan sehat.. Aamiin..

    BalasHapus
  13. Aamiin, lancar ya hamilnya mba Ira, btw kalau saya sih belum pernah kb (baik batang, pil, atau apa pun) jadi agak ngeri gitu pas baca artikel ini kalau pemasangannya ada acara bedah (hahaha anaknya parnoan) sama ibu bidan

    BalasHapus
  14. MASYAALLAH lepas KB itu keputusan luar biasa juga menurutku huehuehehehe
    selamat ya mbak atas kehamilannya semua doa kebaikan menyertai , aamiin
    aku KB iud belum lepas nih hehehe masih 4 tahun nanti setahun lagi lepas heheh

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah masyaAllah tabarakallah ya mba atas kehamilannya, smoga bumil dan cadebay sehat sehat sampai terlahir kedunia aamiin. Oh ya salam kenal mba, folbek blog aku ya :*

    BalasHapus
  16. Saya udah 2 kali pake KB implan. Yang pertama waktu habis lahiran anak ke-2. Selama 4 tahun. Abis itu kabe suntik dan pil. Nah yang kedua abis lahiran anak ke-4 sampe sekarang. Kenapa pilih implan soalnya aku suka lupa dan malas untuk KB suntik dan pil. Terlalu cepet waktunya. Ini aja kok udah mau udahan aja. Yang pertama dulu 2 batang. Sekarang 1 batang.

    BalasHapus
  17. Wah hadiah ulang tahun yang penuh kejutan nih...selamat ya semoga lancar...:)

    BalasHapus
  18. KB implan itu yang boiasa disebut susuk itu kah mbak? Nah lho, jd berapa tu kabe implannya? catatan bu dokter mestinya ada hihihi
    terus terang saya gak KB apa2 haha, aku takut2 gtu :D
    ALhamdulillah hepi banget pastinya dipercaya lagi sama Allah punya momongan.... :D

    BalasHapus
  19. AKu baru tahu kalau ada 1 & 2 batang gitu mbak. Sebenarnya aku amaish bingung dengan cara kerja KB Implan ini loh :)
    Allhamdulillah walau bingung pakai 1 atau 2 batang sudah hamil ya mbak, sehat dan lancar selalu

    BalasHapus
  20. Mba Ira barokallah aku juga pengen dikaruniai keturunan. Banyak temen yang barengan dan malah udah. allah tahu waktu yang tepat ya Mba bismillah

    BalasHapus
  21. alhamdulillah, senangnyaaaa Mbak Ira yang dinanti telah tiba. Semoga lancar yaa kehamilannya. Ikut puasa kah?

    BalasHapus
  22. aku gak berani pake KB implan huhu jadi selama ini gak pake KB hanya KB alami aja, btw selamat ya Mba Ira untuk kehamilannya... semoga lancar sampai melahirkan

    BalasHapus
  23. Implan ini sakit ga kak Ira?
    Aku kemarin disarankan Ibu-ibu Posyandu untuk KB Implan, karena simple, katanya...

    Tapi, kenyataannya...
    Aku takut.
    Hehehe...

    Ikut berbahagia atas kehamilannya kak Ira..
    Semoga lancar, sehat sampai melahirkan.
    Aamiin.

    BalasHapus
  24. Senang bacanya, Mba.. saya tuh malah sekarang berencana KB tapi belum punya nyali ahahah maunya KB implan atau pil yang aman busui.

    BalasHapus
  25. Pas baca ikutan penasaran nih dan pengin bantuin tanya ke bu bidannya apakah sudah dilepas semua itu kb implannya hehehee..

    Semoga persalinan di bulan Juni nanti berjalan lancar ya mba. Sehat dan selamat semuanyaaa... aamiin.

    BalasHapus
  26. Jadi catatan juga ya mba.. aku ngga pernah pakai yang jenis ini soalnya, hanya IUD aja

    BalasHapus
  27. Semoga lancar dan sehat selalu ya mbk

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah doanya terkabul ya, Mbak. Saya ikutan deg-degan waktu baca masalah KB, trus ikut bahagia gitu pas baca strip 2 di test pack. Semoga kehamilannya lancar ya sampai hari lahiran. Ibu dan bayi sehat-sehat

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah sudah terjawab doa-doanya ya mba, semoga lancar dan sehat-sehat terus sampai persalinan nanti :)

    BalasHapus
  30. Ayooo Kak, coba saja tanya ke Bu Bidannya perihal implannya itu. Saya jadi ikut penasaran deh, heheh.
    Lancar dan sehat2 ya Kak, semoga semuanya baik2 saja. Selamat Ibu dan Bayi hingga lahirannya. Baby sempurna, Aamiin 😘😘

    BalasHapus
  31. Aamiin... Aamiin... Aamiin... Semoga ibu dan bayinya selalu sehat ya kak, ikut seneng dengernya

    BalasHapus
  32. Aamiin. Semoga Allah memudahkan proses kehamilan dan sampai tiba saatnya para masa persalinan.
    Barokallah, Mbak bisa hamil lagi, itu anugerah dari Allah SWT sekaligus amanah. Saya juga pengen hamil lagi namun belum diizinkan Allah dari segi rezeki dan terpaksa masih KB pil setelah 5 tahun IUD usai persalinan cara Caesar. Artinya sudah 9 tahun lebih saya terpaksa KB.
    Semoga Allah kelak mengizinkan saya untuk hamil dan bersalin secara selamat jasmani dan rohani pula. Aamiin.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉