TIPS SIAPKAN DANA HAJI DENGAN REKSADANA PASAR UANG

April 14, 2023

Reksadana Pasar Uang


Setiap umat muslim pasti ingin menunaikan ibadah haji ke tanah suci untuk mendekatkan diri ke Allah SWT. Namun, untuk menunaikannya dibutuhkan dana yang cukup besar, sehingga Anda harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Investasi Reksadana Pasar Uang (RDPU) menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkannya.

Ada banyak keuntungan berinvestasi di RDPU, salah satunya menawarkan peluang keuntungan yang relatif stabil. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena jenis Reksadana ini termasuk investasi yang rendah risiko. 

Kelebihan Reksadana Pasar Uang untuk Mempersiapkan Dana Haji

Sebagian orang banyak yang masih bingung kenapa harus memilih RDPU untuk mempersiapkan dana haji. Alasan utamanya karena jenis Reksadana ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  1. Rendah Risiko

Apa itu Reksadana Pasar Uang? Yaitu jenis Reksadana yang menginvestasikan dana ke dalam instrumen pasar uang untuk memperoleh keuntungan. Anda tidak perlu ragu berinvestasi di RDPU karena tingkat risiko terbilang rendah.

Sehingga siapa pun dapat berinvestasi dengan aman, baik itu investor profesional maupun investor pemula sekalipun. Mengapa risikonya rendah? Karena dana investor dikelola melalui instrumen pasar uang berupa surat utang jangka pendek dan deposito, sehingga nilai keuntungannya tergolong stabil. 

  1. Peluang Keuntungannya Relatif Tinggi

Walaupun rendah risiko, investasi ini menawarkan peluang keuntungan yang relatif lebih tinggi dari Deposito. Sehingga potensi keuntungannya bisa mempercepat Anda dalam mengumpulkan dana haji. 

  1. Bebas Biaya Pajak

Anda tidak perlu khawatir terbebani biaya pajak karena pemerintah tidak membebankan pajak pada investasi Reksadana. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh akan lebih maksimal, sehingga dana haji yang Anda targetkan bisa terkumpul lebih cepat. 

  1. Fleksibel

Reksadana Pasar Uang juga menawarkan jangka waktu investasi yang fleksibel. Sehingga memungkinkan investor menarik dana investasinya kapan saja tanpa ada biaya penalti seperti pada Deposito. 

  1. Mudah Dicairkan

Selain fleksibel, Reksadana juga termasuk investasi yang mudah dicairkan. Karena investor tidak perlu menunggu lama untuk menarik dana investasinya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan darurat yang tidak terduga.

Tips Mempersiapkan Dana Haji Melalui Investasi Reksadana

Reksadana Pasar Uang


Apakah Anda mengumpulkan dana haji dalam bentuk tabungan? Jika, iya sebaiknya pertimbangkan RDPU sebagai wadah untuk mempersiapkannya. Berikut ini ada beberapa tips mempersiapkan dana haji melalui investasi RDPU. 
  1. Hitung Perkiraan Dana yang Dibutuhkan

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menghitung perkiraan dana yang diperlukan untuk berangkat haji. Untuk biaya jamaah haji reguler tahun 2023 Pemerintah dan Komisi VIII DPR RI menetapkan sebesar Rp 90.050.637. Sementara untuk biaya haji khusus mulai dari US$12.500 sampai US$35.000 (sekitar Rp192,1 juta sampai Rp538 juta).

  1. Tanamkan Komitmen

Komitmen menjadi hal utama yang harus Anda miliki ketika mempersiapkan dana haji. Tanpa komitmen yang kuat, dana tersebut tidak akan terkumpul sesuai target yang direncanakan. Agar dana haji cepat terkumpul sebaiknya investasikan tabungan Anda ke RDPU untuk memperoleh tambahan nilai. 

  1. Pilih Strategi Investasi yang Tepat

Sebelum memilih strategi investasi sebaiknya pikirkan dulu kapan Anda akan berangkat haji. Jika, dalam waktu dekat (tahun ini atau tahun depan) sebaiknya pilih investasi jangka pendek dengan menyetorkan dana dalam jumlah besar sekaligus, agar nilai keuntungan yang diperoleh semakin besar.

Sementara untuk Anda yang tidak ingin buru-buru pergi haji, sebaiknya investasikan dana Anda secara bertahap dan konsisten. Semakin lama jangka waktu investasi yang Anda pilih, maka semakin besar pula peluang keuntungan yang didapat. 

  1. Pilih Produk yang Tepat

Agar mendapat keuntungan yang maksimal sebaiknya jangan asal memilih produk Reksadana. Anda harus melakukan pengecekan untuk menghindari risiko-risiko yang tidak terduga. Jangan lupa lakukan analisa pada beberapa produk RDPU untuk mengetahui mana yang memiliki kinerja terbaik. 

Persiapkan Dana Haji Anda Bersama DBS Treasures

DBS Treasures merupakan mitra manajemen kekayaan yang akan mendukung Nasabah dalam mewujudkan rencana-rencana finansial di masa depan. Bersama dengan DBS Treasures Nasabah akan lebih yakin dalam mengambil keputusan investasi yang akurat di saat yang tepat. 

Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan dana haji dengan langkah yang tepat. Apa saja keuntungan bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas? Berikut keuntungan yang akan Anda peroleh:

  • Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

DBS Treasures bekerja sama dengan Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman dalam mengelola dana investor. Mereka akan mengoptimalkan kinerja Reksadana untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

  • Dapatkan Wawasan dan Informasi Seputar Investasi

Anda akan mendapat wawasan dan informasi dari tim ahli finansial yang andal untuk menentukan langkah investasi yang tepat. Tim ahli akan mengomunikasikan hasil analisa pasar dan peluang terkini untuk mendukung Anda dalam menentukan keputusan investasi yang akurat di waktu yang tepat. 

  • Diversifikasi Investasi untuk Meminimalkan Risiko

Anda dapat lebih mudah meminimalisir risiko dengan melakukan diversifikasi investasi. Karena tersedia beberapa jenis aset investasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan tujuan investasi Anda.

  • Memberikan Kemudahan

Tidak perlu khawatir dengan proses yang rumit karena berbagai transaksi investasi bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari jual-beli Reksadana, switching investasi bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification) dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi tersebut. 

Bersama DBS Treasures Anda akan didukung analisis pasar terakurasi dari tim ahli finansial berpengalaman. Anda akan memperoleh informasi mengenai peluang terkini yang telah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio masing-masing Nasabah yang dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut sudah dilengkapi dengan solusi yang terakurasi dengan investasi (Grow) dan asuransi (Protect). Dengan demikian, Anda akan lebih cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi. 

Tunggu apalagi segera persiapkan dana haji Anda melalui investasi Reksadana Pasar Uang sekarang juga! Dapatkan kemudahan dalam mengambil langkah investasi dengan bergabung bersama DBS Treasures. 

Informasi selengkapnya mengenai investasi jenis Reksadana terdapat pada tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham.  


You Might Also Like

3 Komentar

  1. Haji menjadi ibadah yang sangat sakral bagi umat muslim, menjadi penyempurna iman. Sayangnya untuk berangkat ke tanah suci ini budget-nya yang sulit, butuh mengumpulkannya bertahun-tahun. Wah ada reksadana memudahkan banget, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Wah bisa ya merencanakan biaya haji dengan cara investasi di Reksadana. Semoga banyak yang terbantu dengan membaca skemanya di artikel ini. Makasih mbak ira

    BalasHapus
  3. Saya asli masih oon soal investasi begini, Mba. Kalau baca tulisan mba ira. Kayaknya reksadana ini mirip dengan saham ya?

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`