KAIN TENUN TERMAHAL DI INDONESIA DAN TERKENAL DI LUAR NEGERI

Desember 09, 2023



Indonesia memang memiliki keragaman budaya yang sangat banyak. Ini terlihat dari macam kain tradisional khas daerahnya yang tidak terhitung jumlahnya. Di mata dunia, Indonesia adalah penghasil kain tenun terindah dengan pamor yang tinggi di luar negeri. Selain indah, nyatanya kain tenun ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, ditandai dengan harganya yang sangat mahal.

Ekonomi daerah penghasil kain tenun pun mengalami peningkatan karena kain tenun yang dihasilkan bernilai ekonomi tinggi. Ingin memiliki kain tenun termahal juga, tapi tidak memiliki dana yang cukup? Sabar, kamu bisa kumpulkan dana dulu, manfaatkan digital banking untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Lantas apa saja jenis kain yang mahal itu? Simak ulasannya sampai habis.
Inilah 10 Jenis Kain Tenun Termahal di Indonesia dan Terkenal di Luar Negeri

Setiap daerah di Indonesia memiliki kain tradisional yang dibuat dengan menggunakan teknik tenun tradisional. Kain tenun Indonesia memiliki keistimewaan karena teknik yang digunakan sangat mengagumkan. Masing-masing kain tenun yang dihasilkan pun memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah daftar kain tenun termahal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia:

1. Tenun Buton

Kain tenun Buton adalah kain tenun khas Sulawesi Tenggara. Tenun Buton memiliki warna-warna terang dengan corak yang mirip dengan batik. Motifnya sangat unik dan memiliki ciri khas kedaerahan yang kental, biasanya motif kain buton terinspirasi dari kejadian yang ada di sana. Harga selembar kain buton dengan ukuran 60x40 m, berkisar antara Rp600 ribu-RP700 ribu.

2. Songket Palembang

Kain ini memang dikenal sebagai kain berharga yang mahal dan sudah memiliki pamor di mancanegara. Harga kain yang memiliki motif sangat cantik ini cukup mahal, yaitu berkisar antara Rp 1,8 juta- Rp50 juta. Untuk kain songket Palembang yang lebih tua bahkan bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

3. Tenun Ikat NTT

Kain tenun asal NTT memiliki motif yangs angat cantik, dibuat oleh berbagai etnis yang ada di NTT, sehingga memiliki beragam motif dan warna-warna indah. Permintaan kain tenun ikat paling tinggi adalah dari negara Jepang. Harga kain tradisional khas NTT ini dibanderol sekitar Rp10 juta.

4. Tenun Dayak

Permintaan kain tenun dayak paling tinggi adalah dari negara tetangga kita yaitu Malaysia. Banyak warga negara Malaysia yang menyeberang perbatasan hanya untuk mendapatkan tenun Sintang asli. Harga kain tenun dayak SIntang dengan kualitas bagus mencapai Rp 2 juta.

5. Ulos Batak

Kain ulos dari Batak adalah salah satu kain khas daerah yang memiliki permintaan stabil dan tetap terjaga hingga saat ini. Hal ini karena kain ulos masih digunakan dalam acara-acara adat orang Batak di Sumatera Utara. Selain permintaan dalam negeri yang tinggi, permintaan ulos batak lainnya datang dari US dan Eropa. Harga selembar kain ulos batak mencapai Rp2 juta.

6. Tenun Goyor

Kain tenun goyor sangat diminati oleh negara-negara di Timur Tengah. Kain ini diproduksi di daerah Boyolali Jawa Tengah dan pemasarannya memang ke negara-negara Arab Saudi dan Timur Tengah. Harga selembar kain ini berkisar antara Rp800 ribu - Rp1 juta.

7. Tenun Troso

Kain tenun Troso adalah kain tenun khas Jepara dengan cara pembuatan yang lumayan rumit. Motif kain tenun Troso bernuansa etnik, tradisional, klasik dan unik. Harga kain tenun Troso lumayan murah hanya ratusan ribu saja per lembarnya.

8. Tenun Grising

Kain ini merupakan kain khas Bali khususnya desa Tenganan yang sudah berusia ratusan tahun dan selalu digunakan dalam upacara khusus, seperti acara keagamaan. Setiap motif Gringsing memiliki makna tersendiri. Harga kain tenun Grising berkisar Rp2,5 juta per lembarnya.

9. Tenun Toraja

Kain ini merupakan simbol keterikatan antara manusia dan alam. Sebagai salah satu warisan leluhur, tenun Toraja terus dijaga kelestariannya. Motifnya merupakan gambaran kehidupan masyarakat. Harga kain ini berkisar sekitar Rp1,7 juta per lembar.

10. Tenun Pandai Sikek

Kerajinan tenun di Minangkabau sudah dikenal sejak lama, dibuat dengan cara yang masih tradisional, Permintaan kain ini stabil, karena masih sering digunakan untuk acara-acara adat di tanah Minang. Harga kain pandai Sikek bisa mencapai Rp3 juta per lembar.

Investasi untuk Memenuhi Gaya Fashion melalui digital banking Pasti Aman



Kain tenun Indonesia memang sangat beragam, semua motifnya pun unik karena berbeda-beda untuk setiap daerah. Keunikan inilah yang membuat harga kain tenun Indonesia cenderung mahal karena dinilai eksklusif. Kain tenun nusantara pun mendapat tempat tersendiri di fashion dunia, sehingga membuat harganya semakin melambung tinggi.

Bagi kamu yang tertarik memiliki kain tenun untuk memenuhi gaya fashion, akan lebih baik jika mengumpulkan dana dari sekarang. Menggunakan digital banking bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merencanakan keuangan. Segeralah daftar digital banking di digibank by DBS secara online dan dapatkan semua kemudahannya, seperti berbagai kemudahan di bawah ini:

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu gak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out. Gratis transfer tanpa kuota, menguntungkan dalam pembelian kain terbaik.
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun gak perlu nunda rencananya masa depan. Ini Cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah nabung bunga tinggi di 20 dompet, kumpulkan dana untuk membeli kain tenun impianmu.
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet karena semua transaksi harianmu dalam 1 aplikasi, mudah bayar apa saja dan kapan pun.

Sangat menarik bukan kemudahan yang ditawarkan oleh digibank by DBS? Banyak fitur layanan lainnya yang bisa kamu rasakan jika memiliki akun digital banking di sana. Untuk informasi lengkap mengenai fitur dan layanan klik saja di sini.

You Might Also Like

6 Komentar

  1. Aku orang Jepara, tapi gak punya Tenun Troso. Belum kepikiran sih mau buat apa. Jadi nanti beli pas udah pengen aja. Soal harga, sebenarnya relatif. Ada yang murah, ada yang agak mahalan. Tergantung motif juga

    BalasHapus
  2. saya punya beberapa kain tenun di atas mba Ira, dulu pas traveling saya beli buat kenang-kenangan, bagus-bagus dan unik gambarnya dan bangga banget sebagai orang Indonesia kita punya banyak jenis kain indah dengan corak yang beranekaragam

    BalasHapus
  3. mantab nih, sarung tenun Buton ternyata masuk daftar kain tenun termahal ya di Indonesia, prosesnya yang masih mempertahankan tradisional dan kebudayaan lokal yang bikin nilainya jadi tinggi gitu dong ya meskipun gak sampai 1 juta bilang dibandingkan dengan tenun lainnya.
    tapi penasaran dengan songket Palembang yang bisa mencapai puluhan juta gitu.

    BalasHapus
  4. Inget dulu pengan banget beli tenun toraja, aku mau ambil yang celana kulotnya eh ternyata hampir 2 juta. Saat itu tahun 2012

    BalasHapus
  5. Macam macam ya kain tenun indonesia itu dan terkenal kuga di luar negeri lho. Pernah lihat ada yangvpakai kain tenun kita di malaysia

    BalasHapus
  6. Wah tenun pandai sikek ada. Ini dari Minang, biasanya untuk pesta adat gitu. Memang mahal, untuk dijadikan kain maupun tas.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`