3/21/2016

TIGA CARA ALAMI MENGHILANGKAN JERAWAT DI WAJAH & PUNGGUNG


foto: www.flickr.com

Apa yang paling ditakuti oleh para wanita? Tanpa ragu saya akan menjawab JERAWAT. Yup, jerawat memang menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa. Kemunculannya selalu membawa keresahan dan kegalauan pada setiap wanita. Satu jerawat saja muncul di wajah, betenya bisa sepanjang hari loh *LOL* hayo ngaku siapa yang seperti itu??

Jujur saja, saya orang yang seperti itu. Saya akan sangat terganggu bila ada satu jerawat muncul di wajah saya. Bukan apa-apa, saya trauma dengan benda kecil berbentuk bulat yang satu ini. Saya pernah menderita jerawat yang sangat parah sekitar kurang lebih dua tahun lamanya yaitu sejak kelas tiga SMP (saat haid pertama) hingga kelas dua SMA. Bagaimana rasanya?? Jangan ditanya karena saya trauma bila mengingatnya. Bagi saya, masa-masa berjerawat yang saya derita lebih dari sepuluh tahun yang lalu adalah masa-masa saya mengalami krisis percaya diri.

Berbagai merek obat jerawat saya coba, mulai dari yang disarankan oleh teman hingga obat jerawat yang muncul di televisi (waktu itu saya tidak berani ke dokter, karena selain saya masih ABG, di daerah tempat tinggal saya juga tidak ada dokter ahli kecantikan *LOL*), namun hasilnya tetap sama; jerawat masih saja betah menghuni wajah saya.


Tapi semuanya berubah ketika saya mencoba mengobatinya secara tradisional. Setelah mencoba bahan-bahan alami, Alhamdulillah jerawat yang dua tahun setia menghuni wajah saya akhirnya menghilang walau tidak lama kemudian jerawatnya malah tumbuh dengan subur di punggung saya.

foto: fiarevenian.com

Dari situ saya jadi tahu, bahwa ternyata jerawat tidak hanya tumbuh di wajah dan leher saja tapi bisa juga tumbuh di punggung kita. Awalnya saya tidak terganggu dan tidak ambil pusing dengan kemunculan jerawat di punggung saya karena saat itu saya masih merasakan kegembiraan akibat hilangnya jerawat di wajah saya. Bagi saya, tidak masalah berjerawat di punggung, toh tidak akan ada yang melihatnya.

Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai merasa terganggu dengan kehadiran jerawat di punggung ini. Lambat laun saya merasakan bahwa memiliki jerawat di wajah dan di punggung itu sama saja. Keduanya memberi rasa tidak nyaman dan sakit apalagi bila jerawatnya besar-besar dan merah.

Karena sudah berpengalaman dengan jerawat di wajah, sayapun memberlakukan pengobatan yang sama terhadap jerawat di punggung saya. Pengobatan alami yang saya pakai untuk jerawat di wajah juga saya pakai juga untuk mengobati jerawat di punggung saya. Berikut tiga cara alami yang saya ketahui dapat menghilangkan jerawat di punggung dan wajah:

  • Kunyit
Kunyit sangat manjur untuk mengobati jerawat. Seperti yang saya ceritakan di atas bahwa saya pernah menderita jerawat yang sangat parah (jerawat tumbuh hampir di seluruh bagian wajah hingga leher saya), obat alami yang saya pakai untuk menyembuhkan jerawat adalah kunyit.

Cara pakainya:
Bersihkan kunyit, kupas kulitnya kemudian parut. Balurkan parutan kuyit itu pada wajah, leher atau punggung yang berjerawat. Awalnya memang terasa perih namun apabila kita rutin melakukannya, jerawat di punggung akan sembuh hanya dalam lima kali pemakaian (jerawat saya sembuh dalam lima kali pemakaian).

CARA ALAMI MENGHILANGKAN JERAWAT
foto: spirit.web.id

Apabila tidak menyukai ampas dari parutan kunyit, parutan kunyitnya bisa diperas untuk kemudian di ambil airnya dan dioleskan pada tempat yang berjerawat.

Pemakaian kunyit secara rutin juga membantu menghaluskan kulit dan menyamarkan noda hitam yang ditinggalkan jerawat. Hanya ada satu hal yang membuat saya tidak nyaman saat memakai kunyit yaitu baunya. Tapi bagi yang menyukai bau kunyit mungkin hal ini tidak menjadi masalah.


  • Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat jeruk nipis di bidang kecantikan adalah bisa dipakai untuk mencerahkan kulit wajah sekaligus menyembuhkan jerawat. Saya sempat memakainya namun tidak saya lanjutkan karena tidak tahan dengan perihnya.

Cara pakainya:
Jeruk nipis dipotong menjadi dua bagian kemudian peras airnya. Air perasannya disimpan ke dalam mangkuk lalu oleskan ke wajah atau punggung yang berjerawat menggunakan kapas. Saat dioles ke tempat yang berjerawat rasanya akan sangat perih namun jika kita telaten dan rutin mengoleskannya, jerawat yang kita derita perlahan-lahan akan sembuh.

CARA ALAMI MENGHILANGKAN JERAWAT
foto: flickr.com

Dalam mengoleskan jeruk nipis ini sebaiknya tidak setiap hari karena rasa perihnya sangat terasa. Lakukan 3 hari sekali atau seminggu dua kali.

  • Bedak dingin
Adakah di sini yang suka memakai bedak dingin? Kalau ada, ayo toss dulu karena kita punya kebiasaan yang sama. Walau dua tahun terakhir ini saya sudah tidak lagi menggunakan bedak dingin, tapi dulu saya sangat suka menggunakannya dan merasakan khasiatnya.

Baik jerawat yang di wajah maupun yang di punggung perlahan-lahan hilang saat saya rutin memakai bedak dingin. Bedak dingin yang saya pakai adalah bedak dingin yang dibuat sendiri oleh mama.

Seingat saya bahan yang digunakan untuk membuat bedak dingin hanya dua macam yaitu beras dan kunyit. Beras yang telah direndam air selama beberapa jam, ditiriskan lalu ditumbuk sampai halus bersama kunyit yang telah dikupas kulitnya.

Setelah ditumbuk sampai halus, tepungnya diayak kemudian diangin-anginkan dan simpan di dalam toples. Saat ingin memakainya, ambillah secukupnya dan beri sedikit air kemudian balurkan ke tempat yang diinginkan terutama yang berjerawat seperti wajah, leher dan punggung.

Itulah tiga cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Satu hal yang harus kita tanamkan di dalam diri kita adalah mencegah lebih baik dari mengobati, karenanya untuk mencegah tumbuhnya jerawat, sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut:
  • Mandi dan cuci muka minimal dua kali sehari
  • Jangan makan makanan yang mengandung banyak lemak
  • Jangan mengulang memakai pakaian yang sama, terlebih jika pakaian tersebut telah terkena keringat.
  • Pilih kosmetik dan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kita
  • Jangan memakai kosmetik yang telah kadaluarsa


Punya cara lain untuk menghilangkan jerawat? Share di kolom komentar yuk 


75 comments:

  1. wah tipsnya berguna banget ini mbak ira :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah bila tips ini berguna Mbak Ninda :)

      Delete
  2. Jeruk nipis bagus skl kalo dicampur madu, kl kunyit blom pernah coba, makasih yah infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu jeruk nipisnya tidak saya campur apa-apa Mbak Islah, jadi setelah airnya diperas langsung saya oleskan pada jerawat dan rasanya itu perih banget.. kalo campur madu gak perih yah Mbak??

      Iya, jerawatku sembuh karena dipakaikan kunyit :)

      Delete
  3. Yang kunyit juga kurang enaknya tuh after effectnya, kulit yang terkena kunyit pasti kuning, makanya saya belum pernah coba, biasanya pakai jeruk nipis+madu saja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit memang jadi kuning Mbak Irly, tapi saat itu saya memakainya saat libur kenaikan kelas, jadi ketika masuk sekolah jerawat hilang dan warna kulit sudah kembali normal :)

      kalo pake jeruk nipis + madu tidak perih kah??

      Delete
  4. Terima kasih infonya mbak Ira, bisa dicoba nih. Anak saya sudah mulai jerawatan soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak Anjar :)
      iya yah, anak Mbak Anjar sudah beranjak remaja, diusia segitu saya dulu berjerawat :(

      Delete
  5. Bawang putih!! Si bau yang perih tapi manjur abis. Ini yang selalu saya pakai dan bikin jerawat sama sekali nggak berbekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kah Mbak?? wahh, kalo nanti punya jerawat (semoga gak yah) bisa dicobain nih :)

      Delete
  6. lidah buaya bisa menghilangkan jerawat

    ReplyDelete
  7. Kalau saya, jerawat di punggung ilangnya pas udah nikah, Mbak. Gak tau juga kenapa begitu. Perasaan juga gak diobati apa2. Hehhe.. Kadang saya juga heran sendiri, kok bisa gitu ya? :D

    ReplyDelete
  8. obat dari bahan-bahan alami yang gak pakai zat kimia

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget Mbak Lidya, yang alami pasti lebih bagus dan aman :)

      Delete
  9. makasih tipsnya, saya nih masih suka aada aja jerawat yg mampir :D

    ReplyDelete
  10. Mba Ira, ini bermanfaat banget tulisannya..Haha..bisa aku rekomendasiin ke adikku nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih Mbak Gena :)
      semoga jerawat adiknya segera sembuh yah, amin..

      Delete
  11. Wah muantappp nih mbak tipsnya, insaalloh langsungn saya terapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga jerawatnya segera sembuh yah :)

      Delete
    2. Tapi saya masih penasaran dengan menggunakan jeruk nipis deh mbak itu reaksinya langsung kerasa atau harus nunggu lumayan lama.

      Delete
  12. Kalau pakai kunyit, wajah ga kuning ya mbak setelahnya? Di tangan aja suka lama hilang kuningnya :D
    Masker wajah sy biasa pakai parutan timun, segaaar. Atau kopi dicairkan dengan jeruk nipis. Suka aroma kopi sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai kunyit memang berbekas sih Mbak, tapi saat itu saya pakainya saat libur sekolah jadi gak apa-apalah berbekas yang penting saat masuk sekolah jerawatnya bisa hilang :)

      Wahh bisa dicoba tuh yang parutan timun. Oh iya, kopinya boleh pake kopi instant kah Mbak??

      Delete
  13. aku pakek jeruk nipis mbk, kadang jg pakek es batu,
    bedak dingin oke jg sih, apalagi bedak dingin yg tradisonal gt, cm susah skrg nyariknya mbk, hiks
    lokasi jerawat paling sering di lobang hidung, bikin menderitoooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. di hidung??? ow ow ow pasti ganggu banget yah Mbak Inda :(

      Delete
  14. Izin nyimak ya mbak? Salam kenal, semoga sehat selalu AMIIIN :)

    ReplyDelete
  15. Wah, bermanfaat nih mba, mukaku sensitif..suka jerawatan..duh..bisa dicoba inih..makasih ya mba.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak, semoga jerawatnya segera sembuh yah, amin..

      Delete
  16. wah kode buat saya nih mbak ira, biar nda nyantap santen n lemak lemakan
    aku banyak jerawat di punggung huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipakein kunyit Mbak Nita, semoga segera sembuh jerawat di punggungnya, amin..

      Delete
  17. baru tau kunyit dapat menghilangkan jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa Mas, saya sudah membuktikannya :)

      Delete
  18. Aku nggak pernah jerawatan. Emang ajaib sih. Tapi anakku jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti mamaku Mbak, mamaku gak jerawatan tapi saya jerawatan. Tapi alhamdulillah sekarang sudah gak jerawatan lagi :)

      Delete
  19. Tips yg cukup bermanfaat. Pada akhirnya yg alamiah justru yg paling manjur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak, selain manjur juga aman dan tanpa efek samping :)

      Delete
  20. Jeruk nipis, udah pernah nyoba mb...lumayan hasilnya. Masker pke putih telur...kayaknya bisa jug mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake putih telur?? sepertinya bisa dicoba :)
      terimakasih Mbak :)

      Delete
  21. Boleh banget nih buat dicoba :D Baru tahu kalo kunyit dan jeruk nipis juga bisa

    ReplyDelete
  22. aku suka pake bedak dingin, merknya saripohaci...tooosss :D

    ReplyDelete
  23. Salah satunya kunyi ya, saya baru tahu kalo yg ini. Makasih banyak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  24. ada lagi mba, hindari stress, minum 2-3liter perhari ama cukup tidur. Soalnya begitu kurang minum, kulit dehidrasi, minyak berproduksi lebih, jadilah komedo dan jerawat. stress dan kurang tidur juga ngaruh ke hormon :)

    ReplyDelete
  25. tips jitu untuk kulit muka yang sering disambangi jerawat kayak saya :D btw warna kunyitnya nempel lama nggak mbak di muka? biasanya kan kalo di tangan suka nempel agak lama, terima kasih :)

    ReplyDelete
  26. Aku dulu jerawatan punggung mba, sebelum menikah. Mungkin hormonnya kli yaah, tapi setelah nikah, ngga ada lagi jerawat :D alhamdulillah

    ReplyDelete
  27. sama kayak uci sebelum nikah jg saya byk jerawat di wajah dan di punggung tapi setelah nikah hilang sendiri. Mungkin karena udah nikah udah jarang galau hihihi. boleh dicoba nih kalau si jerawat nongol dipraktekin :D

    ReplyDelete
  28. saya dulu tukang mencetin jerawat, sampe bopeng muka saya :(

    ReplyDelete
  29. Sy juga suka pake jeruk nipis Mbak, tapi buat ngilangin komedo. Cuma kurang telaten, jadinya ga rutin. Malem kalo capek lgsg bablas tidur hahaha

    ReplyDelete
  30. Saya suka pake bedak dingin aja mbak, soalnya ga repot hehe.. Tapi jeruk nipis emang ampuh banget.. Makasih mbak share nya

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah wajah saya jaraaang sekali disinggahi jerawat. Tapi sekalinya muncul, bekasnya bisa berl=bulan2 baru hilang Nah, sekarang saya ada problem kulit, bisul di perut Hiks.
    *eh malah curhat yah wkwkwk*

    ReplyDelete
  32. sya biasa pakek bedak dingin mbak, ada perubahan, makasih mbak

    ReplyDelete
  33. Dengan mengurangkan makanan karbohidrat ditapis, seperti coklat, seseorang itu boleh mengurangkan jerawat pada badan mereka.

    ReplyDelete
  34. Pakai lemon or jeruk nipis, walau perih tapi memang lumayan sih buat ngempesin jerawat.. Bedak dingin boleh juga, apalagi dipakai di punggung.. Dinggiinnn

    ReplyDelete
  35. Tips kayak gini biasanya yg nyari anak remaja yg punya banyak jerawat

    ReplyDelete
  36. Tipsnya keren, sangat berguna dan juga bermanfaat, makasih ya mbak tipsnya !

    ReplyDelete
  37. kata orang; wajah tanpa jerawat bagai langit tanpa bintang.. (canda) hehe :D :D

    #Alhamdulillah wajah sedikit sekali jerawatnya (mungkin hanya untuk penghias saja, biar gimana gitu) :D :D . cuma yang agak banyak di punggung Mbak Irawati hamid. Apalagi kalau cuaca panas, terkadang terasa celekit2 (gatel). selama ini cukup dibiarkan saja sih, paling kalau gatel di taburin bedak, itupun gak telaten.

    kyknya tips di atas perlu dicoba satu-persatu Mbak, btw terima kasih tipsnya... salam kenal geh? ^_^


    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah Mbak Ira, sampai sekarang saya ngga pernah jerawatan...hihi. Pada heran kenapa kulit muka ngga pernah jerawatan. Tipsnya tapi sangat membantu banget untuk yang mukanya bermasalah. Ada beberapa teman juga begitu Mbak, sampai pusing dengan biang keladi yang satu ini...

    ReplyDelete
  39. Tipsnya boleh banget neh mba. Kebetulan sering ada jerawat di punggung

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah, kalau di wajah saya tidak ada. Tapi, kalau di punggung, ada beberapa. Perlu saya coba nih tipnya... *matur nuwun :)

    ReplyDelete
  41. Kok banyak yang jerawatan di punggung ya? Aku nggak ada alhamdulillah tapinya kalau di wajah tuh, ada.

    ReplyDelete
  42. Emang paling nyebelin ya jerawat yang timbul di punggung apalagi jerawatnya berbekas hitam-hitam dan susah buat balik mulus :(

    ReplyDelete
  43. aku suka pakai irisan lobak putih, rasanya pedes panas tapi jerawat jd kempes.. jerawat mmg sering tumbuh di wajah dan punggung ya

    ReplyDelete
  44. jrawat yg bikin kesel tuh klo tumbuh di ujung hidung apalagi klo gede.. jadi kayak p-man.. :D
    thanks tipsnya

    ReplyDelete
  45. Nah iya tuh, terkadang kita suka ngobatin. tapi lupa apa penyebab dari jerawat itu sendiri

    ReplyDelete
  46. Bener banget mbak.
    Cuci muka 2x sehari itu penting untuk mencegah jerawatnya. jadi gak cuma mengobatinya aja

    ReplyDelete
  47. emang dari sgi makanan juga perlu diperhatikan klo jrawat pengen cepet sembuh..

    ReplyDelete
  48. Simpel ya mbak, tanpa harus ke salon dan lain-lain

    ReplyDelete
  49. wahahah baru tau saya ada jerawat di punggung :D

    ReplyDelete
  50. Terima kasih ya mbak, atas informasinya...alhamdulillah saya cocok dengan jeruk nipis

    ReplyDelete
  51. Terima kasih ya mbak, atas informasinya...alhamdulillah saya cocok dengan jeruk nipis

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..