TIGA CARA ALAMI MENGHILANGKAN JERAWAT DI WAJAH & PUNGGUNG

Maret 21, 2016


foto: www.flickr.com
Apa yang paling ditakuti oleh para wanita? Tanpa ragu saya akan menjawab JERAWAT. Yup, jerawat memang menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa. Kemunculannya selalu membawa keresahan dan kegalauan pada setiap wanita. Satu jerawat saja muncul di wajah, betenya bisa sepanjang hari loh *LOL* hayo ngaku siapa yang seperti itu??

Jujur saja, saya orang yang seperti itu. Saya akan sangat terganggu bila ada satu jerawat muncul di wajah saya. Bukan apa-apa, saya trauma dengan benda kecil berbentuk bulat yang satu ini. Saya pernah menderita jerawat yang sangat parah sekitar kurang lebih dua tahun lamanya yaitu sejak kelas tiga SMP (saat haid pertama) hingga kelas dua SMA. Bagaimana rasanya?? Jangan ditanya karena saya trauma bila mengingatnya. Bagi saya, masa-masa berjerawat yang saya derita lebih dari sepuluh tahun yang lalu adalah masa-masa saya mengalami krisis percaya diri.

Berbagai merek obat jerawat saya coba, mulai dari yang disarankan oleh teman hingga obat jerawat yang muncul di televisi (waktu itu saya tidak berani ke dokter, karena selain saya masih ABG, di daerah tempat tinggal saya juga tidak ada dokter ahli kecantikan *LOL*), namun hasilnya tetap sama; jerawat masih saja betah menghuni wajah saya.

Tapi semuanya berubah ketika saya mencoba mengobatinya secara tradisional. Setelah mencoba bahan-bahan alami, Alhamdulillah jerawat yang dua tahun setia menghuni wajah saya akhirnya menghilang walau tidak lama kemudian jerawatnya malah tumbuh dengan subur di punggung saya.
foto: fiarevenian.com
Dari situ saya jadi tahu, bahwa ternyata jerawat tidak hanya tumbuh di wajah dan leher saja tapi bisa juga tumbuh di punggung kita. Awalnya saya tidak terganggu dan tidak ambil pusing dengan kemunculan jerawat di punggung saya karena saat itu saya masih merasakan kegembiraan akibat hilangnya jerawat di wajah saya. Bagi saya, tidak masalah berjerawat di punggung, toh tidak akan ada yang melihatnya.

Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai merasa terganggu dengan kehadiran jerawat di punggung ini. Lambat laun saya merasakan bahwa memiliki jerawat di wajah dan di punggung itu sama saja. Keduanya memberi rasa tidak nyaman dan sakit apalagi bila jerawatnya besar-besar dan merah.

Karena sudah berpengalaman dengan jerawat di wajah, sayapun memberlakukan pengobatan yang sama terhadap jerawat di punggung saya. Pengobatan alami yang saya pakai untuk jerawat di wajah juga saya pakai juga untuk mengobati jerawat di punggung saya. Berikut tiga cara alami yang saya ketahui dapat menghilangkan jerawat di punggung dan wajah:

#Kunyit
Kunyit sangat manjur untuk mengobati jerawat. Seperti yang saya ceritakan di atas bahwa saya pernah menderita jerawat yang sangat parah (jerawat tumbuh hampir di seluruh bagian wajah hingga leher saya), obat alami yang saya pakai untuk menyembuhkan jerawat adalah kunyit.

Cara pakainya:
Bersihkan kunyit, kupas kulitnya kemudian parut. Balurkan parutan kuyit itu pada wajah, leher atau punggung yang berjerawat. Awalnya memang terasa perih namun apabila kita rutin melakukannya, jerawat di punggung akan sembuh hanya dalam lima kali pemakaian (jerawat saya sembuh dalam lima kali pemakaian).
CARA ALAMI MENGHILANGKAN JERAWAT
foto: spirit.web.id
Apabila tidak menyukai ampas dari parutan kunyit, parutan kunyitnya bisa diperas untuk kemudian di ambil airnya dan dioleskan pada tempat yang berjerawat.

Pemakaian kunyit secara rutin juga membantu menghaluskan kulit dan menyamarkan noda hitam yang ditinggalkan jerawat. Hanya ada satu hal yang membuat saya tidak nyaman saat memakai kunyit yaitu baunya. Tapi bagi yang menyukai bau kunyit mungkin hal ini tidak menjadi masalah.

#Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat jeruk nipis di bidang kecantikan adalah bisa dipakai untuk mencerahkan kulit wajah sekaligus menyembuhkan jerawat. Saya sempat memakainya namun tidak saya lanjutkan karena tidak tahan dengan perihnya.

Cara pakainya:
jeruk nipis dipotong menjadi dua bagian kemudian peras airnya. Air perasannya disimpan ke dalam mangkuk lalu oleskan ke wajah atau punggung yang berjerawat menggunakan kapas. Saat dioles ke tempat yang berjerawat rasanya akan sangat perih namun jika kita telaten dan rutin mengoleskannya, jerawat yang kita derita perlahan-lahan akan sembuh.
CARA ALAMI MENGHILANGKAN JERAWAT
foto: flickr.com

Dalam mengoleskan jeruk nipis ini sebaiknya tidak setiap hari karena rasa perihnya sangat terasa. Lakukan 3 hari sekali atau seminggu dua kali.

#Bedak dingin Adakah di sini yang suka memakai bedak dingin? Kalau ada, ayo toss dulu karena kita punya kebiasaan yang sama. Walau dua tahun terakhir ini saya sudah tidak lagi menggunakan bedak dingin, tapi dulu saya sangat suka menggunakannya dan merasakan khasiatnya.

Baik jerawat yang di wajah maupun yang di punggung perlahan-lahan hilang saat saya rutin memakai bedak dingin. Bedak dingin yang saya pakai adalah bedak dingin yang dibuat sendiri oleh mama.

Seingat saya bahan yang digunakan untuk membuat bedak dingin hanya dua macam yaitu beras dan kunyit. Beras yang telah direndam air selama beberapa jam, ditiriskan lalu ditumbuk sampai halus bersama kunyit yang telah dikupas kulitnya.

Setelah ditumbuk sampai halus, tepungnya diayak kemudian diangin-anginkan dan simpan di dalam toples. Saat ingin memakainya, ambillah secukupnya dan beri sedikit air kemudian balurkan ke tempat yang diinginkan terutama yang berjerawat seperti wajah, leher dan punggung.

**

Itulah tiga cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Satu hal yang harus kita tanamkan di dalam diri kita adalah mencegah lebih baik dari mengobati, karenanya untuk mencegah tumbuhnya jerawat, sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut:
  • Mandi dan cuci muka minimal dua kali sehari
  • Jangan makan makanan yang mengandung banyak lemak
  • Jangan mengulang memakai pakaian yang sama, terlebih jika pakaian tersebut telah terkena keringat.
  • Pilih kosmetik dan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kita
  • Jangan memakai kosmetik yang telah kadaluarsa
Punya cara lain untuk menghilangkan jerawat? Share di kolom komentar yuk

You Might Also Like

66 Komentar

  1. wah tipsnya berguna banget ini mbak ira :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah bila tips ini berguna Mbak Ninda :)

      Hapus
  2. Jeruk nipis bagus skl kalo dicampur madu, kl kunyit blom pernah coba, makasih yah infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu jeruk nipisnya tidak saya campur apa-apa Mbak Islah, jadi setelah airnya diperas langsung saya oleskan pada jerawat dan rasanya itu perih banget.. kalo campur madu gak perih yah Mbak??

      Iya, jerawatku sembuh karena dipakaikan kunyit :)

      Hapus
  3. Yang kunyit juga kurang enaknya tuh after effectnya, kulit yang terkena kunyit pasti kuning, makanya saya belum pernah coba, biasanya pakai jeruk nipis+madu saja ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulit memang jadi kuning Mbak Irly, tapi saat itu saya memakainya saat libur kenaikan kelas, jadi ketika masuk sekolah jerawat hilang dan warna kulit sudah kembali normal :)

      kalo pake jeruk nipis + madu tidak perih kah??

      Hapus
  4. Terima kasih infonya mbak Ira, bisa dicoba nih. Anak saya sudah mulai jerawatan soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak Anjar :)
      iya yah, anak Mbak Anjar sudah beranjak remaja, diusia segitu saya dulu berjerawat :(

      Hapus
  5. Bawang putih!! Si bau yang perih tapi manjur abis. Ini yang selalu saya pakai dan bikin jerawat sama sekali nggak berbekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kah Mbak?? wahh, kalo nanti punya jerawat (semoga gak yah) bisa dicobain nih :)

      Hapus
  6. Kalau saya, jerawat di punggung ilangnya pas udah nikah, Mbak. Gak tau juga kenapa begitu. Perasaan juga gak diobati apa2. Hehhe.. Kadang saya juga heran sendiri, kok bisa gitu ya? :D

    BalasHapus
  7. obat dari bahan-bahan alami yang gak pakai zat kimia

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Mbak Lidya, yang alami pasti lebih bagus dan aman :)

      Hapus
  8. makasih tipsnya, saya nih masih suka aada aja jerawat yg mampir :D

    BalasHapus
  9. Mba Ira, ini bermanfaat banget tulisannya..Haha..bisa aku rekomendasiin ke adikku nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Mbak Gena :)
      semoga jerawat adiknya segera sembuh yah, amin..

      Hapus
  10. Wah muantappp nih mbak tipsnya, insaalloh langsungn saya terapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga jerawatnya segera sembuh yah :)

      Hapus
    2. Tapi saya masih penasaran dengan menggunakan jeruk nipis deh mbak itu reaksinya langsung kerasa atau harus nunggu lumayan lama.

      Hapus
  11. Kalau pakai kunyit, wajah ga kuning ya mbak setelahnya? Di tangan aja suka lama hilang kuningnya :D
    Masker wajah sy biasa pakai parutan timun, segaaar. Atau kopi dicairkan dengan jeruk nipis. Suka aroma kopi sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai kunyit memang berbekas sih Mbak, tapi saat itu saya pakainya saat libur sekolah jadi gak apa-apalah berbekas yang penting saat masuk sekolah jerawatnya bisa hilang :)

      Wahh bisa dicoba tuh yang parutan timun. Oh iya, kopinya boleh pake kopi instant kah Mbak??

      Hapus
  12. aku pakek jeruk nipis mbk, kadang jg pakek es batu,
    bedak dingin oke jg sih, apalagi bedak dingin yg tradisonal gt, cm susah skrg nyariknya mbk, hiks
    lokasi jerawat paling sering di lobang hidung, bikin menderitoooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. di hidung??? ow ow ow pasti ganggu banget yah Mbak Inda :(

      Hapus
  13. Wah, bermanfaat nih mba, mukaku sensitif..suka jerawatan..duh..bisa dicoba inih..makasih ya mba.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak, semoga jerawatnya segera sembuh yah, amin..

      Hapus
  14. wah kode buat saya nih mbak ira, biar nda nyantap santen n lemak lemakan
    aku banyak jerawat di punggung huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dipakein kunyit Mbak Nita, semoga segera sembuh jerawat di punggungnya, amin..

      Hapus
  15. baru tau kunyit dapat menghilangkan jerawat

    BalasHapus
  16. Aku nggak pernah jerawatan. Emang ajaib sih. Tapi anakku jerawatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti mamaku Mbak, mamaku gak jerawatan tapi saya jerawatan. Tapi alhamdulillah sekarang sudah gak jerawatan lagi :)

      Hapus
  17. Tips yg cukup bermanfaat. Pada akhirnya yg alamiah justru yg paling manjur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak, selain manjur juga aman dan tanpa efek samping :)

      Hapus
  18. Jeruk nipis, udah pernah nyoba mb...lumayan hasilnya. Masker pke putih telur...kayaknya bisa jug mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake putih telur?? sepertinya bisa dicoba :)
      terimakasih Mbak :)

      Hapus
  19. Boleh banget nih buat dicoba :D Baru tahu kalo kunyit dan jeruk nipis juga bisa

    BalasHapus
  20. aku suka pake bedak dingin, merknya saripohaci...tooosss :D

    BalasHapus
  21. Salah satunya kunyi ya, saya baru tahu kalo yg ini. Makasih banyak ya, Mbak :)

    BalasHapus
  22. ada lagi mba, hindari stress, minum 2-3liter perhari ama cukup tidur. Soalnya begitu kurang minum, kulit dehidrasi, minyak berproduksi lebih, jadilah komedo dan jerawat. stress dan kurang tidur juga ngaruh ke hormon :)

    BalasHapus
  23. tips jitu untuk kulit muka yang sering disambangi jerawat kayak saya :D btw warna kunyitnya nempel lama nggak mbak di muka? biasanya kan kalo di tangan suka nempel agak lama, terima kasih :)

    BalasHapus
  24. Aku dulu jerawatan punggung mba, sebelum menikah. Mungkin hormonnya kli yaah, tapi setelah nikah, ngga ada lagi jerawat :D alhamdulillah

    BalasHapus
  25. sama kayak uci sebelum nikah jg saya byk jerawat di wajah dan di punggung tapi setelah nikah hilang sendiri. Mungkin karena udah nikah udah jarang galau hihihi. boleh dicoba nih kalau si jerawat nongol dipraktekin :D

    BalasHapus
  26. saya jarang berjerawat Mb, hehehe

    BalasHapus
  27. saya dulu tukang mencetin jerawat, sampe bopeng muka saya :(

    BalasHapus
  28. Sy juga suka pake jeruk nipis Mbak, tapi buat ngilangin komedo. Cuma kurang telaten, jadinya ga rutin. Malem kalo capek lgsg bablas tidur hahaha

    BalasHapus
  29. Saya suka pake bedak dingin aja mbak, soalnya ga repot hehe.. Tapi jeruk nipis emang ampuh banget.. Makasih mbak share nya

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah wajah saya jaraaang sekali disinggahi jerawat. Tapi sekalinya muncul, bekasnya bisa berl=bulan2 baru hilang Nah, sekarang saya ada problem kulit, bisul di perut Hiks.
    *eh malah curhat yah wkwkwk*

    BalasHapus
  31. sya biasa pakek bedak dingin mbak, ada perubahan, makasih mbak

    BalasHapus
  32. Dengan mengurangkan makanan karbohidrat ditapis, seperti coklat, seseorang itu boleh mengurangkan jerawat pada badan mereka.

    BalasHapus
  33. Pakai lemon or jeruk nipis, walau perih tapi memang lumayan sih buat ngempesin jerawat.. Bedak dingin boleh juga, apalagi dipakai di punggung.. Dinggiinnn

    BalasHapus
  34. Tipsnya keren, sangat berguna dan juga bermanfaat, makasih ya mbak tipsnya !

    BalasHapus
  35. kata orang; wajah tanpa jerawat bagai langit tanpa bintang.. (canda) hehe :D :D

    #Alhamdulillah wajah sedikit sekali jerawatnya (mungkin hanya untuk penghias saja, biar gimana gitu) :D :D . cuma yang agak banyak di punggung Mbak Irawati hamid. Apalagi kalau cuaca panas, terkadang terasa celekit2 (gatel). selama ini cukup dibiarkan saja sih, paling kalau gatel di taburin bedak, itupun gak telaten.

    kyknya tips di atas perlu dicoba satu-persatu Mbak, btw terima kasih tipsnya... salam kenal geh? ^_^


    BalasHapus
  36. Alhamdulillah Mbak Ira, sampai sekarang saya ngga pernah jerawatan...hihi. Pada heran kenapa kulit muka ngga pernah jerawatan. Tipsnya tapi sangat membantu banget untuk yang mukanya bermasalah. Ada beberapa teman juga begitu Mbak, sampai pusing dengan biang keladi yang satu ini...

    BalasHapus
  37. Tipsnya boleh banget neh mba. Kebetulan sering ada jerawat di punggung

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah, kalau di wajah saya tidak ada. Tapi, kalau di punggung, ada beberapa. Perlu saya coba nih tipnya... *matur nuwun :)

    BalasHapus
  39. Kok banyak yang jerawatan di punggung ya? Aku nggak ada alhamdulillah tapinya kalau di wajah tuh, ada.

    BalasHapus
  40. aku suka pakai irisan lobak putih, rasanya pedes panas tapi jerawat jd kempes.. jerawat mmg sering tumbuh di wajah dan punggung ya

    BalasHapus
  41. Nah iya tuh, terkadang kita suka ngobatin. tapi lupa apa penyebab dari jerawat itu sendiri

    BalasHapus
  42. Bener banget mbak.
    Cuci muka 2x sehari itu penting untuk mencegah jerawatnya. jadi gak cuma mengobatinya aja

    BalasHapus
  43. emang dari sgi makanan juga perlu diperhatikan klo jrawat pengen cepet sembuh..

    BalasHapus
  44. Simpel ya mbak, tanpa harus ke salon dan lain-lain

    BalasHapus
  45. wahahah baru tau saya ada jerawat di punggung :D

    BalasHapus
  46. Terima kasih ya mbak, atas informasinya...alhamdulillah saya cocok dengan jeruk nipis

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`