6/16/2016

CARA MUDAH & AMAN MENGATASI ANYANG-ANYANGAN

pict source: www.mypriveworld.com

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tiga bulan yang lalu, sekitar pukul sepuluh malam, sesaat setelah ngobrol-ngobrol santai dengan suami, saya memutuskan ke kamar mandi untuk melakukan buang air kecil. Namun entah mengapa buang air kecil yang saya rasakan kali itu tidak seperti biasanya.

Saat buang air kecil, air seni yang keluar tidak sebanyak biasanya. Rasanyapun berbeda. Sakit dan periiiih banget. Mata saya sampai berkaca-kaca saat melakukan buang air kecil karena tidak tahan dengan perihnya.

Setelah buang air kecil saya merasa lemas. Segera saja saya ke kamar untuk berbaring. Namun setelah berbaring, rasa sakit dan perih itu tak kunjung pergi. Rasa sakit dan perih di (maaf) organ intim saya masih terasa bahkan setelah lima menit buang air kecil. Saya mencoba mensugesti diri saya bahwa sakitnya akan segera hilang, saya juga sengaja berbaring sambil mendengarkan musik berharap rasa sakit dan perih itu bisa hilang dengan sendirinya. Namun sampai sepuluh menit berlalu, rasa perihnya belum mau hilang, yang saya rasakan kemudian adalah pengen buang air kecil lagi.

Sayapun segera kembali ke kamar mandi. Buang air kecil yang kedua ini rasanya lebih perih. Saya sampai duduk selama lima menit di dalam kamar mandi karena merasa tidak kuat berjalan.

Malam itu, entah berapa kali saya bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Saya mengulangi kejadian yang sama hingga berkali-kali. Jangan tanya deh rasanya seperti apa. menyiksa banget euy. Hingga saya dikagetkan dengan sesuatu yang menakutkan saat melihat air seni saya. Air seni yang keluar saat saya buang air kecil berdarah. Iya, jadi yang keluar saat saya buang air kecil bukan hanya air seni lagi tapi air seni yang bercampur darah.

Mengetahui hal ini saya panik dan jujur saja, saya merasa takut banget. Bayangan kematian tiba-tiba menghantui saya dan hal itu membuat saya semakin ketakutan (terdengar lebay yah? Tapi seperti itulah yang saya rasakan *____*). Buru-buru saya masuk kamar kemudian mengambil smartphone untuk mencari tahu penyakit apakah gerangan yang meyerang saya. Setelah googling, saya akhirnya tahu, penyakit yang menyerang saya bernama ANYANG-ANYANGAN.

Anyang-anyangan adalah gejala awal dari penyakit infeksi saluran kemih. Ciri anyang-anyangan adalah sering buang air kecil namun air seni yang keluar sedikit dan sakit saat buang air kecil.

Menurut artikel yang saya baca, 80-85% kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri yang bernama E-Coli. Dan sedihnya lagi, wanita memiliki kemungkinan lebih besar terkena gejala awal infeksi saluran kemih ini. Menurut survey, lima dari sepuluh wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih. Duh. Ngeri banget nih kalo tidak segera ditangani. Telat menanganinya malah bisa membuat kita terkena penyakit infeksi saluran kemih yang lebih serius lagi.


pict source: www.mypriveworld.com

Lalu bagaimana cara agar kita terhindar dari penyakit ini?

Ada banyak cara yang bisa kita lalukan untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan. Inilah beberapa di antaranya:
  • Saat  buang air, basuh organ intim dari arah depan ke belakang. Tujuannya agar bakteri yang berasal dari saluran pembuangan tidak berpindah ke organ intim.
  • Jangan duduk di sembarang tempat. Terlebih di kursi/bangku yang baru saja ditinggalkan oleh orang lain. Kita tidak tahu bakteri atau kuman apa yang tertinggal sesaat setelah tempat itu ditinggalkan. Bila ingin duduk di tempat yang sama, tunggulah hingga beberapa saat.
  • Jangan menahan pipis. Bila merasa ingin buang air kecil, segera lakukan dan jangan ditahan-tahan. Dalam kasus anyang-anyangan yang saya derita beberapa waktu yang lalu sepertinya disebabkan oleh hal ini. Saat itu, karena keasyikan ngobrol dengan suami, saya jadi menahan-nahan hasrat ke kamar mandi.
  • Bila sedang di toilet umum, jangan pernah langsung duduk di toiletnya (hal ini berlaku untuk toilet duduk). Usahakan untuk membasuh dudukan toiletnya dengan air lalu keringkan pakai tissue terlebih dahulu baru kemudian buang air (BAK atau BAB). Bila memakai toilet jongkok, usahakan untuk tidak memakai air yang ada di ember atau bak yang belum tentu terjamin kebersihannya tapi langsung mengambil air  yang mengalir dari keran.
  • Setelah buang air kecil dan membasuh organ intim dengan air, segera keringkan dengan handuk atau tissue. Pakaian dalam yang basah akan menjadi tempat pertumbuhan bakteri jahat.
  • Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat.
  • Rajin minum air putih
  • Rajin mengkonsumsi buah-buahan, salah satunya buah cranberry.

Buah Cranberry & Anyang-anyangan

Buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah salah satu tanaman jenis berry yang termasuk dalam tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon katanya khasiat buah berwarna merah yang menyerupai buah blueberry ini sudah diketahui sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno. *Wahh, ternyata khasiatnya udah dikenal sejak dulu toh*

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Antioksidan dalam buah cranberry ini disebut proanthocyanidin (PAC). Kandungan Proantocyanidin ini dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang mencegah bakteri E-Coli menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri tersebut menularkan infeksi.

Khasiat buah cranberry sudah sangat dikenal di dunia sebagai solusi alami mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih. Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih.

Buah Cranberry
pict source: www.mypriveworld.com

Namun ternyata untuk mendapatkan buah cranberry tidaklah semudah mendapatkan buah-buahan lain seperti pisang, apel atau jeruk. Buah ini masih sulit didapatkan di Indonesia, terlebih untuk orang yang tinggal di daerah kecil seperti saya.

Tapi untungnya sekarang kita tidak perlu bersusah payah lagi mencari buah cranberry karena saat ini sudah ada suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry yang bernama Prive Uri-cran.

Apa itu Prive Uri-cran?

Prive Uri-cran adalah suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah cranberry. Prive Uri-cran dapat menjadi solusi praktis, mudah dan aman untuk mengatasi anyang-anyangan. Mengkonsumsi Prive Uri-cran secara teratur tidak hanya membantu kita mengatasi anyang-anyangan tapi juga dapat mencegah anyang-anyangan berulang.

Prive Uri-cran terdiri dari dua sediaan yaitu sediaan kapsul dan sediaan powder. Untuk Prive Uri-cran sediaan kapsul, satu kapsul terdiri dari 250 mg ekstrak buah cranberry, dosisnya 1-2 kapsul per hari. Sedangkan untuk Prive Uri-cran sediaan powder sachet, satu sachet terdiri dari 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Dosisnya 1-2 sachet perhari.

Dan satu hal yang harus kita ketahui, kita tidak perlu khawatir dengan keamanan produk ini karena Prive Uri-cran diproduksi oleh perusahaan terpercaya yaitu Combiphar. Cara mendapatkan produk inipun tidak sulit karena sudah dijual di apotek-apotek di seluruh Indonesia seperti Guardian dan Kimia Farma.


Prive Uri-cran sediaan kapsul 
pict source: Facebook Page PrivĂ© Uri-cran 


Prive Uri-cran sediaan powder 
pict source: www.mypriveworld.com


Ini nih manfaat & Kelebihan Prive Uri-cran:
1. Sebagai solusi alami dalam mencegah dan mengatasi anyang-anyangan.
2. Menjaga kesehatan saluran kemih.
3. Dapat diminum kapanpun dan dimanapun.

Benar kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Tindakan pencegahan biasanya lebih mudah dan murah. Namun bagaimana bila kita terlanjur terkena anyang-anyangan? Tindakan apakah yang harus dilakukan untuk meredakan rasa sakit dan mengatasinya? Inilah beberapa cara yang saya ketahui untuk mengatasi anyang-anyangan:

  • Saat anyang-anyangan datang menyerang, banyak-banyaklah  minum air putih agar buang air kecil yang kita lakukan lebih lancar dan lebih banyak. Semakin lancar dan banyak air seni yang keluar, rasa sakit saat buang air kecil semakin berkurang.
  • Untuk meredakan rasa sakit akibat anyang-anyangan, minumlah seduhan air hangat yang dicampur jeruk nipis dan sedikit gula pasir.
  • Minum Prive Uri-cran. Suplemen ini tidak hanya berfungsi untuk mencegah munculnya anyang-anyangan tapi juga mampu mengatasi dan mengobati anyang-anyangan yang menyerang. Sudah banyak orang yang berhasil mengatasi anyang-anyangan yang mereka derita dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran. Pengalaman mereka bisa dibaca di FacebookPage Prive Uri-cran.
  • Minum antibiotik
Ini yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Karena malam itu sudah menunjukkan pukul 24.00 dan badan saya sudah sangat kelelahan karena terus-terusan bolak balik ke kamar mandi, dengan berat hati akhirnya saya putuskan untuk meminum antibiotik saja. Saya terpaksa mengambil jalan ini agar segera beristirahat karena esok pagi saya harus masuk kantor.

Saat itu saya belum tahu bahwa sudah ada produk yang terbuat dari bahan alami seperti Prive Uri-cran yang dapat mengatasi anyang-anyangan. Seandainya saja saat itu saya sudah tahu keberadaan produk ini, tentu saja saya akan lebih memilih Prive Uri-cran dibandingkan antibiotik.
  • Bila sudah melakukan beberapa hal di atas anyang-anyangannya belum  juga sembuh, maka segeralah ke dokter karena bisa jadi ada penyakit yang lebih serius yang sedang diderita.

Setiap kali mengingat penderitaan yang saya rasakan tiga bulan yang lalu akibat anyang-anyangan ini, rasanya cukup sampai di situ saja penderitaan saya karena saat ini saya tidak ingin lagi merasakan penderitaan yang sama.

Punya pengalaman merasakan anyang-anyangan atau sakit buang air kecil seperti cerita saya di atas? Yuk bagi kisahmu di kolom komentar ^______^


*sumber tulisan:
http://www.mypriveworld.com/cranberry-story/
pengalaman pribadi saat mengalami anyang-anyangan


39 comments:

  1. Saya juga pernah mengalami anyang-anyangen, mbak Ira. Sangat tidak nyaman ya, BAK nya seperti tidak tuntas tapi juga nggak mau keluar. Syukurlah akhirnya hilang dengan sendirinya.

    Setuju dengan memperbanyak minum air putih dan minum suplemen prive uri-crane untuk mencegah anyang-anyangen timbul kembali. Saya baru dengar nih mbak suplemen ini, boleh juga sebagai rekomendasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Anjar, sekarang kita nggak perlu cemas lagi sama anyang-anyangan karena udah ada Prive Uri-cran sebagai solusinya.

      Yuk ikutan lombanya, DL-nya masih lama loh :)

      Delete
  2. aku jg pernah anyang2en mbk, dan aseli, capeekk, bolak balek ke kamar mandi,
    bisa di atasi pake prive uri ini ya mbk, sip sip, tengkiu infonya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bolak balik ke kamar madinya itu selain capek juga bikin lemas yah Mba Inda :(
      iya Mba, anyang-anyangan bisa diatasi dengan Prive Uri-cran :)

      Delete
  3. Kalo aku pernah anyang2an, trus aku tiap kali abis pipis langsung minum air putih stengah liter, terus aja gitu sampe pipisnya bener2 beser, bkn anyang2an lagi.
    Jaman dulu mah blom ada produk ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya perbanyak minum air putih yah Mba Ratu :)

      Delete
  4. Salam kenal mbak, blog walking kemari, wah anyang2an tuh memang menyebalkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anyang-anyangan menyiksa banget Mba :(
      salam kenal kembali dan semoga nggak kapok main kemari :)

      Delete
  5. Waduh aku suka nahan pipis ini takut ah, makasih mba infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan suka nahan pipis Mba, menahan pipis menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan loh..

      Delete
  6. Aku sering konsumsi buah ini tapi yg versi kering buat dicampur ama oat. Krn bagus utk mencegah kanker dan nambah darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, buah keringnya itu belinya dimana Mba Ade?

      Delete
  7. Aku pernah anyang-anyangan pas lagi hamil, dduuh rasanya sakiit banget sampai susah jalan. Sejak itu kapok nahan-nahan pipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu hamil memang rentan terhadap anyang-anyangan Mba Ratna, karena itu disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi air putih, jangan nahan pipis dan bila perlu minum Prive Uri-cran untuk mencegah anyang-anyangan

      Delete
  8. Aku malah nggak pernah tahan pipis, mba. Kayaknya kalau kebelet, langsung aja buru-buur cari toilet :)
    Terima kaish infonya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya memang begitu yah Mba Alida, saat kita merasa pengen pipis harus segera dikeluarkan agar nggak jadi penyakit :)

      sama-sama Mba, semoga infonya bermanfaat yah :)

      Delete
  9. Ooo rasa sakit saat pipis itu anyang2an ya mbak, aku bbrp kali neh :(
    TFS ya, jd tau soal info dan alternatif obatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba April, sakit saat pipis dan sering pipis tapi air seni yang keluar sedikit itu disebut anyang-anyangan..

      Delete
  10. Aku pernah anyang-anyangen parah banget. Sehari sampai 20x lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam itupun saya 20 kali lebih bolak balik ke kamar mandi Mba Anisa :(

      Delete
  11. Waktu hamil pernah juga itu infeksi saluran kencing, tp Alhamdulillah tidak sampe berdarah saat pipis. Langsung dikasih obat sama Obgyn, sama tips membasuh saat setelah BAB dan BAK yg spt ditulis itu.

    Semoga kedepan tidak anyang-anyangan lagi yah Kak, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, ibu hamil memang rentan terkena anyang-anyangan say..

      Delete
  12. Waktu hamil pernah juga itu infeksi saluran kencing, tp Alhamdulillah tidak sampe berdarah saat pipis. Langsung dikasih obat sama Obgyn, sama tips membasuh saat setelah BAB dan BAK yg spt ditulis itu.

    Semoga kedepan tidak anyang-anyangan lagi yah Kak, Aamiin

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah belum pernah ada gejala anyang-anyangan dan jangan sampai, semoga kita semua sehat teruus ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..
      terkena anyang-anyangan itu nggak enak banget Mba..

      Delete
  14. Saya pernah dua kali sakit infeksi saluran kemih (ISK), Mbak. Sakitnya memang tidak biasa. Apalagi kalau pas merambat ke pungung dan pinggang, kayak encok atau rheumatik. Alhamdulillah, sekarang sudah tidak lagi. Saya perbanyak air putih, dan tak lagi ngopi (sesekali saja). :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah sembuh yah mas Irham :)
      minum air putih memang penting banget yah mas :)

      Delete
  15. Artikel yang sangat menarik, terimakasih banyak buat infonya.. semoga bermanfaat juga bagi para pembaca yang sedang berkunjung kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,
      terimakasih juga sudah mampir kesini :)

      Delete
  16. Aku pernah mengalami ini mbak, sakit bangeeeeet emang
    Alasannya karena aku sering nahan pipis
    Dan barutau obatnya itu yah, makasih ya mbak Irawati Hamid
    Pengetahuan nambah lagi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yasinta, sekarang sudah ada obatnya yang terbuat dari bahan alami :)

      Delete
  17. Anakku waktu bayi pernah kena isk sekarang seh alhamdulillan baik2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh masih bayi sudah kena ISK? gak kebayang gimana rasanya Mba, pasti sakit dan menderita banget :(
      semoga anak Mba Khairiah sehat selalu yah, amin..

      Delete
  18. Saya ngga pernah merasakan anyang-anyang... tapi kayaknya sekarang sudah mulai kalau pipis harus dua kali. Duh kudu banyak minum juga ternyata.... makasih tipsnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Ida, minum air putih yang cukup adalah salah satu cara mencegah anyang-anyangan :)

      Delete
  19. Wah komplit, sudah ada blm ya price di daerah2? Bermanfaat artikelnya mbak.

    ReplyDelete
  20. wah selamat ya mbak atas hadiah lomba blog Prive Uri-Cran Blogger Competition Phase 1

    ReplyDelete
  21. ga nyaman sekali ya rasanya kalau terkena anyang-anyangan

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..