6/14/2016

SRI RAHAYU; BLOGGER & IBU RUMAH TANGGA YANG DOYAN MEMASAK


Hai gaes apa kabarmu hari ini? Semoga bahagia dan sehat selalu yah. Oh iya, nggak terasa ternyata hari ini kita udah berada di hari kesembilan ramadhan. Hmm, waktu seolah cepat banget berlalunya yah, padahal rasanya baru kemarin kita berada di hari pertama puasa, ehh sekarang udah hari kesembilan ajah. Masih pada semangat kan ibadah dan puasanya? Harus semangat dong ^________^

Di hari kesembilan ramadhan ini saya kembali ingin menuliskan salah satu profil teman blogger lagi nih. Blogger yang akan saya tuliskan ini adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua orang anak pra remaja yang hobby masak. Pada penasaran yah siapakah gerangan yang akan saya ulas profilnya? Biar kamu nggak penasaran, baiklah akan saya beritahu siapa gerangan dirinya. Ia adalah Mba Sri Rahayu.


Udah pada kenal dengan Mba Sri Rahayu? Belum yah? Kalo belum, semoga setelah membaca tulisan ini bisa membuatmu jadi mengenalnya. Yuk kenalan sama Mba Sri (sapaan akrab saya untuk Mba Sri Rahayu).

Kalo boleh jujur, sebenarnya sayapun baru kenal dengan Mba Sri sekitar tiga bulan yang lalu, tepatnya ketika kami sama-sama tergabung dalam satu grup arisan link di salah satu komunitas blogger yang menaungi kami “Blogger Perempuan”. Terimakasih BP karena telah mengenalkan saya pada banyak teman baru. Tanpamu mungkin saya nggak akan secepat ini mengenal Mba Sri dan juga teman-teman lain yang tergabung dalam kelompok tiga.

Ok lanjut tentang Mba Sri..

Pertama kali berkunjung ke blognya yang beralamat di www.istanabundavian.com yang didominasi oleh warna putih itu saya langsung bisa menebak bahwa Mba Sri adalah seseorang yang suka masak. Ternyata tebakan saya nggak salah, setelah menjelajahi blognya, saya menemukan banyak resep makanan yang tersebar di sana.

header blog Mba Sri. Dari sini udah terlihat jelas yah kalo Mba Sri suka masak ^_______^

Oleh karena itu, setelah berpikir cukup lama menentukan tema dari sudut mana saya akan membahas profilnya, akhirnya saya mengambil keputusan untuk membahasnya dari sisi seorang wanita yang hobby memasak saja.

Lalu sejak kapan Mba Sri menyukai kegiatan masak memasak ini? Ternyata Mba Sri sudah suka masak sejak sekolah dasar loh. Menurut ceritanya, saat kecil dulu ia suka banget main masak-masakan dengan teman-temannya. Untuk hal ini sepertinya kita punya kesamaan deh Mba, sayapun suka main masak-masakan saat kecil dulu, hanya saja bedanya Mba Sri menekuninya hingga kini sedangkan saya nggak.


Saat ia masih SD, bersama teman-temannya ia sering berpetualang ke hutan dan sawah-sawah untuk mencari bahan makanan yang akan mereka masak. Ia sering SKSD (sok kenal sok dekat) dengan para petani trus metikin timun dan sayuran buat dimasak di kebun. Kadang-kadang ia juga suka menangkap udang dan ikan sepat di sungai kemudian dimasak di kaleng dan dinikmati bersama teman-teman. Ugh, kebayang deh serunya Mba Sri saat melakukan kegiatan menyenangkan itu, karena saya pernah merasakan hal yang sama (walau masak-masakan yang saya lakukan saat masih kecil itu memakai panci benaran, bukannya kaleng).

Bukan hanya itu, Mba Sri juga sering banget janjian sama teman-temannya pada tengah malam untuk memetik kembang durian. Menurut Mba Sri, kembang durian yang dimasak campur bumbu bawang itu nikmat banget. Salut deh sama pengalaman masak-memasak Mba Sri saat masih kecil dulu. Mulai dari ulat daun pisang, ratu rayap, berbagai umbi, sayur-sayuran hingga ikan dan udang semuanya ia “lahap”. Menurut Mba Sri, hanya ada dua jenis hewan yang nggak mau dicobanya yaitu tokek dan kelelawar. Yaiyalah Mba, siapa sih yang mau makan kedua binatang itu, hanya orang-orang bernyali besar yang mau memakan kuliner ekstrim itu *________*

Kecintaannya pada dunia masak yang ia rasakan sejak kecil itu ternyata bertahan hingga kini. Ia suka banget sama kegiatan ini. Menurut Mba Sri, memasak adalah kegiatan menyenangkan yang mudah untuk dilakukan. Mungkin karena rasa cinta yang besar inilah yang membuatnya mampu bertahan berada di dapur selama 20 jam dalam sehari. Ckckck kuat banget yah Mba Sri berada di dapur selama itu.

Menurutnya, memasak bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan asal kita mau mencobanya. Hmm, sepertinya mulai sekarang sayapun harus menanamkan pikiran yang sama pada diri sendiri soalnya sampe saat ini saya belum terlalu menyukai kegiatan masak memasak ini.







*beberapa masakan di atas hasil karya Mba Sri yang mungkin bisa dicoba sebagai menu berbuka puasa*

Juga beberapa jenis makanan lainnya yang bisa dicoba untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga di bulan ramadhan ini:



   Untuk cara membuat & resepnya bisa langsung dilihat di www.istanabundavian.com & www.dapurummufarhan.blogspot.co.id yah gaes ^^
*Ya Allah, semoga yang melihat foto-foto di atas bisa ditenangkan hatinya dan nggak ngiler, amin..*


Oh iya, kecintaan Mba Sri pada dunia memasak nggak hanya ia tuangkan di dapur dan blog saja loh. Kecintaannya pada dunia ini juga sudah membuatnya menelurkan delapan buah buku kuliner (total buku karya Mba Sri ada 23). Ckckck, hebat banget euy, udah pintar masak, nelurin buku pula. Angkat jempol buat Mba Sri.


beberapa buku resep karya Mba Sri

beberapa buku karya Mba Sri

Sebagai penutup, rasanya nggak afdol yah kalo nggak menuliskan tips memasak mudah dan lezat dari sang pecinta dunia masak. Tips mudah untuk menghasilkan masakan lezat yang bisa diterapkan oleh orang seperti saya atau kamu yang nggak memiliki keahlian dalam dunia masak memasak. Pengen tahu tips memasak mudah dan lezat ala Chef Sri Rahayu? Check this out:
  1. Saat memasak, hilangkan semua pakem dan aturan.
  2. Siapkan bahan masakan sebelum memasak.
  3. Mulailah dengan membaca bismillah (bagi umat muslim) dan dengan perasaan senang.
  4. Hilangkan semua beban dan ketakutan akan tidak enaknya masakan yang kita hasilkan.
  5. Masaklah masakan dengan bumbu-bumbu yang simpel.

Noted. Tapi sepertinya saya masih sering dilanda rasa takut saat memasak nih Mba. Takut kalo masakan saya nggak enak dan nggak dimakan oleh orang di rumah.

Gimana gaes? Udah ada gambaran tentang Mba Sri? Atau tulisan saya ini masih kurang? Kalo tulisan saya ini belum bisa memuaskan rasa keingintahuanmu tentang Mba Sri, boleh kok langsung kenalan dengannya via medsos. Ini nih alamat medsosnya:


Blog : www.istanabundavian.com & www.dapurummufarhan.blogspot.co.id
Facebook : Sri Rahayu
Twitter : @rahayu_sp
Instagram : @sri.rahayu.sp

Tulisan saya tentang Mba Sri saya cukupkan sampai di sini yah, bila kamu masih pengen tahu lebih banyak tentang kehidupan ibu yang hobby masak ini atau pengen belajar resep-resep masakan enak darinya, silahkan kepoin medsos yang udah saya tuliskan di atas.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terimakasih pada Mba Sri yang sudah membuka pikiran saya tentang dunia memasak bahwa memasak itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Sampai jumpa di tulisan saya tentang profil teman blogger lainnya di hari selasa berikutnya. Tulisan saya tentang beberapa teman blogger bisa dilihat di sini.


Sumber tulisan:
percakapan dengan Mba Sri via WhatsApp & Messenger
semua foto yang ada di tulisan ini saya milik Mba Sri yang saya ambil dari sosmednya
http://www.istanabundavian.com/2012/08/memasak-itu-mudah.html


62 comments:

  1. Waw masakannya membuat selera makan saya meningkat, sepertinya ini muantappp sekali mbak dan bagus juga sajiannya mengulas tentang makanan tapi lagi bulan puasa nih mbak jadi takut makruh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, dibacanya setelah berbuka ajah Mas Nurul :)

      Delete
  2. Terima kasih mba Ira.. sesungguhnya semua orang bisa masak tapi kekhawatiran pada hasil akhir masakan acap menjadi penghalang baginya untuk memasak. Padahal memasak adalah sebuah ketrampilan yang kian berhasil saat kita banyak latihan/praktek. Sukses buat Mba Ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sepertinya mulai sekarang saya harung menghilangkan rasa takut itu dan mulai berani mencoba bereksperimen di dapur :)

      Delete
    2. Iya Mba, sepertinya mulai sekarang saya harung menghilangkan rasa takut itu dan mulai berani mencoba bereksperimen di dapur :)

      Delete
  3. Terima kasih mba Ira.. sesungguhnya semua orang bisa masak tapi kekhawatiran pada hasil akhir masakan acap menjadi penghalang baginya untuk memasak. Padahal memasak adalah sebuah ketrampilan yang kian berhasil saat kita banyak latihan/praktek. Sukses buat Mba Ira

    ReplyDelete
  4. Wooww ternyara banyak juga buku resepnys mbak sri rahayu ya mak.kayanya aku yg gagap dapur ni harus berguru sama beliau deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba Muna. Tapi kayanya aku juga harus belajar banyak padamu

      Delete
    2. Mba Muna, yuk berguru bareng sama suhu-nya :)

      Delete
  5. aku gagal fokus sma makanannya mbak. bikin ngeces :P
    *eh puasa :D

    Seneng banget bisa kenal mba Sri Rahayu weheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Khoirur Rohma..eh salah. Udah kenal kok kenalan? Hihihi ayo masak

      Delete
    2. saya juga senang bisa kenal Mba Sri, juga teman-teman lain di kelompok 3 :)

      Delete
  6. kaayaknya saya belum kenal deh sama mba sri ini, langsung meluncur ke blognya deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Santi... hati hati kalau nyebur jangan kelelep yA

      Delete
    2. yuk kenalan Mba, orangnya baik banget loh :)

      Delete
  7. aw aw aw mbk sri kece euy, wktu kecil aja main masak2annya udh bgitu, aku dlu mah apa atuh, cm batu bata diulek dicmpur air ditmbah dedaunan jd rujak deh, wkwkwk
    aku kudu belajar sm beliau nih, secara aku henghong bgdklok soal masak memasak. tengkiu sharenya ya mbk ira, jd kenal sm mbk sri nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Inda.. salam kenal. Wah sama nih kita. Dulu juga pernah tuh masak batu bata yang dihancurin saya ...hmm serunya masa kecil

      Delete
    2. Mba Inda dan Mba Sri sama-sama tinggal di Bali loh, yuk kenalan, siapa tahu bisa kopdar :)

      Delete
  8. Baru tahu nih mbak Ira tentang mbak Sri. Semoga mbak Sri bisa menginspirasi saya untuk ke dapur ya karena saya termasuk yang ngga bisa masak sama sekali, hehe

    Sama mbak Ira, saya juga kalau berniat masak udah ketakutan dulu jangan-jangan ngga enak dan orang rumah pada nggak suka. Mungkin harus lebih pede ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba Anjar kita berwisata di Dapur. Seru loh. Ngga usah takut ngga enak. Rasa takut hanya akan menghambat kreativitas. Kalau ngga enak tinggal tambahin gula atau garam aja biar rasanya seimbang

      Delete
    2. toss dulu Mba Anjar :)
      mulai sekarang ayo kita PD untuk menunjukkan kemampuan kita memasak :)

      Delete
  9. Jd gagal fokus liat masakannya mba Sri,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Alhamdulillah bisa nggodain mba witri.

      Delete
    2. ups, maafkan diriku yang udah membuatmu gagal fokus Mba Witri :)
      sebenarnya sayapun sama, gagal fokus sama makanannya *LOL*

      Delete
  10. waduh, salah timing nih berkunjung ke sini. lagi siang dan puasaaa mbaak. eits tapi ga masalah, aku jadi punya blog resep referensi terbaru nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mba Liza. Yuk tukeran resep. Kalau sekarang boleh kok masak

      Delete
    2. dibookmark ajah alamat blognya Mba :)

      Delete
  11. wahhhhh buku resepnya buanyak
    aku paling suka nih mb ira kalo nyoba nyoba resep baru
    duh jadi pingin mlipir beli buku karya blio

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba Gustyanita . Silakan main main ke fanpage Dapur Sehat Bunda Sri

      Delete
    2. ayo dibeli buku bukunya dan dikunjungi blognya Mba Nita :)

      Delete
  12. Waah..itu makanannya menggodaaaa...
    Buku karyanya ternyata sudah banyak ya Mbak. Keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Makasi mba Levina

      Delete
    2. menggoda iman di bulan puasa ini yah Mba Levina :D

      Delete
  13. Buku ... buku ... ini mata suka ijo kalo liat buku ;)
    Aku juga kadang2 masak, tapi ngga segetol itu yaa
    Salut ama yg rajin masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss ah mba. Aku juga pecinta buku..sebenernya masak buatku itu terapi jiwa

      Delete
    2. Toss ah mba. Aku juga pecinta buku..sebenernya masak buatku itu terapi jiwa

      Delete
    3. sayapun selalu terkagum-kagum sama yang hobby masak Mba Evylia :)

      Delete
  14. Salam kenal mbak Sri...waaa, hebat mbak Sri. Karya2nya dah banyak banget. Aku juga golongan nggak bisa masak. Entah kenapa..klo nyoba2 berdasar resep.. Seringnya jadi produk gagal. Hasil akhir sama yang dimaui jadinya beda :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mba, sayapun beberapa kali nyoba resep tapi jadinya gagal *LOL*

      Delete
  15. sepertinya saya pernah deh beli bukunya mbak....

    ReplyDelete
  16. Wow ternyata mba yayuk seleb sosmed ya. Mantap...tks tulisannya mba ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. mba Ira , Wan Di bisa aja.. seleb di hati anak sendiri. Salam kenal ya

      Delete
  17. Luar biasa ini mbak, berkat review begini saya jadi tau ttg mbak Sri. Emang saya mah orangnya nggak ngerti blogger ya -_-
    Subhanallah, ngeluarin ilmunya berupa buku udah banyak banget lho itu. Salam kenal ya mbak Sri, mudahan saya berkesempatan mampir nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyaknya review teman-teman blogger membuat kita lebih mudah saling mengenal yah Mba Lidha :)
      semoga suatu saat nanti kita diberi kesempatan untuk bertemu teman-teman dari dunia maya ini, amin :)

      Delete
    2. Salam kenal mba Lidha.. saya masih harus belajar... mari mampir ke malang

      Delete
  18. mbak sri memang jago banget masak...
    kalo mudik dan ngumpul sama blogger2 surabaya, suka bawa hasil karyanya
    sukses terus buat mbak berdua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, ternyata Mba Avy sudah pernah merasakan nikmatnya masakan Mba Sri yah?

      Delete
    2. Hihihi..mba Avy yang keren.. aku padamu lah

      Delete
    3. Iya mba Ira.. aku beberapa kali ketemu mba Avy. Salut banget sama ibu satu ini, salah satu blogger kondang di surabaya

      Delete
  19. Aduh, kalo lihat hasil masakan mbak Sri, gak salah deh dengan sebutan buatnya ya mbak, ratu dapur. Foto masakannya bikin ngiler, hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap sekali Mba Wati, "ratu dapur" memang pantas disandang oleh Mba Sri :)

      Delete
    2. Terima kasih.. yuk mampir ke malang

      Delete
  20. Replies
    1. Yup.. bener banget. Rasa takut itu yang membuat kita terhambat

      Delete
  21. duuh itu makanannya yaah Kak, sungguuuhh.. menggoda sekaliii *close tab* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meluncur ke malang mbaa. Kita masak masak

      Delete
    2. Meluncur ke malang mbaa. Kita masak masak

      Delete
  22. ngences deh liat makanannya mba, untung da lewat bulan puasa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah aku juga ngences dengan tulisan mba Milda

      Delete
  23. Bete.. Banyak foto makanan di atas.. Huft.. Akyu kan jadi pengen

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..