MAKANAN KHAS SURABAYA

Sebagai pintu gerbang utama ke Jawa Timur, Surabaya menyebut dirinya sebagai ibu kota pesona. Kota metropolis terbesar kedua di Indonesia, terkenal dengan situs kulinernya, memungkinkan para pelancong untuk menjelajahi lebih dalam makanan lokal. Selain itu, Surabaya memiliki warisan kuliner luar biasa yang telah melegenda selama beberapa dekade. Meskipun kota ini terletak di dekat pantai di mana makanan laut harus menjadi andalan, ada berbagai macam makanan enak lainnya.
 
Yuk ccari tahu mengapa Kota Pahlawan memiliki makanan yang layak untuk dicoba dengan membaca daftar kuliner Surabaya dibawah ini.


🍴 Rawon
Rawon adalah hidangan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia. Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun jika mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Biasanya digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa asam dan bersahaja serta warna hitam gelap yang unik.
 
picc source: www.yummy.co.id

Asal muasal hidangan tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Terutama disiapkan sebagai hidangan saat ada acara, dan rawon ini menjadi favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat tumbuh dalam popularitas. Sekarang makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di menu-menu di banyak restoran tradisional Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal


🍴 Pecel Semanggi
Apakah Anda menyukai sayuran hijau? Anda harus mencoba pecel semanggi, yang merupakan masakan asli Surabaya. Ini adalah jenis salad yang sebagian besar terdiri dari daun "semanggi" yang direbus, tauge, bunga "turi", dan topping saus kacang pedas (saus pecel). Makanan tradisional ini semakin langka, hanya dijual oleh nenek-nenek di jalanan Surabaya. Alih-alih menggunakan sendok, penduduk setempat biasanya menggunakan kerupuk puli untuk mengais makanan.

Taman Bungkul (Pedagang Kaki Lima)
Alamat : Jl. Taman Bungkul, Darmo
Jam Buka : di pagi hari (tidak ada jam pasti)

pic source: Ishmah Irsalina W



🍴 Nasi Bebek
 
pic source: Gabriella Wijaya
Gabriella Wijaya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berburu Bebek Goreng di Surabaya, Ini 4 Pilihan Kedai Nasi Bebek", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2019/09/02/182100627/berburu-bebek-goreng-di-surabaya-ini-4-pilihan-kedai-nasi-bebek?page=all.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Nasi bebek hanyalah nasi putih hangat dengan bebek goreng dan sambal pedas, namun sangat menggugah selera. Disajikan dengan sayuran segar yang disebut “lalapan” seperti kubis, buncis, dan basil Thailand. Anda bisa mencelupkan bebek goreng ke dalam sambal yang pedas. Untuk membuat rasanya lebih enak, gunakan tangan kanan Anda saat memakannya. Ada ratusan restoran nasi bebek di mana Anda bisa mendapatkan makanan enak di seluruh Surabaya.

Bebek Goreng Wachid Hasyim Jemur Sari
Alamat : Jalan Jemursari 17


🍴 Mie Pecun

pic source: https://ksmtour.com/

Apakah Anda pecinta mie pedas? Silakan coba mie pecun. Dalam bahasa Indonesia, pecun adalah singkatan dari Pedas Bebas Racun. Artinya "mie ini super pedas tapi bebas racun". Hidangan ini pada dasarnya menggunakan mi instan sebagai bahan utamanya namun memiliki sentuhan yang berbeda. Bahan tambahan seperti telur dan sayuran hijau dimasak bersama dengan mie.

Mie Pecun
Alamat : Jalan Anjasmoro, Sawahan
Jam Buka : 6 sore sampai 2 pagi

❤️❤️❤️
 
Surabaya tidak hanya terkenal dengan destinasi topnya tetapi juga kulinernya yang luar biasa. Mungkin Anda enggan mencoba makanannya karena beberapa bahan dasarnya terlihat sedikit mengerikan seperti organ dalam, bumbu aneh, dan cabai dalam jumlah banyak. Namun, Anda tidak bisa memiliki opini buruk tentang makanan tersebut jika Anda belum pernah mencobanya. Keistimewaannya memang luar biasa dan sangat direkomendasikan ketika Anda menjelajahi Kota Pahlawan.

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉