KURSUS ONLINE DI SKILL ACADEMY UNTUK PELATIHAN KARTU PRAKERJA

Maret 12, 2021

 

Tak terasa, sudah setahun pandemi covid-19 melanda negara ini. Sejak awal kemunculannya, virus ini sudah membuat banyak perubahan di segala lini kehidupan kita, salah satunya di bidang ekonomi. Banyak yang kehilangan penghasilan karena usahanya gulung tikar, tak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan karena perusahaan tempatnya bekerja sudah tak mampu membayar gaji mereka. Hiks, sungguh kenyataan yang menyedihkan dan sayangnya sampe saat ini si virus tersebut masih belum bisa kita kendalikan.

Masa pandemi memaksa setiap orang untuk "putar otak" agar bisa tetap berpenghasilan. Dan agar tetap berpenghasilan selama berada di rumah, kita tentu membutuhkan skill. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill kita, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online yang banyak ditawarkan situs kursus online.

Program Kartu Prakerja adalah salah satu cara yang bisa dipilih untuk mengembangkan skill dan kompetensi kerja kita. Program pemerintah ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sekaligus memberikan bantuan ekonomi bagi masyarakat terutama untuk korban PHK atau mereka yang terkena imbas covid-19.

Di Program Kartu Prakerja, dengan mengikuti berbagai pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat para peserta akan mendapatkan sertifikat serta insentif sebesar Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan. Selain itu ada juga subsidi pelatihan non tunai sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan online.

Bagi yang berminat mendaftar, berikut ini ada beberapa syarat untuk mendaftar kartu prakerja yang harus dipenuhi oleh calon peserta di tahun 2021 ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal (sekolah/kuliah) dan bukan penerima bansos dari dari pemerintah seperti penerima DKTS, bantuan subsidi upah, dan juga Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro.
  • Bukan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, dan BUMN/D
  • Bukan peserta kartu prakerja tahun 2020
  • Dan setiap KK dibatasi 2 anggota keluarga 

Ada banyak platform kursus online kartu prakerja yang bisa kita pilih sesuai dengan minat kita, di antaranya:

  1. Skill Academy
  2. Pijarmahir.id
  3. MauBelajarApa
  4. Kelas.com
  5. Pintaria
  6. Sisnaker
  7. Dll

Kita tentu tidak mau asal dalam memilih platform kursus ini dong yaa. Kita tentunya menginginkan platform yang terbaik dan menurut saya, salah satu platform kursus online terbaik adalah Skill Academy. Skill Academy adalah platform belajar terbaik untuk program prakerja karena telah dipercaya oleh lebih dari 4 juta pengguna dan berhasil menjadi pemenang google play user choice award sebagai aplikasi pengembangan diri terbaik di tahun 2020 lalu. 


Skill Academy yaitu inovasi terbaru dari Ruangguru, yang merupakan sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang fokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran.

Skill Academy hadir sebagai solusi untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang untuk semua kalangan baik untuk mahasiswa, professional dan umum. Beragam kelas disediakan sebagai persiapan untuk melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan, maupun mengembangkan keterampilan yang dimiliki dengan harga terjangkau.

Lalu bagaimana cara mengikuti program Kartu Prakerja di Skill Academy:

  1. Daftar di www.prakerja.go.
  2. Tunggu verifikasi pendaftaran dari pemerintah
  3. Pilih kelas berlabel Prakerja di skillacademy.com dan klik ambil kelas 
  4. Klik metode pembayaran prakerja dan pilih mitra platform prakerja yang tersedia
  5. Selesaikan transaksi di mitra platform prakerja untuk mendapatkan voucher Skill Academy untuk kelas yang di pilih
  6. Kembali ke skill academy lalu gunakan fitur cari untuk menuju kelas yang dipilih. Pilih ambil kelas untuk kelas yang dipilih
  7. Setelah menyelesaikan pelatihan dan lulus ujian, berikan rating dan komentar di website atau apliaksi mitra platform prakerja tempat pembelian voucher kelas
  8. Tunggu pembayaran insentif dari pemerintah



Menurut saya, Skill Academy adalah platform pelatihan terbaik yang tampilannya sangat mudah dimengerti. Bila dibandingkan dengan Pijarmahir.id, harga kelas di Skill Academy lebih murah. Tampilan situsnya juga lebih rapi sehingga kita lebih mudah mencari materi apa yang hendak kita pelajari.

perbandingan harga di pijarmahir.id & skill academy

 
So, gimana nih? Sudah siap memilih materi pembelajaran untuk meningkatkan skill kamu?

You Might Also Like

0 Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`