Advertisement

ANEKA MASAKAN DARI UDANG DENGAN CITA RASA MENGGODA

Aneka masakan udang cukup digemari. Tak hanya ibu-ibu, para ayah bahkan anak-anak di rumah pun menyukainya karena cita rasa yang dihasilkan gurih dan sedap. Apalagi dalam pengolahannya ditambah dengan rempah-rempah yang semakin membuatnya enak. Berikut beberapa jenis olahan udang yang bisa dicoba di rumah.

🦐 Udang Saus Tiram
Siapa lagi yang tidak mengenal udang saus tiram? Resep yang satu ini dijamin sederhana dengan saus tiram sebagai bumbu utamanya. Cara membuatnya sangat mudah dengan menyiapkan dua siung bawang putih, empat siung bawang merah, dan lima buah cabai merah keriting. Selanjutnya masak sesuai selera

🦐 Udang Tepung
Siapkan setengah sendok makan garam untuk merendam udang yang belum dikupas, lalu simpan selama semalam atau minimal 30 menit. Kupas kulit udang dan rendam di dalam rempah-rempah yang berbahan bubuk ketumbar, lada, bawang putih, dan jahe parut.

Sembari menunggu, buat tepungnya dengan mencampurkan baking powder, lada, gula, garam, dan origano. Baluri udang dengan tepung dan goreng sampai warnanya berubah menjadi keemasan.

🦐 Udang Bakar
Siapkan enam ekor udang kupas atau sesuaikan jumlah dengan kebutuhan. Selanjutnya, taburi dengan lada, garam, dan jeruk nipis supaya amisnya hilang. Lalu bakar sampai matang. 

🦐 Udang dengan Garlic Butter
Siapkan dua sendok makan soften butter dan bersihkan, buang yang tidak dipakai. Bumbui dengan lada, garam, atau sedikit penyedap rasa, kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Tumis bawang putih hingga kecoklatan dan kering, kemudian siapkan wajan berbeda untuk menggoreng udang dengan mentega. Tambahkan gula, masak udang hingga matang pada kedua sisinya. Untuk penyajian, masukkan dua daun ketumbar yang sudah dicincang dan taburkan bawang putih goreng supaya rasa dari salah satu olahan masakan udang ini menjadi semakin nikmat.

🦐 Udang Goreng Oatmeal
Siapkan 500 gram udang pancet yang sudah dikupas, serta 150 gram oatmeal sebagai bahan utama. Campurkan empat sendok makan tepung terigu dengan secukupnya merica, gula, dan garam, kemudian masukkan udang ke dalamnya.

Goreng oatmeal dengan minyak yang sudah dipanaskan dan angkat dengan saringan supaya tidak gosong. Panaskan margarin untuk menumis bawang putih, aduk rata bersama cabai merah, daun jeruk, garam, merica, lalu oatmeal dan udang yang baru bisa dimasukkan.

🦐 Udang Telur Asin
Bumbui 300 gram udang yang sudah dibersihkan dengan secukupnya merica dan garam, kemudian tumis hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Haluskan bumbu dalam food chopper dan tumis dengan lima sendok makan minyak goreng.

Tambahkan kuning telur dan orak-arik selagi menumis. Masukkan santan dan aduk rata bersama bumbu, kemudian beri sedikit lada bubuk dan potongan daun bawang.

🦐 Udang Saus Padang
Aneka masakan udang banyak menyimpan menu-menu populer dan banyak disukai masyarakat, salah satunya udang saus padang. Cita rasa pedas dan gurih dibuat dengan bumbu halus yang terbuat dari tiga siung bawang merah, dua siung bawang putih, satu buah tomat, bawang bombay, dan jahe.

Panaskan mentega untuk menumis bawang bombay, kemudian tumis bumbu halus bersama irisan cabai rawit, satu lembar daun jeruk, saus tiram, dan bumbu penyedap. Masukkan air rebusan udang dengan jumlah sesuai selera, lalu tambahkan udangnya dan masak sampai saus menyusut.

Dari namanya saja, resep aneka masakan udang di atas rasanya sudah menggugah selera dan akan terasa nikmat jika disantap bersama keluarga. Udang sebaiknya dicuci dan benar-benar dibersihkan supaya cangkangnya tidak menimbulkan bahaya.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Macam-macam udang yang menggoda selera banget ini say, kalau saya biasanya digoreng doang, Ama dijadikan campuran lauk atau sayur.

    Padahal banyak varian lain ya, yang udang telur asin tuh kayaknya enak, tapi saya belom pernah coba masak.

    Abisnya di sini udang yang agak gede itu mihil, lebih murah di Buton saya liatnya :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉