WISATA PANTAI DI BALIKPAPAN, SAJIKAN PEMANDANGAN INDAH NAN MEMPESONA

pic source: pixabay.com


Balikpapan adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur yang terkenal sebagai pusat bisnis dan industri. Tidak hanya sebagai pusat bisnis dan industri, ternyata Balikpapan juga mempunyai banyak tempat wisata, termasuk wisata alam seperti pantai.

Hal ini dikarenakan kondisi wilayah Balikpapan yang berbatasan langsung dengan Selat Makassar, sehingga mempunyai potensi pantai yang sangat besar.

Kira-kira apa saja ya pantai yang indah di wilayah Balikpapan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan itu, berikut di bawah ini ulasan singkat tentang tempat wisata di Balikpapan yang menyajikan pemandangan indah nan mempesona.

Pantai Serumpun

Salah satu tempat wisata pantai di Balikpapan yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Serumpun yang berada di Jalan Mulawarman, Lamaru. Pantai Serumpun ini memang sudah sejak lama menjadi tujuan para turis yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan yang indah. Hal ini dikarenakan Pantai Serumpun menyajikan panorama menawan dari perpaduan pantai dengan beberapa pohon yang tumbuh subur di sekitarnya.

Maka, tidak heran jika yang sering berkunjung ke pantai ini adalah para turis pecinta fotografi. Karena keindahan serta banyaknya spot foto instagramable, Pantai Serumpun juga kerap menjadi tempat untuk dilakukannya foto pre wedding.

Pemandangan akan semakin indah ketika senja mulai menyapa, dan pastinya momen tersebut harus diabadikan dengan sempurna dalam sebuah foto.

Pantai Pulau Segajah

Wisata pantai di Balikpapan yang selanjutnya bisa kita kunjungi adalah Pantai Pulau Segajah. Pantai ini juga termasuk dalam salah satu pantai yang sangat terkenal keberadaannya. Apalagi, pantai ini mempunyai nama yang unik dan mudah diingat. Ternyata, tidak hanya namanya yang unik, pantai ini juga memiliki beberapa fenomena yang tidak bisa ditemukan di pantai lain.

Fenomena yang dimaksud tersebut adalah momen ketika air melakukan pasang surut. Di pantai ini, pasang air laut akan terjadi ketika malam hari. Karena Pulau Segajah adalah pulau yang kecil, maka pada saat air laut pasang ini, pulau akan tenggelam dan tertutup oleh air laut.

Oleh karena itulah, waktu untuk berkunjung sangat dibatasi, yakni hanya pada siang hari atau disaat air laut sedang mengalami masa surut. Untuk menikmati sensasi berlibur di Pantai Pulau Segajah yang berada di Bontang Kuala ini, kitaa diharuskan membayar tiket seharga 500k.

Pantai Monpera

Nama Pantai Monpera pastinya sudah sangat tidak asing lagi di telinga para wisatawan yang kerap singgah di Balikpapan. Hal ini dikarenakan Pantai Monpera termasuk dalam salah satu wisata pantai di Balikpapan yang hits dan wajib dikunjungi.

Berbeda dengan wisata pantai sebelumnya, Pantai Monpera ini tidak dikenakan biaya tiket masuk, sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Apalagi, lokasi Pantai Monpera ini juga terbilang sangat mudah untuk diakses, yakni berada di Jalan Jenderal Sudirman, daerah Klandasan Ulu, yang wilayahnya tidak jauh dari kota.

Tenang saja, walaupun wilayahnya dekat dengan perkotaan, Pantai Monpera ini masih menawarkan suasana udara yang sangat alami kok, karena pada dasarnya pantai ini sudah masuk dalam kawasan pedesaan. Selain suasananya yang masih alami, daya tarik Pantai Monpera ini datang dari kejernihan air serta lingkungan sekitarnya yang masih sangat bersih.

Dekat dengan pantai ini terdapat pantai Manggar wisata Balikpapan yang juga menjadi rekomendasi untuk dikunjungi.

Nantinya, saat berkunjung ke sini, kitaa akan disambut dengan pasir putih halus dan pemandangan alam yang sangat mempesona. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera berkunjung ke destinasi wisata di Balikpapan di atas!


4 Comentarios

  1. Pantai memang tempat yang tepat buat refreshing apalagi abis capek-capeknya kerja dan menghadapi udara yang sesak tiap hari. Unik nama pantai Pulau Segajah, pengin kesana sayangnya jauh.

    BalasHapus
  2. wah aku belum pernah ke balikpapan, pengen banget kesana :D semoga tercapai yaa

    BalasHapus
  3. Sudah lama nih gak rekreasi ke Pantai. Kalau mengunjungi suatu kota juga pastinya salah satu tempat wisata yang saya ingin kunjungi adalah pantainya. Dari postingan ini jadi tahu beberapa pantai yg ada di Kota Balikpapan.

    BalasHapus
  4. Balikpapan kota yang Indah semasa merantau kuliah dulu. Tapi mungkin saya kurang bergaul jadinya hanya pernah tahu/pergi ke pantai monpera.. Oh y kalo berkunjung ke Balikpapan mungkin bisa coba ke pantai Manggar dan Lamaru, dua pantai itu menarik juga ramai dan cocok untuk keluarga.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉