3 HAL YANG INGIN SAYA LAKUKAN PADA PUASA HARI PERTAMA DI TAHUN 2022

pic source: pixabay.com

Ramadan sudah tinggal menghitung jam. Tadi baru saja dilaksanakan sidang isbat dan diputuskan puasa hari pertama pada ramadan tahun ini jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Alhamdulillah, tahun ini adalah tahun kedua saya menjalani puasa full bersama keluarga, setelah bertahun-tahun sebelumnya selalu menjalani puasa di tempat terpisah dengan suami. Yap, kami menjalani puasa secara terpisah karena saat itu kami LDR. Namun sejak saya dinyatakan lolos CPNS pada tahun 2020 lalu, kami sekeluarga akhirnya berkumpul dan menjalani ibadah ramadan secara bersama-sama. 

Ada beberapa rencana yang ingin saya lakukan di ramadan tahun ini. Bukan rencana yang wow sih, cuman rencana sederhana saja. Lalu rencana-rencana apa sajakah itu? Seperti yang saya bilang tadi, rencananya sih gak muluk-muluk, cuman membaca alquran dan bisa mengkhatamkannya minimal sekali selama ramadan, bisa shalat tarawih dengan khusyuk dan bisa shalat wajib tepat waktu. Hahaha memang sederhana banget yaa rencana saya. Iya nih saya takut susun rencana yang terlalu sempurna, takut tidak bisa mewujudkannya 😂🙈

Namun sebelum menjalankan rencana saya selama sebulan penuh, saya juga punya rencana kegiatan yang ingin saya lakukan di hari pertama puasa . Inilah  3 rencana itu. Check this out:

1. Membaca alquran sebanyak 1 juz

Setiap ramadan, saya selalu memasang target khatam quran minimal 1 kali. Untuk mencapai target itu, setiap hari minimal saya harus membaca 1 juz. Dan karena 1 ramadan bertepatan dengan hari minggu alias hari libur, berarti saya harus padai "mencuri waktu" di sela-sela kesibukan mengurus bayi agar bisa mencapai target menyelesaikan 1 juz ini karena bila tidak pandai mengatur waktu, besar kemungkinan one day one juz ini tidak akan tercapai. 

Dalam merealisasikan rencana ini, saya akan meminta tolong pada suami untuk "meng-handle" bayi kami yang sedang aktif-aktifnya mengeksplorasi semua sudut rumah. So, doakan semoga saya bisa mencapai target ini yaa di hari pertama ramadan nanti.

2. Shalat tarwih di masjid dekat rumah

Selain menbaca alquran sebanyak 1 juz di hari pertama puasa, kegiatan yang juga ingin saya lakukan adalah melaksanakan shalat tarawih di masjid yang jaraknya ±200 meter dari rumah kami. Untuk shalat tarawih, di ramadan kali ini saya memang tidak berniat melakukannya di masjid selama ramadan. Saya hanya ingin melakukannya di awal, di malam ke-15 dan di akhir ramadan saja.

3. Membuat takjil untuk berbuka puasa

Jujur saja, setiap ramadan, saya jarang membuat takjil untuk buka puasa di rumah. Untuk takjil, saya seringnya membeli di luar atau dikasih mama karena saya memang tidak punya waktu untuk membuatnya. Namun karena hari pertama puasa kali ini jatuh di hari minggu, saya berniat untuk membuat takjil buka puasa.

Namun takjil yang saya buat bukanlah yang wow melainkan yang sederhana saja karena saya bukanlah orang yang pandai memasak, hehehe. Rencananya saya akan membuat es buah atau salad buah, karena kebetulan ada beberapa jenis buah yang bisa dipetik dari halaman rumah yang bisa digunakan untuk membuat salah satu dari dua pilihan itu. Bahan tambahan untuk membuatnya seperti mayonaise, susu kental manis dan keju juga sudah tersedia tanpa harus repot membelinya di luar.

**

Itulah 3 rencana yang ingin saya lakukan pada puasa hari pertama yang jatuh pada tanggal 3 April 2022 nanti. Semoga ketiga rencana tersebut bisa terealisasi, amiiin.

Kalo kalian, apa rencana yang ingin dilakukan di hari pertama puasa lusa, gaes? Yuk share di kolom komentar đŸ˜‰


8 Comentarios

  1. saya tidak ada rencana sedetail ini sih mba, tapi pengennya ramadhan kali ini tetap tarawih baik di masjid atau di rumah minimal 8 rokaat jgn sampai bolong...

    BalasHapus
  2. Nah, mantep nih memang saat bulan ramadan ini waktunya kita meningkatkan ibadah dan kedekatan dengan keluarga. Momen-momenn seperti ini jarang banget terasa, dan suasana kayak ginilah yang pasti dicari saat ramadan.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah kalau tarawih pertama di masjid terlaksana, karena masjid sekitar rumah sudah melaksanakan tarawih berjamaah. Untuk takjil masih nebeng ke masjid hehe. Sementara untuk baca Al-Quran, punya target juga one day one juz, tapi sayangnya belum tercapai, hiks..

    BalasHapus
  4. Saya juga pengen melakukannya mba Ira, kalau buat takjil sendiri belum kalau masak iya hehehe
    aku lagi hamil, jadi libur dulu sholat di masjid tapi sholat sendiri di rumah nggak kuat lama-lama sujudnya imamnya lama soalnya

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, saya kemarin ya sama plek dengan dua rencana mbak. Bedanya, hari pertama saya masih belum puasa. Biasa, kedatangan tamu bulanan.
    Jadinya, saya memasakkan menu dan takjil sesuai permintaan anak-anak. Alhamdulillah banget ^^

    BalasHapus
  6. Kalau aku pas puasa Pertama kemarin pengen sahur di rumah mama dan salat tarawih pertama di mesjid raya. Alhamdulillah kemarin kesampaian rencanaku

    BalasHapus
  7. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, kak Ira.. Kudu banget dibikin planning ibadah agar paling minimal mengerjakan yang sudah di tulisan, tapi kalau ada peningkatan, alhamdulillah.
    Tetap semangat di bulan Ramadan, in syaa Allah pun setelahnya.

    BalasHapus
  8. Samaan kak, aku pun membuat target ODOJ biar khatam alquran selama 30 hari berpuasa. Semoga kita bisa istiqomah ya kak, aamiin

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉