6 CARA MENURUNKAN PANAS PADA ANAK TANPA OBAT YANG CEPAT DAN AMAN

September 04, 2022

 

pic source: pixabay.com

Bunda tentu khawatir kan saat anak sedang mengalami panas akibat demam? Apalagi jika panas yang dialami sampai menyebabkan si kecil kejang atau menggigil. Namun, Bunda tak perlu panik karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas yang dialami anak dengan cepat dan aman.

Panas yang dialami anak karena demam sebenarnya merupakan bentuk respon tubuhnya untuk melawan infeksi virus, bakteri, dan kuman. Meski demikian, saat demam biasanya anak menjadi enggan makan apalagi mengonsumsi obat – obatan. Tenang Bun, coba lakukan pertolongan pertama dengan cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat berikut ini :

1.       Kompres Dan Mandi

Cara pertama untuk menurunkan panas pada anak tanpa obat dengan cepat adalah mengompresnya dengan air hangat atau panas. Meski demikian,  perlu Bunda ketahui bahwa cara ini hanya sementara menurunkan panas.

Mengompres memang bisa menurunkan panas dengan cepat, namun tidak dalam jangka waktu lama. Begitu pun pada beberapa anak mungkin tidak nyaman dengan cara ini sehingga tidak bisa diterapkan.

2.       Mandi Air Hangat

Cara cepat yang kedua untuk menurunkan panas pada anak adalah dengan mandi air hangat. Meski si kecil sedang panas suhu tubuhnya, namun memandikan dengan air hangat mampu membantu menurunkan demam yang dialaminya.

Saat air hangat bersentuhan dengan kulit, maka hal itu bisa membuat suhu tubuhnya menurun. Setidaknya mampu menurunkan kurang lebih 1 hingga 2 derajat celcius selama 20 hingga 45 menit. Jika memandikan dengan air dingin, justru hal itu bisa membuat si kecil menggigil dan meningkatkan suhu tubuhnya.

3.       Memberikan Makanan Halus

Cobalah berikan asupan makanan halus saat kondisi anak sedang tak stabil ! Makanan halus tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk kembali pulih namun juga mudah dicerna oleh tubuh.

Beberapa anak tentu tidak berselera makan saat demam. Meski demikian, Bunda tidak perlu panik dan khawatir karena terdapat beberapa trik untuk mempermudah hal itu. Selain memberikan makanan halus, Bunda juga bisa beri makanan favoritnya.

4.       Hindari Baju Tebal

Saat anak panas, jangan kenakan baju tebal pada anak. Sekalipun ia menggigil kedinginan. Sebab, baju tebal hanya akan membuat tubuh anak kesulitan untuk mengeluarkan panas. Hal itu pun membuat panas yang ada didalam tubuh anak sulit hilang. Sebaiknya Bunda berikan pakaian yang mampu menyerap keringat dan selimut tipis saja.

5.       Minum Air Putih

Memberikan asupan air putih yang lebih banyak pada anak juga bisa membantu menurunkan panasnya. Sebab, air putih memiliki beragam khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Namun, Bunda jangan memberikannya terlalu banyak, cukup berikan lebih sering dari biasanya.

Selain bisa menurunkan panas anak dengan cepat, cara ini juga bisa membantu anak terhindar dari dehidrasi. Namun, jika anak bosan minum air putih, Bunda bisa berikan jus buah sup sayur atau es krim kesukaannya. Atau Bunda juga bisa berikan cairan apapun yang ia suka asal sehat dikonsumsi dan tidak memperparah kondisinya.

6.       Istirahat Cukup

Anak yang sedang panas akibat demam membutuhkan istirahat yang cukup. Tubuh anak akan bekerja keras untuk melawan infeksi saat mengalami panas. Oleh karena itu, anak harus banyak beristirahat.

Cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat yang satu ini ditujukan agar ia tidak bermain hingga kelelahan. Meski demikian, si kecil masih tetap bisa melakukan aktivitas bermain santai seperti mewarnai dan membaca buku.

You Might Also Like

5 Komentar

  1. Ini solusi yang bagus saat anak demam, biasanya si kecil kalau demam nangis mulu butuh langkah pertama seperti ini sebelum membawanya ke dokter. Bisa dipraktekkin, nih, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. kalau anak panas tinggi pastinya Ibu langsung cemas tapi gak boleh panik sih ya harus tenang biar bisa tangani anak dengan baik. Saya juga selalu melakukan hal ini nih saat anak panas tinggi, kecuali mandi air hangat sih yang tidak paling dikompres doang.

    BalasHapus
  3. KAlau anak sakit panas tinggi biasanya langsung panik ya mbak, makasih banyak ini tipsnya. Dulu aku kira pas anak panas harus pakai jaket, ternyata malah harus pakai baju kain tipis ya.

    BalasHapus
  4. Aku kalau sakit atau demam, full minum air putih karena biasanya haus gitu. Terus emang gak udah pakai baju tebal biar keringat keluar

    BalasHapus
  5. Aku kalau sakit atau demam, full minum air putih karena biasanya haus gitu. Terus emang gak udah pakai baju tebal biar keringat keluar

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`