7 TIPS MEMBERI UANG BULANAN KE ORANG TUA

September 28, 2023




Selain pengeluaran bulanan ada juga pengeluaran rutin yang harus diperhitungkan, yaitu jatah untuk orang tua. Sebagai salah satu wujud bakti anak kepada orang tua adalah ketika sudah memiliki penghasilan sendiri maka sisihkan sebagian penghasilanmu untuk transfer uang bulanan kepada orang tua di kampung halaman.

Jika dulu orang tua yang memberikan segalanya untuk membiayai kamu dari kecil hingga mandiri dan memiliki penghasilan. Maka kini saatnya kamu yang memberikan sebagian penghasilanmu untuk uang bulanan orangtua. Meskipun jasa dan pengorbanan orangtua tidak akan pernah bisa kamu balas, namun memberinya uang bulanan akan sedikit mengurangi beban finansial di masa pensiunnya.

Berapa Nilai Ideal Memberi Uang Bulanan Orangtua?

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk nilai minimal yang ideal untuk memberi uang bulanan orangtua. Menurut cermati.com alokasinya bisa 10%-20% sesuai dengan nilai penghasilan yang kamu dapatkan. Intinya nilainya fleksibel, sesuaikan saja dengan kemampuan agar tidak memberatkan finansialmu.

Jika pada perjalanannya kamu mengalami permasalahan pada kondisi keuanganmu dan ingin mengubah nilai uang yang ingin diberikan, maka ceritakan saja pada orangtua. Orangtua pasti dapat memahami kondisimu dan orangtua pasti tidak ingin anaknya menderita.

Ini 7 Tips Memberi Uang Bulanan ke Orangtua Mu



Memberi orangtua memang bukanlah sebuah kewajiban tetapi ini merupakan salah satu cara untuk berbakti kepada orangtua. Namun sayangnya masih ada yang belum bisa memberikan jatah uang bulanan kepada orang tua dengan alasan belum bisa mengatur keuangan. Tenang ikuti tipsnya di bawah ini agar kamu tidak kesulitan memberi uang bulanan pada orang tua:

👍 Sesuaikan dengan Kemampuan

Tidak ada nilai ideal untuk memberi uang bulanan kepada orang tua, semua tergantung pada kemampuan finansial masing-masing orang. Semakin besar pendapatan maka kamu bisa menaikkan nilai uang yang diberikan pada orang tuamu. Ambil saja kisaran antara 10%-20% dari THP gajimu, akan tetapi jika kamu ingin memberi lebih juga lebih bagus, intinya sesuai kemampuan saja.

👍 Mencari Penghasilan Tambahan untuk Uang Bulanan

Jika dengan gajimu saat ini kamu merasa masih belum cukup untuk memberi uang bulanan kepada orangtua, maka artinya kamu harus mencari sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa mencoba kerja sampingan sebagai freelancer tanpa harus mengganggu pekerjaan utamamu, dengan begitu kamu akan mendapatkan dua sumber pendapatan, sehingga bisa memberi uang bulanan kepada orang tua.

👍 Diskusikan dengan Pasangan

Jika kamu sudah berkeluarga wajib hukumnya untuk mendiskusikan hal ini dengan pasangan. Mengapa? Karena semua permasalah keuangan yang ada di dalam keluarga harus diketahui oleh kedua belah pihak, termasuk soal jatah bulanan orangtua. Walaupun yang kamu berikan adalah penghasilan pribadimu, tapi suami harus mengetahuinya agar jika ada masalah bisa membantu mencari solusinya.

👍 Jika Orang Tua Sudah Pensiun Berikan Sesuai Kebutuhannya

Bekerja tidak akan selamanya, pasti kan datang masanya untuk pensiun. nah , ketika orang tua tidak lagi bekerja atau pensiun maka penghasilan mereka adalah 0, apalagi jika orang tua bukan PNS. Maka kewajiban anak-anak adalah memenuhi kebutuhan hidup orang tua. Kamu bisa mentransfer sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan hidup dalam sebulan.

👍 Diskusikan dengan Saudara Jika Ada

Jika kamu bukan anak tunggal maka ajaklah saudaramu untuk berdiskusi perihal pemenuhan kebutuhan bulanan orang tua, terutama jika orang tua sudah pensiun. Hal ini karena kebutuhan bulanan harus ditanggung semua oleh anak, maka kamu bisa saling berbagi dengan saudaramu untuk memenuhi kebutuhan bulanan orang tua agar tidak sampai mengalami kekurangan.

👍 Berikan dalam Bentuk Uang Saja

Memberi kebutuhan berupa sembako bisa saja, namun akan lebih fleksibel jika kamu memberi jatah bulanan orang tua dalam bentuk uang saja. Jika memberi sembako harus dengan bertatap muka atau mengantar langsung, hal ini kurang praktis jika kamu berada di kota yang berbeda dengan orang tua. Maka dari itu akan lebih praktis jika kamu mentransfer uang saja. Transfer uang melalui apa saja bisa dilakukan, bisa melalui akun bank atau e-wallet.

👍 Manfaatkan Layanan Transfer Uang Tanpa Biaya Admin

Untuk lebih berhemat, kamu juga bisa memanfaatkan layanan transfer yang gratis dan tidak meminta biaya admin. Hal ini karena kamu harus transfer setiap bulan, jika harus membayar biaya admin maka akan memberatkan kondisi keuangan. Biaya admin jika ditotal juga bisa lumayan banyak jumlahnya.

Transfer Uang Bulanan Orang Tua Mudah dengan Bank Digital

Jangan pernah lupakan jasa orang tua yang telah berjuang dan bekerja keras untuk membesarkanmu. Apalagi jika orang tua sudah tidak memiliki sumber penghasilan tetap karena sudah purna tugas. Maka kamu sebagai anak seharusnya memberi uang bulanan secara rutin pada orang tua meskipun tidak diminta. Jika rumahmu jauh dari orang tua maka transfer saja uang bulananya ke rekeningnya.

Bagi kamu yang jauh dari rumah orang tua dan sibuk sekali bekerja sampai tidak sempat meberi uang bulanan maka coba gunakan bank digital digibank by DBS untuk transfer tanpa biaya admin ke orang tuamu di kampung. Banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh layanan bank digital ini, yaitu sebagai berikut:

  • Buka Rekening proses 100% digital
  • Verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP & Selfie
  • Tabungan bunga tinggi s.d. 7% (S&K Berlaku) per tahun di 20 dompet
  • Semua transaksi harian dalam 1 aplikasi
Sangat menguntungkan bukan menggunakan digibank by DBS? Memang banyak sekali keunggulan yang bisa dirasakan penggunanya. Untuk merasakan pengalaman transaksi keuangan menggunakan digital banking klik di sini saja.

You Might Also Like

1 Komentar

  1. Benar banget tuh, Kak memang sebisa mungkin disesuaikan saja dengan kemampuan kita. Terima kasih atas tipsnya sangat membantu.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`