2/15/2016

BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENGAMBIL BPKB KENDARAAN DI LEASING SETELAH MASA KREDIT SELESAI


sumber foto: satlantaspolreskampar.com


Blogpost kali ini mau ngomongin sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan saya nih yaitu tentang berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan setelah masa kredit selesai.

Ide ini muncul karena akhir-akhir ini banyak konsumen kantor saya yang telah lunas masa kreditnya namun belum mengetahui hal ini (walaupun syarat-syaratnya sudah ditempel di papan pengumuman kantor), akibatnya mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk mengambil berkas yang menjadi syarat pengambilan BPKB ini. Bagi yang rumahnya dekat sih tidak masalah, tapi bagi yang rumahnya jauh, pasti merepotkan dong? Tidak jarang mereka baru bisa datang kembali pada keesokan harinya.

Jadi menurut saya mungkin bagus juga jika saya menulisnya di blog ini, sekalian nambah postingan blog yang baru beberapa biji padahal udah pertengahan februari ^________^


---

FYI, bahwa setiap konsumen yang melakukan pembelian kendaraan bermotor secara kredit melalui perusahaan pembiayaan (leasing) maka BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dari kendaraan yang di kredit itu akan ditahan oleh pihak leasing sebagai barang jaminan dan BPKB tersebut baru akan diberikan saat masa kreditnya selesai.

---

Gaes, adakah diantara kamu yang sedang melakukan kredit kendaraan bermotor? Jika ada, apakah masa kreditnya masih lama? Kalo masa kreditnya tinggal beberapa bulan lagi ada baiknya kamu mulai menyiapkan beberapa berkas/dokumen yang dibutuhkan untuk mengambil BPKB kendaraan kamu nanti.

Pada saat mengambil BPKB yang berada di perusahaan pembiayaan, konsumen biasanya diminta untuk menyiapkan beberapa berkas atau dokumen yang menjadi syarat pengambilan BPKB, yang mana syarat tersebut hukumnya wajib untuk dipenuhi, jika tidak maka BPKBnya tidak akan diberikan walaupun seluruh kewajiban konsumen sudah dilunasi.

Jadi bukan hanya pada saat melakukan kredit saja kamu menyiapkan berkas-berkas pendukung yah gaes, saat lunas pun masih ada beberapa berkas yang harus disiapkan walaupun memang tidak sebanyak waktu pertama kali kredit sih..


Berikut ini beberapa berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan agar kamu tidak bolak-balik karena lupa membawa salah satunya:

  • Fotokopi tanda pengenal (KTP/SIM) yang masih berlaku
Ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Jika tidak, BPKB kamu tidak akan diberikan. Oleh karena itu jika masa kredit kamu sebentar lagi berakhir, sebaiknya segera urus KTP/SIM (jika KTP/SIM kamu hilang) atau segera perpanjang masa berlaku KTP/SIM kamu (jika tanda pengenal tersebut sudah kadaluarsa).

  • Siapkan kwitansi pembayaran terakhir
Walaupun tidak semua perusahaan pembiayaan memberlakukan syarat ini, tapi ada baiknya kamu membawa kwitansi pembayaran terakhirmu saat mengambil BPKB.

Kwitansi pembayaran terakhir akan memudahkan petugas leasing dalam mencari namamu di database mereka, karena bisa jadi nama yang kamu miliki sama dengan nama pemohon lain. Dengan membawa ini, waktu yang diperlukan untuk mencari namamu menjadi lebih cepat. Semakin cepat namamu ditemukan maka akan semakin cepat juga BPKB sampai di tangan kamu.

  • Siapkan fotokopi STNK/Pajak kendaraan
Ini juga penting untuk disiapkan dan menjadi syarat yang harus dipenuhi. Jika STNKnya hilang, maka kamu harus melampirkan surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian.

Mengapa fotokopi STNK penting untuk diberikan pada saat pengambilan BPKB? Karena nomor rangka, nomor mesin dan semua data dari kendaraan yang kamu kredit yang tertera di STNK akan dicocokkan dengan data yang ada di BPKB. Jika kamu tetap tidak mau memberikan fotokopi STNK, maka pihak leasing tidak akan bertanggung jawab jika terjadi perbedaan data antara STNK dan BPKB (karena yang mengetik semua data di STNK & BPKB adalah manusia yang tidak luput dari salah, tidak jarang terdapat perbedaan data antara STNK & BPKB).

Jika saat pengambilan BPKB itu diketahui terdapat perbedaan data, biasanya pihak leasing akan membantu proses koreksi BPKB kamu. Mereka akan mengembalikan BPKB kamu pada dealer untuk kemudian dilakukan perbaikan di kantor SAMSAT. Jangan khawatir prosesnya cepat kok, karena pihak leasing akan selalu memantau dan memfollow up perkembangan BPKB kamu. Dan dalam melakukan hal ini pihak leasing tidak akan meminta bayaran alias gratis.

Jadi itu alasannya mengapa fotokopi STNK/Pajaknya harus dilampirkan saat pengambilan BPKB. Semua itu untuk kebaikan konsumen kok.

  • Jika yang mau mengambil BPKB bukanlah pemohon (dalam hal ini dikuasakan pada orang lain), maka orang yang mengambil harus membawa surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,- yang di tandatangani oleh pemohon. Jangan lupa lampirkan fotokopi KTP/SIM pemberi dan penerima kuasa. Tanda pengenalnya harus yang masih berlaku yah.

  • Jika pemohonnya sudah meninggal dunia, maka siapapun yang akan mengambil BPKB kendaraan harus membawa kartu keluarga pemohon dan surat keterangan kematian pemohon dari kelurahan atau catatan sipil. Akan lebih baik jika yang mengambil itu masih memiliki hubungan keluarga dengan pemohon seperti pasangan atau anak-anaknya.

Itulah beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk mengambil BPKB di leasing setelah masa kredit selesai. Jika semua berkas itu dibawa pada saat pengambilan BPKB, tidak sampai 15 menit BPKB kendaraannya akan mendarat cantik di genggaman kamu.

Oh iya, pengambilan BPKB itu gratis yah gaes, jadi kamu tidak perlu membayar biaya apapun. BPKB sepenuhnya akan menjadi hak pemohon jika seluruh kewajibannya telah dilunasi. Pihak leasing tidak akan mempersulit pengambilan BPKB dengan catatan semua syarat yang saya sebutkan di atas dipenuhi oleh konsumen. Mudah kan?

Semoga informasi ini bermanfaat


53 comments:

  1. Terakhir kmrn ambil bpkp mobil *asiiiik lunas*
    Yang lama antriannyaa.
    Alhamdulillah berkasnya lengkap jd gak bulak balik.
    TFS mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Mbak Ophi, akhirnya lunas :D
      kalo lagi banyak yang mengambil biasanya memang lama antrinya Mbak :)

      Delete
  2. Wah besok saya akan mengikuti trik tips diatas jika mengurus BPKB ya mbak, supaya tidak kelupaan dan tertinggl kelengkapan berkasnya

    ReplyDelete
  3. Apalagi kl harus nyebrang pulau ya gara2 lupa berkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak konsumen kami yang seperti itu Mbak, lupa berkas padahal rumahnya jauh, harus menyebrang lautan dengan biaya yang tidak sedikit :(

      Delete
  4. wah pas banget nih, 2 bulan lagi kreditan motor mau selesai. Makasih infonya mbak..salam kenal

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah kredit motor, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekedar info buat yang saat ini sedang kredit kendaraan Mbak Anisa, semoga saja berguna bagi yang membacanya :)

      Delete
  6. Klo urusan birokrasi gini, agak malas hehe tapi belum punya kendaraan bermotor jadi baru tau ini mbaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nantinya Mbak Suci kredit kendaraan di leasing pasti akan bertemu dengan urusan ini Mbak :)

      Delete
  7. Alhamdulillah sudah beres beberapa bulan yang lalu ni mbak Ira :)

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat pasti. Tapi alhamdulillah bpkb nggak pake ditangan leasing dulu...langsung dari dealer. Ngambil plat malah yang lama jadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik, belinya langsung cash yah Mbak :)

      Delete
  9. Kurang dua bulan lagi cicilannya, oke deh dicatat tipsnya, hehehe

    ReplyDelete
  10. prosesnya cepat asal kita bisa memberikan surat-surat lengkap ya mbak

    ReplyDelete
  11. Kalo yang punya diluar pulau apa harus tunggu sampai orangx pulang.mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pake surat kuasa Mas, tapi surat kuasanya harus ditandatangani oleh pemohon di atas materai rp. 6.000,-

      caranya: si pemohon membuat surat kuasa yang menyatakan bahwa ia memberi kuasa pada orang lain untuk mengambil bpkb kendaraannya, kemudian bertanda tangan dan mengirimkan surat kuasanya kepada penerima kuasa, selanjutnya penerima kuasa bertanda tangan dan membawa surat tersebut ke leasing. Bila sudah ada surat kuasa, pihak leasing akan memberikan BPKBnya (jangan lupa melampirkan fotokopi ktp pemohon & fotokopi stnk kendaraannya)

      Delete
  12. Halo Mbak, terima kasih infonya. Oh iya, motor saya kredit waktu itu pemohonnya ibi saya tapi STNK atas nama saya. Kl kasusnya begitu gimana ya? Pake KTP ibu lalu bikin surat kuasa atau bisa saya ambil langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba Utame :)
      kalo kasusnya seperti itu, yang mengambil BPKB-nya harus Ibu Mba Utame, tapi kalo Ibunya gak bisa dan Mba Utame yang mau ambil, maka harus pake surat kuasa yang ditandatangani Ibu Mba Utame dan dibubuhi materai Rp. 6.000,- (jangan lupa lampirin KTP ibu Mba Utame yah) :)

      Delete
  13. Asslmuallkum. Mba irawati hamid
    Ini sy punya angsuran mtr di bank FIF di daerah cikrang
    Jd bln ini sudah mau lunas angsuran yg ke 29bln.
    Pertanyaan sy ini
    Klo mtr sudah lunas dan bpkb nya blm di ambil slma kurang lbh 2bln apakah bpkb trsbut aman aman saja apa gmn mba ya.. mslah ny KTP ku msa berlaku nya habis.. jdi nunggu KTP ku yg masi aktv..tolong di jelasin nya mba. Mksh bnyk wasallam wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Mas Rahmat Perdana :)
      Saya kurang tahu bagaimana peraturan di FIF karena setiap leasing memiliki kebijakan sendiri dalam menyimpan BPKB kendaraan konsumennya. Tapi setahu saya, insyaallah aman kok Mas karena BPKB tersebut disimpan di dalam brankas :)

      kalo bisa segera diurus KTPnya Mas, atau bolehlah pakai SIM :)

      Delete
  14. Siang mba.. Kalo ambil bpkb tapi alamat ktp saya berbeda dengan alamat ktp sewaktu ambil kredit,bisa gak? Di ktp yg dulu hanya tertulis nama perumahan dan nomer rumah saja,tidak pake blok. Rencana nya dlm waktu dekat ini saya mau benerin ktp. Mohon info nya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang Mas :)
      boleh kok, asalkan data-data seperti nama dan tempat tanggal lahir masih tetap sama dengan data di ktp waktu pertama kali mengambil kredit :)

      Delete
  15. Siang mbak ira,mau tnya nie,bulan ini kredit motor sya lunas sya mau proses pngmbilan BPKB,tapi wktu pmbelian pakai KTP paman,jdi apa yg perlu sya lengkapi prsyratannya y?? Thanks😃😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamar malam Mas :)
      kalo saat pengambilan motornya pake nama paman maka yang harus ngambil itu harus pamannya, tapi kalo Mas Freddy yang mau ambil BPKBnya boleh pake surat kuasa bermaterai 6rb yang ditandatangani oleh pamannya.

      jangan lupa bawa ktp asli pamannya yah :)

      Delete
  16. mbak, aku leasing di FIF, lunasnya bulan agustus 2015. Belum sempet ngambil BPKP sampe skrg, STNK hilang baru inget sama BPKB. yang mau aku tanya, kalo ngambil BPKB gak pake STNK bisa gak? Trus Pembayaran terakhirnya aku via transfer. Nah, buktinya juga udah hilang. Kalo pake rekening koran boleh gak ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa buat surat keterangan kehilangan STNK di kepolisian Mba :)
      terus untuk kwitansi pembayaran boleh bawa rekening korannya (jangan lupa bawa kwitansi pembayaran sebelumnya)

      Delete
  17. MBA, saya kehilangan surat pelunasan terakhir apa bisa saya mengabil bpkb?

    ReplyDelete
  18. Aku ada denda sekitar sejuta Krn dl sering telat bayar, tp angsuran lunas udah 2 tahun,krn blm bisa bayar denda sampe sekarang blm bisa ambil BPKB.
    Rencana bulan besok mau bayar denda sekalian ambil BPKB,
    Apakah denda yg sejuta itu berbunga ya mbak,
    Apakah sulit nanti prosesnya,
    Mksh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk denda yang belum terbayarkan itu tidak akan berbunga Mba/Mas, jadi kalo misal dendanya sejuta yah tetap bakalan sejuta :)

      Kalo di kantor saya prosesnya mudah koq, asal saat pengambilan BPKBnya jangan lupa bawa ktp dan stnknya yah :)

      Delete
  19. kalo misal belum bayar pajak kendaraan bisa gak ya??

    ReplyDelete
  20. makasih infonya mba..ne bulan ini alhadulillah selesai kredit kendaraanya..

    ReplyDelete
  21. Mat pagi mbak Ira,,kalo pajak motor blm bayar apakah bia ngambil BPKB nya mbak?? Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi :)
      BPKB bisa diambil walau belum bayar pajak kendaraan asalkan konsumen sudah melunasi seluruh utangnya (angsuran dan denda)

      Delete
  22. saya baru teringat ni Mbak ... kalau BPKB saya blm diambil ditempat leasing.. sdh sktar 4 bulan. apakah masi amaan jika tdk diambil selama itu mbak ????

    ReplyDelete
  23. Selamat pagi mbak, sy meneruskan cicilan mbl punya teman dan mau dilunasi,tapi teman sdh pindah kota dan ganti ktp gimana cara ambil bpkbnya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampirin aja fotokopi ktp temannya, kan hanya alamatnya toh yg berubah, tempat tanggal lahirnya gak berubah kan? jangan lupa lampirin no. hp temannya agar pihak leasing bisa langsung berkomunikasi dengan teman mas Hery

      Delete
    2. lampirin aja fotokopi ktp temannya, kan hanya alamatnya toh yg berubah, tempat tanggal lahirnya gak berubah kan? jangan lupa lampirin no. hp temannya agar pihak leasing bisa langsung berkomunikasi dengan teman mas Hery

      Delete
  24. selamat sore mba.. mau tanya klw mau ambil bpkb tapi motor sya atas nama org lain dan org itu sudah tdk bisa dihubungi lagi pas kerumahnya ttggnya bilang dya sdh pindah rmah dan gak tau skrg tinggal dimna.. sdngkan dalm pngmbilan bpkp kan harus ada surat kuasa dan ktp aslinya... bagaimana solusinya yah apkah bpkb motor sya bisa diambil atw tdak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. waah kalo seperti itu agak susah Mbaa, coba ke leasing-nya dulu tanyakan langkah apa yg harus diambil.. soalnya yg harus ambil Bpkb memang harus pemohon

      Delete
  25. malam mba.. nanya dong.. angsuran motor saya kan sdh lunas.. mau ambil bpkb ga bisa alasan nya harus pakai surat kuasa si pnjamin sementara alamat dan nama stnk ats nma saya mba, memang dulu pas mau ambil motor di jamini oleh orang laen.. masalah nya saya tdk pernah bertemu/berkomunikasi dgan si penjamin motor tersbut.. mohon penjelasan nya biar bpkb bisa di ambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg boleh ambil Bpkb itu bukan penjamin, yg harus ambil Bpkb itu pemohon jadi gak ada hubungannya sama penjamin..

      Delete
  26. Selamat siang mbaa
    aku mau lunasin sekarang motornyaa
    Kalo pake surat kuasa nya ngambilnya dimana yahh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibuat sendiri Mbaa, isinya adalah pemohon memberi kuasa kepada orang lain utk mengambil Bpkb di leasing. di dalam surat kuasa jg disebutkan no. rangka, no. mesin kendaraannya yaa :)

      Delete
  27. Selamat Mba, motor Aku udah Lunar dari sekitar tahun 2014. Baru mau ambil Bpkbnya sekarang.. Apakah Bisa ?
    Terus surat kuasanya tulis tangan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan sudah lunas, terserah kapan pun mau diambil Bpkb-nya :)
      Kalo Mba Jecklin adalah pemohon, gak perlu pake surat kuasa kok.

      surat kuasa itu boleh ditulis tangan boleh juga diketik

      Delete
  28. Assalamualaikum bu ira, mau nanya kalo angsuran sudah selesai tapi belum bisa ambil bpkb, di kwitansi pembayaran terakhir ada stempel tulisannya "apabila bpkb belum diambil setelah lunas, dikenakan biaya administrasi" itu biayanya berapa ya? Saya googling di internet katanya cuma seribu, itu seribunya biaya penitipan dalam jangka waktu sebulan bpkb belum diambil atau seribu rupiah per hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam Mba, wahh saya baru tahu loh kalo ada biayanya soalnya di kantor saya gratis jadi saya gak tau berapa biayanya

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..