2/01/2016

CARA ALAMI MENDAPATKAN RAMBUT HITAM, LEBAT & BERKILAU BAGI ANAK BAYI/BATITA


Gaes, pernahkah kalian melihat anak bayi atau batita yang memiliki rambut yang hitam, lebat dan berkilau? Rasanya senang banget yah melihat anak-anak dengan rambut seperti itu. Bagi sang mama tentu ada kebanggaan tersendiri saat memiliki anak dengan rambut yang hitam berkilau.

Rambut bukan hanya menjadi mahkota bagi orang dewasa, anak kecilpun akan terlihat semakin menggemaskan bila memiliki rambut yang hitam, lebat dan berkilau. Iya kan??

Saat lahir anak saya memiliki rambut yang bisa dibilang tipis. Ketika usianya menginjak dua bulan, saya melihat rambut tipisnya itu perlahan-lahan rontok sehingga membuat rambutnya semakin tipis. Sebagai mahmud abas alias mama muda anak baru satu, tentunya saya bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi dong??

Saya pun bertanya pada mama dan mertua tentang hal ini namun mereka kompak menjawab bahwa memang begitulah adanya dan itu adalah hal yang normal yang terjadi pada rambut bayi sehingga saya tidak perlu cemas memikirkannya. Mendengar jawaban tersebut saya sedikit lega dan tidak mempertanyakan hal itu lagi.


Hingga usia wahyu menginjak tiga bulan dan rambutnya menjadi semakin tipis. Saya semakin resah, gelisah dan galau #halah lebay. Melihat kegelisahan saya, ada teman mertua yang kebetulan sedang berkunjung ke rumah menyarankan agar rambut Wahyu dibotakin saja supaya bisa tumbuh rambut baru yang lebih lebat. Menurut beliau rambut bawaan dari dalam kandungan itu sebaiknya segera dicukur sebelum bayi berusia empat bulan. *saat itu saya lupa menanyakan alasannya mengapa harus seperti itu*

rambut wahyu di usia 1 bulan & hampir 3 bulan

Mendengar saran tersebut, saya dan suami memutuskan untuk mengikutinya. Kami pun mencari tukang cukur yang bisa mencukur rambut bayi yang berusia tiga bulan dan rasanya senang banget karena ternyata ada teman suami yang sudah berpengalaman melakukan hal ini.

Setelah rambut Wahyu dicukur habis, ± satu minggu kemudian rambut Wahyu mulai tumbuh dan memang terlihat perbedaan volume rambut antara sebelum dan sesudah dicukur. Setelah dicukur, rambut yang tumbuh memang lebih banyak dari yang sebelumnya.

Ternyata untuk mendapatkan rambut tebal, hitam dan berkilau pada anak bayi itu tidaklah sulit, kita bisa mendapatkannya dengan cara yang sederhana dan cukup mudah.

Oh iya, ada beberapa cara alami yang saya ketahui bisa membuat rambut bayi/batita menjadi lebat, diantaranya:

-       Cukur habis rambut bayi (botakin)
Ketika bayi berusia tiga bulan atau ketika lehernya sudah mulai kuat dan tegak untuk menopang kepalanya, sebaiknya rambutnya segera di cukur habis/botak karena setelah dibotakin biasanya rambutnya akan tumbuh lebih lebat dari rambut bawaan saat dia lahir. Ini terbukti pada anak saya, setelah dicukur volume rambut baru yang tumbuh lebih banyak dibandingkan rambut bawaan saat dia lahir.

Jika setelah dicukur belum menunjukkan tanda-tanda akan lebat, sebaiknya ulangi lagi kegiatan cukur mencukur ini. Teman saya bahkan sampai tiga kali melakukannya baru kemudian mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang dia inginkan.


rambut wahyu diusia 4 bulan


-        Oles pakai minyak kemiri
Cara ini dilakukan oleh teman suami saya. Untuk mendapatkan rambut dan alis yang lebat, hitam dan berkilau ia memakaikan minyak kemiri pada anaknya. Caranya adalah setelah rambut anaknya dicukur, ia oleskan minyak kemiri. Sebaiknya gunakan minyak kemiri yang dibuat sendiri. Caranya bakar kemiri hingga menghitam dan mengeluarkan minyak. Oleskan minyaknya di tempat yang diinginkan. Jika menginginkan rambutnya menjadi lebat dan berkilau, maka oleskan pada kulit kepala tapi jika menginginkan alis yang tebal, maka oleskan minyak kemiri tersebut pada alis. Insyaallah rambut dan alisnya akan tumbuh dengan lebat dan hitam berkilau.

-        Pakai santan kelapa
Pakaikan santan kelapa pada rambut bayi saat sedang mandi. Cara pakainya sama seperti saat memakai shampoo. Santan kelapa ini selain dapat melebatkan rambut juga bisa digunakan untuk menghaluskan kembali kulit bayi yang bersisik karena gatal-gatal/biang keringat loh. Santan kelapa sangat ampuh meluruhkan sisik pada kulit bayi.

Caranya basuhkan santan kelapa pada rambut dan badan bayi yang kulitnya bersisik. Lakukan setiap hari, dengan pemakaian yang teratur insyaallah kulit bayi akan menjadi halus kembali dan rambutnya tumbuh dengan lebat. Karena santan kelapa ini bersifat licin, bagi para ibu yang menggunakan metode ini harus hati-hati yah, jangan sampe bayinya terlepas dan tergelincir.


Itulah beberapa cara alami yang kami (saya dan beberapa teman) pakai untuk mendapatkan rambut lebat, hitam dan berkilau bagi anak-anak kami. Cara yang cukup mudah dan sederhana kan..

rambut Wahyu sekarang

Mungkin teman-teman punya cara lain untuk membuat rambut anaknya menjadi lebat? Share di kolom postingan yuk J J

Disclaimer: Cara yang saya tuliskan ini belum teruji secara ilmiah yah gaes, jadi hanya berdasar pada pengalaman pribadi dan beberapa teman yang secara kebetulan berhasil menggunakan metode ini J J hasilnya juga bergantung pada gen orang tua, anak yang dihasilkan oleh orang tua berambut tipis kemungkinan besar hasilnya akan berbeda dengan anak yang memiliki orang tua yang berambut lebat.

35 comments:

  1. Replies
    1. minyak kemiri yang dibuat sendiri atau beli yang sudah jadi Mbak??

      Delete
  2. senyumnya Wahyu manis banget. Sekarang tambutnya hitam lebat ya. bagus

    ReplyDelete
  3. anakku di botakin terus pas bayi, sekarang suburnya minta ampun, sebulan bisa 2 kali cukur karena cepat panjang heheh. bagus artikelnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak, semoga artikelnya bermanfaat :)

      Delete
  4. Iya nih nyesel wkt anak ke2 ga dicukur abis soalnya pusing nyari tkg cukur bayi ga dapet2 karena sy stres ngerjain smua sndiri jadi raissa rambutnya tipis :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan ada teman suami yang sudah berpengalaman mencukur rambut bayi, jadinya anak saya dicukur sama dia :)

      Delete
  5. wah rambut anaknya bikin iri :( kata mamaku dulu sama nenek banyak dipakein minyak kemiri segala jenisnya, tapi tetep aja rambutku warnanya coklat gitu sampe pas SMP berkali-kali dicat item karena ditegor guru terus, padahal rambut asli :( pas udah gedean pake kerudung malah baru -kata temen-temenku- tebel dan much better :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh senangnya punya rambut cokelat, dari dulu saya pengen punya rambut berwarna cokelat tapi gak punya nyali mau warnain :)

      Delete
  6. minyak kemiri ya mak, mau coba juga ah buat bayiku :) makasih sharenya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak, semoga bermanfaat yah :)

      Delete
  7. Alhamdulillah, dulu sering dibotakin. Hasilnya, keriting tampan. Ahhay...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahay, jadi penasaran pengen lihat ketampanannya :D

      Delete
  8. Kalau anak saya dua2nya memang dibotakin dr bayi Mba.. Setidaknya di umur selapan/35 hari. Ada sunnahnya juga kan, utk mencukur habis rambut bayi lalu menimbangnya, lalu berat rambutnya itu dikalikan senilai emas. Dan dari nilai itu kita sedekahkan utk orang yg kurang mampu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget Mbak :) tapi saya baru berani mencukur rambut anak saya saat lehernya kuat untuk menopang kepalanya :)

      Delete
  9. Dulu anakku sampe cukur 3x. Katanya sih biar lebat, ternyata emang iya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya cara ini belum teruji secara ilmiah sih, tapi ternyata banyak yang melakukannya dan berhasil, hehe :) :)

      Delete
  10. Sama ga ya caranya buat orang dewasa? :D

    ReplyDelete
  11. iya mbaakk, kata orang tua di keluargaku bayi harus dibotakin dulu biar tumbul lebat, trus rajin2 dikasih minyak rambut khusus bayi. aku jadi penasaran sama alis berlaku juga gak yaa hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dioles pake kemiri yang dibakar itu manjur loh Mbak, soalnya anak teman suami alisnya jadi tebal saat dioles minyak kemiri (dari hasil bakar kemiri) :)

      Delete
  12. Mbak, ini juga jd problem aku waktu anak2 bayi. Masalahnya anak pertama aku perempuan, jd cuma dibotakin sekali. Itu aja numbuhnya lama. Klo dibotakin lagi, takut gak numbuh lagi. Hehehehe.. Bundanya agak lebay. Soalnya perempuan mbak.. Klo bisa di kuncir gitu kan lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bayi dibotakin pasti numbuh kok Mbak :)

      Delete
  13. Anakku yang cewek juga tipis mbak..yang udah aku coba pake lidah buaya ma diolesin pke daun pare yang pahit. Blm nyoba kemiri.. Dulu nyoba hair lotion, nggak ngefek

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh,daun pare yah Mbak?? gimana caranya?

      Delete
    2. Daun muda..diremes2..trus dioles ke rambut anak mbak..

      Delete
    3. bisa dipraktekin nih kalo punya baby nanti :)

      Delete
  14. Wah si ade rambutnya bagus gitu ya mak. Aku alhamdulilah anak ga pake apa-apa mak rambutnya, mungkin karena pas hamil banyak makan kacang hijau..
    makasih ya mak, nanti saya share ke temen yang galau anaknya rambutnya tipis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak,katanya kalo ibu hamil rajin makan kacang hijau nanti rambut anaknya akan lebat :)

      Delete
  15. Dulu, 24 tahunyang lalu, gadis kecil saya lahir dengan rambut tipis, padahal saya berambut tebal. Cara sama dengan langka-langkah mbak, yang pasti minyak kemiri memang berkhasiat nyata, saya oles juga di alisnya, alhamdulillah, rambutnya tebal dan hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :)
      ternyata Mbak Een sudah duluan mempraktekkannya :)

      Delete
  16. saya baru tau kalau santan kelapa juga bisa digunakan mbak, taunya minyak kemiri aja, dulu Alfi juga botak pas masih bayi, sekarang tumbuh dengan sendirinya

    ReplyDelete
  17. Caranya sama.. tapi kayaknya dikasih minyak kemiri yang sudah botolan warna hijau itu.. hasilnya?menurut sy rambut saya tipis, kalau kata orang salon rambut saya tebal.. hehe..

    Tapi kalau alis sih no doubt.. tipiiis.. hahah

    ReplyDelete
  18. ka alinga dulu babynya jg botak undul rambut tipis...selain minyak kemiri, aku coba pake seledri juga.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..