4/24/2016

INI DIA 10 LAGU INDIA FAVORIT VERSI www.irawatihamid.com


Hai gaes, gimana kabar kamu hari ini? Pastinya baik-baik saja kan? Oh iya, di hari minggu ini enaknya ngomongin apa yah? Yang pasti harus yang ringan-ringan dong. Masa iya, di hari bersantai bersama keluarga ini  harus diisi dengan topik yang berat-berat, jangan dong ah..

Sembari menikmati liburan, ngomongin lagu ajah yuk. Tapi lagu yang akan saya omongin ini bukanlah lagu biasa. Yup, lagunya adalah lagu india. Wait wait, jangan buru-buru mengernyitkan alis dulu. FYI, banyak kok lagu-lagu dari film india yang asyik untuk didengar. Walau saya nggak mengerti apa arti yang terkandung dalam lirik lagu yang dinyanyikan, tapi saya suka banget mendengarkan alunan suara penyanyinya.

Beberapa waktu yang lalu pernah saya tuliskan bahwa selain pecinta drama korea yang masih amatiran, saya adalah seseorang yang sangat menyukai film india. Dan sebagai pecinta film india, rasanya sangat wajar bila saya juga menyukai lagu-lagu yang dinyanyikan dalam setiap film india yang saya tonton.



Dalam sebuah film india, tari dan lagu adalah dua hal yang akan selalu kita temukan. Film india tanpa lagu bagaikan taman tanpa bunga, bagaikan sayur tanpa garam, rasanya hambar cuyy.

Sebenarnya sama ajah dengan drama korea sih yang selalu menyelipkan lagu pada adegan tertentu, hanya ada sedikit perbedaannya, kalo di drama korea, kita hanya akan mendengarkan sebagian lagu pada sebuah adegan yang mampu mengaduk-aduk perasaan penontonnya sedangkan pada film india, lagu yang dinyanyikan itu utuh dan menjadi adegan penting di dalam film.


Tapi yang akan saya omongin ini bukanlah membandingkan dua hal yang saya sukai tersebut. Sesuai judulnya, kali ini saya hanya akan menuliskan sepuluh lagu favorit dari film india yang saya sukai yang menghiasi playlist lagu di komputer kantor, laptop dan juga handphone saya yang menemani saya beraktivitas. Ini dia kesepuluh lagu tersebut:

1. Jaane Mujhe Kya Hua (Ost: Baazi)
Lagu ini saya tempatkan di urutan pertama karena ia adalah lagu india pertama yang saya dengar. Saya lupa persisnya tahun berapa saya mendengar lagu ini, tapi sepertinya saat itu saya masih kelas 6 SD (mungkin awal tahun 1997). Saat itu belum banyak orang yang menyukai film india.

lagu india favorit
foto: saavn.com

Adalah tetangga saya yang baru pulang dari tanah rantau yang membawa pulang sebuah kaset yang berisikan lagu-lagu dari film Baazi ini. Setiap hari ia memutar lagunya dengan suara yang lumayan kencang hingga terdengar sampai ke rumah kami. Karena sering mendengarnya, perlahan-lahan saya mulai menyukainya.  Walau ada beberapa lagu di dalam kaset itu, tapi lagu inilah yang paling saya sukai.

Lagu ini berhasil membuat saya penasaran untuk menyaksikan film india. Sejak mendengarkan lagu ini, setiap pulang sekolah saya berkelana ke rumah tetangga yang memiliki televisi hanya untuk menonton film india. Tau nggak, saya baru benar-benar menyaksikan film Baazi saat saya kelas dua SMP (sekitar dua tahun setelah mendengar lagunya). Film Baazi ini diperankan oleh Aamir Khan dan Mamta Kulkarni.


2. Khushiyan Aur Gham (Ost: Mann)
Ini adalah salah satu lagu yang terdapat dalam film Mann, film yang diperankan oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala (sepertinya dari dulu saya memang sudah menyukai Aamir Khan). Lagu ini dinyanyikan saat mereka berdua sedang menyaksikan pertunjukkan opera. Mereka berkhayal kalo merekalah yang berperan di atas panggung itu. sebuah pertunjukkan yang memerankan kisah sepasang kekasih yang saling mencintai namun gak bisa bersatu. 

lagu film india favorit
foto: wikipedia

Mendengar lagu ini, seolah-olah saya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh sepasang kekasih di film itu. Lagunya memang terdengar mendayu tapi justru karena itulah saya menyukainya.


3. Tum Hi Ho (Ost Aasiqui 2)

Lagu ini sangat popular di kalangan pecinta film india. Hampir semua teman saya yang menyukai film india juga menyukai lagu ini. Iramanya yang indah sangat cocok dinikmati di segala suasana. Saya suka banget sama suara Arijit Singh di lagu ini, suaranya seolah berjodoh dengan lagunya hingga bisa membuat orang yang baru pertama kali mendengar lagu ini akan langsung menyukainya. 

lagu film india favorit


4. Tujh Mein Rab Dikhta Hai (Ost Rabne Bana Di Jodi)
Ini adalah salah satu lagu yang ada di film Rabne Bana Di Jodi. Lagu ini mengalun saat pemeran utama wanita di film itu (Taani) menyadari bahwa ternyata selama ini ia mencintai suaminya (sebelumnya, sepanjang pernikahan mereka, ia merasa nggak bahagia dan terpaksa harus hidup bersama suami yang nggak dicintainya). Adegan saat Taani menyadari bahwa laki-laki yang dikirimkan dewa untuknya ternyata adalah suaminya sangat menyentuh dan mengaduk-aduk perasaan saya. Aih, betapa sabarnya sang suami menantikan luluhnya hati sang istri. Saya suka banget sama akting Shahrukh Khan dan Anushka Sharma di film ini.

film india favorit

Entah mengapa saat mendengarkan lagu ini saya seolah bisa merasakan bagaimana perasaan Taani dan Surinder, suaminya.


5. Kaise Mujhe (Ost Ghajini)

Lagi-lagi ini adalah lagu dari film yang diperankan oleh Aamir Khan (Sanjay Singhania). Di film ini dia berpasangan dengan Asin (Kalpana). Mendengarkan lagu ini saya seolah bisa merasakan apa yang dirasakan oleh Kalpana dan Sanjay Singhania. Lagunya mengandung aura kesedihan tapi entah mengapa saya suka banget dengan lagu ini. Lagu ini mengalun saat mereka akan berpisah. Kalpana menemui Sanjay pada tengah malam buta untuk mengantarkan sejumlah uang kepada Sanjay yang akan berangkat menemui ibunya yang sedang sakit.

film india favorit

Perpisahan mereka yang diringi lagu Kaise Mujhe ini seolah menyiratkan bahwa itu adalah pertemuan terakhir mereka. Lagu ini menyiratkan seolah mereka nggak punya kesempatan untuk bertemu kembali, hiks sedihnya L L


6. Meri Aashiqui (Ost Aashiqui 2)

Special untuk film Aashiqui 2, ada dua lagu yang saya sukai di film ini. Yang pertama adalah Tum Hi Ho dan yang kedua adalah lagu ini. Suara Arijit Singh dan Palak Muchhal terdengar sangat renyah di telinga saya.


7. Mere Haath Mein (Ost Fanaa)
Aha, lagi dan lagi lagu yang saya sukai ini adalah lagu dari film yang diperankan oleh Aamir Khan, filmnya berjudul Fanaa. Di film ini ia berpasangan dengan Kajol. Lagu ini dinyanyikan oleh Zooni (Kajol) & Rehan (Aamir Khan) tepat setelah pernikahan mereka. Pernikahan yang dilangsungkan setelah tujuh tahun berpisah dan melewati banyak cobaan. Saya suka lagu ini karena romantis banget bo, hihihi J J

 

8. Tujhe Dekha To Yeh Jaana Sanam (Ost Dilwale Dulhania Le Jayenge)

Ini adalah lagu dari film yang dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Kajol. Pada masanya, lagu ini sangat popular dan saya sangat menyukainya.


foto:www.amazon.in

9. Teri Meri (Ost Bodyguard)


Sama seperti Jaane Mujhe Kya Hua, saya lebih dulu mendengarkan lagu Teri Meri ini baru kemudian menonton filmnya. Pertama kali mendengar lagu ini adalah saat suami saya sedang memutar salah satu aplikasi handphone yang mana musik dari aplikasi itu adalah lagu ini. Saya suka sama lagu ini sejak pertama kali mendengarnya. Beberapa bulan kemudian saya mendengar lagu ini  mengalun indah dari kamar tetangga kost yang saat itu sedang menyaksikan film Bodyguard yang diperankan oleh Salman Khan dan Kareena Kapoor.

10.  Saans (Ost Jab Tak Hai Jaan)

Saat menonton film Jab Tak Hai Jaan yang diperankan oleh Shahrukh Khan dan Katrina Kaif, saya akan me-rerun adegan saat lagu ini dinyanyikan. Entah mengapa saya menyukai kemesraan pasangan ini di lagu ini. Menurut saya romantisnya “dapat” banget di lagu ini.


jab tak hai jaan


Wiih, tulisannya jadi panjang gini. Semoga kalian gak bosan membacanya yah. Melalui postingan yang sudah lebih dari seribu kata ini, sebenarnya saya hanya ingin menyampaikan satu hal. Saya hanya ingin bilang kalo sebenarnya lagu-lagu dari film india itu banyak juga yang bagus-bagus untuk didengarkan loh,, gak percaya? Coba ajah dengarkan salah satu lagu yang saya tuliskan di atas J J

Sampai jumpa di tulisan berikutnya dan selamat menikmati hari libur kalian yah gaes J J

38 comments:

  1. Whoaaaa...
    Jaman kuliah ada masa-masanya aku suka nonton film India tuh, tapi gak pernah bisa hapal nama2nya...

    Tahunya sih cuma Sharukh Khan sama Kabi Kushi Kabbi Gam doang bhahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. KKKB emang bagus Teh, berkali-kali nonton air mata ini tetap ajah tumpah.. :)

      Delete
  2. Sya suka fanaa, enak di dengernya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan hanya filmya yang bagus yah Mba, lagunyapun nyaman di kuping, hihihi :D

      Delete
  3. Dari semua lagu itu yang aku tau cuma Tujhe Dekha To Yeh Jaana Sanam (Ost Dilwale Dulhania Le Jayenge). Shahrukh khannya masih muda sekali ya disituuuu. Hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Dian, SRK di situ emang masih muda banget, rilisnya tahun 1995 sih :)

      Delete
  4. ai Mba, aku jd pengen joget2 nih

    aku nonton India sesekali di MNC TV, kadang ampe malam ya baru kelar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, Mba Milda jadi pengen joget-joget :)
      kalo sekarang saya malah malas nonton di tv Mba, kebanyakan adegannya udah di cut sama pihak TV-nya, jadi udah gak seru lagi..

      Delete
  5. Sama sekali belum pernah aku menonton filmnya. Terasa asing semua. Apalagi lagunya, jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, wajar sih Mas kalo cowok gak suka film india, suamiku ajah biar ta' paksa dia tetap ajah ogah :)

      Delete
  6. Saya juga suka bingit film dan lagu-2 India, mbak Ira. Tapi yang tahu judulnya paling kuch kuch hota hai karena lagu itu booming sekali ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, tos dulu Mba Anjar, sesama pecinta film dan lagu india nih :)
      Kuch-Kuch Hota hai emang film india sejuta umat yah Mba :)

      Delete
  7. dan film india lagi. Ini jaman saya masih SD, setiap hari emak nontonnya india melulu :(

    ReplyDelete
  8. Hmm lagu india memang menenangkan hati dan berasa mirip penyanyinya gitu, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  9. Aku suka yang Rabne Bana Di Jodi. Rasanya kayak plot Korea dalam budaya India. Walaupun nyamar jadi dancer terasa rada lebay, tapi yang penting happy ending, wkwkwk..
    Tapi kalo film India yang bener2 aku kepoin sampe ke lagunya emang cuma Kuch2 Hota Hai sih, kasian banget ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Della, yang penting happy ending :) (tapi kebanyakan film india memang happy ending sih dan mungkin karena itulah saya suka film india *penganut paham happy ending garis keras*)

      kalo film yang saya suka biasanya lagunya saya kepoin Mba :)

      Delete
  10. dari 10 lagu favorit diatas saya lebih senang melihat para artisnya cantik cantik banget, kayanya blasteran eropa semua deh, bener ngga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Kajol sepertinya asli India Pak *CMIIW* tapi aktrisnya emang cantik-cantik sih, hehe :D

      Delete
  11. Hwaa jadi inget temen kampus. Dia suka muter lagu india di kelas hebehe

    ReplyDelete
  12. Aku suka filmnya, kalo lagunya gak terlalu sih

    ReplyDelete
  13. banyak lagu India yang merdu didengar jugak.

    ReplyDelete
  14. Mb ira,, aku sempet bingung yang nyanyi di film india kan suaranya sama semua yah, itu pemain filmnya yang didubbing apa nyanyi sendiri ya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dubbing lah Mba Nita :)
      penyanyinya itu kadang udah emak-emak loh, tapi suaranya minta ampun deh :)

      Delete
  15. Sekarang lagu india yang bagus2 jarang yah, terlalu erotis video clipnya .

    ReplyDelete
  16. Wah, sampai sebegitu hafalnya nih dengan lagu India. Harus belajar dari mba Ira, aku ngertinya cuma kuch-kuchi hotahe. Bener gak sih nulisnya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuch Kuch Hota Hai Mba Wati :)
      mungkin karena suka jadi seolah gampang ajah disebut, hihihi :D

      Delete
  17. aku gak hafal mbak, beberapa aja film aja yg aku tonton

    ReplyDelete
  18. Dah lama aku gak nonton film India,

    ReplyDelete
  19. aku juga suka lagu Tujh Mein Rab Dikhta Hai , itu liriknya dalem banget ya. aku melihat tuhan dalam dirimu. scene yang taani nya ngebatalin buat kabur dari suami nya juga menyayat banget, "aku melihat tuhan pada dirinya, bagaimana mungkin aku pergi dari tuhan" hahaha >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya Mba Febi, kata-kata Taani yang itu memang dalem banget..
      saya justru meleleh dengan sikap Surinder yang penyabar itu, huhuhu

      Delete
  20. Pas baca ada kata India, saya langsung klik judulnya tanpa pikir dua kali. Hehehe. Ketauan deh suka nonton india.

    Kalau saya suka Tum Hi Ho. Beda lagi kalau Mama di rumah, setia dengan Khushiyan Aur Gham ost.man. hehe

    ReplyDelete
  21. udah nonton film Sahrukh Khan terbaru? Dari thrillerna aja bikin baper hehehe

    ReplyDelete
  22. udah nonton film Sahrukh Khan terbaru? Dari thrillerna aja bikin baper hehehe

    ReplyDelete
  23. Mak Iraaaa, dikau membuat kita bergoyang, haha. Ini yang dari jadul ampe yang baru ya, ya ampun. Saya nggak ngerti judul lagu, apalagi india, seringnya pas nonton ya bagus semua, hahaha

    ReplyDelete
  24. Langsung buka youtube Saans wkwkwk *penggemar Katrina detected

    ReplyDelete
  25. Waaaaahh, ini baru nemu blogger yg suka india. Saya jg suka bgt film & lagu india mbak. Baca tulisan ini jd berasa punya teman sehobi yg baru. Hehee

    ReplyDelete
  26. sukak sama no 2 dan 8 .... bikin baper kalo liat film nya

    ReplyDelete
  27. Kyah... aku paling suka sama lagunya tumhiho + meri ashiqui mbak Ira :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..