MASA-MASA SEKOLAH DASAR YANG MENYENANGKAN

by - Oktober 21, 2015


Hari minggu kemarin saya menyaksikan anak saya “Wahyu” sedang asyik bermain bersama teman-temannya di pekarangan rumah. Melihat mereka yang sangat asyik bermain, sejenak saya termenung dan mengingat kembali masa kanak-kanak yang dulu pernah saya lalui. Masa-masa yang sangat indah yang telah saya lewati kurang lebih dua puluh lima tahun silam. Tidak terasa ternyata masa-masa indah itu sudah sangat lama berlalu.

Flashback ke masa itu..

Kehidupan masa kecil saya sangat normal dan bahagia. Saat itu saya sangat senang bermain, bergaul dan menemukan teman baru. Saya adalah anak yang sangat aktif dan senang belajar sehingga saat papa mendaftarkan saya ke sekolah dasar rasanya sangat membahagiakan.

Masuk sekolah adalah impian saya saat itu karena di sekolah saya bisa belajar banyak hal dan pastinya lebih leluasa bergaul dan menemukan teman baru. Tidak heran jika setiap pulang sekolah saya tidak pernah langsung pulang ke rumah, yang saya lakukan adalah bermain bersama teman-teman di rumah salah satu teman saya.


Suatu hari saya pernah membuat mama dan papa resah karena sudah jam satu siang (saat itu murid kelas satu SD pulang jam 10 pagi dan pulangnya tidak dijemput oleh orang tua) tapi saya belum juga pulang ke rumah.

Papa datang mencariku ke sekolah dan bertanya pada wali kelas dan guru-guru yang saat itu masih ada di sekolah namun mereka mengatakan bahwa seluruh anak kelas satu sudah pulang ke rumahnya masing-masing sejak jam 10 pagi. Guru-guru pun menyarankan agar papa mencariku ke rumah teman-teman yang lain.

Syukurnya kami tinggal di desa sehingga papa mengenal hampir semua orang tua teman-teman saya di sekolah. Papa mulai mencari saya di setiap rumah teman-teman saya dan ketika berhasil menemukan saya, papa memutuskan agar tempat “nongkrong” saya dan teman-teman dipindahkan di rumah kami saja. Walhasil setiap pulang sekolah rumah selalu ramai dengan kedatangan teman-teman saya.
 
Ada banyak permainan yang kami lakukan setelah pulang sekolah, diantaranya main petak umpet, main boneka, main rumah-rumahan dan main masak-masakan. Namun dari semua kegiatan itu, kegiatan yang paling kami sukai adalah bermain masak-masakan.

Hal ini disebabkan karena di belakang rumah papa punya kebun kecil yang ditanami sayur-sayuran, ubi jalar, jagung dan beberapa jenis tanaman lainnya. Menu favorit yang kami masak adalah ubi dan jagung rebus. Sebagai anak kelas satu SD tentunya sangat membahagiakan bisa memasak ubi jalar dan jagung yang kemudian bisa dinikmati secara bersama-sama.

Kini saya hanya bisa tersenyum saat mengenang masa indah itu. Memang benar bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang sangat indah dan penuh warna, masa dimana yang dilakukan hanyalah bermain dan bersenang-senang tanpa harus terbebani oleh berbagai macam pikiran dan masalah layaknya orang dewasa.

Saat melihat Wahyu dan teman-temannya bermain, saya menyadari satu hal bahwa ternyata tingkahnya kini sangat mirip denganku dua puluh lima tahun silam. Wahyu mewarisi sifat saya sewaktu masih kanak-kanak dulu, dia sangat senang bergaul dan bermain bersama anak-anak tetangga maupun anak-anak lain yang baru ditemuinya, dia tidak pernah merasa takut atau malu untuk lebih dulu berkenalan dan mengajak mereka bermain, persis seperti saya dulu..

Wahyu & Mamanya ^_______^


Tulisan ini Diikutsertakan Dalam Pena Cinta First Giveaway


You May Also Like

38 komentar

  1. Mmg ya..banyak cerita kenangan wktu kcl yg bisa ditulis, pengen ikutan GA ini jg ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak :) ayo ikutan Ga-nya DL-nya hari ini :)

      Hapus
  2. Hihihihi foto masa kecilnya imut :)

    BalasHapus
  3. Hee,,, masa kecil emang menyenangkan banget mbak...
    tanpa mengenal beban pikiran sma sekali. pengennya bermain-main.
    heee

    salam kenal ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mbak rohma, terimakasih telah berkunjung :)

      Hapus
  4. Saya juga suka main masak-masakan, Mbak. Tapi masaknya gak beneran, seadanya. Pernah waktu itu masak daun singkong trus tempat masaknya bekas kaleng susu. Jadi aromanya asyik2 gimana gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang-kadang main masak-masakannya juga gitu mbak, tapi kalo masak jagung dan ubi jalar kami memakai panci beneran :)

      Hapus
  5. memang ya masa SD itu menyenangkan karena banyak mainnya :)

    BalasHapus
  6. Masa-masa kecil dulu memang menyenangkan ya. Aku dulu habis pulang sekolah juga mainan dengan anak2 tetangga yang sebaya, main petak umpet, engklek dll :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ternyata mbak lianny pun sama dengan diriku, pulang sekolah langsung main dengan teman-teman :D :D

      Hapus
  7. masa kecil memang sangat menyenangkan ya mbak Ira...
    saya mau kembali kesanaaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa yang menyenangkan dan penuh warna mbak Anjar :)

      terimakasih sudah mampir dan memberi komentar :)

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Baca ini jadi inget masa kecil... Suka mandi di sungai, tapi pulangnya nunggu baju kering dulu soalnya takut dimarahi ibu, hehe...
    Btw cakep anaknya mbak, imut- imut bgt... pengen njawil pipinya, hehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pujiannya mbak arie :)
      terimakasih juga sudah mampir dan memberikan komentar :)

      Hapus
  10. Hmmm anak kecil jaman sekarang beda banget sama jaman dulu, dulu sering banget main di sawah, di sungai di manapun asal bisa nyenengin oke oke ajah. Kalau sekarang mah anak kecil ajah mainannya udah smartphone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang beda banget mas, kalo anak-anak jaman dulu gak mengenal smartphone :)

      terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar :)

      Hapus
  11. wah asyik banget ada kebun di belakang rumah

    BalasHapus
  12. Dulu SD pulang cepat, ya. Pulang jam 1 tuh rasanya udah lamaaa banget. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, pulangnya jam 10 pagi :)

      Hapus
  13. Seru ya mengingat masa kecil. Wahyu seneng ya banyak temanya di rumah. Terima kasih sudah mampir ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah banyak anak tetangga yang seumuran mbak :)
      terimakasih juga sudah mampir :)

      Hapus
  14. Halooo, Mak Ira dan Wahyu. Salam kenal yaaa. Baca ini jadi kangen masa-masa SD, di mana problematika terberat hanya mikir belajar Matematika. Hahaha. Sekarang mah ada aja ya yang dipikir. Anak lah, tagihan listrik lah, blablabla. Hadeuuh. Terus kangen nya lagi, dulu tuh bahagia gampang banget. Cukup dengan tiba2 guru ada rapat lalu kita dipulangkan. Atau nonton film vampir cina di rcti bahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo juga mami ubii :)
      iya mak masalah terberatnya hanya belajar mate-matika :D

      Hapus
  15. Yah, Telat lombanya.
    itu main masak2annya, masak benaran malah...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, jadinya masak benaran :)

      Hapus
  16. Wuhaha..kangen masa kecil dulu, sepertinya sekarang jarang liat anak2 yg main petak umpet, rumah-rumahan dari tanah *beralih ke gadget*

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kecil memang nganenin yah mbak :)

      Hapus
  17. Duhh jadi inget masa kecil. Apalagi pas suka hujan-hujanan pulang sekolah, sepatu dimasukin kresek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu masih kecil dulu saya juga gitu mbak,pulang sekolah hujan-hujanan dan sepatunya dimasukin ke kantong kresek :)

      Hapus
  18. ngobrolin masa kecil memang ga ada habisnya ya mba. Main petak umpet dan lainnya, menjadi permainan yang menyenangkan.

    Terima kasih sudah ikutan

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉