CARA MUDAH MENGHILANGKAN JERAWAT BATU

by - Mei 05, 2019


Bila ditanyakan apa yang membuat rasa percaya diri wanita tertanggu? Salah satu jawabannya mungkin adalah munculnya jerawat di wajah. Wanita mana yang gak bete saat terkena jerawat? Semua pasti bete lah yaa bila terserang jerawat, apalagi bila jerawatnya besar dan merah, atau jerawat batu.

Bagi wanita, jerawat batu terasa sangat mengganggu penampilan. Makanya, saat jerawat batu nongol di wajah, para wanita berusaha sekuat tenaga untuk mengatasinya mulai dari cara alami hingga lewat jalur medis dengan mengunjungi dokter kecantikan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat batu secara alami? Berikut ini 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu:

#Baking Soda
Baking soda dapat digunakan untuk mengatasi jerawat batu yang muncul di wajah kita. Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu siapkan setengah sendok teh baking soda, sedikit garam dan tambahkan sedikit air sampai menjadi campuran yang sedikit kental. Oleskan campuran tersebut pada area yang terdapat jerawat batu dan dibiarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air dingin. Campuran baking soda ini juga bermanfaat menghilangkan minyak yang berlebih pada daerah yang diolesi. Hal ini tentu akan mencegah munculnya jerawat batu pada kulit wajah lebih lanjut. 

#Kentang
Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat batu pada kulit wajah yaitu dengan menggunakan kentang. Kandungan alkali di dalam kentang bisa menyingkirkan minyak penyumbat pori-pori pada kulit sekaligus bisa mengatasi jerawat batu pada kulit wajah. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni iris kentang mentah hingga menjadi setengah bagian. Setelah itu gosokkan pada kulit wajah yang berjerawat batu dengan memakai potongan kentang tersebut.

Selain dapat dipotong, kita bisa juga menggunakan cara lain yaitu jus kentang. Kita bisa mengoleskan kentang yang sudah diblender pada bagian yang terdapat jerawat batu pada kulit wajah kita, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

#Madu
Seperti kita ketahui bersama bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Dalam dunia kecantikan, madu juga bisa dipakai untuk mengatasidan menyembuhkan jerawat batu. Madu mengandung antiseptik yang berfungsi membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Seperti baking soda dan kentang, cara menghilangkan jerawat batu dengan madu juga sangat mudah yakni hanya menjadikan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu. Setelah rutin memakai masker madu, insyaallah jerawat batu yang kita alami bisa sembuh sehingga wajah kembali mulus.

#Bawang Putih
Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Ada beberapa cara yang dipakai untuk mengatasi jerawat batu dengan bawang putih, cara pertama adalah dengan haluskan 3 siung bawang putih. Oleskan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu basuh wajah dengan air bersih. Cara kedua, blender 2-4 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan tambahkan sedikit air. Lalu aplikasikan tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci muka dengan air bersih

#Putih Telur
Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan putih telur adalah kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

**

Itulah 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi jerawat batu yang menyerang wajah kita. Bahan-bahannya cukup mudah didapatkan yaa :)

Apakah kamu punya cara lain untuk mengatasi jerawat batu, gaes? Yuk bagi tipsnya di kolom komentar :)

You May Also Like

28 komentar

  1. Aku akan coba satu-satu sampai nemu mana yang paling cocok soalnya lagi bandel banget nih jerawat gak kempes dan gak tumbuh malah mengitam mungkin ya ini si jerawat batu itu. Huaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  2. Bawang putih? Huhuuu dihaluskan pastinya pedih deh kena kerawatnya. Tp kl utk kesembuhan sih gakpapa, kan?

    BalasHapus
  3. Wajah saya hampir gak pernah jerawatan. Tetapi, saya tetap baca artikelnya karena punya 2 anak yang udah mulai remaja. Wajah mereka udah mulai jerawatan. Mudah-mudahan sih jarang jerawatan juga. Tetapi, kalaupun sampai jerawat batu, setidaknya saya tau solusinya apa

    BalasHapus
  4. Ahahha, ini masalah aku, jerawat batu banyak di dekat kening ya , dan memang bandel. Aku kapok kalau ke dokter karena perih

    BalasHapus
  5. Noted nih triknya. Kl bunda mah jerawat dah gak mau mampir di wajah bunda, krn dah banyak wironnya, hehe, tp trik ini utk my grandsons.

    BalasHapus
  6. Perempuan lebih rentan berjerawat kayaknya, ya? Ngelihat laki-laki yang kayaknya perawatannya biasa saja pun jarang jerawatan. Mungkin pengaruh biologis, ya, beda laki-laki dan perempuan.

    BalasHapus
  7. Wah kebeneran nih Kayla lagi jerawatan parah, maklum lah mulai abg dan perubahan hormon hehe. Aku udah suruh dia untuk rajin cuci muka, tapi sekalian pake tips tradisional ini jugak deh biar makin kinclong hehe

    BalasHapus
  8. Syukurnya sekarang udah jarang berjerawat mungkin produksi minyak di wajah udah berkurang kali ya mbak hehe. Kalau jaman kuliah senangnya pakai putih telur langsung keras dan bersoknya pecah hehee..

    BalasHapus
  9. Wah noted nih tipsnya. Walopun belom pernah dapet jerawat batu, tapi tahu banget gimana ngeselinnya jerawat batu ini. Kakakku dulu sering banget kena jerawat batu.

    BalasHapus
  10. Kalau aku berjerawtnya pas mau haid aja itu pun bukan batu. Tapi kalau dapet jerawat batu pasti bikin kesel ya mbak, untung deh ada 5 bahan alami ini yang bisa mengatasi jerawat batu

    BalasHapus
  11. Nah..tips nya bisa dipraktekkan ke keponakanku nih.. maklum ABG, jerawatnya bandel2 oi.. TFS mba..

    BalasHapus
  12. Waaah bisa dicoba ini mbak, anakku jerawatnya merajalela setelah di sunat, mungkin kalau diobati secara alami bisa sembuh.... terimakasih tips nya mbak bisa dipraktekkan di rumah.

    BalasHapus
  13. Wah jerawat batu nih jadi momok untuk banyak orang. Untung ada pengobatan alaminya ya mbak Ira

    BalasHapus
  14. Terima kasih tipsnya mbak. Untuk kulit sensitif mungkin perlu dipertimbangkan memakai backing soda ya. Sebab anakku kulitnya malah melepuh setelah memakai backing soda.

    BalasHapus
  15. Kalau wajahku termasuk normal kering jd jarang banget jerawatan... Tp sesekali suka juga bs nih kalau tiba2 muncul.

    BalasHapus
  16. Waah makasih tipsnya, saya memang jarang berjerawat tapi kalau mau haid suka muncul jerawat batu, cuma satu sih tapi sembuhya lama dan nyut-nyutan banget

    BalasHapus
  17. Kak Iraa..
    Aku masalahnya milia, mirip-mirip jerawat batu.
    Bisa pakai bahan-bahan alami di atas jugakah?

    BalasHapus
  18. Wah bisa ya bahan2 itu mbak? Suamiku dulu ada jerawat batu besar, hilangnya pas konsumsi herbalife haha :D
    Pas itu dia diet trus minum itu eh jerawatnya mengempes. Jd kyknya pengaruh jg dr lemak kyknya yaaa

    BalasHapus
  19. Ternyata menghilangkan jerawat batu bisa dengan bahan-bahan alami saja ya Mbak. So bermanfaat banget nih tipsnya.

    BalasHapus
  20. mungkin karena type kulitku cenderung normal berminyak jadi ga pernah kena jerawat batu ya? tapi aku sempet anjurkan teman utk diuapin aja dulu wajahnya pake air hangat sering2, siapa tau pori2nya jadi mbuka dan jerawat batunya lembek akhirnya bisa keluar.

    BalasHapus
  21. Kalau masalahku itu jerawat batu
    sering singgah di punggungku Mba wkwkwk
    sama mas suami dikerik gitu sakit lah ya
    ternyata sekarang ada cara ini untuk bisa bersihkannya asik coba ah

    BalasHapus
  22. Emang bener banget,jerawat itu bagi perempuan mengganggu banget, apalagi jerawat batu. Belum lagi bekasnya juga mengganggu penampilan. Kalau ada bahan2 alami seperti ini yang bisa mengatasi jerawat batu pasti membantu sekali. Mudah didapat pula ya

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah bgt nih, gak dikasih jerawat batu. Tp ada bbrp temen yg jerawatnya jenis ini,aq share ke mereka ya tipsnya Mba

    BalasHapus
  24. Apparently we have so many natural ways to work on that acne problem. But I haven’t really tried them

    BalasHapus
  25. Saya juaraaaang banget jerawatan, kecuali kalau sedang menstruasi. Dan pernah sekali dua kali kena jerawat batuuu, duuuuhhh.... sakitnyaaaa.... next time bakal nyoba tips dari Mbak Ira deh....

    BalasHapus
  26. Sewaktu gadis dulu andalanku untuk jerawat batu itu jeruk nipis mbak, entah kenapa perih pedih tapi berhasil..skrg sih udh ga pernah jerawatan lagi, efek hormonal hamil dan melahirkan keknya hahaha

    BalasHapus
  27. Jerawat batu emg ngeselin,biasanya aq muncul saat mau mens. Dr tips diatas aku yg pernah coba pakai baking soda.

    Seringnya Aq maskeran pakai :
    Bakingsoda+vco di kulit jd moist

    BalasHapus
  28. aaku nih suka jerawat batu kalau lagi haid, trus menghitam hiks..
    makasih banyak tips tip snya mbakkk
    aku mau coba dlu satu persatu mudah2an cocok sama madu ya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉