7 CARA AMPUH MENGHILANGKAN BAU MULUT

by - Mei 04, 2019

pic source: pixabay.com
Bau mulut atau napas tak sedap adalah permasalahan mulut yang seringkali membuat seseorang yang mengalaminya tidak percaya diri. Kebanyakan orang akan beranggapan jika terjadinya bau mulut yang tak sedap ini dikarenakan beberapa hal yang mereka konsumsi seperti bawang dan kopi. 
Tetapi tahukah kita, penyebab munculnya bau mulut ini tidak hanya karena makanan yang dikonsumsi saja? Ada faktor lain yang jadi penyebabnya seperti gigi berlubang yang sudah menahun, pencernaan yang buruk, sembelit atau masalah pada usus yang seringkali disebabkan oleh aroma dari makanan apapun yang baru saja kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi tidak tercerna dengan baik sehingga akan menghasilkan acid reflux, yeast overgrowth atau fermentasi, yang biasnya kita sebut dengan bau mulut atau napas yang tidak sedap.
Menderita napas tak sedap tentu akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari karena akan menurunkan rasa percaya diri saat bertemu orang lain. Kita tentu tak ingin berlama-lama mengalami hal ini dan ingin segera menghilangkannya.
Lalu apakah ada cara menghilangkan bau mulut secara alami yang ampuh dan cepat? Tentu ada, berikut beberapa cara ampuh dan cepat untuk menghilangkan bau mulut diantaranya yaitu :

#Makan Permen Karet Alami Rasa Mint
Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap adalah dengan mengkonsumsi permen karet rasa mint. Kenapa harus rasa mint? Karena bakteri yang ada didalam mulut dapat memakan kandungan gula yang ada didalam permen karet tersebut, sehingga nantinya akan dihasilkannya asam didalam mulut. Hingga akhirnya nafas menjadi segar kembali.

#Sikat Gigi & Lidah Minimal 2X Sehari
 Kalau yang ini tentu semua orang sudah tahu yaa. Sikat gigi minimal 2X sehari setelah makan dan sebelum tidur bisa menjaga kesehatan gigi kita dari bau tak sedap. Jangan hanya sikat gigi, sebaiknya setelah sikat gigi lidah juga ikut dibersihkan agar bakteri yang masih menempel di lidah bisa ikut dihilangkan.


#Mengkonsumsi Air Perasan Jahe
Sejak dulu jahe dikenal baik untuk kesehatan, mengkonsumsi jahe tidak hanya akan memberikan rasa lega ditenggorokan saja tetapi juga dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Yang perlu diakukan adalah cukup mencampurkan parutan jahe dengan air hangat. Kemudian air perasan jahe tersebut digunakan sebagai obat kumur. Agar mendapatkan hasil maksimal lakukan cara ini secara rutin.

#Berkumur Dengan Cuka Apel Dan Air
Cara lain untuk menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan menjadikan cuka apel dan air sebagai obat kumur. Caranya adalah dengan menyiapkan cuka apel sebanyak 1 sdm dan segelas air. Setelah itu kedua bahan tersebut dicampurkan menjadi satu lalu jadikan sebagai obat kumur selama 3 hingga 4 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin pada pagi hari dan sebelum tidur.

#Makan Yoghurt
Yogurt adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Nah yoghurt ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Mengapa yoghurt baik untuk mengatasi bau mulut? Karena yoghurt mengandung probiotik yang ampuh untuk menyingkirkan bakteri jahat di dalam mulut. Selain itu juga dapat menurunkan jumlah hidrogen sulfide yang dihasilkan oleh bakteri. Mengonsumsi yoghurt secara teratur akan membuat kita terbebas dari masalah bau mulut yang mengganggu.
pic source: pixabay.com
#Mengkonsumsi Air Putih
Kebiasaan langsung mengkonsumsi air putih sesaat setelah bangun tidur bisa membantu menghilangkan bau mulut secara ampuh. Pasalnya bakteri yang menyebabkan napas berbau tidak sedap ini memiliki sifat anaerobic, yang artinya bakteri tersebut bisa tumbuh dengan subur dalam suasana mulut yang kering, maka ketika mulut dibasuh dengan air putih, bakteri tersebut bisa langsung dimusnahkan.
#Rajin Konsumsi Buah
Selain itu masih ada cara ampuh dan cepat lainnya yaitu dengan mengkonsumsi buah yang dikenal sangat baik dapat memperlancar metabolisme di dalam tubuh.

**
Itulah 7 cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Lumayan mudah dilakukan yaa. 

Btw, menjaga kesehatan mulut memang wajib banget dilakukan karena bau mulut akan sangat berpengaruh pada tingkat percaya diri kita, terlebih sebentar lagi kita akan menghadapi ramadhan yang mana persoalan bau mulut ini biasanya sering menyapa.

You May Also Like

26 komentar

  1. Wah, patut dicoba nih, apalagi sekarang bulan puasa, meski sudah sikat gigi dan lidah nafasnya pasti tetep bau naga, hehehe... Yang paling enak sih makan yoghurt, tapi kumur-kumur pake air jahe juga gampang sih, bahannya ada di rumah.

    BalasHapus
  2. Bau mulut ini gak semua orang sadar pasalnya...
    Kadang ada juga yang kepedean gituu...kalo ngomong deket-deket.
    Hiiks~

    Aku lebih seneng makan permen mint.
    Hhehe...hobi makan permen, memang...

    BalasHapus
  3. Anak-anak juga harus mulai dikenalkan sikat gigi nih biar ga bau mulut

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalau mengkonsumsi air jahe mampu menghilangkan bau mulut Mbak, jadi jahenya direbus terus airnya untuk berkumur kumur gitu ya, Mbak?

    BalasHapus
  5. Makan yogurt dan minum air putih itu yang sering dilakukan mbak. Di samping itu, pakai mouthwash jadi lebih seger setiap hari :)

    BalasHapus
  6. Air pputih, mouthwash, dan buah-buahan itu wajib hukumnya agar napas tetap segar.

    BalasHapus
  7. Makan buah emang salah satu pencegah bau mulut. Aku kalo abis makan buah tuh kayak abis sikat gigi, terutama makan apel, bengkuang, pir kayak gitu

    BalasHapus
  8. Aku pilih minum air putih sama yoghur aja mbak hihihi yang lebih enak . Tapi suamiku stok cuka apel sih di rumah rutin minum tapi aku gak ikutan minum

    BalasHapus
  9. Perasan jahe itu basa yaa. Aku lebih doyan makan jahenya sih. Air putih dan sikat gigi itu pasti

    BalasHapus
  10. Bari tau klo yogurt bisa buat menjaga bau mulut Mba, boleh nih dicoba ��

    BalasHapus
  11. Banyak ya ternyata yang bisa dilakuin untuk ngilangin bau mulut. Aku biasanya makan permen aja :D

    BalasHapus
  12. Ternyata banyak cara menghilangkan bau mulut ya mbak....perlu dipraktekkan nih mbak agar bau mulut tak membuat kita kurang pede saat berhadapan dengan siapapun...TFS mbak

    BalasHapus
  13. ya ya ya.. aku bacanya angguk angguk gini teh.. memang ya bau mulut itu mengganggu banget, buat kita jadi ngga percaya diri... jadinya aktifitas juga terbatas deh.. nice info teh.. mudah dan mungkin banget untuk di praktekin

    BalasHapus
  14. Bulan Ramadhan rentan bau mulut, mesti disiasati nih, makasih tips-tipsnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  15. Baru tau nih yoghurt bisa ngilangin bau mulut nih...

    BalasHapus
  16. PR banget menjaga kesehatan bau mulut pada saat puasa
    Makasih tipsnya mba, air jahe ini aku yang paling minat pengen coba ah
    aku suka soalnya dengan jahe anget di badan gitu.

    BalasHapus
  17. Thank's banget mbk Ira tips.mantulnua emang sih ya bau mulut itu mengganggu hihi

    BalasHapus
  18. Lha kalo selama puasa gimana mba? Kadang meski udah sering sikat gigi juga ngga nyaman (padahal belum tentu bau, tapi parno aja buat buka mulut)

    BalasHapus
  19. Oke banget nih tipsnya mbak. Apalagi di bulan Ramadan ini, kita harus tetap menjaga kesehatan gigi ya setidaknya dengan begitu bisa menghindarkan kita dari bau mulut.

    BalasHapus
  20. Cara-cara di atas sebetulnya selain ngilangin bau mulut, untuk meningkatkan kesehatan juga, ya. Malah bonusnya banyak.

    BalasHapus
  21. Baru taukalau yogurt juga bisa mengatasi bau mulut mbak, jd pengen stock yogurt selama puasa hehe :D
    Minum air putih banyak2 itu harus yaaa. Jgn lupa gosok gigi bh rajin jg hehe

    BalasHapus
  22. Kalau bulan puasa mungkin bisa dikonsumsi saat sahur atau berbuka ya, makasih tipsnya mba

    BalasHapus
  23. Baru tau Mak kalau makan yogurt bisa menghilangkan bau mulut.

    BalasHapus
  24. Wah aku baru tahu kalau yogurt bisa menghilangkan bau mulut. Mau coba ah makan yogurt

    BalasHapus
  25. Makan yogurt ternyata jg termasuk salah satu cara ya mb, baeklah, masuk menu, hihi

    BalasHapus
  26. Bagus nih mba postingannya untuk menjaga bau mulut, apalagi dibulan ramadhan ya hehe PR banget terlebih yg kerja didepan layar ketemu dgn orang orang . Thx for sharing

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉