CARA ALAMI MENGOBATI ASAM URAT

by - Mei 15, 2019

pic source: pixabay.com

Dewasa ini, beragam penyakit yang dulunya kita tahu hanya menyerang orang-orang dengan usia senja, kini mulai menyerang orang yang usianya masih produktif. Satu dari penyakit tersebut adalah asam urat. Ya, penderita asam urat tak lagi didominasi orang berusia lanjut, mereka yang berusia 30-an bahkan tak sedikit yang menderita penyakit yang menyerang persendian ini. Penyakit ini jika tidak segera diobati akan menimbulkan sendi sakit karena mengalami pembengkakan.
 
Ada banyak cara mengobati asam urat, baik secara medis maupun tradisional (alami). Namun cara mengobati asam urat yang dilakukan secara alami tentu lebih aman dibanding menggunakan bahan kimia seperti obat-obatan, apalagi bila bahan yang digunakan adalah bahan yang sudah ada di rumah kita. Bahan alami yang ada di rumah biasanya lebih rendah terhadap efek samping sehingga bisa menjadi alternatif lain selain obat dari dokter.
 
Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kita temukan dengan mudah di rumah yang bisa mengobati penyakit asam urat:

1. Buah Ceri
Buah Ceri baik asam, merah, hitam, maupun manis dapat membantu mengobati asam urat. Penelitian yang pernah dilakukan telah membuktikan bahwa buah Ceri memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan rasa sakit akibat pembengkakan pada sendi.

Buah ini juga mengandung Allopurinol yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Cara mengobati asam urat dengan buah Ceri bisa dengan dimakan secara langsung atau diekstrak sebagai jus.

Setidaknya makan 15 hingga 20 buah ceri setiap hari atau minum 1 gelas jus ceri untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika dikonsumsi secara baik dan benar buah ceri dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang dialami. 
 
 
2. Jus Lemon
Buah Lemon mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai zat antioksidan kuat. Zat tersebut dapat membantu menetralisir kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Lemon merupakan bahan yang mengandung vitamin C paling baik sehingga bagus digunakan untuk mengobati asam urat.
 

Caranya yaitu dengan menjadikan buah berwarna kuning ini sebagai minuman jus. Peras setengah buah lemon kemudian buat jus dengan menambahkan air hangat untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

3. Cuka Apel 
Cuka apel biasanya digunakan sebagai bumbu masakan tertentu seperti salad. Namun, ternyata bahan satu ini juga dapat membantu mengobati asam urat. Cuka apel dipercaya efektif mengurangi rasa sakit berupa bengkak dan peradangan yang dialami akibat asam urat.

Bahan satu ini memiliki sifat anti inflamasi terhadap tubuh. Selain itu, kandungan asam asetat yang dapat bertransformasi menjadi zat alkali dapat menghambat perkembangan asam urat di dalam tubuh. Cara mengobati asam urat dengan cuka apel yaitu dengan meminum 1 sendok cuka apel yang dicampur dengan madu dan air hangat. Minum setiap pagi sampai asam urat yang dirasakan mereda.

4. Baking Soda
Baking soda yang lebih dikenal dengan bahan pembuat kue merupakan senyawa yang biasanya berbentuk serbuk dan mudah larut ke dalam air. Kandungan alkaloid yang bersifat basa mampu menjadi obat penetral asam.

Cara menggunakannya sebagai obat asam urat adalah dengan melarutkan ke dalam air kemudian diminum. Waktu terbaik untuk minum adalah saat akan tidur malam dan saat bangun tidur karena perut masih kosong dan belum penuh oleh makanan.

Jangan minum campuran baking soda dan air lebih dari 4 kali dalam sehari karena hal tersebut tidak dianjurkan. Minum larutan tersebut hingga 2 minggu, jika tidak ada perubahan lebih baik untuk membawanya ke dokter. Untuk yang berusia di atas 60 tahun jangan minum larutan lebih dari 3 kali.

5. Pisang
Buah pisang merupakan buah yang cukup populer di Indonesia karena dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis. Buah yang biasa digunakan sebagai menu diet ini ternyata juga bisa membantu mengobati asam urat yang diderita.

Pisang mengandung potasium yang berperan dalam mengubah kristal asam urat menjadi cair. Hal tersebut akan membantu mengobati asam urat karena asam urat yang berbentuk cair dapat keluar dengan mudah dari dalam tubuh melalui urine. Selain itu vitamin C yang ada di dalam pisang juga mampu meredakan rasa sakit dan peradangan.

Cara mengobati asam urat dengan buah pisang adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal paling tidak penderita harus memakan dua buah pisang dalam sehari. 
 
 
6. Karbon Aktif 
Karbon aktif atau yang lebih kita kenal dengan sebutan arang aktif dapat membantu mengobati asam urat karena dapat berfungsi baik untuk menyerap asam urat di dalam tubuh. Karbon aktif dapat dibuat atau ditemukan dengan mudah di sekitar rumah.

Cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan setengah bubuk arang dengan air hingga terbentuk pasta. Masukkan pasti dalam bak mandi kemudian tambahkan air dengan banyak. Masukkan bagian tubuh ke dalam air tersebut selama kurang lebih 30 menit.

7. Bunga Rosella 
Bunga Rosella memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satu diantaranya adalah mengobati asam urat. Kandung zat protein esensial dan vitamin C di dalam bunga ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Selain itu, kandungan arginina dan legnina dalam bunga Rosella juga mampu meremajakan sel di dalam tubuh. Cara mengobati asam urat dengan bunga Rosella adalah menyeduh bunga yang sudah kering dengan air panas. Jangan lupa tambahkan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Daun Salam
Daun Salam yang kita kenal biasa digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Kandungan senyawa seperti tannin, minyak atsiri, dan flavonoid sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu rebus 10 lembar daun salam dengan air sebanyak 700 cc dan tunggu menyusut hingga tinggal 200 cc. Kemudian minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.
 
**
 
Itulah 8 bahan alami untuk mengobati asam urat yang mudah ditemukan di rumah. Namun sebelum terlanjur terkena asam urat, ada baiknya kita mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

You May Also Like

27 komentar

  1. Wah makasih nih tips-nya, bermanfaat banget soalnya kebetulan nenek saya punya asam urat ^-^

    BalasHapus
  2. Wah banyak banget ternyata ya kekayaan alam yg bisa mengobati asam urat. Mulai dari yg susah didapat sampai yg mudah.

    Di kampung ini saya punya banyak pohon Salam. Setiap hari selalu ada yg minta buat bumbu juga buat obat asam urat. Ternyata pisang, jeruk nipis, cuka apel dll juga bisa ya?

    BalasHapus
  3. Aku baru denger yang karbon aktif itu mbak, arang dihaluskan lalu dicampur air dan berendam di dalamnya. Coba aku buat mama yang udah kena asam urat mbak, biasanya cara yang umum seperti yang dijelaskan kecuali karbon aktif sama bunga rosella belum pernah.

    BalasHapus
  4. Saya tahunya bunga rosela say, eh ama bawang putih katanya.
    Sama mengkudu hahaha.

    Mama saya nih asam uratnya sering kambuh, ibu mertua saya juga.
    Sedih juga deh kalau ingat mama saya sakit tapi saya jauh dan ga bisa ngawasin beliau *eh kok malah curcol hahaha

    BalasHapus
  5. Masya Allah, pas lihat gambar buah lemon, mendadak aku menelan liur, bahahaha.

    Duh senang banget, pisang, buah kesukaanku, termasuk dalam cara alami mengobati asam urat.
    Jadi, tambah semangat neh makan pisang.
    Ntar buka, makan dua kali ya, biar nendang!
    Hahaha...

    BalasHapus
  6. Lengkap nih Mba tipsnya. Aq br tau klo pisang bisa mengobati asam urat. Cukup dua kali ya Mba dlm sehari

    BalasHapus
  7. Duh jadi inget almarhum papa yang kena asam urat. Pernah coba yang daun salam.
    Ternyata banyak lainnya selain daun salam ya untuk asam urat ini,aku baru tau.

    BalasHapus
  8. Wah ada pisang, memang kaya manfaat banget sih buah pisang ini

    BalasHapus
  9. mba untuk yang lemon, gimana kalo orangnya punya maag juga ya, soalnya mama ku punya asam urat tapi mama ku juga gak bagus lambungnya tuh kalau kena asam gitu.

    BalasHapus
  10. Mba, cuka apel yang bagus itu apa ada merk khusus ? Atau merk apa aja asal cuka apel ? Kebetulan papaku pernah ngalamin asam urat nih

    BalasHapus
  11. Jadi ngetik sama suami yang sempat kena asam urat sampe kakinya bengkak, hahahaha.
    Dulu mah cuma membatasi makanan2 yg dilarang kayak sayuran hijau. Coba kalau tau hal ini dr dulu

    BalasHapus
  12. Kalau Ayah ku pakai rebusan daun salam mbak..btw aku baru tau kalau baking soda juga bisa jadi obat asam urat. Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
  13. ah saya pernah tau nih tentang cuka apel, mertua saya pernah konsumsi juga untuk obat asam uratnya. tapi saya baru tau mba ternyata buah ceri, pisang, baking soda dan bunga rosella juga bisa membantu mengobati asam urat ya :D

    BalasHapus
  14. Asam urat bikit oenderitanya jadi susah bergerak ya mbak, banyak cara alami untuk mengobatinya ya & menjaga kesehatan pastinya. Suamiku sedia cuka apel juga nih tapi bukan untuk asam urat sih

    BalasHapus
  15. Noted deh buat alternatif pengobatan asam uratnya. Adikku kena juga ini. Dan ternyata obatnya gampang dicari di sekitar kita ya mbak Ira.

    BalasHapus
  16. Terimakasih tipsnya mbak, suami saya sering terkena asam urat. Salah makan sedikit saja asam uratnya kambuh. Biasanya kalau sudah bengkak saya belikan obat di apotek. Namun bila baru terasa sedikit, saya berikan minuman air yang berisi potongan lemon sudah bisa sembuh. Dari berbagai obat alami yang pernah saya minumkan seperti air rebusan daun salam, air rendaman kulit lemon, buah pisang....air rendaman kulit lemon lah yang paling manjur.

    BalasHapus
  17. Masyaallah mbaak, alhamdulillah nemu tulisan ini. Suamiku blm lama ini jari kakinya bengkak krn asam urat meningkat. Mau aku share tipsnya, apalagi bahan2nya mudah didapat.

    BalasHapus
  18. Wah banyak.juga alternatif obatnya..mertua saya punya asam.urat, bs direkomendasikan nih...makasih ya infonya..

    BalasHapus
  19. Wah asam uratku kadarnya masih normal, mungkin karena tiap hari aku konsumsi lemon plus air hangat tiap bangun pagi ya mbak. Aku sedih waktu mbakku sepupu cerita kakinya sakit karena asam urat. Waktu itu aku sarankan minum air rebusan sarang semut, karena aku punya banyak jadi aku kasih.

    BalasHapus
  20. Wah, banyak alternatifnya juga ternyata ya obat asam urat ini. Mamaku sih lebih milih mencegahnya dengan gak makan makanan yang bisa memicunya. Tapi kalo udah kambuh, beliau minum teh hijau. Lumayan meredakan katanya.

    BalasHapus
  21. daun salam ini sering dipakai mamaku buat ngobati asam uratnya kalau pas kambuh, selama ini memang manjur sih. aku ngga punya asam urat tapi sering mandi air renaman salam juga kalau lagi pegal-pegal, enak banget sesudahnya :)

    BalasHapus
  22. Yang sering aku dengar itu daun salam di rebus dan airnya di minum soale saudara ku pakai jni kalau asam uratnya kambuh.

    BalasHapus
  23. Alhamdullah saya juga senang karena asam urat suami sudah sembuh. Kalau kambuh duh sedih rasanya karena harus dipapah sampai ke toilet. Saya minumkan jus nanas, lobak dan kemiri.

    BalasHapus
  24. Aku tahunya daun salam doang, ternyata banyak bahan alami yang bisa dipakai ya. Yang paling gampang tuh pisang karena hampir semua orang suka

    BalasHapus
  25. Mas sama adikku juga kena asam urat, kak Ira...
    Sediih~
    Padahal dari segi usia, masih usia produktif.

    Dan iyaa...pas mas tinggal di Inggris, trus berobat ke dokter, sama dokternya gak diberi obat kimia sama sekali.
    Disuru minum yang banyaaakk aja.

    Jadi sembuhnya sekitar 2-3 minggu gituu...

    BalasHapus
  26. Di halaman belakang rumahku ada pohon salam nih. Tetangga sering minta untuk direbus dan dijadikan terapi pengobatan asam uratnya. Memang ya banyak tanaman yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan secara alami.

    BalasHapus
  27. Banyak juga ya mba cara alami yang bisa dipakai. Aku baru ngeh baking soda juga bermanfaat ya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉