JUDUL FILM YANG DIPERANKAN AAMIR KHAN FAVORIT SAYA (PART 2)



Fyuh, akhirnya saya bisa juga publish lanjutan artikel ini. Oh iyaa, saya mau minta maaf nih karena gak nepatin janji untuk publish artikel ini seminggu setelah artikel pertama terbit. Karena sesuatu dan lain hal, artikelnya baru bisa saya selesaikan hari ini. Maafin yaa 🙏

Penasaran dengan sisa 6 judul film Aamir Khan yang jadi favorit saya? Gak usah lama-lama, segera saja saya tuliskan urutannya. Ini nih 6 besar film Aamir Khan terfavorit:

6. Akele Hum Akele Tum (1995)


Film ini saya tonton saat duduk di bangku SMA. Sama seperti ISHQ, saya nonton film ini bersama teman-teman di rumah tetangga setelah menyewa VCD-nya dari lapak penyewa VCD film bajakan yang ada di kampung kami 😂.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala. Aamir Khan berperan sebagai Rohit Kumar, seorang penyanyi amatiran yang bermimpi menjadi penyanyi terkenal. Ia berkenalan dengan seorang gadis yang memiliki mimpi yang sama, Kiran (Manisha Koirala). Keduanya saling jatuh cinta, menikah dan memutuskan mewujudkan mimpi mereka bersama-sama.

Baca Juga: Review; Film India Heroine

Sayangnya kenyataan gak sesuai harapan. Menembus dapur rekaman gak semudah yang mereka pikirkan. Lalu Rohit berubah menjadi sosok yang egois yang hanya peduli pada mimpinya sendiri. Perubahan ini membuat istrinya sedih dan gak tahan hingga akhirnya memutuskan meninggalkan suami (dan anaknya) untuk mewujudkan mimpinya sendiri. Film ini sangat menguras emosi karena perpisahan dua orang yang pernah saling mencintai ini berbuntut pada perebutan hak asuh anak. Review lengkapnya sudah saya tuliskan di artikel Review; Film India Akele Hum Akele Tum ini.

5. Mann (1999)


Sama seperti Akele Hum Akele Tum dan ISHQ, Mann juga saya tonton saat SMA. Menurut saya, ini adalah salah satu film india yang menguras air mata. Kisahnya sedih dan mengaduk-aduk perasaan penontonnya, termasuk saya dan kawan-kawan.

Baca Juga:  10 Film India Paling Sedih & Menguras Air Mata

Film ini masih dibintangi oleh Aamir Khan dan manisha Koirala. Aamir Khan berperan sebagai Dev, seorang pemuda playboy yang jatuh cinta pada seorang gadis yatim piatu sederhana bernama Priya (Manisha Koirala). Saat Priya membalas cinta Dev dan mereka memutuskan untuk menikah, Priya mengalami kecelakaan hingga kedua kakinya harus diamputasi.

Usai mengalami kecelakaan, Priya menjadi sosok berbeda, ia gak ingin lagi bertemu Dev. Ia memutuskan hubungan mereka secara sepihak karena merasa malu dan gak pantas mendampingi Dev. Sementara Dev yang merasa dibohongi juga salah sangka dan mengira Priya sengaja mangkir dari janjinnya. Tapi syukurlah kesalahpahaman mereka akhirnya bisa terselesaikan dan kisahnya happy ending 😍.

4. PK (2014)


Ini adalah salah satu dari beberapa film Aamir Khan yang box office dan banyak diperbincangkan karena tema filmnya anti mainstream. Saya menonton film ini gak lama setelah filmnya turun tayang dari bioskop, dan sama seperti Dangal, saya pun nontonnya di laptop setelah sebelumnya medownload filmnya di website penyedia film gratisan, hehehe 🙈.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan dan Anushka Sharma. Di sini Aamir berperan sebagai PK (Peekay), seorang alien yang mendarat ke bumi. Masalah mulai muncul saat remot control yang merupakan satu-satunya alat yang ia gunakan untuk berkomunikasi dengan pesawat ruang angkasa miliknya hilang. Ia pun berpetualang mencari remot tersebut dan hal itu mengantarkannya bertemu Jaggu (Anushka Sharma), seorang reporter yang sedang patah hati dan memiliki ayah yang sangat menggantungkan hidupnya pada pemuka agama. Jaggu berniat membantu Peekay menemukan remot control tersebut. Namun untuk menemukan si remot, mereka harus berhadapan dengan Tapasvi, seorang pemuka agama terkenal yang memiliki banyak pengikut (salah satunya ayah Jaggu). Tapasvi mengklaim dirinya memiliki hubungan istimewa dengan Tuhan. "Duel" antara Peekay dan Tapasvi disiarkan secara langsung di televisi.

Di film PK ini digambarkan secara jelas bahwa setiap agama memiliki cara berbeda saat beribadah kepada Tuhan. Di film ini juga secara jelas digambarkan bahwa seorang pemuka agama adalah manusia biasa yang gak luput dari salah dan khilaf sehingga kita gak perlu mati-matian membelanya (sama seperti presiden, eh 😆🙈).

3. 3 Idiots (2009)


Saya lupa kapan tepatnya nonton film ini tapi setelah menontonnya saya suka banget dengan filmnya. Pantas bila banyak yang berpendapat bahwa 3 Idiots adalah salah satu film terbaik dan gak mengherankan bila banyak yang menyukainya hingga menuai box office 👍.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi dan Kareena Kapoor. Bercerita tentang suka duka dunia kampus (yang menurut saya sangat keras) dari tiga orang mahasiswa jurusan teknik mesin di Imperial College of Engineering (ICE). Mereka adalah bernama Farhan Qureshi (R. Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi) dan Rancho Shamaldas Chanchad (Aamir Khan). Banyak tantangan yang mereka hadapi, di antaranya perselisihan Raju dengan orang tuanya, kemiskinan keluarga Farhan dan yang paling seru adalah perlawanan mereka terhadap sistim pendidikan yang kaku yang dibuat oleh Direktur ICE, Dr. Viru Sahastrabuddhe atau yang biasa dipanggil Virus.

Film ini mengajarkan kepada kita bahwa yang paling penting dari belajar adalah bukan menghafal melainkan memahami apa yang kita pelajari. Orang kreatif dan memiliki keterampilan biasanya lebih mampu menciptakan lapangan kerja dibanding orang yang cuman mementingkan nilai di atas kertas.

2. Ghajini (2008)


Saya termasuk telat tahu film Aamir Khan yang satu ini. Kalo gak salah ingat, saya baru menontonnya pada pertengahan tahun 2014 lalu setelah beberapa kali closed laptop karena awalnya saya pikir ini film gak bakalan ada adegan romantisnya, tapi ternyata saya salah saudara-saudara! Setelah bertahan beberapa saat, saya mulai merasakan keindahan film ini dan kemudian jatuh cinta pada filmnya.

Film ini dibintangi Aamir Khan dan Asin. Aamir Khan berperan Sanjay Singhania, seorang mantan pengusaha terkenal di kota Mumbai yang mengidap anterogade amnesia, yaitu kehilangan ingatan dalam jangka pendek (15 menit) yang ingin melakukan balas dendam kepada Ghajini Dharmatma, seorang pria yang membunuh kekasihnya, Kalpana (Asin).

Yang membuat saya jatuh cinta pada film ini adalah kisah cinta Sanjay dan Kalpana yang menurut saya maniiiis banget. Menurut saya, kisah mereka itu gak biasa dan unik karena si Kalpana ini awalnya udah gembar-gembor ke semua orang tentang kisah cintanya dengan Sanjay tanpa tahu wajah Sanjay. Saat Sanjay hendak menemui Kalpana untuk mengajukan keberatan atas gosip yang beradar, di tengah jalan ia malah jatuh hati pada seorang gadis baik hati yang ternyata adalah Kalpana. Dan saat bertemu langsung, ia malah gak bisa jujur kalo dialah si Sanjay yang disebut-sebut Kalpana itu, hahaha 😅.  Sayangnya kisah sweet mereka berakhir tragis hingga membuat Sanjay mengidap anterogade amnesia. Fyi, Ghajini adalah salah satu film bollywood yang gak pernah bosan saya tonton ulang (tapi hanya di adegan Sanjay dan Kalpana saja, hehehe)


1. Taare Zaamen Par (2007)


Dan film Aamir Khan yang menurut saya terbaik adalah Taare Zaamen Par. Saya menontonnya gak lama setelah nonton Ghajini. Film ini sukses membuat saya menangis melihat perjuangan anak disleksia yang mendapatkan perlakuan gak adil, bukan hanya dari gurunya di sekolah tapi juga dari orang tuanya sendiri, huhuhu.

Film ini dibintangi Aamir Khan dan Darsheel Safary. Bercerita tentang Ishaan Nandkishore Awasthi (Darsheel Safary), seorang pelajar berusia 9 tahun, yang menderita disleksia (kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis). Akibatnya Ishaan selalu dicemooh gurunya di sekolah karena gak pernah berhasil meningkatkan nilainya di setiap mata pelajaran. Demi menyelamatkannya agar bisa naik kelas, orang tuanya mengirimnya ke sekolah asrama yang jauh dari rumahnya. Ishaan menolak keputusan orang tuanya, namun ia tetap dikirim ke asrama.

Setelah berada di sekolah asrama, Ishaan tetap gak menunjukkan kemajuan. Ia masih tetap kesulitan membaca dan menulis. Guru-gurunya hampir menyerah. Ishaan menjadi pribadi yang tertutup, ia semakin pendiam, sulit diajak berbicara dan gak semangat belajar. Sampai suatu saat seorang guru seni, Ram Shankar Nikhumb (Aamir Khan) menyadari penderitaan Ishaan. Gak seperti guru lain, Ram melihat Ishaan sebagai anak yang cerdas, ia gak bodoh seperti sangkaan guru maupun orang tuanya, hanya butuh kesabaran dan teknik khusus dalam mengajarinya. Ram lalu mengembalikan kepercayaan diri Ishaan. Ia mengajari Ihsaan dengan penuh cinta sampai akhirnya bisa membaca  dan menulis bahkan menjuarai lomba mewarnai yang diselenggarakan sekolahnya.

Film ini wajib ditonton oleh anak-anak, orang tua dan guru. Di film ini digambarkan bahwa anak yang cerdas itu bukan saja anak yang jago matematika atau ilmu pasti lainnya, tapi ada banyak jenis kecerdasan yang bisa dimiliki anak. Anak yang lemah di satu bidang bukanlah anak bodoh yang bisa kita cemooh. Kita, utamanya para orang tua harus tahu bahwa kecerdasan anak itu banyak jenisnya. Intinya adalah, didiklah anak-anak kita dengan hati. Menjadi seorang guru bukanlah hal mudah karena tugasnya bukan hanya mengajar mata pelajaran, memberi pe er tapi tugas utamanya adalah mendidik dengan hati.

**

Itulah 12 film Aamir Khan yang menjadi favorit saya. Bila ada film Aamir Khan yang kamu suka namun gak masuk daftar di atas, boleh banget tulis judulnya di kolom komentar yaa, kalo ada waktu insyaallah akan saya tonton filmnya.

Akhir kata, tulisan ini saya cukupkan sampai di sini, selamat menjalankan ibadah puasa untuk pembaca yang sedang menjalankannya. Jangan lupa jaga kesehatan yaa, jangan keluar rumah bila gak ada hal penting yang dikerjakan di luar rumah, dan bila terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker dan bawa hand sanitizer.

Happy ramadan kareem 🙏🙏

You Might Also Like

26 comments

  1. Aku udah nonton 3 idiot & PK aja mbak itu juga karena suamiku bilang bagus filmnya akhirnya nonton deh di rumah. TErnyata pemainnya sama ya Amir Khan

    BalasHapus
  2. Kusukaaa banget Aamir Khan ini, dulu wktu demam pelem India rajin nongkrongin hahhaaa.
    3 Idiot yang juara banget dan beberapa judul pernah nonton, Ga hafaal judulnya akutu, lihatnya yang manis2 nya aja hahaaa.

    BalasHapus
  3. Aku tau Aamir Khan itu terkenal. Aku suka pernah nonton filmnya orang yang di foto itu & suka banget. Tapi aku baru ngeh kalau dia itulah Aamir Khan. Hahaaaa.

    BalasHapus
  4. Aku sama sekali tidak pernah nonton film India mba. Namun aku suka sekali dengan ulasan Mb Ira tentang film-film Aamir Khan ini. Film nomer satu yang menurut mba terbaik, itu mirip-mirip dengan Wonderful Life, film Indonesia yang dibintangi Atiqah Hasiholan, tentang bagaimana penerimaan orangtua terhadap anak disleksia. Mulai dari denial, stres di pekerjaan karena kepikiran si anak, hingga akhirnya bisa berdamai dengan diri sendiri, menerima si anak dan mencarikan solusi agar anak bisa terus berprestasi sesuai bakatnya. Film ini diangkat dari kisah nyata Amalia Prabowo (sudah dibukukan sebelumnya) yang menemukan jalan untuk putranya yang ternyata jenius dalam bidang khusus.

    BalasHapus
  5. Wah excited banget nemu review film bollywood...ditengah bertebarnya review drakor hehe. Film khaan yg sudah kutonton : Mann, 3 idiots, PK dan taare zamen par. Semua bagus2 dan ada pesannya. Sama 1 lagi yang tentang hockey...katanya pernah dapet penghargaan apa gitu

    BalasHapus
  6. walaah, ternyata penggemar india ya mbak :) aku kurang suka hahaha soalnya durasinya tu panjang banget, aku kalau panjang2 suka ngantuk dan bosan duluan

    BalasHapus
  7. aku udah pernah nonton pk, 3 idiots sama taree zamen. seruuu bangeettt ceritanya mbaaa.. duh, jadi pengen nonton judul-judul lainnya. pasti seru juga ya kalo pemerannya amamir khan.. hehe..

    BalasHapus
  8. Ya ampuuun....saya tahunya india itu cuma shahruk khan. ga tahu itu nulisnya bener apa enggak.

    Dulu teman-teman kosnya sahabat saya suka nobar kl film india yg main itu amitabbachan.

    eh, bener ga tulisannya, hihi....

    BalasHapus
  9. Saya suka dengan Aamir Khan, film2nya unik dengan tema yang ga biasa terutama 3 idiots, Gajini juga keren.dan selalu ada pesan ttg kehidupan yang bagus dalam film2nya.

    BalasHapus
  10. Wah Amir Khan juga idola aku mbak, aku suka banget film 3 idiots dan Taare Zaamen Par. Apalagi Taare Zaamen Par ini filmnya menyentuh banget dan sesuai dengan kondisi anak jaman now.

    BalasHapus
  11. Sepertinya yang urutan 1 dari film Aamir Khan baru ngelihat cuplikannya di FB dan belum nonton. Bagus ditonton untuk penggiat pendidikan ya, mba. Aku penasaran.

    BalasHapus
  12. aku cuma nonton yang 3 idiots, the best banget sih itu filmnya, aku sampe nonton berkali kali saing bagusnya dan banyak banget yang bisa dipetik dr film ini yaa

    BalasHapus
  13. Ini beneeeer - bener fans beraaat ya mba. Aku belum pernah nonton film yang ada di list ini tapi kalau baca sinopsisnya oke semua yaaa

    BalasHapus
  14. Ahey, akhirnya part 2 keluar juga nih.. aku suka MAN ngga bosen bosen aku liatnya.. dev kasih banyak value dalam memperjuangkan cinta ya.. dan sedihnya saat priya kakinya diamputasi.. sedih banget liatnya.. tapi berakhir dengan happy ending

    BalasHapus
  15. Aduh cakep banget tuh pemainnya hehehe..tapi waktu nonton Taare Zameen Paar kok engga secakep yg di atas itu yak xixixi.. Aku cuman nonton film itu kren bagus banget tuh film sampai diulang2 terussama anak2 di rumah...

    BalasHapus
  16. Di film Ghajini, serius badannya jadi keker begitu..?
    Efek foto kalik yaa..?

    Amir Khan ini blasteran yaa, kak?
    Wajahnya gak kaya orang India, aga-aga bule gimanaaa gitu.
    ((sotoy mode on, hihiii..))

    BalasHapus
  17. PK dan 3 Idiot itu aku tonton berulang ulang kagak bikin bosan mba. Aamin Khan emang oke banget kalo main pilem

    BalasHapus
  18. Aku cuman nonton yang 3 idiots mba ya g lainnya belum pernah tertarik sama yg pertama itu cerita anak disleksia ntar cari ah

    BalasHapus
  19. jadi keinget temen SMA ku dia juga sukaaa banget ama aamir khan, obsessed gitu. kata dia memang aamiir khan ini fillm2nya selalu berkualitas

    BalasHapus
  20. Aku kangen nonton film Aamir Khan lagi nih. Eh yang aku ingat hanya 2 film saja yang 3 idiots dengan Taare Zaamen kan saja.

    BalasHapus
  21. Baru dua mbak yang aku tonton, yaitu 3 idiots samaTl Taare Zaamen Par. Aktingnya hampir sama seperti Reza versi India. Hahaha. Selalu suka.

    BalasHapus
  22. Kyknya hanya 3 Idiots yang kutonton hehe soalnya jarang sekali nonton film India. BTW Amir khan ini salah satu aktor India yang namnya terkenal juga di Indoensia ya mbak :D

    BalasHapus
  23. Film India favorit so far yang diperankan sama Aamir Khan itu 3 Idiots. Ini filmnya kalo kata aku jenius banget.

    BalasHapus
  24. Ada 3 film yang udah pernah saya tonton dongs.
    apakah ini artinya saya adalah penggemar Amir Khan?
    hehehe

    BalasHapus
  25. aku udah nonton yg 3-idiots
    BUAGUSSSS pake banget!
    Top markotop

    BalasHapus
  26. Penasaran ingin nonton Taare Zaamen Par :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉