JUDUL FILM YANG DIPERANKAN AAMIR KHAN FAVORIT SAYA (PART 1)

Tulisan tentang film india kali ini bukanlah tentang review film yang baru selesai saya tonton atau terjemahan lirik lagu seperti biasanya. Kali ini saya akan menuliskan beberapa judul film yang paling saya sukai yang diperankan oleh salah satu aktor favorit saya yaitu Aamir Khan.

judul film yang diperankan aamir khan

Fyi, sejak pertama berkarir di dunia perfilman bollywood hingga saat ini, sudah ada kurang lebih 40 judul film yang dibintangi oleh aktor senior ini. Walau belum menonton keseluruhan film yang dibintangi oleh Pak Haji ini, di artikel ini, rencananya saya akan menuliskan 12 judul film Aamir Khan (yang tentu sudah saya tonton) yang paling saya sukai atau menjadi favorit saya.

Penasaran dengan judul-judul filmnya? Inilah dia kedua belas film yang diperankan oleh Aamir Khan yang paling saya sukai. Saya urutkan mulai dari yang paling buncit yaa 😊

*Disclaimer: Urutan yang saya tuliskan ini berdasarkan penilaian saya saat menontonnya yaa. Bukan berdasarkan kesuksesan filmnya di pasaran. Ini murni berdasarkan pendapat saya saja. Oleh karena itu saya gak akan keberatan bila ada pembaca yang gak setuju dengan pendapat saya. Saya akan sangat menghargai perbedaan pendapat di antara kita. Boleh banget loh menuliskan urutan film favoritmu di kolom komentar, kali aja film tersebut belum sempat saya tonton dan siapa tahu setelah menontonnya bisa menjadi film favorit saya juga, hehehe 😄

So, inilah dia urutannya 😉

12. Ishq (1997)

film india ishq

Saya nonton film ini saat masih duduk di bangku SMA. Saat itu, saya dan kawan-kawan sering menyewa beberapa VCD film india dan kemudian memutarnya di VCD player tetangga yang kebetulan suka film India. Salah satu film india yang kami sewa adalah ISHQ ini.

Film ini dibintangi oleh 4 selebriti papan atas bollywood yakni Aamir Khan, Ajay Devgan, Kajol & Juhi Chawla. Di film ini Aamir berperan sebagai Raja, seorang pemuda miskin sahabat Ajay (Ajay Devgan) yang merupakan putra seorang konglomerat yang sangat membenci orang miskin. Ayah Ajay hendak menjodohkan Ajay dengan putri sahabatnya yang bernama Madhu (Juhi Chawla). Namun Ajay malah jatuh cinta pada sahabat Madhu yang bernama Kajal (Kajol), seorang gadis miskin. Pun Madhu gak tertarik pada Ajay melainkan pada Raja.

Film ini menceritakan kisah percintaan si kaya dan si miskin. Banyak rintangan yang harus dihadapi oleh dua pasangan ini karena adu domba orang tua Ajay dan Madhu yang gak setuju terhadap hubungan anak mereka. Syukurlah masalah yang terjadi bisa diselesaikan dan berakhir bahagia 😍.

11. Talaash (2012)


Saya termasuk telat menyaksikan film ini. Saya baru menonton filmnya tahun 2017 padahal film ini sudah dirilis sejak tahun 2012. Dan film ini menyajikan ending yang gak terduga dan jauh dari dugaan saya.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan, Kareena Kapoor dan Rani Mukherji. Di sini Aamir berperan sebagai Surjan Singh Shekhawat, seorang inspektur polisi yang gak percaya pada hal gaib. Ia dan istrinya, Roshni (Rani Mukherji) menjalani hidup bagai pepatah "hidup segan mati tak mau" alias gak punya semangat hidup karena kematian anak mereka. Hubungan kedua suami istri itu sangat dingin, seolah di hati mereka sudah gak ada cinta lagi. Keduanya larut dalam dunianya masing-masing.

Saat Surjan fokus pada pekerjaannya memecahkan kasus kematian seorang aktor terkenal, ia bertemu seorang PSK bernama Rosie (Kareena Kapoor) yang kemudian membantunya memecahkan kasus tersebut. Hubungan keduanya pun semakin hari semakin akrab. Awalnya saya pikir Surjan dan Rosie akan saling jatuh cinta ternyata dugaan saya salah. Yang benar adalah, ........ silakan tonton sendiri filmnya yaaa, kalo saya beritahu takutnya jadi spoiler, hahaha 😂

10. Fanaa (2006)

film india fanaa

Saya lupa tahun berapa saat pertama kali nonton film ini. Yang jelas, saya nonton filmnya di televisi (di MNC atau masih TPI yaa, saat itu? Lupa euy! 🤔). Ini adalah film kedua yang mempertemukan Aamir Khan dan Kajol setelah sebelumnya pada tahun 1997 di film ISHQ.
 
Film ini dibintangi oleh Aamir Khan dan Kajol. Di sini Aamir berperan sebagai Rehan, seorang teroris yang menyamar sebagai guide yang menjadi pendamping rombongan Zooni (Kajol) yang datang ke kota dalam rangka tampil memeriahkan ulang tahun kemerdekaan India. Selama mendampingi Zooni, Rehan yang playboy berhasil memikat hati gadis lugu itu. Dan karena keinginannya sangat kuat untuk melihat wajah kekasih hatinya, Zooni akhirnya setuju untuk melakukan operasi transplantasi mata, namun di hari yang sama dengan pelaksanaan operasi Zooni, terjadi serangan teror yang menewaskan Rehan 😭. Oh iyaa, saya hampir lupa mengatakan bahwa Zooni adalah gadis tuna netra (yang sangat mencintai negaranya).

Baca Juga: 5 Film yang Dibintangi Oleh SRK & Kajol yang Wajib Ditonton

Beberapa tahun berlalu, ternyata Rehan belum meninggal. Suatu hari di tengah badai salju, ia terluka parah dan jatuh pingsan di depan rumah Zooni. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Zooni akhirnya menyadari bahwa pria asing yang ditolongnya itu adalah kekasihnya yang dulu ia anggap sudah meninggal. Mereka pun menikah. Namun belum lama menikmati indahnya hidup bersama suaminya, Zooni kembali terpukul saat tahu ternyata lelaki yang dicintainya itu adalah seorang teroris yang ingin menghancurkan negaranya. Siapa yang akan dipilih Zooni? Negaranya ataukah kekasih yang sangat dicintai sekaligus ayah dari anaknya?

9. Dhoom 3 (2013)

film india dhoom 3

Gak seperti 3 judul film Aamir di atas yang selalu telat saya saksikan, Dhoom 3 ini lumayan cepat saya tonton (walau nontonnya tetap via download karena di Baubau belum ada bioskop saat itu). Fyi, saya adalah penggemar Dhoom 1 dan Dhoom 2. Maka saat mendengar film bertema pencuri ini akan dibuat part 3-nya, saya bahagia banget, terlebih setelah diumumkan pemerannya adalah aktor dan aktris favorit saya.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan dan si seksi Katrina Kaif. Aamir Khan berperan sebagai Sahir Khan, anak seorang pemain sirkus yang memiliki dendam pada pemilik Western Bank of Chicago, Mr. Anderson, yang  secara gak langsung membunuh ayahnya saat ia masih kecil. Sahir membalaskan dendamnya dengan cara merampok Western Bank dan menghambur uang yang dicurinya ke jalanan. Akibat pencurian ini, Western Bank mengalami banyak kerugian.

Karena polisi Chicago kewalahan menangkap sang pencuri, dipanggillah polisi dari India yakni Jay (Abhishek Bachchan) untuk menangkap si pencuri. Apakah Jay berhasil menangkap Sahir? Sayangnya, seperti di Dhoom 1 & Dhoom 2, lagi-lagi Jay gagal menangkap pencurinya, hiks. Upss, maafin yaa saya keceplosan, jadi spoiler deh, hahaha 😜

8. Baazi (1995)


Film Baazi ini adalah film yang paling berkesan bagi saya. Saya suka sama semua lagu di film ini dan lagu-lagu tersebut menjadi cikal-bakal yang membuat saya suka film India. Namun walau suka banget sama lagunya, saya baru menonton filmnya dua tahun kemudian. Nonton filmnya pun penuh perjuangan karena di rumah kami belum ada tivi. Saya nonton di rumah tetangga yang punya anak nakalnya minta ampun. Sepanjang film, si anak gak berhenti mengganggu kami, huhuhu 😢.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan dan Mamta Kulkarni. Di sini, Aamir Khan berperan sebagai Amar, seorang polisi yang sedang menyelidiki kasus penipuan. Saat sedang menyelidiki kasus tersebut, ia dijebak sebagai seorang pembunuh dan dipenjara. Ia berhasil melarikan diri dari penjara untuk mengungkap konspirasi yang dalangnya ternyata adalah pembunuh orang tuanya.

Chemistry antara Aamir dan Mamta di film ini juga bikin saya klepek-klepek (yang saat itu masih SMP, hahaha ampun deh anak SMP udah nonton film India cinta-cintaan 🤣🙈). Adegan di lagu Jaane Mujhe Kya Hua masih terpatri dengan jelas di ingatan saya. Buat yang penasaran dengan lagunya, silakan cari di youtube, maka kamu akan mengerti mengapa adegannya bisa sangat melekat di ingatan saya, hahaha 😂

Baca Juga: 10 Lagu India Favorit Saya

7. Dangal (2016)

film india dangal

Saya nonton film ini gak lama setelah tayang di bioskop dan langsung suka banget sama filmnya. Di sini aura kebapakan Aamir Khan sangat terasa.

Film ini dibintangi oleh Aamir Khan, Fatima Sana Shaikh dan Sanya Malhotra. Aamir Khan berperan sebagai Mahavir Singh Phogat, mantan pegulat yang ketika muda pernah menjadi juara nasional namun gak bisa melanjutkan karirnya ke tingkat internasional, karenanya ia berharap kelak anak laki-lakinya mampu meneruskan mimpinya. Sayangnya, dari tiga anaknya yang lahir gak ada satu pun yang berjenis kelamin laki-laki. Sempat putus asa, akhirnya Mahavir memutuskan untuk melatih kedua anak perempuannya, Geeta  (Fatima Sana Shaikh) dan Babita (Sanya Malhotra).

Di setiap menit film ini, penonton disuguhkan gaya Mahavir mendidik kedua anaknya dengan cara "keras". Kita melihat betapa sulitnya menjalani latihan gulat dan juga bagaimana Geeta & Babita melawan stigma bahwa perempuan gak layak bertarung di arena gulat layaknya pegulat pria pada umumnya. Sempat ada adegan melow yang bikin saya berkaca-kaca yakni saat Geeta mulai memandang "sebelah mata" teknik yang digunakan papanya dan merasa teknik yang dipelajarinya lebih baik. Adegan tersebut diiringi ost yang berjudul Naina yang dinyanyikan oleh Arijit Singh, makin melow lah hati ini 💔. Intinya, film ini layak banget ditonton bersama keluarga tercinta karena banyak pesan yang bisa dipetik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari 👍.

Baca Juga: 10 Lagu Arijit Singh Favorit Saya

 6. ???

Kok nomor 6 masih tanda tanya? Hmmm, sepertinya saya harus membagi artikel ini menjadi 2 bagian deh karena jari-jari saya mulai lelah ngetiknya (mungkin karena kelamaan gak nulis nih jadinya jari-jari saya mulai manja, hahaha 😂 becanda tapi serius).

Baiklah, artikelnya saya cukupkan sampai di sini yaa, lanjutan atau part 2-nya insyaallah tayang minggu depan di jam yang sama. Akhir kata, selamat berakhir pekan, gaes, jaga kesehatan kita dengan makan makanan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur, jangan begadang (bila gak penting-penting amat), perbanyak minum air putih, minum vitamin (bila perlu) dan #dirumahaja bila gak ada hal penting yang dikerjakan di luar rumah.

Part 2nya sudah tayang yaa, silakan klik link ini untuk membacanya  😉

You Might Also Like

10 comments

  1. Jujur aku gak pernah nonton film india selain yg ada di TV. Wah bisa jadi alternatif biar gak bosen pas #DiRumahAja. Thank you infonya mbaa

    BalasHapus
  2. haha penasaran jadinya.. aku tahu aamir khan ini, karena seingat aku saat kecil aku juga nonton film india hehe.. tapi dari 6 judul diatas belum ada judul film yang aku pernah tonton saat kecil.. artinya harus menunggu part selanjutnya nih hehe

    BalasHapus
  3. aku jarang hapal judul film India. dulu pas kecil suka nonton karena mba art nyetel terus, tp karena belom bisa baca ya gak ngeh. hahaha..

    Film India yg aku tonton secara sadar itu Dangal karena reviewnya bagus, sama Pihu.

    BalasHapus
  4. Jujurnya aku ga terlalu tau film India, Krn memang ga terbiasa nonton ini :D. Tapiiii ada bbrp film India yg sempet aku tonton dan suka, walo bisa diitung Ama jari :D. My name Is Khan, who wants to be millionaire, Ama film kisah nyata Life of Pi. Itupuuun, aku ga inget jg siapa pemainnya mba hahahaha..

    Film2 di atas, aku blm prnh tonton 1pun sih , walopun nama Amir Khan nya pernah dgr. Cuma ga bakal ngeh jg yg mana orgnya kalo ga baca reviewmu ini

    BalasHapus
  5. Jadi ingat masa-masa SD, SMP dan SMA.
    Film India adalah me time aku di tengah hiruk pikuk kegiatan sehari-hari.
    Saat itu TV pun masih hitam putih dan aku nonton di rumah tetangga.

    Dulu film India hanya di putar di channel TV Malaysia namanya RTM1, RTM2 dan TV3.
    Belum ada parabola hanya mengandalkan antena UHF.
    Semakin tinggi antena semakin bagus kualitas gambarnya, dengan catatan, cuaca cerah ya.

    Kini,
    Aku sudah jarang nonton film India.
    Mungkin hanya masalah selera saja.
    Terakhir kayaknya nonton Kabhi Khushi Kabhi Gham

    BalasHapus
  6. Pesona Aamir Khan sungguh tak tergantikan yaa..
    Matanya yang sendu-sendu...kalau kata orang Jawa, matanya "Dhamar kanginan".
    Mata yang gak semua orang punya.

    Doi blasteran kan yaa...?

    BalasHapus
  7. Mbak ya ampun aku gak tahu satu judulpun dari yang di list di atas karena sukanya sama Shahrukh khan huehe. Film pertama malah aku baru berusia 4 tahun huehehe. Tapi aku jadi penasaran sih sama film yang pertama dan nunggu list ke enamnya :)

    BalasHapus
  8. Wah penggemar film India ya mbak, hehe...
    Di saat banyak yang lagi demam film Korea, mbak Ira konsisten suka film India ya.
    Saya sih doyan nonton film Hollywood.

    BalasHapus
  9. Waw, mba pencinta Bollywood hihi sama kayak papa aku. Suka banget nonton film India yg banyak joget2nya, trs lama kan bs berjam - jam gitu hihihi. Seru yaaa.

    BalasHapus
  10. Wuaaa ini tontonan kesukaan ibuk dan mas suami mba India wakakak
    tapi aku nggak suka, eh tapi pernah beberapa kali nonton. Soalnya kebanyakan nyanyi wkwk aku tipe yang nggak sabaran. Tapi film india itu keren-keren jalan ceritanya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉