Advertisement

MUDAHNYA MENCATAT PENGELUARAN HARIAN DENGAN APLIKASI SENYUMKU

pic source: pixabay.com


Di masa pandemi ini, masalah keuangan menjadi masalah yang sangat penting untuk dipikirkan setiap keluarga. Masifnya PHK dan susahnya mencari pekerjaan di masa ini membuat kita semua khususnya ibu rumah tangga yang bertugas mengatur keuangan keluarga harus ekstra hati-hati memikirkan dan mengelola keuangan agar dapur tetap ngebul sekaligus terpenuhinya semua kebutuhan terutama kebutuhan pokok, dana darurat, tabungan pendidikan anak, asuransi dan dana pensiun.

Salah sedikit saja dalam mengelola keuangan, bisa mengakibatkan kacaunya cashflow rumah tangga. Hal ini tentu akan merepotkan, terlebih bila sudah mempengaruhi hal yang sangat penting, misalnya tabungan pendidikan anak dan dana asuransi. Bila keuangan tidak dikelola dengan baik, bisa saja dana yang awalnya diperuntukkan untuk kebutuhan A terpakai untuk B yang sifatnya tidak urgent alias mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder bahkan tersier yang sifatnya tidak terlalu penting.

Hal seperti ini biasanya terjadi karena si pengendali keuangan tidak memiliki catatan keuangan harian atau sering menganggap remeh kebiasaan mengeluarkan uang untuk hal-hal kurang penting. Ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari karena bila terus-terusan dilakukan keuangan keluarga akan semakin kacau.

Jujur saja, beberapa kali saya pernah melakukan kesalahan seperti ini. Mengeluarkan uang untuk hal yang yang tidak penting. Setelah melakukannya saya merasa menyesal namun penyesalan tidak membuat saya kapok. Tindakan buruk itu masih saja terus terulang. Akibatnya, beberapa kali saya harus memakai dana darurat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya juga pernah mengambil uang tabungan untuk membayar cicilan pembelian barang yang sifatnya hanya sebagai barang sekunder. Huhuhu kapok deh, saya tidak mau lagi mengulangi kebiasaan buruk itu!

Agar kebiasaan buruk tersebut tidak terulang lagi, saya pun mulai membuat catatan keuangan harian (catatan saya buat dalam bentuk excel di laptop) agar pengeluaran selalu terpantau sehingga saya bisa mengendalikan pengeluaran. Catatan ini menjadi rem yang lumayan ampuh mengendalikan kebiasaan buruk saya.

Berikut ini adalah item-item yang masuk dalam catatan pengeluaran harian yang saya buat:

👌 Pendapatan tetap setiap bulan (ini terdiri dari gaji saya + gaji suami)
👌 Pendapatan tambahan yang saya dapatkan dari sosmed, fee menulis atau pendapatan lain di luar gaji + pendapatan tambahan dari suami
👌 Pengeluaran bulanan yang rutin kami keluarkan, seperti belanja kebutuhan pokok, biaya listrik, air, susu + popok, biaya pulsa dan internet, biaya bahan bakar kendaraan
👌 Bayar tagihan kredit di bank
👌 Tabungan seperti tabungan pendidikan anak, tabungan biasa, dana darurat
👌Sedekah, arisan
👌 Hiburan

Setelah mencatat semua pengeluaran, saya merasakan perbedaan yang cukup signifikan. Saat pertama kali melihat jumlah catatan harian saya, ada rasa kaget melihat total pengeluaran untuk kebutuhan sekunder yang sudah saya lakukan. Setelah ditotal, ternyata lumayan besar jumlahnya.

Catatan ini menjadi pengingat agar saya lebih bijak mengeluarkan uang. Keberadaan catatan ini seperti rambu agar saya tidak kebablasan menggunakan uang yang sudah susah payah kami dapatkan. Alhamdulillah, catatan keuangan ini membuat saya dan suami lebih tertib dan tidak asal-asalan lagi menggunakan uang.

Walau merasakan banyak manfaat setelah membuat catatan keuangan manual via excel ini, namun masih ada beberapa kekurangan yang saya rasakan, terutama bila pengeluaran yang saya lakukan tidak langsung saya catat yang membuat saya lupa. Akibatnya pengeluaran tidak seluruhnya bisa dicatat, hal ini tentu membuat catatan jadi kurang update.

Syukurlah sekarang sudah ada aplikasi Senyumku yang bisa mencatat keuangan kita. Dengan aplikasi Senyumku ini, kita tidak perlu mencatat pengeluaran secara manual lagi. Senyumku juga jauh lebih aman karena langsung dilakukan via smartphone. Yang saya suka di Senyumku ini adalah segala transaksi kita sudah dikelompokkan per kategori, jadi sangat mudah dilakukan walau untuk orang awam sekalipun.



Apa itu Senyumku?

Senyumku adalah layanan perbankan digital yang merupakan produk milik PT Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2014. Tak hanya untuk mencatat segala pengeluaran kita, aplikasi Senyumku juga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas finansial seperti menabung dan melakukan transaksi perbankan lain.

Dengan Senyumku kita dapat mengatur keuangan dengan lebih cerdas, dan simple. Menggunakan Senyumku juga lebih aman karena langsung dilakukan via smartphone. Aman dan simple, sungguh kombinasi yang pas untuk sebuah aplikasi keuangan.


Salah satu fitur yang saya suka dari Senyumku adalah Fitur Celengan Senyumku. Dengan fitur ini, saya bisa membuat pos ‘Wishlist’ atau keinginan yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan. Selain bisa menyisihkan uang untuk mencapai target yang ingin diwujudkan, bunga tabungannya cukup besar yaitu sampai 5.5%


Buat kamu yang tertarik pengen menggunakan aplikasi ini, segera download aplikasinya di smartphone. Cara daftarnya sangat mudah, Cukup isi data diri, alamat domisili dan data-data lain yang diminta. Lalu unggah foto KTP dan foto selfie kemudian tunggu tim Senyumku menghubungimu untuk proses verifikasi. Dan prosesnya pun selesai. Sungguh sangat mudah yaa prosesnya.

Atau bila ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi Senyumku ini, boleh banget berkunjung ke websitenya di Senyumku.com


Posting Komentar

20 Komentar

  1. Aplikasi ini membantu banget, ya di saat kita boros-borosnya dan bersifat konsumtif tidak peduli akan krisis keuangan butuh aplikasi yang aman dan mudah diakses.

    BalasHapus
  2. Ternyata Senyumku dari PT Bank Amar Indonesia

    mau download ah, supaya transaksi keuangan gak repot, cukup pakai satu aplikasi

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ada aplikasi senyumku, jadi lebih simpel dan praktis ya ketika harus membuka rekening online. Semua kelas masyarakat bawah juga bisa terjangkau...

    BalasHapus
  4. Mencatat finansial keuangan sekarang udah gak bikin keriting kepala lagi ya. Semua serba otomatis pakai aplikasi. Apalagi kalo nama aplikasinya Senyumku, kayaknya bakal senyum terus ini. Syukur-syukur bisa ikutan nabung dan saldo nambah terus.

    Benar mba, catatan keuangan ini seperti rambu buat kita supaya kita gak kebablasan menggunakan uang yang sudah susah payah kita kumpulkan. Ibu saya bilang, mau sekecil atau sebesar apapun penghasilan, kalo gak terkoordinir dengan baik, tetap saja bakal merasa KURANG TERUS.

    BalasHapus
  5. Aplikasi senyumku membantu mencatat keuangan menjadi rapi dan praktis

    BalasHapus
  6. Menarik banget aplikasinya. Kita bisa belajar banyak soal pembukuan dan bagaimana mengatur keuangan. Penamaannya juga unik. Gak menyangka kalau kata SENYUMKU digunakan untuk sebuah aplikasi keuangan.

    BalasHapus
  7. ku udah ceki ceki website SENYUMKU dan ya ampuun, emang kece bener nih aplikasi.

    keren khanmainn dan sangat berfaedah buat kita utk atur FinPlan secara tepat yaaaa

    BalasHapus
  8. Nahini.. kalo dicatat secara manual resiko hilang dan salah catat besar banget ya.. Nah kalo udah pake aplikasi otomatis gini..kita tinggal pantau aja dan bisa kita evaluasi ya kita borosnya dimana

    BalasHapus
  9. Heem. Klo gak diatur sedemikian rupa bisa jebol nih anggaran. Apalagi masa pandemi kudu pinter2 ngatur uang biar tetap bisa tersenyum meski akhir bulan

    BalasHapus
  10. Menarik ya di era digitalisasi tak perlu menulis anggaran pemasukan atau pengeluaran secara manual apalagi jika aplikasi nya yang simpel dan user friendly. maka bisa membantu untuk mengatur anggaran dengan mudah.

    BalasHapus
  11. Aplikasi yang layak didownload, untuk mereka yang bermasalah dengan pencatatan keuangan

    BalasHapus
  12. Senyumku bikin urusan keuangan makin mudah ya mbak
    kita bisa sering senyum deh

    BalasHapus
  13. Aplikasi senyumku solusi buat finance keuangan tambah rapih ga bikin mumet lagi deh.

    BalasHapus
  14. Aneka Aplikasi bermunculan. Sayangnya uang yang diatur segitu2 ajah.

    BalasHapus
  15. Baru tahu aplikasi ini, coba-coba dulu ah. biasanya pake aplikasi sebelah.

    BalasHapus
  16. Wahh aku baru tau nih ada aplikasi kelola keuangan senyumku...
    Penting sih di masa seperti saat inj kita mesti bijak soal keuangan. Coba unduh ahh

    BalasHapus
  17. Punya catatan keuangan yang bisa selalu dicek setiap saat bikin kita bisa mengendalikan pengeluaran dengan mudah. Aplikasi Senyumku ini menarik sekali. Apalagi ada fitur celengan.

    BalasHapus
  18. Jadi mirip celengan beneran, misal pengin beli sesuatu musti kumpulin dulu uangnya, trus baru dibelanjain kalo udah cukup. Kalo celengan dari gerabah kan biasanya dikorek-korek recehannya dari lubang celengan. Celengan digital mana bisa? Wkwkwk...

    BalasHapus
  19. Senyumku beneran baru tahu Mbak padahal sudah ada sejak 2014 ya. Duh kemana saja dirikuh haha

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉