Advertisement

TENTANG BABY BLUES


Pada dasarnya, masih banyak dari para ibu yang merasa asing dengan istilah baby blues. Perlu diketahui, baby blues ini merupakan sebuah kondisi gangguan suasana hati yang kerap dialami oleh para wanita yang baru pertama kali hamil dan melahirkan.

Ketika bunda mengalami baby blues, biasanya bunda akan merasa mudah sedih, lelah, mudah marah, gelisah tanpa alasan jelas, hingga sulit untuk berkosentrasi. Menurut kabar yang beredar, kondisi baby blues ini akan dimulai sejak minggu pertama pasca melahirkan dan biasanya berlangsung hingga 2 minggu.

Meski demikian, keluhan yang dialami tidak akan terjadi secara terus menerus. Lantas, faktor apa yang menyebabkan wanita pasca melahirkan bisa terkena baby blues?

Berbagai Faktor Terjadinya Baby Blues Pada Wanita Setelah Melahirkan

Sebenarnya belum ada satu pun penelitian yang memastikan tentang faktor penyebab terjadinya kondisi gangguan suasana hati pada ibu hamil. Namun, mereka mendapatkan kesimpulan bahwa baby blues bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti di bawah ini :

🤱 Adanya Perubahan Hormon
Faktor pertama yang menjadi penyebab timbulnya masalah baby blues pada wanita setelah melahirkan, yakni karena adanya perubahan hormone dalam tubuh yang cukup drastic. Pasca melahirkan, biasanya hormone estrgen dan progesterone akan menurun.

Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya perubahan kimia dalam otak, sehingga memicu terjadinya perubahan suasana hati (mood swing).

🤱 Kesulitan Beradaptasi
Selain perubahan hormone, kesulitan dalam beradaptasi juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya baby blues pada wanita pasca melahirkan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena wanita yang baru pertama merasakan hamil dan melahirkan belum terlalu banyak memiliki pengalaman.

🤱 Susah Tidur
Faktor berikutnya yang menjadi penyebab timbulnya masalah baby blues, yakni karena sulit tidur. Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk selalu mencukupi kebutuhan waktu tidur selama kehamilan maupun pasca melahirkan.

Tips Mengatasi Masalah Baby Blues

❤️ Jangan Terlalu Membebani Diri Sendiri
Tidak disarankan bagi bunda untuk melakukan semua kegiatan yang di rumah seorang diri. Dengan kata lain, kerjakanlah seandainya bunda memang merasa mampu. Seandainya bunda sudah merasa kewalahan, entah itu dalam mengurus si kecil maupun aktivitas rumah lainnya, maka jangan sungkan untuk meminta bantuan suami atau orang terdekat.

❤️ Melakukan Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Selain bagus untuk kesehatan tubuh, kegiatan olahraga secara rutin dan teratur juga sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah baby blues ini lho. Pasalnya, kegiatan yang satu ini dapat mengalihkan perhatian serta kegelisahan yang bunda rasakan.

Jika bunda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, maka harus dibantu dengan mengontrol pola makan. Dalam hal ini, disarankan bagi bunda untuk menghindari makanan-makanan yang tinggi karbohidratnya, sepeti kue kering kemasan, roti putih, dan sirup. Sebab, makanan-makanan tersebutlah yang justru akan memperparah suasana hati.

❤️ Jangan Sungkan Untuk Berbagi Cerita
Sangat penting bagi bunda untuk bersosialisasi dengan ibu lainnya, sehingga bisa sharing alias bertukar cerita mengenai permasalahan baby blues ini. Apabila tidak bisa atau merasa malu melakukannya pada orang lain, sebaiknya bunda berbagi pada suami tercinta.

Dengan begitu, bunda pun dapat melampiaskan semua uneg-uneg sehingga perasaan akan terasa lebih lega.

**

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar baby blues, sehingga bisa bunda jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Baby blues kerap terjadi, ya dan itu berbahaya, banyak juga teman-teman yang bahas ini kemarin. Intinya bunda harus jaga kesehatan fisik dan mental, ya agar anak di dalam kandungan juga sehat, semangat bunda.

    BalasHapus
  2. Baby blues ini kadang disepelekan, padahal kalau terus dibiarkan bisa jadi post partum. Semoga para ibu-ibu dan calon ibu bisa sehat-sehat fisik dan mental setelah melahirkan aamiin

    BalasHapus
  3. Ini akuu baca kek ginii banyak bangettt emang ibu2 yg kena baby blues karena kurang dukungan dari orang terdekat

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉