Advertisement

TIPS MEMBUAT POPCORN CARAMEL CRISPY

pic source: pixabay.com


Siapa disini yang suka popcorn? Makanan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan asin yang sangat di sukai oleh banyak orang, makanan yang satu ini juga punya tekstur yang cukup renyah. Camilan yang satu ini juga cukup identic dengan bioskop, karena banyak orang menyantap makanan ini saat mereka pergi menonton film ke bioskop.

Padahal makanan yang satu ini juga bisa dimakan untuk jadi camilan dirumah. Saat ini makan yang satu ini memiliki banyak sekali varian rasanya, salah satunya adalah rasa caramel. Makanan yang satu ini bisa kita buat sendiri dirumah, cukup sesuaikan rasanya dengan selera kita.

Saat membuat popcorn di rumah banyak orang tidak terlalu berhasil membuatnya karena popcornnya tidak mengembang atau jadi gosong. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang perlu kita ketahui, yuk lagsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

🍿 Pilihlah Jagung dengan kualitas baik
Saat kita ingin membuat popcorn sendiri di rumah sebaiknya kita pilih jagung yang kualitasnya baik, jika kualitas biji jagug yang kita pilih ini baik nantinya popcorn yang kita buat akan mudah mengembang dengan sangat baik. Uttuk mengetahui kualitas yang baik, kita bisa memilih kulit jagung yang keras. Karena kulit jagung yang keras ini bisa menahan uap air jadi bisa menekan biji jagung supaya bisa mengembang dengan sempurna.

🍿 Panaskan mentega dengan api kecil
Saat membuat popcorn kita harus menyiapkan panci yang memiliki tutup dan lubang uap. Masaklah dengan api yang kecil dan beri sedikit tambahan mentega. Menggunakan api yang kecil ini bertujuan untuk membuat mentega jadi tidak terlalu panas.

🍿 Tes tingkat panas mentega
Bagi yang masih merasa ragu untuk mengetahui menteganya sudah panas atau belum, kita bisa mencoba dengan memasukan 3 sampai 5 butir biji jangung. Tunggu sampai biji jagung benar-benar mengembang. Jika sudah, kita bisa langsung memasukan biji jagung perlahan supaya semua biji jagung bisa mengembang dengan sempurna.

🍿 Goyangkan panci saat masak
Tips yang satu ini cukup berguna karena jika melakukan hal ini popcorn yang dimasak tidak akan gosong. Jika sudah mendengar bunyi meletup tandanya biji jagungnya sudah mekar dengan sempurna.

🍿 Tambahkan Topping
Selain rasa yang original, kita juga bisa menambahkan beberapa topping misalnya caramel. Supaya hasilnya sempurna masukan saus caramel ini selagi popcorn masih panas ya aduk menggunakan api kecil hingga matang sempurna.

Resep Popcorn Caramel


Bahan:

1. popcorn mekar yang sudah siap pakai 500 gram

2. gula palem 300 gram

3. mentega 100 gram

4. sirop jagung atau vanilla 50 ml

5. baking soda 1 sdt

6. vanili bubuk 1 sdt

7. garam halus 1 sdt

Cara Membuat:

1. Siapkan wajan yang ukurannya cukup besar

2. Masukan campuran gula palem, sirup jagung atau vanilla, mentega. Tunggu hingga mendidih

3. Masukan vanili bubuk, garam, dan juga baking soda, aduh semuanya sampai tercampur rata.

4. Jika adonanya sudah mengembang tuang di atas popcorn kemudian aduk sampai merata

5. Jika sudah merata masukan popcorn ke atas Loyang lalu panggang popcorn selama 40 menit, aduk popcorn setiap 15 menit sekali

6. Jika sudah cukup, kita bisa mengeluarkan popcorn dari oven dan tunggu dingin, dan popcorn siap untuk di santap.


Gimana? Ternyata lumayan mudah yaa cara membuat popcorn caramel crispy ini. Yuk coba buat di rumah 😉

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Hemm popcorn pas banget buat nonton film bersama keluarga di masa pandemi, tapi pas nyari popcorn nemu bahan mentahnya yang bisa diolah. Kayaknya seru juga masak popcorn sama keluarga.

    BalasHapus
  2. kebetulan banget saya suka dengan popcorn kak, wah bisa cobain niy buat di rumah popcorn ini, cara buatnya cukup mudah sepertinya

    BalasHapus
  3. thank youu... aku suka nih caramel popcorn, anak-anak juga doyan banget... cocok buat cemilan di rumah selagi hujan

    BalasHapus
  4. Belum pernah buat popcorn sendiri di rumah. Nah, untuk buatnya ini memang kudu sediakan bahan popcorn khusus ya. Kapan2 mau coba ah kalau ada bahannya, hehe

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉